22 Dec 2017

Beras Merah, Beras Ajaib Yang Bisa Kurangi Resiko Diabetes


Beras Merah aman dikonsumsi  para Diabetes
Credit : pixbay.com
Pernah melihat kudapan/ kuliner berbahan dasar beras merah? Bagi yang awam tampaknya hal baru untuk mencicipinya. Apalagi si beras merah ini dianggap beras ajaib yang bisa kurangi resiko penderita Diabetes.

Namun makan nasi putih seolah sudah menjadi budaya untuk orang di Asia pada umumnya. Menurut riset terbaru nasi putih ini mampu meningkatkan resiko pada penyakit diabetes tipe 2 .NAH lho dicatat baik!

Ada baik kita semua yang sadar GERMAS ( Gerakan Masyarakat Sehat) juga perlu mewaspadainya. Sudah ada penelitian terkait hal ini dimana orang yang mengkonsumsi nasi putih dalam kurun lima kali dalam seminggu mampu meningkat resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 17% dibanding mereka yang konsumsi hanya sebulan sekali.

Bahkan penelitian juga menunjukkan orang yang konsumsi nasi putih tiap hari mampu meningkat lagi resiko diabetesnya sebesar 10%. Untuk itu ada baiknya mulai sekarang untuk gantikan dengan beras merah.

Tipe Diabetes

Perlu diketahui jika diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis yang mampu berdampak ke tubuh dalam mencerna glukosa untuk sumber tenaga.

Tubuh pada seorang yang menderita diabetes tipe 2 akan menolak pada efek insulin sehingga tidak memproduksi insulin dengan jumlah cukup yang mampu menjaga glukosa normalnya.

Pada dasarnya penelitian ini belum bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat karena hanya ada hubungan keterkaitan saja antara nasi putih dengan diabetes.

Untuk bisa mengurangi resiko penyakit diabetes ini, ada baiknya mengganti pola kebiasaan makan yang dulu sering konsumsi nasi putih bisa beralih ke  beras merah .

Hal ini akan mampu mengantisipasi resiko diabetes jika terus menerus makan nasi putih. Perlu diketahui ya teman mengganti nasi putih harian dengan nasi merah dalam takaran yang sama, maka resiko diabetes kemudian akan turun 16%, luar biasa bukan?

Bagaimana solusi lainnya tanpa harus mengandalkan beras merah? Bisa juga nih dengan mengganti nasi putih dengan biji bijian lainnya seperti gandum atau barley dimana mampu menurunkan diabetes hingga 36%.

Tak hanya menurunkan resiko diabetes saja, namun substitusi nasi putih dengan jenis biji bijian utuh ternyata juga disarankan bagi para penderita diabetes itu sendiri.

Konsumsi jenis biji-bijian itu memiliki kadar serat tinggi sehingga memang lebih lama diproses yang menjadikan  gula darah stabil sebaliknya konsumsi nasi putih sontak bisa menaikkan gula darah. Jadi bijian utuh sangat direkomendasikan bagi penderita Diabetes.


Pada dasarnya nasi merah dan nasi putih berasal dari biji yang sama. Bedanya jika beras putih ini diproses dengan menghilangkan lapisan dedak di benihnya.

Sementara pada beras merah, dedak ini dibiarkan yang justru memberikan nutrisi lebih meski lebih keras.  Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Tips Diet Sehat
Tak hanya beras putih saja yang perlu dihindari, namun roti putih, kentang putih pun bisa menjadi faktor meningkatnya diabetes. Catatan penting sekali nih.

Ada baiknya juga nih terutama penderita diabetes bisa menjalani pantang makan nasi putih dengan cara berikut ini :

1.Tambahkan kacang-kacangan 
Sebaiknya menambahkan jenis kacang-kacangan di menu harian yang dibuat.

2.Penuhi kebutuhan vitamin C 
Perlu diperhatikan juga pemenuhan sumber vitamin C agar nantinya bisa meminimalisir resiko diabetes. Diantaranya konsumsi buah tomat, anggur, atau strawberry.

3.Perbanyak makan sayur hijau 
Perhatikan juga rutin konsumsi sayuran hijau yang kaya serat dan magnesium. Seperti bayam, kangkung, sawi. Agar tubuh seimbang mengolah makanan berserat.

4.Kurangi makanan olahan 
Bagi yang menyenangi camilan atau kue sebaiknya dibatasi. Boleh konsumsi makanan ringan tersebut asalkan tidak berlebihan.

5.Terapkan gaya hidup sehat
Agar bisa menerapkan gaya hidup sehat setidaknya orang harus bisa menjalankan anjuran seperti jangan banyak pikiran atau stres. Tidur secukupnya, jangan merokok dsb.

6. Perbanyak minum air putih
Dengan konsumsi minum air putih akan menjadikan tubuh terpenuhi cairan sehingga tidak mudah cepat lapar.

6. Olahraga secara teratur
Dengan olahraga lebih teratur setidaknya bisa meningkatkan kebugaran serta daya kekebalan tubuh. Dengan begitu resiko tertular kuman penyakit bisa diminimalisir.

7. Buat variasi nasi merah
Mencegah rasa kebosanan konsumsi beras merah, pintar-pintarnya kita membuat variasi aneka beras merah lebih menggoda selera.

Credit : google
Sajian beras merah maknyus

Seandainya ada yang kesulitan menemukan beras merah di sekitaran rumah maka bisa juga memesannya di situs belanja online dimana sudah banyak tersedia saat ini.


Keep Happy Blogging

4 comments:

  1. Aku suka beras meraah Maak..

    Bahkan kemaren seneng banget ne,u tukang bubur ayam tapi pake nasi merah, enyak2 dan beda rasanya

    ReplyDelete
  2. bapakku diabetes, mba. jadi ga bisa makan nasi sama sekali. kadang diganti sama pisang, tela atau singkong rebus. yang penting ga makan nasi. hehe. tapi belum cobain nasi merah. ternyata bagus buat kesehatan ya.

    ReplyDelete
  3. aku suka banget beras meraaaaah. Tapi sayang, anggota keluargaku yg lain kurang doyan

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka beras merah mba.. walaupun rasanya ngg pulen tapi lebih sehat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)