20 Nov 2018

In Deep Passion Blogging-Ikhwal Menulis Online

Ikhwal menulis online - credit Pixbay

In deep passion blogging - yang mengawali kecintaan diri terus menulis menulis dan menulis. Bak pisau yang terus diasah setiap kali dipakai bekerja, tentunya akan selalu terawat baik dan tajam mata pisahnya. Begitu halnya dengan daya pikir yang terus produktif menghasilkan karya penuh kreatifitas tinggi


Strange Heard

Buat kebanyakan orang masih awam mendengar istilah ngeblog atau menulis online dengan platform blog baik blogger ataupun wordpress.

Lucunya ada juga yang tidak tahu sama sekali jika blogging menjadi suatu profesi "Blogger" yang fleksibel nan menyenangkan.

Hal itu pernah sih saya alami saat ditanya teller saat membuka  rekening baru. Sampai ditanya berulang kali soal profesi yang dimiliki  hingga si teller paham betul. Ujung-ujungnya malah mbak teller takjub dan minta diajari kapan waktu. 

Prove myself

Percaya enggak, waktu dulu ada profesi yang jadi kebanggaan orangtua masa lalu. Sebut  saja dokter, pegawai bank/pemerintah, atau tukang insinyur. Weleh !

Namun jauh dari lubuk saya ingin melakukan suatu hal berdasar apa yang jadi minat/kecintaan. Sehingga waktu saya jobless, tidak ada peluang kerja kesana kemari, saya gali lagi passion dulu.

Yup  saya getol menulis karangan  cerita  fiksi anak. Mulai kelas 4 sekolah dasar  saya kerap menulis dan mengirimkan tulisan hingga berbuah surat wesel (tanda bukti pengiriman  uang). 

Akhirnya ada greget semangat baru menemukan kumpulan para wanita dewasa di sosial media yang support siapa saja yang berminat belajar menulis. Makanya saya bertekad untuk menulis lebih bernas lagi.


More Eksplore

Sejak awal bergabung dalam grup/komunitas menulis online secara tidak langsung sudah meretas benih-benih cinta. Dari sekedar menulis curhatan sehari -hari kadang menyelipkan tulisan tutorial. Duh senangnya tidak terkira bisa memposting konten bermanfaat.

Expand Networking 

Ilmu bermanfaat tidak hanya diperoleh via online saja melainkan serangkaian workshop, temu event di beberapa kota terpilih.

Dari sinilah nantinya siapa pun bisa saling  bertemu langsung dan memberikan kabar info yang berkaitan. Syukur alhamdullilah  deh, saya bisa  menJadi salah satu bagian dari jejaring pertemanan booster ini.

Mungkin dari beberapa poin di atas tadi yang mensupport  saya yakin dan menekuni dunia blogging. In deep passion blogging - akan terus menjadi tonggak  semangat  saya beraktifitas sepanjang masa.

Nah, kira-kira apa yang melatar belakangi sahabat sekalian  juga memilih  menulis  blog.Silakan share di kolom komen berikut  ini yaa 😘😍


Keep Happy Blogging gaes







Baca Selanjutnya ...

14 Nov 2018

Kisruh dan Serba-Serbi Program Rumah Murah Bersubsidi dari Pemerintah

Rumahku adalah istanaku credit by Pictbay


Dari sebelum menikah, impian memiliki "Rumahku adalah Istanaku" menjadi bagian cerita perjuangan hidup yang tidak akan pernah terlupakan. *next time akan saya share di postingan selanjutnya.

Nah, tidak dipungkiri jika rumah menjadi satu dari sekian banyak kebutuhan yang tak bisa dihindari oleh manusia. Setiap manusia yang berkeluarga pastinya membutuhkan rumah sebagai tempat bernaung, berlindung, dan berkumpul bersama.

Akan tetapi, tidak semua keluarga bisa memiliki rumah sendiri. Alasan utamanya adalah penghasilan yang tak cukup untuk membeli rumah dengan harga yang semakin naik setiap tahunnya. Sehingga mereka yang tidak memiliki rumah sendiri terpaksa harus menyewa kontrakan atau kos-kosan.

Kontrakan maupun kos-kosan yang disewa tersebut belum tentu nyaman untuk ditinggali. Selain itu juga tak bisa terus dihuni dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itulah pemerintah sekarang ini mencoba untuk turun tangan dengan membuat program rumah subsidi.

Adanya program ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal sendiri dengan segala persyaratan yang berlaku.

Tentang Rumah Subsidi Dari Pemerintah

Program rumah bersubsidi ini tentunya disambut dengan baik oleh masyarakat. Mengingat begitu sulitnya memperoleh rumah di jaman sekarang ini. Mungkin masih ada sejumlah orang awam tahu persis apa perbedaan rumah bersubsidi maupun non subsidi. 

Dari pengertiannya sendiri, rumah bersubsidi adalah sebuah rumah yakni tempat tinggal yang pembayarannya dapat dilakukan secara kredit dengan bunga yang rendah dan tidak dikenakan pajak, serta rumah ini ditujukan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Sedangkan rumah non subsidi adalah sebuah rumah atau hunian yang disediakan oleh para pengembang atau non pengembang. 

Perbedaannya terletak pada jumlah bunga dan pajaknya. Jika seseorang membeli rumah non subsidi dengan sistem KPR, artinya ia harus mengikuti aturan dari Bank yang menerbitkan KPR. 

Sementara untuk rumah bersubsidi sendiri, Bank sudah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memberikan keringanan pada masyarakat berpenghasilan rendah.

Dari beberapa sumber termasuk data rumah subsidi ini, berikut keterangan yang berhubungan dengan hunian murah meriah yang mungkin Anda sedang mencarinya.

Untuk masalah spesifikasi dan harga dari rumah subsidi ini tentunya berbeda dengan non subsidi.

Berikut beberapa kriteria rumah bersubsidi dari pemerintah :
1. Luas tanah rumah bersubsidi minimal 60 meter persegi.

2. Kemudian luas bangunannya maksimal adalah 36 meter persegi.

3. Rumah yang dibangun adalah rumah yang pertama kali dihuni oleh individu dan tidak dapat dipindah tangankan kepada orang lain dalam jangka waktu 5 tahun lamanya, setelah pembelian.

4. Harga rumah bersubsidi yang dijual, tidak boleh melebihi batas harga jual berdasarkan acuan harga maksimal sesuai masing-masing zona.

5. Masyarakat bisa membeli rumah ini secara tunai maupun kredit bersubsidi maupun tidak bersubsidi, atau lewat pembiayaan khusus.

Syarat Memiliki Rumah Bersubsidi

Jika Anda ingin memiliki rumah bersubsidi dari pemerintah, tentu ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi.

Berikut beberapa syaratnya :
1. Seorang WNI yang Berdomisili di Indonesia.

Syarat utama untuk bisa memiliki rumah subsidi ini adalah seorang Warga Negara Indonesia yang domisilinya di Indonesia. Jadi, jika Anda bukanlah WNI atau WNI yang bekerja di luar negeri dan tidak tinggal tetap di Indonesia, maka tidak bisa mengajukan kepemilikan rumah ini.

2. Belum pernah menerima subsidi rumah sebelumnya.

Syarat selanjutnya adalah bahwa rumah tersebut adalah fasilitas pertama yang pernah diterima. Artinya, jika Anda pernah mengajukan rumah ini pada bank sebelumnya, maka Anda tidak bisa mendapatkannya lagi.

3. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

Untuk bisa memiliki rumah subsidi ini usia Anda minimal harus 21 tahun, sesuai dengan ketetapan pemerintah. Akan tetapi, bila ternyata usianya masih di bawah 21 tahun dan sudah menikah, maka seseorang tersebut tetap boleh mengajukannya.

4. Minimal penghasilan 4 – 7 juta
Karena program rumah bersubsidi ini memang dikhususkan bagi masyarakat dengan penghasilan rendah, oleh karena itu pemerintah juga menetapkannya sesuai dengan penghasilan yang diterimanya. Untuk jenis Rumah Sederhana Tapak, penghasilan maksimal per bulannya adalah 4 juta rupiah.

Sementara Rumah Susun Milik, penghasilan maksimal per bulan adalah 7 juta rupiah.

5. Mempunyai NPWP dan SPT Tahunan

Syarat terakhir yang harus dimiliki adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan SPT Tahunan untuk PPh orang pribadi.
Kedua dokumen ini harus dimiliki karena akan berkaitan dengan Pajak Bumi Bangunan (PBB) rumah yang nanti ditinggali. 
Jadi, bila belum mempunyai kedua dokumen tersebut, maka segera buatlah di Kantor Pajak terdekat atau secara online.

Beberapa Poin Perubahan Aturan Rumah Bersubsidi. 

Sampai sejauh ini, program rumah subsidi tersebut masih dalam tahap pembangunan di beberapa daerah. Meskipun begitu, prakteknya dapat berjalan dengan lancar dan sudah ada sebagian orang yang menikmatinya.

Namun, agar program ini dapat berjalan secara efektif dan tanpa hambatan, pemerintah berusaha mengatur ulang syarat-syarat yang telah ditetapkan. Hal ini demi terciptanya program yang kondusif dan jauh dari penyelewengan yang mungkin dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Pihak dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan ada 11 poin yang akan dirubah dan tengah dibahas saat ini. 

Diantaranya adalah tentang batasan penghasilan, kelompok sasaran masyarakat yang berhak mendapatkan rumah bersubsidi, masa subsidi atau pinjaman yang berlaku, persyaratan yang berlaku untuk kelompok sasaran, akumulasi penyusutan KPR subsidi, pemeriksaan dokumen sasaran setelah diterbitkan SP3K, implementasi SLF, aturan pemberian SBUM ke debitur, komponen penentuan harga penjualan rumah, pendaftaran pelaku pembangunan dan penerapan perubahan peraturan dari menteri.

Contoh perubahan yang akan ditetapkan dari seluruh poin tersebut adalah jika peraturan sebelumnya tentang kelompok KPR yang menerima subsidi adalah berdasarkan dari penghasilan per individu, sekarang akan berubah menjadi penghasilan dari setiap rumah yaitu akumulasi suami dan istri. Perubahan ini dilakukan untuk memperoleh keadilan atas tiap rumah tangga.

Kemudian untuk pengawasan kualitas dari rumah subsidi yang tadinya dilakukan oleh pihak Bank, nantinya akan diawasi langsung oleh pihak internal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lalu, SBUM yang akan diberikan oleh masyarakat berpenghasilan rendah akan dibagi menjadi 3 kategori wilayah. 

Wilayah yang pertama adalah Sumatera, Jawa (kecuali Jabodetabek), dan Sulawesi. 
Kedua adalah Jabodetabek, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Maluku. 
Sedangkan yang ketiga adalah wilayah Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya terkait dengan pemberlakuan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) ini akan dilakukan roadshow ke berbagai kota dan kabupaten. Sampai saat ini sudah ada sekitar 20 kota dan
kabupaten yang telah menjalankan SLF.

Perubahan Batas Harga Rumah Bersubsidi

Disamping program subsidi rumah yang juga disebut dengan Program Sejuta Rumah (PSR), ada beberapa program pendukung lainnya lewat Subsidi Selisih Bunga (SSB), KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), subsidi Bantuan Uang muka (SBUM), serta Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan.

Semua program pendukung tersebut masih dalam proses pembahasan. Agar programnya berjalan dengan baik pemerintah juga memutuskan untuk melakukan perubahan dalam hal batas harga rumah bersubsidi.

Perubahann ini berhubungan dengan ketetapan aturan tentang masyarakat yang berpenghasilan rendah. Nantinya masyarakat yang berpenghasilan rendah tersebut akan dibagi lagi menjadi beberapa golongan.
Pemerintah akan membaginya menjadi kelas bawah, kelas menengah,  dan kelas atas. Selanjutnya, penghasilan masyarakat tersebut akan disesuaikan dengan golongannya dan akan mendapatkan rumah berdasarkan golongan tersebut.

Perubahan peraturan seperti ini diterapkan karena masih ada masyarakat yang masih kesulitan memiliki rumah, meskipun dengan penghasilan cukup di atas batas maksimum masyarakat penerima subsidi.


Mereka merasa tidak mampu untuk membeli rumah non subsidi. Golongan ini mungkin nantinya akan masuk dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) menengah. 

Spesifikasi untuk harga rumahnya akan lebih besar dari MBR kelas bawah dan tipe rumahnya tentu lebih besar, kira-kira 45 meter persegi.


Hal ini juga didukung oleh MBR kelas bawah yang juga ada yang belum bisa membeli rumah subsidi yang dibanderol harga 140 juta rupiah.
Jika penghasilan masyarakat dibuat menjadi beberapa golongan, maka program ini baru bisa disebut adil untuk semua kalangan yang belum memiliki rumah.


Seperti itulah beberapa isu yang tersebar tentang program rumah subsidi dari pemerintah. Kabarnya perubahan-perubahan tersebut akan ditetapkan untuk masa 2019-2024.

Bagaimana sobat sekalian setidaknya sudah punya gambaran mengejar mimpi memiliki rumah idaman? Bisa dengan mengikuti serangkaian syarat diatas demi mendapat bantuan rumah bersubsidi pemerintah.

Semoga apa yang disajikan dalam postingan di atas tadi bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi siapa saja.

Keep Happy Blogging, gaesπŸ‘Œ







Baca Selanjutnya ...

30 Sep 2018

Cantik Tanpa Ribet ? Coba Saja Salon Aplikasi Booking Online


Tampil Cantik dengan Fasilitas Salon Aplikasi Booking Online
credit : fitnesia.com

Bisa tampil cantik menawan menjadi dambaan setiap wanita di mana pun berada. Tidak heran jika banyak fasilitas perawatan ataupun jasa salon kecantikan tumbuh menjamur baik di kota besar maupun kota kecil.

Wanita era kini lebih peduli bagaimana harus tampil menawan serta merawat kecantikkan diri. Sehingga mereka mengandalkan jasa salon demi mendapatkan perawatan rambut, kulit, ataupun aroma tubuh.

Seperti saya ibu rumah tangga biasa yang begitu bahagia manakala diajak "Mahmud" mamah muda sekaligus sahabat karib "Me Time" ke salon.

Biasalah urusan wanita kalau tidak permak model baru rambut sesuai trend fashion selebihnya ingin dicrembath bonus dapat message 'pijatan' kepala. Aduhai surga duniawi pastinya sambil membayangkan sensasi dimanjakan di salon.

Kredit : Pixbay.com
Cantik Tanpa Perlu Ribet

Sayang seribu sayang, saat mendapati kenyataan tidak seindah angan-angan. Setibanya di salon tujuan, sungguh 'pilu' melihat antrian yang mengular. Begitu banyaknya orang yang rela menunggu giliran.

Penat dan letih bercampur aduk. Serta merta moody untuk "nyalon" jadi tidak keruan. Dipastikan titik jenuh sudah bergelayut dalam pikiran. Pokoknya saya tidak mau terjebak dalam situasi yang sama  saat pergi ke salon yang sudah dipercaya.

Tidak hanya itu pernah juga sewaktu-waktu pindah ke salon lain yang ternyata membanderol harga beda lebih tinggi. Bukannya merasa puas dengan pelayanan yang diberikan melainkan trauma kembali ke salon tersebut. Ada yang punya pengalaman serupa gaeees?


Tips Cantik Tanpa Ribet 
Berbekal pengalaman yang kurang menyenangkan diatas tadi, ternyata  kita bisa mencari salon yang tepat dan nyaman secara pribadi.
Tentunya dengan memperhatikan sejumlah hal-hal penting berikut ini  :

1. Kredibilitas Salon Kecantikan
Salon kecantikan yang mumpuni pastinya akan memiliki tenaga SDM yang ahli dan kompeten dalam perawatan kecantikan.

2. Good Service
Setidaknya salon favorit atau yang sudah memiliki nama harus lebih meningkatkan sistem management dan pelayanan lebih baik. Sehingga reputasi salon lebih dikenal baik para customernya.

3. Sesuaikan dengan budget
Ada baiknya lebih dahulu mempertimbangkan referensi salon yang berkualitas dan cukup terjangkau harganya. Agar tidak salah pilih dengan sejumlah salon yang menawarkan fasilitas dengan harga fantatis.

4.Jeli memanfaatkan Promo / Voucher
Biasanya banyak orang yang menantikan promo ataupun voucher dari salon. Sehingga menjadikan interaksi yang baik antara customer dengan salon yang jadi pilihannya.

5. First Booking Salon 
Mungkin langkah jitu seperti first booking salon atau pesan salon lebih dulu bisa jadi alternatif baik jika kita ingin terjebak antrian.
Apalagi kini hadir aplikasi Fitnesia. Merupan layanan tentang Salon aplikasi booking online.

Dijamin deh dengan setia memanfaatkan servis booking salon yang ada di Fitnesia, tidak bakalan menemukan antrian yang mengular lagi. Swear, deh!

Untuk sementara fasilitas booking salon di Fitnesia masih terbatas wilayah Jabodetabek saja ya. Doakan wilayah lainnya segera menyusul tentunya dengan mutu pelayanan lebih baik.


Keep Happy Blogging





Baca Selanjutnya ...

20 Sep 2018

Raih Mimpi Lebih Berkarya Dengan Besutan Asus X555



Raihlah mimpi setinggi mungkin setidaknya bisa menjadi semangat menekuni pasion blogging. Maklum sih biasanya yang bisa dikerjain para emak-emak paling curhat bebas tidak jelas *LOL. Namun lewat ngeblog mau tidak mau curhatnya bisa lebih positif  syukur bisa menginspirasi orang lain.

Selama kurun waktu hampir  delapan tahun lamanya saya berjibaku melakoni suka duka dalam dunia blogging. Menuliskan konten yang bermanfaat, terus update postingan sampai membangun personal branding hingga bisa dikenal diantara para sobat blogger yang terus eksis.

Sudahkah saya mencapai perjuangan yang memadai ?
Ternyata itu masih jauh dari konteks pengharapan yang sejujurnya saya jngin terus meningkatkan kemajuan diri lebih baik, baik dan baik.

Euforia dan semangat untuk lebih produktif ngeblog tidak sebanding dengan "amunisi tempur" yang mulai rentan rusak.

Mulai dari keypad yang terus-terusan copot. Tidak ketinggalan laptop juga berkali-kali on-off  alias mati hidup. Masih ditambah colokan laptop yang terus setia menempel kemanapun dibawa mobile. Sungguh terlaaalu repot.

Untunglah penderitaan saya tidak terus berkepanjangan, manakala saya mengetahui info menarik di sosmed, dunia kedua kecintaan saya berkarya blogging.



Info Lomba Blogging Asus X555 ( sumber : BloggerCrony)
Sungguh membuat saya tertantang menguji nyali mengikuti kompetisi blog dari Asus. Demi meraih mimpi bisa lebih berkarya sekaligus produktif dengan besutan baru Asus X555. *Anggap saja ini seperti doa yang baik ya sobat.

Eh, mengapa saya harus memiliki Asus X555 ini


Kerennya ASUS X555 swear bikin klepek-klepek hati.


Sebab di dalamnya tersemat beberapa fitur mutakhir yang bikin siapa saja tergeleng-geleng. Mau tahu, simak nih, diantaranya :

Prosessornya Super Tangguh
Memang sih Laptop ASUS ini didukung oleh prosesor AMD Quadcore A10 menjadikan performa yang ada lebih halus dan responsif. Intinya Asus X555 terasa nyaman u ntuk menonton video maupun TV berkat dukungan performa grafisnya yang memadai serta kecanggihan memory controller di dalamnya.

Daya tahan baterai yang awet
Salah satu keuntungan memiliki  baterai yang awet seperti pada ASUS X555 ini didesain canggih dimana baterai dari bahan Li-Polimer yang memiliki ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder.

Hebatnya lagi meskipun dicharge hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya. Wuih, keren kan?

Tehnologi ICECOOL
Jangan kuatir jika kita mengetik lebih lama dengan Asus X555, dijamin tetap merasakan kenyamanan. Adanya inovasi tehnologi IceCool yang ditanamkan dalam Asus X555 bisa menjaga temperatur notebook diantara 28 derajat sampai 35 derajat, hal ini menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan lebih rendah dari temperatur yang dihasilkan oleh tubuh manusia, hal ini membuat panas di bawah notebook Asus X555 teratasi baik.

Performa ASUS X555 tampak Gahar

Nah gimana gak mupeng melihat banyak keunggulan yang dimiliki oleh besutan baru Asus X555. Jangan ditanya kalau harapan saya sih, tentunya semakin produktif dengan ASUS X555 dong.

Bagi yang kebelet pengin punya juga bisa cuz langsung via online apalagi  ASUS X555 juga dijual di Tokopedia. Benaran dimudahkan.

Baca Selanjutnya ...

8 Jun 2018

Euforia Baru Menuju Sebuah Takdir Kejayaan Indonesia 2020


Misi ke depan "Sebuah Takdir Kejayaan" Indonesia 2020


Percayalah bahwa Indonesia itu telah ditakdirkan berjaya dan INDONESIA 2020 adalah sebuah gerakan untuk menggelorakan semangat anak bangsa untuk kerja dan berprestasi mewujudkan Indonesia yang Berjaya “Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo“ - ✊✊✊
Hayuk kita bersama mewujudkan takdir kejayaan Indonesia.

Betapa bergetarnya hati manakala mendengarkan gaung nasionalisme membahana menyeruakan kebulatan tekad memajukan Masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Yup nusantara Indonesia tercinta yang tersohor dengan kekayaan alam  sejak jaman dulu kala sebagai "Jamrud Khatuliswa" sekaligus negeri yang eksostis dengan ragam kultur budayanya mulai tergerus dengan modernisasi/kebarat-baratan.

Bagaimana tidak kuatir melihat perkembangan sekarang banyak kaum muda yang lebih tertarik mempelajari budaya luar daripada mencintai apa yang ada disekelilingnya.

Coba saja perhatikan dari hal-hal sederhana kaum muda lebih menyukai tontonan luar Holywood ketimbang melihat Ketoprak/wayang orang. Atau yang sedang booming tontonan Drakor alias Drama Korea.

Bahkan sampai kulineran pun kebanyakan orang memilih makanan cepat saji "Junk Food" dibanding mengajak makan Gado-Gado, soto atau pecel sebagai makanan khas kearifan lokal.

Itu masih sebagian contoh kecilnya dari fakta yang ada sebenarnya. Mungkin secara tidak langsung orang jaman now tidak menyadari jika budaya lokalnya lama kelamaan akan hilang akarnya jika tidak dilestarikan kembali. 

* Apakah kita rela nantinya menjadi sebuah bangsa yang besar namun kehilangan identitas aslinya? No Way !!

Untunglah masih ada sejumlah orang yang peduli untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit maju mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Ada suatu organisasi yang concern kesehatan "Sembutopia" melalui platform sosial media, menggalang para blogger mengampanyekan pola hidup sehat kepada masyarakat melalui konten berkualitas.



Kami berharap dengan menggalang kekuatan para blogger akan lebih banyak tulisan-tulisan mengenai kesehatan," kata Kafi Kurnia  penggagas Sembutopia yang juga konsultan kuliner di acara Buka Bersama sekaligus Temu Blogger memperingati even "World No Tobacco Day 2018"

Menurut beliau, betapa minimnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk membangun pola hidup sehat sampai sekarang ini. Sementara negara lain, kebanyakkan masyarakatnya sudah inisiatif dan sadar pentingnya menjaga pola hidup yang sehat sehingga mereka bisa terhindar dari sakit.

Harapan ke depannya melalui postingan ataupun konten berisi literasi pola hidup sehat dari kalangan blogger aktif turut menyerukan kampanye tentang kesehatan. Selain itu bisa melalui ajang lomba Vlog maupun kontes foto.

Kontes Foto tanggal 8-15 Juli 2018

Hebatnya nih Sembutopia yang resmi berdiri bulan November 2017 memiliki visi 2020 yakni "Sebuah Takdir Kejayaan"

Start where you are. Use what you have. Do what you can " (Arthur Ashe)

Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Indonesia 20/20 sebagai istilah “perfect vision dimana seseorang dapat melihat dengan sempurna tanpa kaca mata. 2020 adalah juga tahun dimana peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 75









Sebagai platform digital baru, Sembutopia bisa berkenan di hati masyarakat luas dengan memiliki pengikut sebanyak 52 K.


Tujuan sebenarnya INDONESIA 2020 memotivasi siapa saja untuk berpartisipasi mewujudkan sebuah “grand vision” untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin atas dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Sungguh pengharapan yang luar biasa dalam mengingat Indonesia memiliki begitu banyak “ jejak kejayaan” mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal.

Jejak kejayaan ini terus melengenda sampai kapanpun sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan.

Menurut sejumlah prediksi Indonesia di tahun 2030 bakalan masuk menjadi ekonomi terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun.

Wahh pencapaian luar biasa fantastik jika tercapai ke tahap tersebut. Berangkat dari jejak kejayaan Indonesia masa silam mendorong lebih sugesti Indonesia Pasti Bisa mencapai takdir kejayaan. Apalagi pernah tertulis sejarah tentang nenek moyang bangsa Indonesia pernah memberi wangsit sekaligus warisan bahwa Indonesia merupakan “Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja”


Kapankah kemungkinan takdir kejayaan tersebut bisa direalisasikan?

Berangkat dari tantangan ini - disaat Hari Kebangkitan Nasional yang keramat tahun 2018 ini Sembutopia optimis merancang sebuah ide sederhana Indonesia 2020 "Sebuah Takdir Kejayaan" memiliki sejumlah makna penting diantaranya :
  • Penglihatan sempurna
  • Pencapaian tahun angkat 2020


Utamanya terus memiliki semangat menyala demi Indonesia 2020 bisa mewujudkan takdir kejayaan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia.

Setelah peluncuran ide – INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan, ide ini akan kami gelorakan keseluruh Indonesia. Pertama dengan mengadakan kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan. Kedua dengan merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedalam karya dan prestasi, entah itu karya seni, budaya atau karya lainnya seperti sastra, kuliner dan lainnya.


Baca Selanjutnya ...

15 May 2018

Ramadan Ekstra :Tips Irit Praktis Belanja Online di Tokopedia

Beberapa waktu yang lalu saya merasa ikut dipusingkan dengan pernak-pernik kostum memperingati hari Kartini nasional, berurutan dengan acara Pentas Seni Akhir Tahun Ajaran Akademik sekolah anak-anak.

Eh saya gak sendirian ding, masih ada sejumlah orang tua lainnya juga ekstra wira wiri sekedar mencari jasa sewa khusus pakaian kostum nasional.

dokpri : omahantik.com
 (Kostum Si Ondel-Ondel)

Gimana enggak puyeng sudah hunting ke sana kemari belum menemukan yang "sreg' di hati.  Sepertinya jauh dari kata cocok dan mantap hati. Sementara mau beli sendiri sudah mepet sekali waktunya. Nah, jadi bingung kan.
Pict by : TK Kemala Bhayangkari Kudus
Masalah sepele diatas secara tidak langsung menyadarkan bahwa ada baiknya merencanakan sesuatu sebelumnya dari jauh hari. Sehingga Tidak merasa kemrungsung atau kewalahan.

Jadi ingat deh sebentar lagi udah memasuki bulan suci Ramadan. Bulan penuh berkah dan pengampunan yang sudah ditunggu para umat Muslim di mana pun berada.

Persiapan menyambut lebaran bagi keluarga saya identik dengan rencana belanja terutama mengawali Ramadan Ekstra.

Seperti menyiapkan menu makanan baik sahur/buka puasa, bersedekah, memberikan cinderamata kepada keluarga sampai menyiapkan baju lebaran. Mungkin ini juga yang bisa disebut Ramadan Ekstra ya.

Sebenarnya dalam keluarga saya sejak dulu membiasakan tidak harus (memaksakan) dengan baju baru, sih namun kadang tidak ada salahnya berbagi kebahagiaan dengan sesama ataupun saudara dengan saling memberi special gift. 

Semisal memberi mukena, sarung, sajadah atau kadang mengirimi hantaran kue kering lebaran terhadap orang terdekat.

Tips Irit Praktis Belanja Online

Berikut ini ada beberapa tips irit praktis belanja online Tokopedia yang biasa oorang manfaatkan :

1. Must Compare Pricing
Dari dulu saya cenderung mencari info antara harga yang ditawarkan oleh satu toko online dan yang lainnya. Cara mudahnya dengan melihat seberapa banyak produk yang tengah dicari dengan harga yang sesuai dan terjangkau.
Dengan begitu saya bisa tahu perbandingan harga yang lebih kompeten dengan produk kualitas terbaik.


2.Mengutamakan Produk Dosmetik  Berkualitas
Saya dan keluarga menanamkan cinta dan bangga akan produk lokal atau buatan anak bangsa sendiri. Tidak menjadi soal untuk tidak memilih produk "branded" mahal. Lantaran banyak e-commerce di Tokopedia juga tidak kalah mutunya kok bersaing dengan produk branded. Selain itu malah lebih irit di kantong sehingga pengalaman Ramadan Ekstra lebih bermakna.

3. Perhitungkan Lokasi Toko Online
Beruntung sekali jika bisa menemukan toko online yang lebih dekat. Lantaran meminimalisir biaya ongkir. Bahkan di Tokopedia pelanggannya bisa mengecek di mana saja toko online yang dekat dengan domisili kita lho!

4. Get Easy Payment
Sebisa mungkin gunakan metode pembayaran yang mudah dan tepat. Hal ini bisa ditemukan kok saat bertransaksi online di Tokopedia.Dari buka saldo Tokopedia, cicilan, via kartu kredit, tranfer bank bahkan bisa juga melalui mini market pilihan. Keuntungan memilih metode pembayaran diatas bisa disesuaikan dengan kemampuan budget yang dimiliki masing-masing orang.

5. Get the Best Courier
Saya juga akan memastikan soal pengiriman barang atau kurir terpercaya dalam belanja online. Seperti di Tokopedia ini juga memberikan sejumlah solusi kebijakan dalam kurir semisal pengiriman ala konvensional sampai pengiriman ekspresi tentunya dengan jasa transportasi online. Dengan demikian para pelanggan termasuk saya bebas menentukan metode kurir yang sesuai dengan budget kita.

6. Manfaatkan Big Sale
Salah satu tips irit belanja online adalah dengan memanfaatkan big sale. Yup cari semacam promo atau pesta diskonan yang sedang digelar. Seperti halnya Tokopedia ini juga memberikan peluang menggiurkan bagi para pelanggannya dalam belanja online di bulan Ramadan. Tentunya hal ini yang menjadikan Ramadan ini lebih penuh nuansa ekstra nya. Benar, kaaaan?

Duh jadi gak sabaran nih, kejutan yang bakal diberikan Tokopedia penuh Ramadan Ekstranya 25 Mei 2018 nanti. Psst denger-denger slentingan gosipnya mirip Festival "Black Friday' gitu. Yang pasti jadi momen istimewa. Noted tanggalnya, jangan sampaiketinggalan ya



Baca Selanjutnya ...

4 Apr 2018

Andai Allah Ijabahi ,Ingin Pergi ke Destinasi Nusantara Keren Ini !

credit : pixbay.com

Tersemat doa dalam hati andai Allah ijabahi, ingin pergi ke destinasi nusantara keren ini. Namanya saja impian seperti tema arisan Gandjel Rels ke 21 kolaborasi nona muda Mara Solehah dan eneng Erina Julia tentang Destinasi Impian di Indonesia.

Saya secara pribadi juga ingin menuliskan list destinasi wisata nusantara yang selama ini ingin saya singgahi dan abadikan momen keindahannya. Bersyukurlah saya menjadi salah satu bagian masyarakat Indonesia yang tersohor akan keindahan alam rayanya. Bagaimana menurutmu, teman apakah sependapat?

1. Candi Prambanan
Bak tersihir keindahan pelataran view Candi Prambanan saya merasa kangen banget ingin pergi kesana kedua kalinya.

credit : google
Pelataran Candi Prambanan

Lokasi candi Prambanan di wilayah Yogyakarta kian mengingatkan saya.momen keakraban dengan teman Bahasa dan sejarah ketika melakukan studi banding.


2. Mendaki ke Bromo.Mount
Keinginan untuk mengunjungi gunung Bromo di wilayah Tengger, Jawa Timur sudah terpendam lama sekali. Sampai dibawa ke alam mimpi bisa menjejak kaki di dataran Tengger.

credit : google.com
Pemandangan indah puncak gunung Bromo
Apalagi pernah dijanjikan hubby untuk liburan romantis kesana. Sayang seribu sayang sampai kini belum kesampaian lho pergi menikmati matahari terbit "Sunrise" di sana.

3. Kembali ke Bedugul-Bali
Aih kenapa saya ngebet pengin pergi lagi ke Bali terutama ke danau Beratan di Bedugul yang begitu indah.
credit : google.com
Danau Beratan

Mengingatkan saya pertama kali datang ke Pulau Bali singgah ke Bedugul yang masyaallah luar biasa indah pemandangan alamnya. Selain itu betah banget dengan hawa  sejuk pegunungan.

4. Tangkuban Perahu
Gegara tertarik dengan Legenda Tangkuban Perahu atau Perahu Terbalik dimana Sangkuriang murka karena gagal menyanggupi persyaratan Dayang Sumbi untuk membuat gunung dan perahu dalam semalam. Maka ia menendang hingga perahunya jadi terbalik.
credit : google.com
Kawasan Tangkuban Perahu

Ditambah panorama Gunung Tangkuban Perahu yang super eksostis. Ada pemandangan kawah Ratu yang luas dan diselimuti asap belerang.

Mungkin jika Allah mengijabahi dibukakan kesempatan bisa menjelajahi destinasi wisata yaang  diimpikan.

Keep Happy Blogging



Baca Selanjutnya ...

2 Mar 2018

Resiko Pemanfaatan Tehnologi Tinggi.Merusak atau Lebih Menguntungkan


IBX5A8523165D641
Credit : Pixbay.com


Sudah jamak anak jaman sekarang lebih cepat menguasai pelbagai kemajuan teknologi muktahir.Lihat saja anak kecil yang (mungkin) masih di TK saja sudah fasih mengunduh sejumlah permainan lewat "Play Store". Bahkan bisa memutar film animasi semisal kartun favorit atau film kesayangan lainnya di kanal Youtube,

Memang ya bisa dikatakan "Super Wow", mengingat jaman kecil saya dulu terbiasanya main dengan "batu gaplek" buat main "Engklek" istilah mainan tradisional. Atau asyik bermain "Congklak" atau " Dakonan"  dengan biji-bijian.

Hmm apa teman mengalami masa kanak-kanak tersebut yang murni bermain ala kadarnya ? Hehehehe beda jaman tentu beda generasi juga, yaa .

Abad milenium menjadi awal orang tidak lagi menjadi Gagap Tehnologi (GAPTEK). Semua bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis seperti halnya menjentikkan kedua jari.

Tujuannya memudahkan aktifitas orang berinteraksi dan melakukan transaksi. Perhatikan sektor perbankan, pastinya akan kalang kabut tanpa support teknologi muktahir. Perlu informasi data cepat dan akurat hingga terintregasikan.

Itu masih sektor perbankan belum sektor lainnya yang sama pentingnya memerlukan kecanggihan teknologi.

Gimana dengan rumah tangga biasa? Yup, saya mewakili sebagai ibu rumah tangga biasa juga butuh lho untuk memajukan wawasan. Mentang-mentang bukan orang kantoran bukan berarti ibu rumah tangga memandang hal tersebut tidak perlu. Stigma yang keliru ya.

Sedikit flashback-melihat ke belakang perlu setidaknya kemauan kuat mewujudkan asa. Setelah membulatkan tekad tidak mengajar lagi, saya harus bisa menemukan pengisi kekosongan waktu. Full time mother atau ibu sepenuhnya di rumah harus belajar kreatif. Agar aktifitas sehari-hari tidak monoton.

Tercipta keseimbangan antara urusan rumah dan pasion sehingga bisa mengaktualisasi diri. Ya berperan sebagai ibu rumah tangga dan mencoba menggali kemampuan diri untuk berkarya lebih baik.

Dengan modal percaya diri dimulai dengan mengumpulkan berbagai info penting via Handphone. Grup atau Kumpulan komunitas yang memberikan banyak kontribusi. Hingga akhirnya saya menemukan. pasion lama yang terkubur dalam-dalam. Komunitas Ngeblog.

Baca ini juga ya " Mau Suksed Dapat Job Review Blog? Buruan Ikuti Kiat Jitu Ini "


Credit : Pixbay.com - Berburu info dengan handphone kece

Bijaksana dalam memanfaatkan kecanggihan tehnologi masa kini baik pada PC, gaming laptop maupun handphone dengan fitur modern. Percuma saja kita memakai hanya untuk sekedar prestisius  atau gengsi.  Sebaliknya jika lebih tepat dalam pemberdayaan barang tehnologi tersebut malah akan memberikan keuntungan positif.

Begitu halnya dengan perilaku kita sendiri dalam mengoptimalkan tehnologi canggih tersebut setidaknya akan menjadi contoh baik juga bagi anak-anak. Bagaimana mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan setelah anak terbiasa memakai alat tehnologi yang dimiliki.
Contoh positif yang menjadi masukan berharga untuk keluarga kita semua bisa dibaca dari pengalaman pribadi yang pernah dialami seperti dalam postingan


Apapun yang terjadi dari pengalaman sekitar akan memberikan hikmah berarti untuk kemajuan di masa depan. Mengingat sekarang era Jaman Now,menjadikan anak-anak lebih tergantung kepada gadget seperti Handphone. Kasihan, kan jika si kecil dibiarkan begitu saja bermain ponsel/ handphone tanpa pengawasan dari orang tua bisa merugikan sendiri. Bisa saja anak terkena gangguan penglihatan karena otot mata ekstra dipaksa kerja lebih dari biasanya. Parahnya jika kemungkinan besar anak bisa terpapar tontonan dewasa yang kurang mendiidik. Waduh, cukup ngeri bukan ?

Pengalaman lainnya, yang tidak akan pernah saya ulangi adalah memberikan waktu tanpa batas kepada anak bermain games. Hiiks, pecah tangis meratapi keteledoran saya jika ingat dulu saya begitu mudahnya mengijinkan si sulung asyik Gaming Laptop. Selama saya mengajar di kelas, dia memang larut asyik ngegames di laptop tanpa mengenal waktu. Sehingga pada waktu yang tidak saya nyana, mata si sulung saya sudah terkena Minus 3. Lumayan tebal dan menganggu konsentrasi belajar, Jadi pelajaran berharga, kan !




Keep Happy Blogging Temans
Baca Selanjutnya ...

10 Feb 2018

4 Cara Aman Memilih Supplier Mie Lidi Mentah

Mie lidi yang kekinian

Harga Mie Lidi Mentah -Memiliki keinginan untuk menjalankan usaha sendiri tentu baiknya tidak hanya sebatas rencana melainkan segera diwujudkan.

Sebab tidak ada keyakinan yang lebih kuat selain usaha, kalau kita hanya diam tanpa usaha maka sia-sia keyakinan yang dimiliki.

Menjadi pengusaha tidak seperti membalikkan telapak tangan saja. Atau sekedar bermodalkan keyakinan, namun juga kudu terampil beraksi dengan pintar dan penuh perhitungan. Jangan sampai salah langkah hingga menimbulkan resiko kerugian.

Usaha kulineran
Ambil contoh sederhana, jika ingin merintis usaha dari awalr semisal poduk kuliner ringan seperti camilan mie lidi. (Melihat makanan kekinian yang begitu digemari sebagian besar orang).

Buka usaha kuliner seperti mie lidi tidak asing lagi, mengingat cemilan mi dikenal  dari kalangan anak-anak hingga orangtua.

Oiya malahan dijumpai di pusat perbelanjaan mewah tatkala ketika masuk mall maka akan disajikan cemilan mi lidi dikemas secara elegan sehingga harganya pasti jauh berbeda dengan yang dijajakan secara umum.

Gambaran sederhananya mi lidi ini bisa menjadi snack menguntungkan jika mau ditekuni secara serius sebagai usaha sampingan. Dalam kata lain untuk membangun usaha wiraswasta mandiri.


Cara Aman Memilih Supplier Mie Lidi Mentah

Modalnya pun dijamin akan minim dan bisa mengusahakan memperoleh keuntungan maksimal, namun awali dengan memilih supplier terpercaya.

Gimana caranya ya agar bisa memilih suplier mie lidi mentah mana yang bisa dipilih dalam mendukung keberlangsungan usaha kaliber mie lidi tadi.
Simak tip trik dalam uraian postingan berikut ini :

1. Memilih supplier yang terkemuka
Mie lidi merupakan jenis camilan sehingga masuk kategori produk kuliner, maka perlu hati-hati dalam memilih supplier.

Meski suppliernya bisa ditemukan di situs belanja online sekalipun pastikan memilih yang sudah terkenal atau terkemuka. Sebab nama besarnya memberi jaminan kalau produknya berkualitas dan disukai pelanggan.

2. Pastikan dikenal sebagai penyedia mie lidi yang aman
Pada saat memilih supplier mie lidi mentah sebagai persediaan dagangan kita, maka usahakan memilih yang terpercaya. Cek komposisi bahan untuk membuat mie lidi tersebut supaya menyediakan camilan yang aman bagi kesehatan pelanggan.

Meskipun nantinya harga mie lidi mentah yang aman ini sedikit lebih mahal, namun dijamin akan disukai pelanggan. Sebab pembelinya dijamin lebih mengutamakan kesehatan dibanding uang yang dikeluarkan untuk membeli camilan khas anak-anak tersebut.

3.Menyediakan benefit harga dagang
Pilih penyedia mie lidi mentah yang nantinya akan dijual ke masyarakat, tentunya perlu memperhatikan harganya.Bandingkan dulu harga bahan baku mie ini ke berbagai supplier yang ditemui agar tidak mendapatkan harga yang terlalu mahal.
Sebab kalau kulakanya saja sudah mahal padahal masih perlu digoreng dan diberi bumbu tabur, maka mau dijual berapa?

Bisa jadi kualitasnya tidak sebagus mie lidi di mall dan dijual mahal malah membuat pembeli kabur.

4. Bisa diajak saling membantu dalam bisnis
Supplier mie lidi mentah yang akan kita pilih adalah partner bisnis dan tentunya akan membutuhkan hubungan timbal balik, yakni saling menguntungkan.

Memperoleh keuntungan dari kedua belah pihak tentu diperlukan kerjasama yang sehat dan tidak timpang sebelah. Maka buatlah kesepakatan dengan supplier tersebut terkait harga, kemampuan dalam menyediakan stock, dan sebagainya.

Pilih supplier yang mudah dan bisa diajak bekerjasama secara profesional agar usaha mie lidi kita nantinya selalu berjalan lancar.

Memilih penyedia mie lidi mentah memang tidak bisa asal, sebab kalau salah maka membuat usaha yang dirintis akan berantakan.

Ingat, tidak semua supplier mie lidi bisa dengan mudah diajak bekerjasama kadang malah memutuskan kerjasama secara sepihak.

Ditambah lagi dengan resiko lain yang berhubungan dengan kualitas mie lidi tersebut, maka tidak berlebihan kalau kita yang mengawali usaha bisnis pun harus berhati-hati.

Usahakan untuk memilih supplier yang tidak hanya cocok dari segi harga mie lidi mentah saja melainkan di semua aspek.

Demikian uraian 4 cara mudah dalam memilih suplier Mie lidi bahan mentah, Semoga bisa menjadi referensi berguna para pembaca sekalian. Bismillah, semoga bermanfaat ya.

Keep Happy Blogging


Baca Selanjutnya ...