29 Apr 2017

Mengenal Smart Hacker Indonesia Yang Meresahkan

S



Masih ingat kejadian viral hari Jumat kemarin, temans? Seorang penyusup atau istilah kerennya Hacker sukses membobol website resmi Telkomsel.Selain tidak bisa akses sejak pagi hingga sore, situs salah satu provider telco besar di Indonesia juga diacak-acak tampilan resminya. Diganti dengan nama umpatan kurang sedap F*ck T*lkomnyet.

Bisa dibayangkan halaman website yang biasa didominasi warna khas merah dan putih berubah menjadi dominan hitam berikut teks berwarna putih. Dengan menyuarakan kata-kata kasar memprotes tingginya tarif  internet. Pfft hari yang hectic deh !

Tentang Hacker
Dulu istilah hacker ditujukan pada personal yang memang memiliki keahlian yang handal dalam mengoperasikan perangkat komputer serta mumpuni dalam merancang program komputer (definisi wikepedia )
Seiring waktu pengertian tersebut menjadi konotasi negatif  setelah banyaknya kasus pembobolan atau peretasan yang nekad dilakukan sekelompok jaringan kriminal komputer. Aksi jahat mereka membuat banyak kerugian orang lain. Dengan mengubah tampilan suatu situs website (defacing) atau menyisipkan kode-kode virus.
Nah ternyata di negara Indonesia ini juga memiliki Hacker potensial yang kemampuan meretas situs internet tidak kalah dengan hacker manca negara.Dengan keenceran otak meraka bisa mudah mengumpulkan duit hingga miliaran rupiah.


Hacker 'Gantengers'(sumber : Google)
Salah satu yang terkenal sepak terjangnya adalah Sultan Haikal yang sukses membobol 4 ribu lebih situs. Dari situs pemerintah sampai media online berhasil disusup Bukan hanya tiket.com saja situs lain yang diretas dan terakhir adalah situs milik Go-Jek.

Sultan Haikal alias Sultan Ekel Hacker 'Gantengers' belajar secara otodidak sehingga mahir membobol situs website sejak tahun 2013. Meski hanya menyelesaikan jenjang akademis SMA saja ia berhasil melakukan deface terhadap kurang lebih 4.239 situs/website dengan menggunakan inisial sultanhaikal, dan juga melakukan deface situs/website dengan menggunakan inisial h3ll_id dan sebanyak 259 situs/website dengan menggunakan inisial GantengersCrew.

Sekelumit pengalaman hacker ganteng bernama Haikal ini sangat disayangkan sekali. Seharusnya memiliki kemampuan otak encer cerdas dan pengetahuan dalam tentang program bisa dioptimalkan membangun NKRI tercinta. Apalagi saat-saat ini negara membutuhkan SDM  yang handal dan potensial mendukung kemajuan bangsa.

Harapan penting di masa kini diantaranya membangun kekuatan infrastruktur negara Indonesia yang masih tertinggal dengan bangsa lainnya. Semisalnya dunia internet yang belum merata bisa dicicipi semua masyarakat. Adanya pergerakan informasi yang kian kencang baik dalam bentuk teks, gambar serta video memang dibutuhkan  akses jaringan internet.

Jika ada banyak Haikal di luar sana memiliki kesadaran penuh membantu membangun kesejahteraan dan kemakmuran negara, pastinya banyak inovasi kemajuan yang tercipta. Hanya pendapat saya pribadi saja lho yang tinggal di daerah Kabupaten Kudus Jawa Tengah.
Dokpri :omahantik.com
Sementara ini harus berpuas diri mensyukuri bisa akses internet dengan baik berkat jaringan kuat XL. Apalagi sudah  mendukung penuh aktifas pekerjaan  online dan mobile saya sebagai blogger. Namun tetap menjadikan angin segar jika pada waktu yang dijanjikan layanan jaringan XL 4G bisa direalisasikan segera di Kudus.Amin YRA


Keep Happy Blogging



27 comments:

  1. Haikal ini seharusnya dibina supaya bisa memaksimalkan kepintarannya untuk kemasalahatan orang banyak.

    ReplyDelete
  2. Yeee... Dikau baru tau yak tsaay.. Hacker indonesia itu paling terkenal di dunia..kadang malah disewa pihak luar.

    ReplyDelete
  3. Sayang ya mba klo pinter tapi buat hal yg negatif

    ReplyDelete
  4. Alangkah baiknya jika Indonesia memaksimalkan potensi anak muda yg cerdas sehingga mereka tdk berpikiran hal negatif

    ReplyDelete
  5. Ganteng ya. Lah... #gagalfokus

    ReplyDelete
  6. Ilmu klau d pakai yg tdk baik imbasny jd negatif k org tsb y mba... sayang bngt pdhl... hacker oh hacker

    ReplyDelete
  7. aku juga kaget tuh lihat website perusahaan segede Telkomsel kena juga. Btw haikal ini yang bobol milyaran rupiah tiket di tiket dot com?

    ReplyDelete
  8. Kadang suka heran deh mbak,sama hackers itu ngelakuin hal begitu buat apa coba?yg ada nyusahin diri sendiri kan. Btw perumahannya asri banget

    ReplyDelete
  9. Semoga banyak haikal yang baik di Indonesia dan menggunakan kepintarannya untuk hal2 yang positif

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya banyak kaum muda Indonesia yang cerdas dan berpotensial. Seharusnya pemerintah lebih bisa memperhatikan dan memberdayakannya ya...
    Sayang juga, kalau punya otak pintar tapi digunakan untuk merugikan orang lain, ya, Mbak

    ReplyDelete
  11. Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya akan jatuh juga, khusus untuk kasus ini siapa yang jadi tupainya kira-kira? ;-)

    ReplyDelete
  12. Harusnya di-hire pemerintah ini buat BIN. Keren yak.

    ReplyDelete
  13. Keren banget yah si Haikal, hehehe

    ReplyDelete
  14. Keren banget yah si Haikal, hehehe

    ReplyDelete
  15. Hmmm..karena punya ilmu tapi kurang diajari adab

    ReplyDelete
  16. Orang indonesia pinter2 euy. Tapi kok yaa buat sesuatu yg ngerugiin orang lain yaa? Ciba buat memajukan negara & bangsa, pasti indonesia jd negara hebat.*eaaa...

    ReplyDelete
  17. Sayang ya kalau pintar tapi ilmunya digunakan seperti itu

    ReplyDelete
  18. Padahal punya ilmu kalau disalurkan dgn baik jd berpahala, sayang kalau buat merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  19. yg kmrn heboh ini mba ya.... tpi sbnrnya pemuda indonesia itu banyak yg jago2 IT tinggal dukungan pemerintah aja, syg banget klw ada yg pinter kyak gini gk di manfaatkan untuk hal2 baik :)

    ReplyDelete
  20. Wah keren sekali si Haikal, coba klo keahliannya digunakan untuk membantu negara atau hal2 yg bermanfaat lainnya ya.

    ReplyDelete
  21. Semoga Mas hacker yg ganteng ini niatnya lurus kembali. Jadi kepandaiannya bisa berkah dan bermanfaat buat orang lain ya mbak

    ReplyDelete
  22. Ketika keahlian yang dimiliki ternyata digunakan untuk hal yang negatif, tentu akan merugikan banyak pihak. Bukannya berbagi hal positif malah menyia-nyiakan masa muda. Sayang sekali.

    ReplyDelete
  23. Contoh yg ga baik buat generasi milenial

    ReplyDelete
  24. keren haikal euy...sayangnya dia bikin semua orang khawatir.

    ReplyDelete
  25. Seharusnya kepandaian itu digunakan untuk hal yang baik baru bisa bermanfaat, kalau untuk hal negatif atau kejahatan itu hanya menimbulkan kerugian dan dosa.

    Mungkin pendidikan agama harus lebih ditekankan kepada generasi muda kita ya mbak, supaya mereka mengedepankan moral yang baik :)

    ReplyDelete
  26. Haikal ini harus dibina biar nggak meresahkan masyarakat :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)