27 Dec 2015

Aneka Sajian Sedap Akhir Tahun

Tahu tidak aneka sajian sedap akhir tahun yang biasa dihidangkan-menemani kebersamaan dengan sejumlah kerabat, sahabat atau kolega menjadi pelengkap momen istimewa ?
Tentu saja dong, karena momen yang datangnya sekali dalam setahun ini menjadi akhir momen tak terlupakan sekaligus bakal menjadi awal momen baru dalam kehidupan. Sehingga tidak sedikit orang yang bersuka cita merayakan detik-detik jelang awal tahun baru ini dengan membawa harapan dan mimpi terbaik untuk diwujudkan.

Seperti halnya saya dan keluarga juga tidak ingin melewatkan begitu saja acara berkumpul kangen dengan para sanak saudara yang tersebar di berbagai daerah. Jakarta, Surabaya, Cepu, maupun Bumiayu Brebes. Pada akhirnya saling bertemu-tumpah ruah menjadi satu, menjadi jalinan kehangatan dalam keluarga besar.

Bangga juga nih  dengan tradisi budaya Indonesia yang umumnya suka mudik demi bertemu dan berkumpul dengan keluarga tercinta di tempat asal. Begitu pula dengan keluarga saya yang memilih mengunjungi sekaligus silahturahmi dengan kerabat leluhur di luar kota. Kebetulan keluarga besar tahun ini sepakat berkumpul di kota Salatiga.

Mungkin (saja) dengan mengingat beberapa aneka sajian sedap akhir tahun yang tidak pernah ketinggalan dihidangkan itulah yang membuat saya selalu terkenang sejak jaman kecil hingga setua ini *ingat hampir punya 3 buntut :D Oopps maksutnya the krucil sih, hehehe.

Pengin tahu enggak, sih  kira-kira aneka sajian sedap akhir tahun yang menjadi tradisi keluarga besar ketika ada acara berkumpul bersama ? Coba simak beberapa sajian sedap berikut di bawah ini ya *tidak boleh protes ya..hahaha. Pasalnya terpaksa saya pinjam foto sejumlah kue-kue maknyus nya dari Oom Google *harap maklum, belum ada kamera DSLR sementara kamera hape error  HIkkks :( :(

1. Kue Lidah Kucing
Siapa saja akan menyukai kue lidah kucing yang dominan dengan rasa manis. Sekali gigit langsung lumer rasanya di dalam mulut. Jadi gak salah jika saya sampai gak bisa move on dengan kue masa kecil ini.


2. Kue Semprit

Siapa sih yang tidak kepincut dengan bentuk cantik kue satu ini. Dulu saya dan saudara saling berebutan mengambil kue berbentuk "S" ini. Memang rasanya sangat manis dan nikmat. 

 3. Kue Nastar Isi Nanas


 Yang selalu dinanti-nanti dalam aneka sajian sedap akhir tahun termasuk dengan kue nastar isi nanas. Saya juga suka banget menyantap kue yang lumayan lembut berpadu nikmat isian nanas. Rasanya ada yang kurang afdol  jika tidak ada kue bundar cantik satu ini.

4.  Kue Moci



Kekhasan dari kue moci ini adalah cita rasanya yang kenyal namun lumayan lembut dikulum dalam mulut. Bentuknya yang imut-imut seringkali bikin hati tidak tega untuk langsung menyantapnya habis. Meski banyak ragam inovasi dari kue moci saat ini, saya cenderung lebih suka kue moci yang orisinil dengan isian kacang.


5. Kue Kastengel

Nah ini dia aneka sajian sedap akhir tahun yang menjadi favorit. Rasa kue kastengel yang gurih asin dan tektur kuenya yang renyah bikin lidah tidak pengin berhenti bergoyang. Mungkin jika sering-sering disajikan tidak lantas bikin ilfil -eneg atau bosanlah. *dasaaar rakus, ya :D

Benar kan aneka sajian sedap akhir tahun terasa menggoda selera untuk terus mengecapnya habis sembari mengobrol santai dengan orang-orang tercinta. Mungkin kalau ada yang bisa sharing pengalaman tentang kue favorit all gaes ,silakan berbagi di kolom komentar ini ya.

Keep Happy Blogging

10 comments:

  1. Aku doyan banget sama nastar dan kastengel. Yang lain nggak gitu suka. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. kue favorit kalau berkunjung ke kampung halaman ya sagon atau kumis kucing, selain langka dijual di pasaran merasakan kue ini seakan memukul mundur ruang dan waktu mba :)

    ReplyDelete
  3. kue lidah kucing emang enaak, rasanya susuuu bgt, and banyam butter jd gampang lumer yaa

    ReplyDelete
  4. Diantara kue-kue tersebut paling suka moci tapi mahal bingit ya mbak..dan kue-kue itu juga gampang didapat karena disetiap supermarket pasti ada..tinggal lihat ketebalan dompet aja..hihihi.. :)

    ReplyDelete
  5. sebagai penyuka cemilan aku suka semuanya..
    tapi nastar dan kastengel is the best.. :)

    ReplyDelete
  6. Nastar dan kastengel, Mba Cris. Aku suka banget

    ReplyDelete
  7. kastangel kesukaan aku banget

    ReplyDelete
  8. Hua...camilan kue2 di atas enak2 banget... Semuanya kesukaan aku lho Mba... Apalagi kastengel itu enak banget..

    ReplyDelete
  9. udah lama ngg buat kastengeeel..kangeeen..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)