30 Jan 2017

Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api

Photoright: sleep.org

Banyak cerita tentang kondisi fisik seseorang yang lumayan penat ataupun serba tidak nyaman apalagi habis melakukan perjalan jarak jauh dengan kereta api, ataupun akomodasi lain pesawat bisa juga kendaraan umum. Biasanya cerita yang mengalir mengatakan badan mudah pegal, merasa kaku sedikit kram atau mengalami nanar pusing. *kalau saya pribadi mungkin sudah faktor "U" alias uzur. Hehehe begitu bangganya menyebut diri usia senja.

Guna mengalihkan kebosanan saat melakukan perjalanan jauh dengan kereta api, kebanyakan orang memilih untuk tidur. Tidak bisa dipungkiri memang tidur ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Mengingat nanti di tempat tujuan sudah menanti sekian banyak aktivitas, tubuh perlu dipersiapkan supaya tidak terlalu lelah di perjalanan. Dengan tidur, seseorang akan merasakan tubuh yang bugar ketika sampai di tempat tujuan nantinya.

Namun, ada sebagian orang yang malah merasa pegal-pegal karena terlalu banyak tidur di perjalanan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran tempat atau posisi tidurnya kurang nyaman. Oleh karena hal itulah, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar aktivitas tidur di perjalanan tetap nyaman dan membuat badan segar. Berikut tips nyenyak saat berada di perjalanan terutama dengan menggunakan akomodasi kereta api:

Pilih Tempat Duduk yang Tepat
Pemilihan tempat duduk atau kursi yang terdapat di kereta api ternyata cukup menentukan kualitas tidur seseorang yang suka trip maupun melakukan perjalanan jarak jauh. Jika memang ingin menghabiskan perjalanan dengan tidur, hindari memilih kursi yang terdapat di lorong. Jika tidur di dekat lorong, kemungkinan tersenggol ataupun bersentuhan dengan penumpang lainnya sangatlah besar. Bagi yang mudah terbangun karena tersenggol, tentunya hal tersebut menjadi masalah yang cukup besar.

Jadi,sebaiknya dipertimbangkan lebih dulu, jauh-jauh hari sudah memesan tiket kereta api baik itu di situs online seperti Traveloka.com ataupun di stasiun, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela. Jika sudah tidak bisa memilih tempat duduk yang dekat jendela karena telah terisi semua, usahakan memohon dengan baik-baik penumpang di sebelah untuk bertukar posisi. Siapa tahu penumpang di sebelah berbaik hati untuk menukarnya.Wish lucky day ^_^

Bawalah Selimut dan Bantal Leher
Kondisi udara di dalam kereta api cukup dingin pada siang hari, apalagi saat malam tiba. Oleh sebab itu, bawalah selimut dan bantal leher jika memang diperlukan sedang melakukan perjalanan malam hari. Memang ada beberapa kereta api yang menyediakan selimut, namun tidak semuanya. Untuk sekadar berjaga-jaga, tidak masalah, bukan?
Sedangkan untuk bantal leher, benda ini sendiri sangat berguna jika ingin tidur dalam keadaan duduk. Tidur dengan posisi kepala miring selama berjam-jam, tentunya akan membuat leher terasa pegal. Oleh karena itu, bantal leher ini berguna agar otot-otot leher tidak mengalami salah urat. Sebagai tambahan, bawalah headset untuk meminimalisir rasa berisik dari kereta api atau penumpang di sekitar. Tak lupa juga untuk membawa penutup mata guna menghindari silau lampu kereta atau sinar matahari.

Gunakan Pakaian yang Hangat dan Nyaman
Hak dari siapa sepele, namun penting adalah pemilihan baju yang dikenakan saat melakukan perjalanan jauh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi udara di dalam kereta api sangatlah dingin karena hampir semua kelas sudah memiliki fasilitas AC. Untuk mencegah agar kondisi tubuh tetap stabil, gunakanlah pakaian hangat, seperti jaket, cardigan, atau sweater. Bawalah syal jika memang diperlukan.

Soal baju, pilihlah yang paling nyaman dan bahannya bagus karena saat berada di dalam kendaraan, pastinya tidak akan mudah langsung berganti-ganti baju seperti biasanya. Nah, untuk itu pilihlah baju yang memang nyaman untuk dipakai selama di perjalanan dengan kereta api.

Amankan Barang-barang
Ketika akan istirahat, lebih baik amankan barang bawaan terlebih dahulu. Jangan sampai barang-barang menghilang dengan sekejap setelah bangun. Amankan barang-barang berharga, seperti dompet, ponsel, dan gadget lainnya yang ada di kantong atau lapisan baju, jika memang kebetulan mengenakan pakaian ganda. Karena kejahatan bisa terjadi di mana saja, maka berhati-hatilah saat melakukan perjalanan.

Alternatif lainnya, siapa pun bisa menitipkan barang kepada orang-orang yang dipercaya. Hal ini mungkin dilakukan jika sedang traveling rombongan. Namun, jika sedang bepergian sendiri, taruh saja barang-barang tersebut dalam pangkuan kita posisi sedang tidur.

Agar mendapatkan kualitas tidur yang baik meski sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api, coba tirukan beberapa tips mudah di atas. Jangan lupa untuk membawa sejumlah cemilan atau makan kecil praktis dan minuman karena saat sedang lapar, sehingga membantu seseorang untuk bisa memejamkan mata barang sejenak. Selain itu ada hal penting yang jangan sampai diabaikan yaa, seperti halnya jangan lupa berdoa agar tidur bisa nyenyak dan sampai di tujuan dengan cepat dan selamat.

Well at last selamat melakukan cara ampuh tidur nyenyak saat perjalanan jauh dengan kereta api. Semoga perjalanannya menjadi menyenangkan dan lebih berkesan. 

Keep Happy Blogging

10 comments:

  1. Nah iya, tiap travelling naik kereta mesti kelupaan bawa bantal leher

    ReplyDelete
  2. pernah naik kereta api dr surabaya ke bandung, pake eksekutif, ga bisa tidur saking dinginnya

    ReplyDelete
  3. Jarang tertidur di perjalanan hehe, tak tau knp
    Thx tipsnya mbak

    ReplyDelete
  4. aku untungnya ngga bermasalah kalau tidur..di kereta or di bus dan mobil asyik-asyik aja hehehe

    ReplyDelete
  5. aku paling suka kalau udah naik kereta api , menyenagkan sekali

    ReplyDelete
  6. Duch aku dah lama ngak naik kereta, kangen masa2 perjalanan jauh jkt - sby seperti dulu

    ReplyDelete
  7. Boleh juga ni tips. Makasih mbak put cantik

    ReplyDelete
  8. Bantal leher itu penting banget kalau pas perjalanan jauh. Soalnya kalau tidur di jalan ga pakai bantal leher bisa sakit semua.

    ReplyDelete
  9. Aku tipe yang susah tidur di perjalanan, makasih tipsnya ya say

    ReplyDelete
  10. Bantal leher perlu juga nih, biar leher nggak pegel dan salah urat ya :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)