24 Oct 2017

Tips Pede Berjilbab Pertama Kali

Dokpri : omahantik.com
Terinspirasi dengan teman-teman komunitas
Mungkin bagi sebagian tips pede berjilbab pertama kali tidak begitu diperlukan (kalee,ya) mengingat sudah ada yag terbiasa memakai jilbab sejak sekolah.

Namun gimana jadinya, jika ada pemula seperti saya yang merasa terpanggil memenuhi kewajiban sebagaimana halnya wanita muslimah taat yang harus bisa menjaga auratnya dengan baik.Salah satunya dengan mengenakan jilbab.

Katakanlah kepada wanita-wanita beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.'” (Qs. An-Nuur: 31)

Jelas buat saya personal jadi remainder  untuk berhijrah lebih baik demi menjaga kehormatan seorang wanita sekaligus mencari pahala dari Allah SWT.

 Pengalaman pertama berjilbab

Jujur saja pada waktu itu baru saja mualaf. Sehingga ada beberapa hal perasaan yang terus menyelimuti. Tahukah rasanya? Seperti halnya anak kecil yang baru saja makan es krim. Antara takut pengin nambah terus makan, bisa-bisa kena radang, tapi juga sayang kalau dilewatkan makan es krim yang enaknya selangit.

Sama halnya pengin banget pakai jilbab yang beragam gaya biar tampil modis, kelihatan cakep dan elegan namun kuatir gak cocok untuk saya pakai. Haduh berkecamuk banyak pikiran. Ada keinginan tapi tidak ditunjang pengalaman. Yup, saya awam memakai jilbab sendiri apalagi untuk jilbab yang dililit terus dikasih peniti. Bisa berjam-jam lamanya saya mematung di depan cermin.

Dokpri : omahantik.com
Penampilan berjilbab pertama kali
Saya akui sering kurang yakin diri jika ingin melakukan tranformasi. Maksutnya berubah diri , cie cie cie. Hehehe.  Apalagi saya dicap tomboy juga jarang bersolek. Gayanya slengekan alias asal-asalan. Yang penting penampilan rapi dan bersih sudah dari cukup.Makanya saya lumayan surprised niat hijrah, namun tidak mengerti sama sekali bagaimana memakai jilbab yang baik dan benar.

Untung saja ada tetangga yang berbaik hati menolong saya memakai jilbab segitiga dan khimar (kerudung). Kebetulan saya curhat gak bisa make-up  bahkan memakai jilbab segitiga. Tho the point saja daripada dipendam dalam hati. Eh, gak tahunya saya malah dipinjami jilbab mengingat saya belum punya satu pun. Duh, benar-benar parah.Jangan ditiru ya teman, ini salah satu contoh yang tidak baik.

Yuk Pede Berjilbab bagi pemula
Buat teman yang barusan pertama kali memakai jilbab, bismillah semoga tidak mengalami hal yang serupa di atas, ya. Terpaksa merepotkan tetangga kanan kiri. Hehehe
Mungkin tips agar pede berjilbab pertama kali bisa dilakukan diantaranya :

1. Tutorial lewat orang terdekat
Tidak ada salahnya jika meminta tutorial atau belajar langsung dari teman atau orang-orang terdekat secara langsung. Keuntungannya pastinya lebih cepat mahir dari mereka yang sudah berpengalaman.


2. Observasi lingkungan sekitar
Saya kalau sedang mobile atau bepergian keluar suka melihat dan mengamati wanita-wanita berkerudung. Baik anak-anak, remaja maupun wanita mature. Banyak hal positif yang bisa saya pelajari. Semisal jilbab untuk acara formal, ataupun yang kasual.


3. Mengikuti trend
Nah sekarang kan jamannya digital, semua sudah melek internet. Begitu halnya fashion semarak juga di.website online. Salah satu yang pertama di dunia mengusung konsep islamic fashion yakni ecommerce HiJUP. Malahan saya banyak terinspirasi dengan gugling ke website hijup.com



4. Sering bergaul sosial
Ternyata ada manfaatnya bisa kumpul atau kopdar dengan komunitas. Banyak share pengalaman dari teman-teman komunitas yang bisa dijadikan masukan untuk bisa tampil lebih baik (lebih pede).

Credit : Ria Fasha
Kumpul bareng mombassador SGM 2016


Bagaimana menurut kalian teman tips pede berjilbab pertama kali. Semoga bisa membantu bagi yang baru berhijrah. Jika ada yang memiliki tips lainnya yang lebih menginspirasi bisa share di komen bawah ini.

Keep Happy Blogging