4 Jan 2017

Yuk Ikutan 21 Hari Kenal Kolestrol


Yuk ikutan 21 hari kenal kolestrol menjadi pembelajaran yang baik terutama bagi sejumlah orang yang belajar menerapkan pola hidup sehat. Faktanya sekarang banyak orang yang mudah terkena gangguan penyakit tanpa pandang bulu itu muda atau tua. Begitu pula dengan saya yang Minggu kemarin sempat mengunjungi adik kandung saya yang opname di RS. Elizabeth Semarang menjalani operasi pembersihan benjolan dekat area payudara.

Ceritanya, nih gara-gara merasa kurang nyaman dengan benjolan seukuran kacang tanah, my sista nekad memencet benjolan yang sekilas mirip jerawat namun tumbuh pada bagian tubuh. Bukannya tuntas dengan baik melainkan rasa sakit cenut-cenut menjalar beberapa lama terus menghilang. Pokoknya datang pergi sesuka waktu. Hal itu yang bikin kuatir karena sakitnya terasa tidak terbendungkan. Pada akhirnya berobat ke dokter, dan my sista mantap memilih dibersihkan daripada hanya diobati begitu saja.
Selang waktu menunggu waktu operasi kecil kemarin, saya juga bersyukur bisa mendapat wawasan baru dari tim ahli gizi yang kebetulan datang serta share tentang pengaturan pola makan sehat terhadap adik. Kemungkinan dia bisa terkena pembengkakan jaringan luar tubuh berupa benjolan kecil bisa jadi akibat pola hidupnya yang kurang baik. Sejujurnya dia memang kurang menyenangi sayuran, jarang minum air putih dan cenderung konsumsi fast food. Tanpa disadarinya secara perlahan, my sista selain mengidap kolestrol juga terkena penyakit gula tahap awal. * Hasil pemeriksaan yang baru. Duh, bikin hati jadi nyesek hikssss !

Sumber : Google

Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa kadar kolesterol tinggi adalah awal dari salah satu jenis penyakit yang mematikan. Belum lagi mereka juga tidak tahu kenapa kolesterol dalam tubuh mereka bisa tinggi. Dan parahnya, sebagian orang tidak tahu bagaimana cara menangani kolesterol sejak dini agar tidak berkembang dan menimbulkan suatu gejala yang lebih parah.

Tips Mudah Mencegah Peningkatan Kolestrol Tubuh

Ada baiknya mulai  waspada sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap penyakit kolesterol yang bisa menjadi pemicu terserangnya penyakit komplikasi lain seperti obesitas, hipertensi, diabetes, jantung koroner,  gangguan fungsi hati dan penyakit lainnya yang rentan menempel pada tubuh karena kolesterol tinggi. Namun tidak perlu takut mengetahui beberapa hal dampak buruk yang terjadi di atas sebab penyakit kolesterol ternyata dapat diantipasi sejak dini mungkin, dengan cara mengatur pola hidup, mengurangi sumber makanan yang mengandung lemak jenuh.


Karena itu, sekarang, saat ini, kita dianjurkan untuk mengenal kolesterol dengan baik. Seperti mengikuti program yang menarik ini Yuk Ikutan 21 Hari Kenal Kolestrol yang sedang gencar dilakukan APTA+. Di dalamnya banyak informasi penting yang bisa dipelajari berkaitan dengan kolestrol yang baik dan kolestrol jahat. Bisa dicari infonya langsung pada sosmed Facebook  maupun Twitter :My APTA Plus. Bahkan bisa belajar lebih detail bagaimana cara mencegah kolestrol serta mengendalikankolestrol dalam tubuh supaya tidak berkembang kian parah.

Berikut ini ada beberapa tips menarik untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh, diantaranya adalah

Cek Kolestrol
Biar gak baper  atau kepikiran yang macam-macam ada baiknya kita mencari tahu terlebih dulu tentang kolestrol dalam tubuh. Lebih mudahnya cek kolestol bisa dilakukan di rumah sakit atapun klinik kesehatan. Dengan demikian akan lebih tahu kondisi kesehatan terutama kolestrol yang ada pada tubuh. Sehingga pencegahan lebih awal penyakit serius bisa dilakukan dengan sadar menjalani gaya hidup sehat menunjang healty life. #21harikenalkolestrol

Perbanyak Sayur dan Buah
Penting juga untuk rajin mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang terdapat dalam buah dan sayur mayur. Lantaran dengan makanan berserat bisa membantu menurunkan kadar kolestrol. Seperti sayuran berwarna hijau, brokoli, kacang panjang , jeruk, apel,buah pir dsb.

Konsumsi Ikan
Lebih baik memilih konsumsi ikan sebagai lemak hewani karena dalam kandungan ikan terdapat kadar asam lemak omega 3 yang bisa meminimalisir kolestrol sekaligus baik untuk kesehatan jantung. Olahan ikan yang baik untuk kesehatan diantaranya adalah ikan halibut, ikan kod, ikan salmon, ikan makarel,herring, maupun ikan tuna.

Batasi Kadar Kolestrol
Jangan menyepelekan hal satu ini agar hidup lebih sehat dan menyenangkan tentunya dengan mendisiplinkan diri dan sadar dalam mengasup menu makanan sehari-hari. Salah satunya dengan belajar membatasi kadar kolestrol 300 mg per harinya.[beda halnya dengan penderita jantung, dianjurkan jumlahnya tidak lebih dari 200 mg]. Sumber kolestrol terdapat pada sumber makanan daging,jeroan,mentega ataupun kuning telur.

Rajin Olahraga
Dengan rajin berolahraga atau melakukan kegiatan untuk tubuh dapat membantu memperbaiki kadar kolestrol dalam tubuh. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan semisal jalan kaki, naik tangga bersepeda sekurangnya 30-60 menit.

Pilih Susu APTA Bernutrisi
Sekarang sudah tersedia produk susu yang cukup dikenal penuh nutrisi,kalsium, dan serat yang bisa membantu meminimalisir resiko gangguan kolestrol tinggi. Tidak ada salahnya memilih susu APTA+ dalam menyeimbangkan kadar kolestrol di tubuh. Dengan 3 varian rasa berbeda susu bubuk APTA+ bisa menjadi pilihan susu sehat, menyenangkan sekaligus mengenyangkan lebih lama bisa jadi solusi baik healthy life #21harikenalkolestrol

Keep Happy Blogging

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)