20 Sep 2017

Ternyata Ngemil Kacang Almond Itu Berkhasiat dan Sarat Nutrisi

credit : Google

Me time sebenarnya lebih kental dengan leyeh-leyeh  santai sambil ngemil jajanan. Rasanya memang nikmat selangit apalagi tidak ada yang menggoda. Tapi eiits, awas jika kebablasan apa tidak sama saja menimbun tumpukan lemak di sana sini *oops, lirik body yang kian menggelembung. Hahaha.

Tenang saja, deh saya mau berbagi info menyenangkan soal cemilan yang tidak beresiko seperti mengandung kolestrol tinggi atau lemak. Cukup aman sekedar memanjakan lidah yang selalu pengin bergoyang. Duh, emang getol dangdutan, sampai lidahpun ikutan berjoget. Fix, ya. Mulai mencicip cemilan sehat yang bermanfaat bagi tubuh dan juga kecantikan. Pastilah lebih menyenangkan, bukan  ?

Hidup sehat bisa dilakukan dengan banyak upaya dan salah satunya menyantap bahan makanan organik, dan salah satunya adalah kacang almond . Pernahkah  mendengar nama kacang jenis ini? Dijamin pernah, minimal menikmatinya dalam bentuk coklat bar yang bagian dalamnya diberi potongan almond. Bisa pula ditemukan di beberapa jenis kue di bakery terkemuka yang biasanya dijadikan bahan isian ataupun sekedar bahan taburan untuk mempercantik tampilan kue tersebut.


credit : pixbay.com


Kandungan Kaya Nutrisi Pada Almond

Biji-bijian dan beberapa jenis kacang-kacang masuk ke dalam jajaran makanan super yang mengandung nutrisi kompleks. Salah satunya adalah almond yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan dijamin Anda akan menyukai rasa gurihnya. Namun kacang satu ini hadir dalam dua jenis, pertama adalah yang manis dimana bisa dimakan langsung namun sebelumnya direndam dulu semalaman agar aman dikonsumsi. Kedua adalah almond pahit yang biasanya diproses menjadi minyak untuk dijadikan penyedap masakan.

Kacang yang kaya nutrisi ini berasal dari negara di kawasan Timur Tengah, sebut saja seperti Arab, Turki, dan juga Iran. Kacang yang bentuknya bulat lonjong ini mengandung banyak gizi, seperti kata akan fosfor, Vitamin E, magnesium, niacin, tembaga, dan lain sebagainya. Konsumsi secara rutin akan membantu memperbaiki kesehatan dan kecantikan mengingat ada kandungan Vitamin E di dalamnya. Sebagai bahan makanan tinggi gizi tak pelak menjadikannya sebagai jenis kacang termahal namun dijamin sesuai dengan khasiatnya.

Memilih Almond yang Tepat dan Bernutrisi Tinggi

Supaya mendapatkan semua nutrisi tersebut maka usahakan cermat dalam memilih kacang almond yang terdapat di pasaran. Simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan yang berkualitas:

1. Pilih yang disimpan di wadah kedap udara
Jika lebih tertarik membeli almond yang sudah dikupas (tidak bercangkang), maka pilih yang dikemas dengan baik. Idealnya adalah ditaruh di wadah kedap udara sebab almond tanpa cangkang cenderung mudah rusak, sehingga butuh wadah penyimpanan khusus.

2. Memilih yang masih dijual lengkap dengan cangkang
Opsional lain yang terbilang paling cocok dipilih adalah membeli almond yang masih lengkap dengan cangkang. Mengapa? Sebab almond yang masih bercangkang biasanya dalam kondisi baik sebab cangkang ini memberi perlindungan maksimal. Kacang di dalamnya tidak akan berkerut apalagi rusak, sehingga lebih nikmat sekaligus bergizi tinggi. Pastikan memiliki alat pemecah cangkang almond pribadi sebab tidak mudah dipecah memakai tangan kosong.

3. Perhatikan kondisi cangkang untuk kualitas kacangnya
Sekalipun cangkang pada almond berfungsi melindungi kualitas kacang di dalamnya agar awet dan tetap bergizi. Ada baiknya tetap sesekali mengecek kondisi cangkang kacang tersebut untuk memastikan masih tertutup rapat dan sempurna. Pasalnya ditemukan beberapa penjual almond bercangkang yang sudah retak baik lebar maupun pendek. Jika retak seperti ini maka kacang di dalamnya akan mudah rusak, nutrisinya pun berkurang bahkan hilang drastis. Percuma ‘kan sudah membayar mahal?

4. Membeli almond di tempat terpercaya
Sebaiknya mengunjungi beberapa penjual kacang kaya nutrisi ini untuk membandingkan kualitas toko tersebut. Biasanya jika sudah menjadi customer setia tetap akan mendapatkan kacang almond berkualitas deh.

credit : pixbay.com

5. Simpan kacang almond sebaik mungkin
Baiknya almond disimpan di tempat yang kering sekaligus bersih untuk mempertahankan kualitas rasa dan nutrisinya. Ketika toko penjualnya kurang memperhatikan point ini maka dipastikan konsumenlah yang rugi lantaran telah membeli almond yang sudah rusak. Jadi lain waktu sebagai konsumen yang bijak untuk memilih toko yang memang menyediakan almond di rak yang bersih dan kering bukannya lembab. Pemilihan toko yang tepat akan memberikan kacang almond yang kualitasnya terjaga baik. 

Keuntungan Ngemil Kacang Almond

Jika sudah paham tips mendapatkan kacang almond yang berkualitas, kini saya sharing betapa multifungsi ngemil kacang almond itu berkhasiat dan sarat nutrisi . Boleh percaya boleh tidak, namun simak dulu uraian berikut ini manfaat konsumsi kacang almond.
  • tersimpan karbohidrat baik, menurut penelitian studi kesehatan menemukan bahwa zat dalam kacang almond bisa menjadi diet rendah lemak yang lebih baik ketimbang konsumsi karbohidrat lainnya. Hal tersebut sudah dilakukan tes pada 2 konsumen berbeda, dimana yang satu hobi makan kacang almond mengalami penurunan sebanyak 18% dari total berat tubuhnya, sementara konsumen satunya yang diet karbohidrat tidak mengonsumsi kacang almond malah mengalami 11% penurunan dari total berat tubuh.
  • Memiliki Protein Tinggi, kandungan  kacang almond bisa support orang yang sedang menjalani program diet serta rutin melakukan fitness
  • Terdapat Antioksidan, kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang almond diyakini bisa mengangkal radikal bebas yang bisa menyerang dalam tubuh karena aktifitas yang padat. Dengan mengonsumsi cemilan kacang almond secara teratur setidaknya membantu tubuh mendapatkan antioksidan sesuai yang diperlukan.
Karena itu setekah menilik banyak manfaat dan keuntungan konsumsi kacang almond bisa mencobanya sekarang. Terlebih lagi sudah banyak toko online, marketplace seperti Bukalapak yang menyediakan jenis cemilan enak satu ini. Silakan jika tertarik, langsung capcus klik situsnya. Okay, temans, selamat mencoba.

Contoh beberapa macam kacang almond yang ada di Bukalapak

Keep Happy Blogging

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)