25 Sep 2017

Alat Bantu Dengar Berkualitas untuk Tingkatkan Pendengaran di Usia Tua

Sedikit flashback obrolan antara alm papah mertua dan istrinya.
"Tolong Buk, bawain kotak alat di pojokan gudang,"  Si bapak Menunggu serius sambil sibuk berbenah.
Selang beberapa waktu yang bikin papah mertua finally kesal jadinya
"Ini pak handuknya, lekas diusap keringatnya yang bercucuran tuh!" Si ibu tegas menasehati suaminya yang sibuk bekerja lupa istirahat
Endingnya seperti biasa, riuh.. kami semua anak-menantu memaklumi
"Ibuuuuuuuuuuuuk, tadi dengerin gak sih ???"
*******************************

Semakin bertambahnya usia, maka kemampuan beberapa indera manusia mulai berkurang, salah satunya adalah telinga. Sehingga tak heran jika seandainya para orang tua memiliki masalah dengan pendengaran mereka. Disebabkan oleh pertambahan usia tersebut, untuk itulah banyak diantaranya yang menggunakan alat bantu dengar. Sebuah inovasi dalam dunia medis yang juga mengaplikasikan kecanggihan teknologi telah ditemukan sejak lama. Yaitu dengan keberadaan alat bantu dengar membantu pendengaran seseorang menjadi lebih baik.

Alat tersebut banyak dijadikan sebagai pilihan oleh mereka yang memiliki masalah dengan kemampuan pendengaran. Jika dilihat sendiri sebenarnya alat yang bisa membantu pendengaran ini sudah ada sejak lama, namun belakangan ini lebih banyak varian produknya, dari yang dulunya memiliki ukuran sangat besar, hingga sekarang ini menjadi sangat praktis, tanpa terlihat oleh orang lain. Tentunya akan membuat penggunanya menjadi merasa lebih percaya diri bukan. Dengan kemampuan mendengar yang lebih baik pastinya bisa menghindari kesalahan dalam berkomunikasi, khususnya adalah komunikasi yang dilakukan secara verbal.

Gak perlu merasa malu atau risih jika memang memiliki keterbatasan seperti mengalami kekurangan pada indera pendengaran. Jaman kian maju sehingga tercipta inovasi baru dengan alat bantu dengar yang dibuat lebih simple dan canggih. Tanpa meninggalkan 3 komponen penting pendukung alat bantu dengar diantaranya ada microphone, speaker dan amplifier bisa diatur sesuai kebutuhan pemakainya.

Dikenal ada dua macam cara kerja alat bantu dengar yaitu secara digital dan analog. Alat bantu dengar digital berfungsi mengubah suara menjadi kode numerik diprogram secara khusus untuk memperkuat frekuensi tertentu.Ada kemudahan pengaturan dan juga bisa disesuaikan baik kebutuhan pemakainya serta lingkungan sekitar. Sementara alat bantu dengar analog mengubah sinyal elektrik yang diperkuat. Biasanya alat ini dibuat berdasarkan pesanan audiolog atau dokter. Oiya dalam segi cost tentu alat bantu dengar digital lebih mahal dibandingkan alat bantu dengar analog.


Selektiflah Memilih  Alat Bantu Dengar

Namun juga jangan salah pilih, bagi yang berkeinginan membeli alat bantu dengar ini,  ada beberapa share tips dari omahantik.com yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam mendapatkan produk berkualitas, diantaranya adalah:

1. Pilih model yang sesuai
Hendaknya pilih model yang sesuai dengan kenyamanan pengguna. Seperti yang banyak ditawarkan di pasaran, khusus untuk model alat yang satu ini memang cukup beragam, mulai dari jenis yang dipakai di luar telinga, kemudian yang dimasukkan dalam daun telinga hingga yang ditempatkan di saluran dengar, sehingga tidak terlihat. Beberapa orang tidak masalah menggunakan yang penempatannya di luar. Namun tak jarang juga diantaranya yang lebih senang menggunakan alat ini di dalam sehingga tak terlihat, jadi membuat mereka merasa lebih percaya diri.

2. Produk bergaransi
Pastikan memilih produk yang bergaransi, dengan adanya garansi sebenarnya menjamin kualitas produk yang sudah dibeli tersebut, itulah mengapa sangat penting bagi orang memilih merk yang sudah terkenal. Merk yang sudah memiliki garansi resmi, sehingga ketika barang yang dibeli cacat bisa ditukar dengan yang baru. Selama masa garansi ini juga ada maintenance atau perbaikan secara gratis.

3. Merek Berkualitas
Pilihlah merk berkualitas yang banyak direkomendasikan oleh orang terdekat bisa sahabat atau kerabat dekat, jangan asal dalam memilih merk produk jika menginginkan kualitasnya, melihat review atau rekomendasi dari orang lain tentunya menjadi hal yang sangat penting. Sehingga siapa saja bisa mendapatkan produk yang berkualitas.

4. Testing Before
Coba terlebih dahulu, untuk mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut, maka cara yang paling mudah adalah dengan mencobanya langsung. Sebelum membeli pastikan untuk datang ke tokonya, kemudian tanya sedikit mengenai produk tersebut dan lakukan uji coba untuk mengetahui bagaimana kualitasnya.

5. Sesuaikan Budget/anggaran
Pertimbangkan tawaran harganya, harga menjadi bagian yang sangat penting untuk konsumen lihat sebelum memutuskan untuk membeli produknya. Alat bantu pendengaran ini sendiri memang banyak jenisnya, setiap jenis dibandrol dengan harga yang bervariatif, untuk dapatkan yang murah, maka nantinya konsumen bisa banding-bandingkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Jadi jangan  sampai salah pilih, karena harga yang ditawarkan sendiri cukup mahal.

Alat bantu dengar ini merupakan solusi di masa tua, agar komunikasi tetap berjalan secara efektif, tak terganggu oleh masalah pendengaran. Untuk mendapatkan produknya di pasaran juga bukan hal yang sulit, kini siapa saja bisa membelinya langsung ke toko, ataupun dengan cara pembelian secara online lewat beberapa situs jual beli terpercaya salah satunya bisa ditemukan di marketplace Bukalapak.  Selamat hunting alat bantu dengar berkualitas untuk tingkatkan pendengaran di usia tua yaaa, gaes ^_^
Alat bantu dengar di Bukalapak.com

Keep Happy Blogging

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)