23 Mar 2019

Mbolang Ke Solo, Petualangan Lokal Bercitarasa Eropa

Dokpri. Omahantik.com - Pelataran depan Heritage Palace


Hampir terkecoh ketika melihat foto-foto sahabat bertebaran di medsos. Bagaimana tidak saya kira dia pesiar jauh ke luar negeri dan foto selfie di spot-spot yang keren. Ternyata setelah saya beri komentar dengan pujian wow, mereka malah ketawa cekikikan. Gantian saya yang disuruh jalan-jalan refreshing. Duh, berarti selama ini saya yang kurang piknik ya *ngakaksendiri.
Jangan lama-lama ya pikniknya, cus mari mbolang ke Solo, petualangan lokal bercitarasa Eropa. (menurut opini saya-so jangan diprotes keras) !

The Heritage Palace
Nah baru saya melongo habis setelah tahu kemana teman saya, Larasati jalan-jalan pekan minggu yang lalu. Teryata masih dekat sekitaran Jawa Tengah saja, kok. Yup The Heritage Palace destinasi kekinian  tersebut letaknya di dusun Gembongan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Sekitaran Solo Raya, deh.

Sejarah awalnya merupakan Pabrik Gula yang berdiri pada tahun 1920, lalu berubah fungsi menjadi gudang tembakau. Sempat terbengkalai lumayan lama sehingga akhirnya mendapat perhatian dari pihak swasta. Akhirnya dipugar menjadi tempat wisata. 

Dokpri Omahantik.com - salah satu spot di Heritage Palace yang menarik

Bangunan-bangunan lama tetap dibiarkan apa adanya dan hanya dibersikan serta diberikan sentuhan perbaruan di beberapa titik lokasi. Berkunjung ke kawasan The Heritage Palace secara langsung memang menghadirkan suasana yang berbeda. Apalagi saat memandangi bangunan tua dengan berbagai ornamen peninggalan zaman kolonial. Sekilas mirip dengan wisata kolosium di Eropa, kan.

Pelataran dalam The Heritage Palace malah menyajikan sejumlah koleksi mobil-mobil antik kuno yang cukup menawan. Masuk ke dalam bangunan, akan melihat keberadaan  musem 3D dan juga museum kwalik. Nah disitulah siapapun bisa foto bahkan selfie sepuasnya.

Benteng Vastenburg
Pastinya orang gak asing lagi dengan bangunan kuno yang begitu terkenal di Surakarta. Salah satunya adalah Benteng Vastenburg. Sisa bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng yang terletak di sekitaran Gladak, Surakarta.
Benteng yang dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, khususnya terhadap keraton Surakarta, benteng ini dibangun, sekaligus sebagai pusat garnisun. Di seberangnya terletak kediaman gubernur Belanda (sekarang kantor Balaikota Surakarta) di kawasan Gladak.
credit :jalanjalan.com - Benteng Vastenburg kastil yang bersejarah
Jika diamati sekilas bentuk tembok benteng sepperti bujur sangkar yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut selekoh (bastion). Di sekeliling tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang. Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk persiapan pasukan atau apel bendera. Hemm benteng yang cukup mengesankan selain bikin rasa merinding jika terperangkap di dalam sendirian. Bagaimana kalian sendiri, berani ???

Bendung Tirtonadi
Sepintas melihat nuansa di Bendung Tirtonadi Solo ini, siapa yang bisa menyangkal jika tempat ini seperti di wilayah benua Eropa. Baik jalanan setapak maupun panoramanya seakan berada di wilayah yang dingin bersalju.  Padahal Bendungan Tirtonadi ini berada di sepanjang tepian Kali Pepe, Surakarta.

Credit : Google - Panorama indah Bendung Tirtonadi Solo 
Sungguh tidak menyangka sama sekali ada sejumlah obyek ataupun destinasi wisata lokal seperti Bendung Tirtonadi Solo yang rekomended dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tidak terkecuali saya lho, yang dari dulu ngebet pengin dapat jalan-jalan keluar negeri. Sayangnya belum kesampaian sampai sekarang ini.

Memilih Petualangan Yang Sesuai
Pengalaman beberapa teman yang sudah bepergian wisata ke mana pun setidaknya memberikan masukan bermanfaat bagi saya secara pribadi dan keluarga. Bagaimana memilih destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan serta budget yang dimiliki. Tidak perlu memaksakan diri untuk harus piknik ke tempat wisata yang jauh dan tergolong mahal harganya baik dari sisi tranport serta penginapan.

Mengenal PegiPegi.com

Tidak perlu ribet dan merasa kuatir dalam menyiapkan segala keperluan yang berhubungan dengan rencana untuk menikmati wisata. Seperti memesan tiket moda transportasi dan hotel. Mengajak wisata keluarga setidaknya memang harus ada planning terlebih dulu : memilih hotel yang dekat dengan tujuan wisata baik itu nantinya hotel bintang tiga atau bintang lima. Yang penting kelayakan hotel bersih dan cukup terjangkau. Note deh, jika nantinya bisa booking hotel di Solo jika mbolang lagi bersama keluarga besar.
Apalagi kini banyak kemudahan  dengan adanya situs terpercaya PegiPegi.com yang bisa melayani semua keperluan tadi. Cukup pasang aplikasinya bisa juga via versi mobile sehingga memudahkan siapa saja untuk melakukan pemesanan ataupun booking hotel.

Fitur keren dari mobile pegipegi.com
Aplikasi pegipegi.com ini sangat memudahkan para penggunanya untuk melakukan pencarian serta pemesanan kebutuhan traveling. Cukup dengan pengalaman browsing ala aplikasi mobile tanpa ‘menghilangkan’ fitur-fitur yang sudah tersedia di halaman web versi desktop.
Mobile web pegipegi.com selalu menampilkan fitur-fitur andalan yang semula hanya bisa diakses oleh para pengguna pc atau desktop. Fitur pencarian yang ditawarkankan TIDAK hanya berdasarkan KATA KUNCI  atau keyword berupa nama hotel atau kota tujuan saja, namun juga hotel yang terdekat dengan lokasi mereka saat itu. Oya, para penggunanya juga bisa mem-filternya berdasar harga, rating, tingkat bintang, detil lokasi dan kamar hotel yang dilengkapi foto foto kondisi hotel.

Nah, tunggu apalagi cuz Mbolang Ke Solo, Petualangan Lokal Bercitarasa Eropa bisa dirasakan segera mungkin. Tidak ada kata terlambat untuk melewatkan momen yang membahagiakan ini.

Keep Happy Blogging

Baca Selanjutnya ...

4 Mar 2019

Inilah Hambatan yang Harus Dihadapi oleh Penyedia Jasa Logistik di Indonesia


Credit : sera.com

Kegiatan mengirim barang dari satu tempat ke tempat yang lain merupakan salah satu kegiatan yang sudah banyak dilakukan oleh manusia di dunia. Melalui perkembangan teknologi yang ada sekarangn ini, proses pengiriman barang dari pengirim ke penerima juga mengalami perkembangan.

Dari bidang administrasi dan hal lain lebih bisa terorganisir dengan baik. Pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat justru mengakibatkan perusahaan penyedia jasa logistik semakin bisa mendapatkan keuntungan yang lebih menggiurkan.

Banyaknya online shop yang melakukan pengiriman barang kepada para konsumen menjadi penyebab penyedia jasa logistik bisa meraih keuntungan yang tidak sedikit.

Ada beberapa jenis penyedia jasa logistik yang bisa anda temukan di Indonesia. Pemilihan jenis tersebut bisa anda tentukan berdasarkan tingkat kebutuhan yang ingin anda cukupi. Penentuan tarif yang harus dibayar sebagai pihak pengirim juga bisa dilatarbelakangi oleh beberapa hal.

Pertama adalah bobot barang yang akan anda kirimkan. Bila barang tersebut memiliki bobot yang berat, maka akan lebih banyak biaya yang harus dibayar kepada penyedia jasa logistik. Selain itu, jenis barang dan jarak yang harus ditempuh oleh barang hingga akhirnya bisa diterima oleh penerimanya juga menjadi indikator lain yang menentukan tarif.

Di balik semua keuntungan yang mungkin didapat dari penyedia jasa logistik, ada beberapa hambatan yang mungkin akan ditemukan. Apa saja?
Berikut ini penjelasannya.

1. Jenis geografis
Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari banyak pulau. Hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya beberapa hambatan yang mungkin akan dihadapi oleh penyedia jasa logistik. Jarak yang jauh sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menempuh perjalanan menjadi kendala yang harus dihadapi. Apalagi, transportasi laut yang dimiliki oleh Indonesia belum terlalu baik bila dibandingkan dengan negara yang lebih maju. Penyedia jasa logistik harus menggunakan berbagai macam cara agar barang yang dikirimkan bisa aman sampai ke tujuan.

2. Biaya pengiriman
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tarif pengiriman barang menggunakan penyedia
jasa logistik ditentukan juga oleh jauh atau dekatnya jarak yang harus ditempuh. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin besar pula biaya yang harus dibayar. Apalagi sekarang ini biaya kargo yang ditentukan oleh pemerintah dirasa semakin memberatkan pihak penyedia jasa logistik yang berdampak kepada konsumen. Tarif biaya akan semakin meningkat apabila barang harus dikirim ke jarak yang jauh dan dalam waktu yang relatif singkat.

3. Keterbatasan teknologi
Meskipun sudah banyak mengalami perkembangan, tapi teknologi yang berlaku di Indonesia bisa dibilang masih jauh dari kata maju. Luasnya daerah yang dimiliki oleh Indonesia belum bisa dijangkau dengan mudah. Daerah pelosok Indonesia masih membutuhkan banyak perhatian agar bisa mudah dicapai oleh penyedia jasa logistik.

Kondisi jalan dan kemampuan transportasi yang dimiliki oleh beberapa daerah menjadikan masih banyak lokasi yang belum bisa dijangkau sehingga masih menghambat keinginan pihak yang ingin mengirimkan barang ke lokasi tersebut.

4.Infrastruktur yang kurang memadai
Seperti yang telah dijelaskan, infrastruktur di daerah-daerah yang ada di Indonesia menjadi kendala yang harus dihadapi oleh penyedia jasa pengiriman. Semakin buruk infrastruktur yang dimiliki oleh suatu daerah, semakin sulit pula penyedia jasa logistik melakukan pengiriman ke daerah tersebut.

Meskipun masih memiliki banyak hambatan, tapi ada banyak penyedia jasa logistik yang bisa memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satu penyedia jasa logistik yang cukup terpercaya adalah Sera. SERA adalah salah satu anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang pengiriman barang.

Semua informasi terkait bisa anda dapatkan dengan mengakses website resminya, yaitu sera.astra.com untuk mendapatkan info yang lebih detail.

Keep Happy Blogging



Baca Selanjutnya ...

1 Mar 2019

Harga Rental Mobil Murah dari Jasa Rental Terpercaya dan Recommended


Credit : trac.astra.co.id
Info harga rental mobil murah dari jasa rental terpercaya dan recommemded sebenarnya banyak diperlukan lho, teman.

Pernah ada acara insidental yang tidak terduga. Misalnya menghadiri  takziah salah satu tetangga kami. Mau tidak mau pada saat itu juga pergi berombongan. Tidak memungkinkan untuk memaksakan pergi dengan kendaraan pribadi. Masak sih, harus bolak-balik angkut muatan belum jika lokasinya jauh di luar kota?

Sehingga pada waktu itu pilihan memanfaatkan mobil rental, solusi yang utama. Meskipun terburu-buru tanpa adanya pilihan mobil  lain toh pada akhirnya kita semua bisa pergi melayat bersama. Tentunya  dengan harga instan  tanpa memikirkan penawaran. Hehehe, untung cuma sekali waktu saya ya.

Jadi pelajaran penting nih, kita semua bila sampai nantinya memilih sewa mobil. Sebaiknya diperhatikan terlebih dulu jika  ingin menyewa mobil adalah dengan melihat harga rental mobil sebelumnya.

Harga sewa mobil yang ditawarkan tersebut biasanya kan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti durasi waktu penyewaan dan jenis mobil yang disewakan. Beneran,kan?

Sedikit hal juga sudah saya rangkuman nih soal memakai rental mobil yang kini tengah menjamur.

Keuntungan menyewa mobil untuk liburan
Dengan banyaknya orang yang tertarik untuk menyewa mobil maka menyebabkan banyaknya jasa rental mobil yang bisa saja ditemukan di mana saja.
Disinilah sebagai calon konsumen memang harus berhati-hati ketika akan berniat menyewa mobil melalui jasa rental. Belum tentu jasa rental yang ditemukan via online akan memberikan jaminan fasilitas yang memuaskan nantinya.

Itulah sebabnya dihimbau untuk para konsumen harus mempertimbangkan untuk memilih jasa rental yang terpercaya dan professional. Jika mengalami kesulitan atau ragu untuk memilihnya sendiri maka  bisa meminta bantuan dari kerabat anda yang telah berpengalaman. 

Jauh dari itu, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan sewa mobil, berikut ini keuntungannya :

1. Bisa memuat banyak orang
Kelebihan pertama yang paling banyak dirasakan oleh para penyewa mobil adalah kendaraan ini bisa mengangkut banyak penumpang. Hal ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang ingin berlibur bersama-sama keluarga besar tercinta.

Berbeda dengan motor yang hanya mampu memuat 2 orang, mobil bisa memuat lebih dari 2 muatan bukan?
Hal ini tentunya berbeda dengan jenis mobil yang akan dipilih. Kapasitas mobil juga berbeda-beda. Biasanya ini juga akan mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan.

2. Menghemat biaya
Tak bisa dipungkiri apabila dengan menyewa mobil maka secara tidak langsung juga akan lebih hemat dalam pengeluaran. Dibandingkan dengan memaksakan diri untuk membeli mobil sewa mobil ini masih menjadi pilihan bagi sebagian besar orang.
Umumnya, harga rental mobil yang ditawarkan oleh sebuah jasa rental berbeda-beda dan tergantung dengan beberapa hal seperti tergantung berapa lama waktu menyewa mobil hingga apakah diperlukan akan menggunakan driver ataukah tidak.

3. Terlindung akan panas dan hujan 
Kelebihan berikutnya yang ditawarkan oleh mobil adalah tidak akan merasa kepanasan ataupun kehujanan saat sedang mengunjungi tempat wisata ataupun sedang melakukan perjalanan menuju ke tempat tujuan.
Hal ini tentu akan membuat perjalanan seseorang semakin nyaman dan perjalanan menjadi semakin cepat. Terlebih lagi, jaminan tidak perlu khawatir terkena hujan ataupun badai menerjang.

4. Bisa mendapatkan mobil sesuai kebutuhan
Jasa rental mobil yang professional tentu akan memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen terutama yang memilih jasa rental  mobil.
Termasuk memberikan saran ke konsumennya tentang kebutuhan memakai mana mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika ada konsumen belum mengetahui mobil manakah yang akan dibutuhkan maka langsung bisa memanfaatkan layanan ini.
Semisalnya  nih, apabila akan melakukan perjalanan ke perkotaan maka jenis mobil yang disarankan diantaranya adalah Jazz, Yaris, Honda Brio hingga Ayla.

Lain halnya jika akan pergi ke pegunungan, mobil yang dibutuhkan sebaiknya harus memiliki kemampuan menanjak yang baik.

5.Privacy terjaga dengan menggunakan sewa mobil lepas kunci
Kelebihan yang satu ini salah satunya peroleh apabila seseorang memutuskan untuk menyewa mobil lepas kunci atau tanpa sopir. Pastinya konsumen juga akan lebih leluasa dalam melakukan apa saja selama perjalanan dan bisa mengemudi sendiri untuk menuju ke tempat yang diinginkan.

6. Tidak perlu menghafal rute dengan adanya driver
Untuk kelebihan ini akan mendapatkan jika menyewa mobil dengan driver. Jenis sewa ini sangat cocok bagi konsumen,yang malas menyewa mobil atau menghafal rute. Sehingga tidak perlu khawatir akan tersesat juga.

Demikian sejumlah keuntungan sewa mobil. Jika memang ingin menyewa mobil dari jasa rental yang professional, segera andalkan trac.astra.co.id Rental ini juga menawarkan harga rental mobil yang sesuai dengan kebutuhan.


Keep Happy Blogging

Baca Selanjutnya ...

21 Feb 2019

Cara Meminimalisir Pengeluaran Pada Bisnis Cetak Kaos

Credit : porinto.com 

Suatu sore saat asyik  mengamati  para krucil bermain di lapangan, maklum rumah kita persis depan lapangan luas. Ada satu hal menarik nih, yang saya tangkap. Yakni pas obrolan ala anak-anak yang berlomba-lomba saling mengidolakan tokohnya yang kekinian.

Duh, bukan bermaksud jelek menguping diam-diam melainkan penasaran saja gimana sih celoteh para anak kecil  yang serius membahas sang idola.

Pasti jaman now ini pada tahu siaapaaa, sih Ria Richis, atau yang lagi heboh di mana-mana diomongin  kalau bukan si Black Pink.

Nah itu dia mindset anak-anak jaman now yang bergeser  paradigmanya untuk menjadi lebih maju. Bandingkan deh jaman kita dulu yaa, teman..kita sering bercita-cita jadi pilot, dokter, bahkan arsitek.

Sama halnya nih si krucils di jamannya kini mengangankan menjadi seorang Youtuber, Entertainer bahkan pengusaha lebih dominan. Hahaha, apakah ini semua dampak dari pengaruh kemajuan tehnologi maju?

Bismillah sebagai orangtua bijak, kita patut  mendukung  terbaik dan mengamininya ya teman. Menjadi seorang leader, inovator atau apalah yang intinya menjadi garda terdepan dalam mengapresiasi kehidupan patut diacungi jempol. 


Simak yuk sisi dari menjadi seorang  pengusaha, pastinya berharap bisa mendapatkan keuntungan lebih baik dan berlipat-lipatnya dibanding menjadi pegawai biasa.

Tentunya menjadi pengusaha yang handal diperlukan mental kuat dan sikap profesional terlebih dalam mengelola keuangan. Pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya ditunda saja dan jangan dipaksakan.

Jadi inget nih, ada seorang kawan  di kota kecil saya yang mantap menjadi pengusaha lokal dan serius menggeluti bidang yang diminati. Sampai  detik ini dia bisa membuktikan perjuanganan di jalur wiraswasta bisa berkembang maju.

Salah satu tipsnya yakni selalu bijaksana serta cermat mengelola kepentingan finansial. Ingat bahwasannya kondisi keuangan sangat menentukan eksis tidaknya usaha yang sedang digeluti sebut saja semisalnya perusahaan cetak kaos ataupun usaha bisnis lainnya yang akan dibuat. Nantinya juga banyak menemukan kendala dalam memulai suatu bisnis, salah satunya adalah masalah pengeluaran.

Karena itu ya teman juga wajib mempelajari kondisi pasar terkini agar bisa diaplikasikan pada bisnis anda tersebut. Bagaimana cara tepat untuk meminimalisir pengeluaran pada bisnis yang dijalankan seperti halnya usaha lokal teman di bidang cetak kaos

Sedikit uraian yang sempat dia paparkan bagaimana memulainya dari awal usaha bisnisnya tadi, diantaranya :

1.Cari Momen yang Tepat Saat Belanja Bahan

Manfaatkan momen  yang tepat  apalagi waktu belanja bahan untuk cetak kaos. Karena harga bisa saja lebih sedang turun. Belilah bahan dalam jumlah banyak sekalian agar anda mendapatkan harga grosir dan diskon. Cara ini bisa digunakan untuk meminimalisir pengeluaran.

Jangan lupa sebelumnya harus bisa mempertimbangkan naik turunnya harga, sesuaikan dengan kondisi. Apalagi ketika menerima pesanan membludak , pasti akan butuh banyak bahan untuk memenuhi pesanan tersebut. Disinilah dibutuhkan skill seorang pengusaha yang cermat  sekaligus bijak dalam memutuskan bagaimana mengantisipasi belanja bahan saat itu juga, tanpa harus merugi banyak jika bisa memanfaatkan momen belanja yang tepat.

2.Memperkejakan SDM Sesuai Kebutuhan

Ketika usaha sedang dibanjir pesanan dan tidak didukung SDM atau tenaga kerja terampil  yang memadai bisa menjadikan masalah serius juga. Tanpa adanya pegawai yang sesuai  kebutuhan usaha bakalan  menghambat kemajuan usaha yang tengah  dijalankan, lho. Karena itu pikirkan cara tepat bagaimana memilih  seorang tenaga kerja yang bisa mendukung jalannya usaha kita.

Jangan asal sembarang memaksakan untuk mencari pekerja untuk dijadikan karyawan, khawatirnya saat misalnya ada pesanan cetak kaos sedang menurun, ada dampaknya karena harus tetap membayar karyawan tersebut. Kondisi berbeda jika kita hanya sewa karyawan harian yang bisa digaji sesuai dengan kebutuhan, pasti pengeluaran akan jauh lebih hemat.

3.Menggunakan Jasa Pengiriman untuk Operasional Usaha

Perusahaan besar saat ini kebanyakan lebih senang menggunakan jasa expedisi pengiriman ketimbang harus membeli armada sendiri untuk menunjang distribusi barang ke konsumen. Cara ini memang dirasa bisa lebih hemat.
Silakan manfaatkan cara lumayan praktis ini kemungkinan lebih bisa membantu bisnis cetak kaos yang dijalani.
Jika memiliki armada sendiri, maka harus lebih siap mengeluarkan biaya untuk gaji supir dan asistennya. Belum lagi pengeluaran untuk biaya perawatan setiap bulan. Kian menjadi beban besar,kan.
Berbeda jika bisa menggunakan jasa expedisi, keuntungannya hanya perlu membayar jasa sewanya saja dan terima beres. Jauh lebih efektif bukan? Untuk urusan belanja bahan, serahkan saja semuanya pada pihak supplier agar bisa mengusahakan pengirimannya ke tempat kita.

4. Hindari Pinjaman Sembarangan
Pada saat kondisi perusahaan memang butuh modal untuk mengembangkan usaha, pinjaman memang bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat bagi sebagian besar pengusaha.
Kode keras nih, bisa dijadikan pengalaman berikutnya. Jika tidak butuh – butuh amat sebaiknya jangan dilakukan. Karena hanya akan menjadi suatu beban lebih. Kemudian jika memang terpaksa harus mencari pinjaman modal, sebaiknya membandingkan dulu suku bunganya. Inilah salah satu cara tepat yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran.

Dengan adanya sedikit pembahasan di atas, seketika bisa menerapkannya pada apapun usaha atau usaha cetak kaos. Jangan putus asa untuk mencoba terus. Karena praktek tidak semudah seperti halnya teori yang penulis bagikan. Semoga sukses menjalani bisnis  baru ya gaes 🤗

Keep Happy Blogging



Baca Selanjutnya ...

20 Feb 2019

Apresiasi 2019 "Cashback 10 Juta" Hanya di Program Terima Kasih Pelanggan ACER

Wajah sumringah para sobat blogger dalam event
"TERIMA KASIH PELANGGAN ACER" Semarang
Credit : kokoproduction

Rabu, 20 Februari 2019

Hari yang dinantikan sekian lama akhirnya kunjung tiba. Yup saya merasa bersyukur sekaligus tersanjung bisa turut diundang di Program  Terima Kasih Pelanggan ACER yang memberikan promo Cashback 10 Juta. Wow keren, bukan ? 

Meski perjalanan yang ditempuh lumayan macet, tahu sendirilah gimana jalur Pantura yang selalu padat merayap seperti Kudus-Semarang , belum jika ada air rob menggenang, perbaikan jalan sampai  ada kendaraan berat mogok sehingga persiapan berangkat harus lebih pagi. Fix, saya pukul 8.10 sudah meluncur menuju Nestcology, Semarang .

Pukul 10.59 tiba di Caffee  Nestcology sekitaran Tambora No.5 A Tegalsari, Candisari  Semarang benar masih sepi pengunjung. Namun saya lebih  sreg datang awal ketimbang ngos-ngosan plus muka kucel karena datang telat * bikin awak gak pede saja hehehe.

Here we are happily
Dokpri : omahantik.com 

Tidaklah berlebihan jika sejak awal saya antusias begitu tahu info program ACER yang roadshow  dari kota ke kota mulai Jakarta, Bandung, Semarang hingga Yogyakarta. Apalagi saya dan keluarga adalah user produk Acer. Bahkan sejak awal kuliah suatu kebanggaan bisa memiliki notebook ACER.

Tetapi sedikit baperlah, jika ingat notebook kesayangan ACER yang hampir 5 tahun kini rusak. Tanpa sengaja jatuh dengan mulus dari meja belajar anak-anak. Hikssss.

Tapi ya sudahlah, mungkin ini kode keras  untuk upgrade  notebook yang lebih mumpuni apalagi frekuensi penggunaannya lebih dobel baik untuk support pekerjaan  dan aktifitas ngeGames.

Nah, itu dia pointnya, siapa tahu dengan mendengarkan banyak informasi yang digelar ACER di Program "terima Kasih Pelanggan " pada siang hari tepatnya  20 Februari 2019, saya bisa menemukan informasi komplit laptop  yang sesuai kebutuhan.

Acara siang itu terlihat enjoy dan menyenangkan di antara para undangan awak media serta para blogger   yang berkumpul. Semua dijamu  dengan menu bervariasi ala Nestcology  sseperti snack  fried  potato crunchy  dan fried  onionnya  yang super spicy. Duuh, gak terbayang nih pulang dari event ini  tubuh kian melar menggelembung. Alamak jang!!!

Maksi alias makan siang sempat terjeda beberapa saat ketika  mbak Erby Winarto selaku Branch Manager Acer Indonesia untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah membuka acara tersebut.

Program ini adalah ungkapan terimakasih dan juga bentuk apresiasi atas kesetiaan yang telah diberikan kepada Acer sejak kami mulai beroperasi di tanah air 20 tahun yang lalu.

Tanpa pelanggan setia kami, sederet penghargaan tidak akan bisa kami capai. Kami juga selalu berupaya untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan positif pelanggan sebagai mitra terbaik kami melalui pemberian apresiasi. Serta menjadi pendengar yang baik atas masukan yang diberikan kepada kami agar kami dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.”

Mbak Erbi yang jelita membuka acara awal
Dokpri : omahantik.com

“Kedepannya, komitmen Acer akan terus sama, yaitu senantiasa menjadi pilihan terbaik dan dapat memberikan kepuasan juga feedback positif atas produk kami dalam menunjang produktivitas dan kreasi mereka.” tambahnya.

Wow saya terpukau banget dengan inti informasi yang diuraikan tadi siang betapa besar apresiasi yang diberika ACER terhadap pelanggan  setianya.

Tahu gak info pentingnya teman??? Simak yak jangan kelewatan, untuk pembelian produk pada periode 1 JanuarI s/d 31 Maret 2019, ACER memberikan promo special diantaranya :

  • cashback 10 juta rupiah yang berlaku untuk pembelian produk Predator Triton 700, 
  • bonus Office 365 Original untuk pembelian notebook seri thin & light dengan tipe prosesor tertentu, 
  • penawaran spesial berupa potongan harga untuk pembelian Nitro 5 dengan Intel Core i5 (8th gen), GTX 1050, dan juga promo gaming series berhadiah gaming gears hingga monitor gaming Predator  
  • perangkat Acer Windows Mixed Reality. 

Ada tambahannya lagi lho, kini ACER menyediakan masa garansi sparepart dan service yang lebih panjang hingga tiga tahun. OKAY banget,tuh!

Sungguh luar biasa kiprah ACER di Indonesia  dalam kurun waktu 2 dekade di Indonesia sudah dianugerahi reward bergengsi semacam Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 10 tahun dan Top Brand Award selama 12 tahun berturut-turut atas pilihan konsumen, dan penghargaan untuk layanan pelanggan melalui social media yaitu The Most Socially Devoted Brand Worldwide on Facebook dari Socialbakers, serta Social Media Award 2018.

Aiiih  ACER makin cintaaaah dengan sederet produknya yang cetar membahana.
Berfoto 👉 Swift 7 ACER, super tipis & elegan
Dokpri  : omahantik.com 

Setelah sharing prestasi dan beberapa produk baru yang belum launching di Indonesia, acara ditutup dengan pemberian hadiah doorprized  yang  tidak kalah Wah-nya.
Yang beruntung mendapatkan gift  doorprize  senilai jutaan itu jatuh ada handiko perwakilan dari brother dan  si embak asal Solo perwakilan dari kelompok awak media.


Cek informasi promo selengkapnya, kunjungi blog resmi Acer Indonesia di www.acerid.com .

Blog : www.acerID.com

Facebook : www.facebook.com/acerindonesia

Twitter : @acerID

YouTube : www.youtube.com/acerindonesia

Instagram : acerID

Community : www.iamspacer.com

Contact Center : 1500155

Baca Selanjutnya ...

13 Feb 2019

Antisipasi Siaga Kejadian Tak Terduga

Dokpri : Si Putih korban dahan tak bertuan

Hujan deras terus mengguyur sejak seharian. Tidak banyak aktifitas yang bisa dilakukan di luar selama cuaca kurang mendukung. Paling setelah antar-jemput sekolah, berbelanja seterusnya berdiam di rumah saja. 

Anak-anak juga memaklumi mengingat ini memasuki musim penghujan di mana akan ada frekuensi hujan yang intensnya lebih tinggi dari biasanya.

Gak bosan-bosannya saya terus cerewet mengingatkan anak-anak bahayanya main ditengah hujan deras. Atau jika mereka bosan bermain dalam rumah serta memaksa pergi keluar. Duh, hari hujan begini mana malas bawaannya untuk pergi. Belum lagi hawa cuaca hujan yang membuat tubuh brrrr menggigil kedinginan. Kalau boleh memilih enakan meringkuk dalam selimut tebal di kasur atau menyesap hangatnya secangkir kopi panas. Heeem nikmatnya duniawi.

Namanya anak-anak, kadang mereka protes tidak mau tahu maksut baik orangtua. Nah ini yang kadang membuat kepala cenut-cenut memutar otak bagaimana menyampaikan jika sampai nekad hujan-hujanan ekstrim begini bisa saja terkena dampak berbahaya.

Seperti air yang meluap jadi banjir, bahayanya jika sampai anak bermain dekat sungai kemungkinan bisa jadi jatuh tenggelam bahkan hanyut terbawa derasnya  arus air. atau bisa juga pohon tumbang karena lapuk dan sebagainya.

Ditengah kegalauan tak berujung (dasar emak baperan ) hahaha, saya membaca status seorang teman yang mendapat musibah ketika pulang menjemput sekolah anak-anaknya. Sebut saja, si Mom Diandra ini "Untung tidak dapat diraih malang tidak dapat ditolak " tiba-tiba kejatuhan dahan pohon yang tepat jatuh menusuk kaca depan mobilnya.

Bisa dibayangkan bagaimana paniknya dirinya,kan ? Membawa 4 orang anak yang kecil-kecil seorang diri menembus jalanan di tengah hujan lebat. Posisinya dia mengendarai sendirian tanpa suami yang tengah keluar kota.

Terus terang nih, saya yang tidak mengalaminya secara langsung turut bergidik membayangkan kejadian tersebut. Yang untungnya syukur alhamdullilah tidak membuat para penumpang yakni anak-anak tercinta serta pengendaranya terluka. Semua selamat sampai di rumah.

Tak pelak membuat banyak teman langsung menghubungi dan mendatangi rumah Mom Diandra. Sekedar memastikan sejauh mana kondisi keluarganya termasuk anak-anaknya.

Intinya dari cerita yang langsung diucapkan si Mom Diandra ini tak putus-putusnya mengucap syukur terima kasih pada Allah SWT yang telah melindungi semua keluarganya. Hingga ia tidak mempersoalkan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti kerugian yang dialami. Saya salut sekaligus diacungi dua jempol deh untuk mommy Diandra. Meski dia masih menyisakan sedikit shock akan musibah tersebut, ia masih mau repot langsung mengganti kaca mobil yang rusak.

"Langsung tak bawa ke tempat service langganan keluarga nih Mom...biar lekas ditangani dan mobil siap dipakai antar jemput sekolah lagi," katanya enteng .

Sedikit terhenyak mendengar runut cerita Mom Diandra yang terlihat tabah menghadapi semua kejadian.

"Ditotal semuanya sampai berapa yaah Mom?" kembali saya bertanya penasaran.

"Biayanya kurang lebih dua jutaan sih karena tanpa adanya asuransi mobil, Mom, "jelasnya lagi.

Saya manggut-manggut jadinya sambil membayangkan uang segitu bisa untuk belanja bahan pokok satu bulan. *Nih, asumsi saya secara pribadi lho. Malah efeknya jadi sadar betapa penting tentunya suatu proteksi atau perlindungan aset terhadap kendaraan pribadi. Ternyata memang lebih dibutuhkan. Benar demikian, bukan teman ???

Keep Happy Blogging

Baca Selanjutnya ...

1 Feb 2019

Tekunlah Belajar, Meraih Cita-Cita Yang Diimpikan

Credit  by Pixbay


Jadi ingat masa-masa sekolah dulu. Ada suka dukanya pasti. Yang kadang sebagian masih membekas dalam ingatan. Terlebih ketika bertemu dengan teman lama sekolah dan terkenal tengil pada masanya.

Sebut saja Dudung, bukan nama aslinya. Kuatirya bisa parah jika ia sampai tahu kalau namanya dibawa-bawa dalam postingan blog  pribadi  ini. Hahaha. Bukannya apa-apa sih, ya.Saya salah satu saksi kenakalannya di masa es em a dulu.

Oiya Dudung yang ketemu ini benaran beda, ia seorang manager sebuah hotel resort di Jawa Tengah. Tentunya dengan penghasilan yang sepadan dengan posisi yang dimilikinya saat ini. Sungguh beda dengan Dudung  dulunya yang terkenal badung di sekolah.

Dokpri -Omhantik.com : Dudung tengah briefing pekerja

Tahu tidak si Dudung  bukan saja dicap  anak yang tengil, usil, melainkan juga sering kabur dari pelajaran sekolah. Tidak jarang sering diuber-uber guru  BP yakni pak Marwan.

Hampir tiap hari Dudung sering kena razia sekolah. Baik razia potong rambut gondrong, razia sepatu hitam dan razia tas sekolah.

Saya pernah terperanjat dan geleng-geleng kepala mendapati tas sekolah Dudung  yang luar biasa isinya. Semestinya lengkap dengan perlengkapan sekolah alat tulis dan buku paket. Namun yang ada malahan beberapa botol minuman kosong yang tidak layak dikonsumsi pelajar  sekolah. Masyaallah  Dung, jangan sampai dirimu terperosok  jauh ke dalam lubang yang menyesatkan.

Untunglah Dudung  segera menyadari sikap apatisnya yang masa bodoh dengan namanya pelajaran. Bahkan ia pernah mogok hendak keluar sekolah juga lho, teman. Sepertinya mengalami keputusasaan saja.

Pada akhirnya berbekal  materi yang diperoleh sebelum penjurusan ada banyak hal yang bisa dipetik para siswa tidak terkecuali si Dudung. Untuk jurusan ilmu pasti tentunya  akan memiliki peluang studi ke jenjang lebih tinggi lebih beragam dibanding ilmu  sosial atau bahasa.

Mungkin berangkat dari titik inilah Dudung terketuk mata hatinya. Terlebih dengan adanya dukungan  banyak pihak terutama keluarga sepenuhnya. Ia pun memilih jurusan ilmu pasti karena merasa prospek  kerja teknik  industri salah satu mimpinya.

Siapa kira ya  seorang yang dulunya tidak memiliki pengharapan serta tanggungjawab  dalam belajar, eh sekarang menjadi inspirasi untuk berubah menjadi LEBIH BAIK.

Sekedar omong-omong dari hati ke hati saja, saya lumayan kepo dong. Penasaran banget pengin mrngulik pengalaman Dudung  bisa melesat sukses seperti kini. Makanya saya langsung cuz  interogasi Dudung ketika pertama kalinya kontak via sosmed.

Sambil tertawa nyengir  khas alay  Dudung ia mau menceritakan pengalaman A sampai Z. Intinya jangan melihat hasil sekarang ini yang tampaknya begitu "Waah " namun nikmati prosesnya yang memberikan nilai positif.

Jika saya rangkum  keseluruhannya tips Dudung  mendapat kesempatan pekerjaan lebih baik saat ini  malah lebih praktis dan mudah diantaranya :

MENJALIN NETWORKING
Perluas pertemanan ternyata bisa mendatangkan keuntungan selain silahturahmi kekeluargaan. Bisa mendapatkan sejunlah informasi peluang kerja ataupun tawaran job yang ada.

MANFAATKAN MEDSOS
Bijak bermain internet dengan mengoptimalkan hal yang lebih positif, diantaranya menelusuri situs penyedia info lowongan kerja yang lebih lengkap

APPLY JOB ONLINE
Manfaatkan juga kemudahan melamar kerja secara online. Bisa caranya dengan mengirimkan CV (Curriculum Vitae) atau lebih baik jika dilengkapi portofolio jika ada. Karena sebagian instansi/ perusahaan  sudah memakai sistem online dalam perekrutan SDM yang dibutuhkan.

EVEN JOB FAIR
Sekarang ini banyak digelar acara ataupun even program lowongan kerja di kota-kota besar.Tidak ada salahnya jika mencoba datang dan ikut mendaftar. Siapa tahu cocok dengan peluang pekerjaan yang diharapkan.

Nah, dibuktikan jika sukses yang dituai seseorang diawali dengan niat dan bersungguh-sungguh dalam belajar.  Contoh konkretnya ya si Dudung tadi. Dengan serangkaian pengalaman menempa hidup sampai akhirnya memiliki pekerjaan mapan. Tekun belajar hingga meraih cita-cita yang diimpikan, benar kan, gaes?

Keep Happy Blogging 


Baca Selanjutnya ...

28 Dec 2018

Nikmati Perjalananmu Selalu




Untung tidak dapat diraih, malang tidak dapat ditolak. Ketika dalam perjalanan pulang workshop yang saya ikuti selama 3 hari di kota Yogyakarta. Ditengah perjalanan saya tersebut terjebak macet luar biasa bukan karena volume kendaraan yang padat melainkan ada kecelakaan yang melibatkan motor dengan truk kontainer.

Bisa dibayangkan bukan betapa tragis dan mirisnya hati melihat musibah orang lain yang seketika merontokkan hati saya. Langsung saja kepala pusing mata nanar melihat kejadian yang begitu dekat sekaligus  saya lewati. Betapa naas nasib pengendara tersebut dan bagaimana nasib keadaan keluarganya jika mengetahui kebenaran yang bakalan menyayat hati.

Apapun itu musibah kecelakaan, jatuh sakit juga bencana merupakan rentetan hidup di dunia yang tidak bisa diprediksi sama sekali. Datangnya begitu cepat tanpa adanya notifikasi  pemberitahuan  seperti yang jamak orang perhatikan  melalui gadget serta peralatan elektronik  lainnya. Pemahaman sederhana yang harus lebih diperhatikan tentunya.

Secara tidak langsung otak ini merespon. Banyak hal yang berkecamuk dalam benak. Apakah korban tidak berdosa tadi merupakan tulang punggung keluarganya, ataukah korban bisa jadi satu-satunya anak tunggal dan lain sebagainya.

Sungguh manusiawi sekali jika diri ini turut berduka meski tahu korban yang malang tadi tidak ada kaitan persaudaraan sama sekali terlebih dengan diri saya. Sungguh aneh tapi itu nyata banget.

Seketika saya kirim pesan singkat pada seorang sahabat karib saya,  sebut saja Verawati. Siapa tahu bisa dengan begitu bisa melupakan kejadian tragis tadi. Syukurlah gayung bersambut baik, mbak Vera bisa menenangkan hati tatkala dia pun juga menceritakan kejadian yang sama namun beda endingnya. Tahu gak tentang si kepala keluarga tiada, keluarga yang ditinggalkan tidak sampai hidup menderita.

Mengenal Asuransi

Tahukah kebanyakan orang yang hidup di era serba modernisasi digital ternyata banyak yang kurang memahami dan menyadari tentang berharganya nilai hidup. Salah satunya dengan pilihan memproteksi hidup. Yakni dengan bijak ikut asuransi jiwa.

Kenapa harus Proteksi Online ?

Pertanyaan sepele namun cukup berharga untuk disia-siakan begitu saja. Jaman serba canggih dan kian pesat dengan kemajuan tehnologi seakan tidak pernah menyisakan ruang waktu orang untuk lebih memikirkan hal penting terutama dalam hidupnya sendiri. 

Serba sibuk mencari nafkah, bekerja ekstra keras mewujudkan mimpi namun mengabaikan satu hal. Yakni keberadaannya apakah selamanya bisa kuat menopang hidup atau sakit mendadak. Intinya, kita semua tidak ada yang bisa tahu berapa lama kita bisa bertahan hidup di dunia ini.

Sebagai ikhtiarnya manusia tentu tidak ada salahnya untuk membuat hidup ini lebih bernilai dan berharga, beneran, lan? Apalagi sekarang lebih dimudahkan dengan keberadaan proteksi atau asuransi yang bisa diakses secara online.

PIALANG ASURANSI ONLINE
Baru yang pertama Futuready menjadi pialang asuransi online yang terpercaya dengan lisensi resmi dari Otoritas jasa keuangan (OJK) Nomor KRP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015.
credit : futuready.com)

Perlu diketahui Futuready menjadi salah satu bagian AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berdomisili di negara Belanda. Jangan kuatir deh situs Futuready.com ini nantinya bisa menghubungkan calon customer seperti saya ataupun anda pembaca nih dengan pilihan produk asuransi jiwa terbaik secara praktis dan mudah. Apalagi didukung oleh rekanan asuransi terpercaya dan berstandar internasional.

Nyatanya banyak orang tertarik untuk lebih mengetahui produk asuransi yang ditawarkan Futuready meliputi asuransi kesehatan asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil.

Yuk tunggu apalagi, jangan sampai terlambat menyesali, yaaah. Mumpung ada kesempatan dan hal baik yang bisa dilakukan. Dengan begitu semua orang bisa saja menikmati perjalanan hidup ini lebih bermakna.

Keep Happy Blogging






Baca Selanjutnya ...

27 Dec 2018

Oleh-Oleh Bernas dari Even Sahabat Keluarga Kemendikbud


Pengalaman  Luar biasa dengan Sahabat Keluarga KemendikBud Yogyakarta

Bak gayung bersambut saat saya melihat ada informasi  di Sosial Media tentang menulis parenting  ibu dan anak kembali meletupkan semangat rajin menulis. Maklum hampir beberapa bulan lamanya aktifitas berkaitan dengan menulis serasa menguap entah kemana.

Segera saya mendaftar serta melengkapi keseluruhan aturan  yang diminta seperti, data tentang anak yang minimal sudah paham membaca. Dengan harapan semoga saja kepilih  dari antara pendaftar yang baik. Sayang seribu sayang, entahlah  kebijaksanaan dari tim penyelenggara malah berubah. Dari program semula acara untuk Ibu dan Anak berganti. Namun tetap inti dari acara adalah Workshop Content  Creator. *Maafin ya,Nak insyaallah akan ada kesempatan baik untuk dirimu belajar menulis dan mendongeng.

Even Sahabat Keluarga di Yogyakarta18-20 Desember 2018

Selasa siang tepatnya pada tanggal 18 Desember 2018, saya bertolak dari Kudus menuju ke Yogyakarta dengan Bus Patas. Mungkin saya salah satu peserta yang berdomisili paling jauh dibandingkan yang lainnya : Solo, Kebumen, Boyolali, Cepu bahkan Cilacap. Tapi itu semua tidak menyurutkan semangat saya untuk kembali menjejak seorang diri ke kota Pelajar, Yogyakarta.

Perjalanan kurang lebih 6-7 jam lamanya memang butuh ekstra kesabaran, mengingat jarak tempuh yang dilalui lumayan macet di sana sini.Belum diiringi hujan lebat selama di jalan.

Yang penting syukur alhamdullilah saya bisa selamat sampai tujuan demi mengikuti Workshop Content Creator terutamanya dalam belajar menulis esai dan membuat film bersama Kang Gol A Gong dan kakak Iqbal dari Film Maker Muslim.

Hari pertama
Perhelatan Awal Mendikbud

Meski masih didera rasa letih yang teramat sangat. Sungguh sayang jika sampai menyia-nyiakan acara awal yaknio "Worksop evaluasi program Pendidikan keluarga tahun 2018" .
Sambutan Dr.Sukiman

Ternyata para peserta yang hadir di workshop ini cukup banyak, lho. Bahkan menurut  info terpercaya kali ini dihadiri perwakilan jajaran dinas Pendidikan seluruh Indonesia.

Hebatnya lagi mereka sudah mempersiapkan laporan dengan detail. Salah satu laporan yang dikemukakan di publik kemarin keluarga ikut terlibat dalam mendidik anak, dan tidak sepenuhnya diserahkan ke sekolah karena awal mulainya pembentukan karakter anak di mulai dari rumah. Setuju gak nih, gaes dengan opini demikian?

Acara Workshop resmi dibuka oleh Bpk Dr Sukiman selaku Direktur Pebinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Kebudayaan. Dalam sambutannya beliau yang menyatakan diperlukan tenaga yang sangat besar dan keterlibatan berbagai pihak untuk mendampingi anak menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan unggul.

Catatan penting yang membekas sebelum saya harus kembali istirahat di kamar hotel.



Hari kedua
Tentang Menulis Essay Bersama kang Gol A.Gong


Awal hari berikutnya yang sudah dijadwalkan adalah berolah pagi yang dipimpin makPon syantik Mira Sahid. Sayangnya saya terserang sakit kepala karena kurang bisa terlelap tidur. Bayangkan saya saja masih kelop-kelop hingga jam 3 pagi.

Menulis Esai Ala Kang GoL A Gong
Nah ini dia session yang dinantikan, karena baru pertama kali ini saya akan berjumpa dengan sosok yang kondang namanya sebagai seorang cerpenis. Kalau jaman kecilnya pernah membaca  majalah Remaja Hai,tentunya tidak akan asing dengan namanya. Sosok beliau  yang memiliki keterbatasan namun memiliki banyak karya dna prestasi luar biasa setidaknya menginspirasi siapa saja yang mendengar sepak terjangnya. Termasuk saya looh , salah satunya.

Dari yang saya simpulkan  saya sangat terkesan dan membekas di hati adalah pesannya yang mendalam tentang kecintaan pada LITERASI. Jika seseorang sampai mampu menekuni  pasionnya membaca disertai berolahraga yang baik tanpa mengabaikan  kaidah agama pastinya akan menciptakan seseorang itu dalam menggapai mimpi serta cita-citanya.

Ada beberapa tips yang beliau bagikan di antara salah satu pengalamannya dalam menulis esai. Diantaranya harus  bisa menentukan tema yang menarik, melakukan penelitian bisa lewat buku atau internet, bikin outline atau kerangka karangan, terapkan prinsip 5W, 1H dan terakhir segera praktekkan secara rutin.

Oiya  ada beberapa hal yang patut diperhatikan juga nih  meliputi

1. Introduction merupakan bagian awal esai, yang mengungkapkan sejumlah hal yang akan dibahas di dalam sebuah esai. Selain itu, di dalam introduction juga terdapat statement penting tentang suatu pemasalahan yang akan dibahas, makantulislah statement tersebut dengan bahasa yang bisa menimbulkan pertanyaan dan keingintahuan dari pembaca untuk mencari tahu alasan – alasan tentang statement tersebut.

2.Isi yang mana biasanya mengandung garis besar keseluruhan isi esai. Yang perlu diketahui tulislah pada point – point pada outline yang telah dibuat. Setelah itu kembangkanlah point – point tersebut dan jangan lupa untuk memberikan pendukung berupa data agar opini tidak sekedar omong belaka saja.


3.Penutup biasanya berupa kesimpulan dari esai. Jadi tulis kembali point – point pada bagian isi dengan bahasa lain dan dalam satu kalimat. Sebuah kesimpulan harus mewakili isi esai tersebut dan janganlah memunculkan ide atau topik baru pada bagain penutup.

4.Judul juga hal penting dalam membuat esai. Mau tahu membuat JUDUL yang baik??? Judul yang baik adalah judul yang bisa memikat perhatian orang lain, sehingga mereka tertarik untuk membacanya. Katanya untuk esai lebih baik menulis judul tidak lebih dari 2 kata.

Waaah  tips esai dari Kang Gol A. Gong ini sungguh  luar biasa kan?Beliau  tidak banyak mendikte  apalagi berbusa-busa kasih teori Melainkan langsung eksekusi di tempat.
Yang bikin acara kedua workshop ini lebih menyenangkan adanya simulasi  game menulis esai ala Kang Gol A.gong  yang luar biasa hebohnya  disusul praktek menulis  esai.

Tebing Breksi  Grand Danyon Indonesia

Lanjut kemudian sore harinya kita semua diajak ke destinasi wisata yang lagi kekinian tebing Breksi. Dengan jarak tempuh sekitar setengah jam sampailah rombongan Sapa Sahabat Keluarga dilokasi  wisata yang terkenal dengan sebutan WHITE Canyonnya masyarakat Yogyakarta.

Here we are
Foto : Fuji Rahman

Konon dari cerita yang saya dengar, sejak tahun 1980 Tebing breksi ini dulunya tempat  penggalian batu gamping yang pada akhirnya dihentikan oleh pemerintah setempat karena dianggap membahayakan ekosistem lingkungan sekitarnya.

Didukung adanya bukti kuat dari penelitian para ilmuwana bahwa ternyata batuan kapur yang ada di Tebing Breksi merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah berusia jutaan tahun. Berdasarkan hal tersebut, akhirnya penambangan kapur dilarang.

Sebagai gantinya dipugar sekaligus ditetapkan sebagai kawasan geo heritage. Menyusup pada 30 Mei 2015, Tebing Breksi diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata baru yang ada di Jogja oleh Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Mengapa memilih mengunjungi Tebing Breksi, sih?
Lantaran view kewanitaannya yang lain daripada yang lain untuk dijadikan tempat belajar membuat video. Wuih mengasyikkan bukan? Terbagi menjadi beberapa kelompok kecil akhirnya mendapat tugas membuat video awal dengan tema Kebebasan.


Hari ketiga
Lanjutan Belajar dan Edit Bikin Film  - Iqbal

Foto : Fuji Rahman

Sedikit materi penting yang akan di share terutamaa dasr-dasar cara pembuatan film. Diantaranya ada menentukan ide cerita yang akan dibuat videonya,menentukan pangsa pasar penontonnya, buat sinopsis film secara ringkas, jelas dan padat, tulis skenario menarik, memiliki alat-alat tehnis yang memadai, prediksi budget yang ada, Syuting dan Editing, bikin review ulasannya, lakukan promo yang tepat .

Alhamdulillah akhirnya bisa direbus apa saja kekurangan dalam tugas membuat video kelompok di tebing Breksi  kemarin. Terus terang kelompok 4 yang saya ikuti  kekurangannya selain video kurang detail, kamera yang digunakan mengambil gambar dalam posisi yang tidak stabil. Seperti terguncang-guncang mengalami gempa.hehehhe

Kebersamaan yang manis di hari terakhir
dokpri  omahantik.com 


Sungguh akhir hari workshop bersama Sahabat Keluarga Kemendikbud 3 hari 3 malam di yogyakarta yang seru dan mengasyikan. Jadi oleh-oleh berharga yang bisa ditularkan  pada orang terdekat.




Keep happy Blogging
Baca Selanjutnya ...