19 May 2020

Ayo Bersatu Lawan Covid19 Dengan Tidak Mudik Dulu

Bersatu Lawan Corona dengan Tidak Mudik
Yeaay waktu lebaran sudah dekat tinggal di depan mata saja. Sepertinya semua orang terutama kaum Muslim tolak sabar merayakannya. Slogan Ayo Bersatu Lawan Covid19 dengan Tidak Mudik dulu juga sudah didengung-dengungkan sejak pertengahan. Tahu sendiri kan, sobs biasanya aturan yang dibuat malah untuk dilanggar.

Sedih, prihatin dan kecewa bercampur aduk mana melihat banyak orang seperti tidak peduli lagi. Pandemi ini belum berakhir. Namun sebagian memandang sepele wabah virus sehingga banyak yang kembali beraktivitas   berkerumun bahkan memborong di mall.

Lho, sebentar lagi kan lebaran. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Pemikiran yang kurang bijaksana, di saat para tenaga medis berjuang sebagai garda terdepan, melawan virus Corona hingga rela mengorbankan jiwanya demi misi kemanusiaan.

Bersatu Lawan Corona dengan Tidak Mudik1
Seperti berita yang viral Selasa,19 Mei 2020, ketika salah satu perawat di RS Royal Surabaya akhirnya meninggal dunia setelah terkena Covid19. Sedihnya lagi meninggal dengan keadaan tengah mengandung 4 bulan.

Nih harapannya berita yang terjadi bisa membukakan mata hati kalian semua ya sobs untuk menghargai sekaligus berterimakasih atas perjuangan mereka sebagai ujung tombak melawan corona. Bisa baca juga ya sobs postingan tentang imbauan jangan mudik
Lebih baik tidak mudik lebaran dulu daripada beresiko.




Caranya mudah dan semua orang bisa melakukan empati atas perbuatan mulia atas jasa-jasa para tim medis.
Bersatu Lawan Corona dengan Tidak Mudik4
Credit : Kementrian Perhubungan Indonesia 

Dengan tidak mudik tahun ini, itu sudah termasuk membantu untuk memutus mata rantai penyebaran corona. Atau demi kebaikkan bersama dan untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah.

Yuk, ganti mudik fisik dengan mudik online. Jalin silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan teman melalui telepon dan video call .
Baca Selanjutnya ...

18 May 2020

Berdamai Dengan Hati Menyembuhkan Luka Lara Tulus Memaafkan

Saling Tulus Memaafkan

Sengaja nih saya pilih judul berdamai dengan hati menyembuhkan luka lara tulus memaafkan untuk postingan hari ini yang berkaitan dengan euforia masyarakat menyambut datangnya Idul Fitri.

Saya tergelitik menuliskan ini sejak lama bahkan sebelum puasa sampai sepuluh hari terakhir puasa masih menemukan  kejadian-kejadian sepele namun tidak bisa dikatakan sebagai suri tauladan dalam kehidupan.

Sebenarnya sekecil apapun masalah yang muncul jangan sampai menjadi ketidakharmonisan dalam interaksi sosial. Tetapi semuanya kembali kepada personal masing-masing, kan.

Akibat nila setitik susu sebelanga jadi rusak. Lantaran ada sedikit keretakan runyam sudah persahabatan. Hal itu pernah terjadi dan pasti juga dirasakan orang lain. Saya pun demikian, gegara salah paham jadi masalah baru yang ujung-ujungnya disharmoni.

Curhatan yang salah tempat terkadang juga menimbulkan banyak prasangka macam-macam. Jadi seyogyanya jika kita sampai mempunyai suatu ganjalan hati (uneg-uneg) sebaiknya jangan asal pasang di Medsos ya. Sobat.
Berdamai Dengan Hati
Status di Medsos yang mengundang tanya
Dokpri : omahantik.com

Status yang gak jelas tentunya menimbulkan prasangka macam-macam dan tahu  sendiri kan, jatuhnya bisa fitnah.

Pada dasarnya orang akan senang mengerti suatu permasalahan tetapi tidak turut menyelesaikan. Malah sebagian bisa saja cuek, it's your own business. EGP, deh. Emang gua pikirin!

Berdamai Dengan Hati1

Makanya jangan sesekali membagikan uneg-uneg apapun itu permasalahan yang tengah dihadapi ke siapapun , kecuali Allah pemilik dunia seisinya. Karena faktanya 20% dari mereka tidak peduli masalah tersebut, sisanya yang 80%  seperti bertepuk tangan mendengar problem.yang menimpa. Itulah , manusia di bumi!

So, solusi terbaiknya gimana, nih? Saya pernah menerapkan yang simpel saja proses berdamai dengan diri sendiri terutama hati memang butuh tekad dan perjuangan.

Healing Myself
Percaya akan Allah yang senantiasa ada dan membantu umatNya. Jadi setiap bangun tidur beranjak dari pembaringan sugestikan kata-kata yang positif, indah bermakna menyongsong hari penuh semangat. Sehingga testimulasi otak ini dengan aura positif.

Forgiveness with Respect
Inisiatif diri dengan membuka maaf pintu hati. Memang berat, pastinya..Mulut terasa terkunci gembok berat, dinding hati menebal sekeras baja. Ingat mengalah minta maaf bukan untuk menjadi kalah-kalahan. Mencoba berbesar hati untuk memaafkan.
Namun sekali lagi jika ingat ada dalil QS Allah hati langsung menciut sadar diri pada azab Allah ketimbang  memikirkan hal-hal duniawi.

Berdamai Dengan Hati4
Credit : Islam Update

Sekali lagi berdamai dengan hati menyembuhkan luka lara tulus memang benar apa adanya. Mencoba selagi masih ada kesempatan baik dan ada waktu memperbaiki...

Keep Happy Blogging 
Baca Selanjutnya ...

17 May 2020

Belajar 3 Amalan Doa Sebelum Ramadan Berakhir

3 Amalan Doa Sebelum Ramadan Berakhir

Belajar 3 amalan doa sebelum Ramadan Berakhir buat saya yang taraf pemula adalah hal newbie. Yup saya belajar agama Islam dari nol. Perlu belajar bersungguh- sungguh dan proses yang panjang. Jadi untuk menuliskan suatu konten yang ada relevansinya dengan agama Islam saya tidak sembarangan.

Seperti yang saya tahu bulan Ramadan yang  penuh berkah, kesucian serta pengampuman hanya datang sesaat menjumpai umat Muslim. D
Dibalik kehadiran keberkahan Ramadan di tengah pandemi yang berlangsung, para umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan beberapa doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW . Terutama doayang ditujukan pada akhir Ramadan.

1.DOA ketika 10 hari terakhir Jelang ramadan berakhir

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَقُمْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Telah menceritakan kepada kami Abu al-Yaman berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu’aib berkata, telah menceritakan kepada kami Abu az-Zanad dari al-A’raj dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa menegakkan lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Bukhari 34, diriwayatkan juga oleh jamaah ahli hadis)
2. Doa Qunut
Doa yang pernah diajarkan Nabi Muhammad dan dibaca saat  melakukan rakaat terakhir di salat Witir berjamaah.
Nabi Muhammad menganjurkan kepada sahabat-sahabatnya maupun umatnya untuk mengamalkan doa Qunut saat ramadan akan berakhir.Biasanya dibaca sekali saja sesudah salat Witir. Berikut ini hafalan doa Qunut ya sobats
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي الْحَوْرَاءِ السَّعْدِيِّ قَالَ قَالَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ .قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ أَبِي الْحَوْرَاءِ السَّعْدِيِّ وَاسْمُهُ رَبِيعَةُ بْنُ شَيْبَانَ وَلَا نَعْرِفُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْقُنُوتِ فِي الْوِتْرِ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْ هَذَا وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الْقُنُوتِ فِي الْوِتْرِ فَرَأَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ الْقُنُوتَ فِي الْوِتْرِ فِي السَّنَةِ كُلِّهَا وَاخْتَارَ الْقُنُوتَ قَبْلَ الرُّكُوعِ وَهُوَ قَوْلُ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَابْنُ الْمُبَارَكِ وَإِسْحَقُ وَأَهْلُ الْكُوفَةِ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ أَنَّهُ كَانَ لَا يَقْنُتُ إِلَّا فِي النِّصْفِ الْآخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَكَانَ يَقْنُتُ بَعْدَ الرُّكُوعِ وَقَدْ ذَهَبَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِلَى هَذَا وَبِهِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abu al-Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu al-Khaura’ As Sa’di dia berkata, al-Hasan bin Ali r.a. berkata, “Rasulullah saw. mengajariku beberapa kalimat yang saya ucapkan dalam salat Witir, yaitu Allahummahdini fiiman hadait, wa’aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a’thait, waqinii syarrama qadlait, fainnaka taqdli walaa yuqdla ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarakta rabbana wata’aalait.
3.Doa Mengharap malam Lailatul Qadar
Berikut ini adalah doa yang dianjurkan  Nabi Muhammad SAW untuk diamalkan ketika Ramadan akan berakhir. Doa yang mengharapkan berkah keistimewaan di malam Lailatul  Qadar. Tetap berserah dan memohon ampunan serta diberikan yang terbaik. Hafalan doa tersebut :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ الضُّبَعِيُّ عَنْ كَهْمَسِ بْنِ الْحَسَنِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِي اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Sulaiman Adh Dhuba’i dari Kahmas bin al-Hasan dari Abdullah bin Buraidah dari Aisyah ia berkata, “Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui malam apakah lailatul qadar, apakah yang aku ucapkan padanya?” Beliau mengatakan, “Ucapkan: Allaahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Ampunan dan Maha Pemurah, Engkau senang memberikan ampunan, maka ampunilah aku).” Abu Isa berkata, “Hadis ini adalah hadis hasan sahih. (H.R. Tirmidzi 3435 diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah 3840, Ahmad 24215, 24320, 24322, 24330, 24559, dan 25018).

Alhamdulillah tiga amalan doa yang baik jelang berakhirnya bulan Ramadan tahun ini menyisakan harapan. Semoga bisa diberikan kesempatan baik dan umur panjang  agar bisa bertemu kembali dengan bulan ramadan tahun depan. Saya secara pribadi juga berharap  semoga amal ibadah yang telah dilakukan pada bulan ini dapat diterima Allah SWT. Terus berdoa sebaik mungkin perbaiki akhlak lebih mulia sambil melafalkan doa

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadan ini sebagai bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhirku, makan jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai, Aamiin."

Demikian share tulisan tentang belajar tiga amalan doa seBelum Ramadan berakhir . Semoga terus menularkan semangat dan inspirasi baru.

Keep Happy Blogging 

 .
Baca Selanjutnya ...

Lakukan 7 Tips Mudah Ini Untuk Stimulasi Kreativitas Si Kecil di Rumah Aja

Stimulasi Kreativitas Si Kecil
Kesayangan yang Gemar baca buku cerita
dokpri : omahantik.com 
Lakukan 7 Tips Mudah Ini Untuk Stimulasi Kreativitas Si Kecil di Rumah Aja. - Apalagi nih ternyata sudah lumayan lama ya kegiatan masive seperti belajar mandiri maupun work from home (WFH) dilakukan #DiRumahAja. Sesuai instruksi anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai virus Corona.

Namanya anak terkadang masih bingung dan sesekali protes juga. Terlebih dengan keadaan pandemi yang belum kunjung reda.
" Duh bun kapan masuk sekolahnya ? Pengin belajar bareng Tya, Naya, Vio,... " tanya Cielo sambil bersungut-sungut lalu menyebutkan nama teman-teman bermainnya.
Langsung deh Bunda peluk hangat puteri tercinta yang selalu kritis dan banyak pertanyaan. Ini juga ciri-ciri Anak Generasi Maju  ya, para Bunda hebat sekalian.
"Sabaar, doaian yang terbaik ya sayang supaya wabahnya cepat berlalu,"
Biasanya setelah diberikan penjelasan simple, sejurus kemudian mulai paham dan kembali  tersenyum ceria.

Begitulah seharusnya orangtua siap mendukung juga mendampingi si kecil menjadi  Anak Generasi Maju yang terus aktif dan kreatif  meski #DiRumahAja

Tips Stimulasi Kreativitas Si Kecil
Nah beruntung sekali saya menjadi bagian dari Mombassador SGM Eksplor, senantiasa juga saling mendukung satu sama lain terlebih di kondisi kurang kondusif saat ini. Selain itu juga share beragam ide kegiatan serta games permainan kreatif , yang tentunya kian mengasah kreativitas serta ketrampilan si kecil.

Pokoknya terus disimak saja ya postingan saya kali ini hingga tuntas tentang 7 Tips Mudah Ini Untuk Stimulasi Kreativitas Si Kecil di Rumah Aja.
Dengan begitu bisa stimulasi kreativitas sekaligus ketrampilan si kecil. Selain itu kian merekatkan hubungan bonding para orangtua dan anak.

Coba ajak si kecil dan libatkan dalam aktifitas baru, pastinya memberikan pengalaman berkesan. Apa sajakah yang biasa saya lakukan, simak 7 tips berikut ini ya bunda :

1. Bermain Musik
Hidup tanpa adanya musik terasa kurang harmoni. Begitu halnya dengan kegiatan yang dijalankan di rumah aja, kurang seru tanpa mendengar musik. Maka saat ajak Cielo belajar memetik gitar, wow betapa excited reaksinya.

Stimulasi Kreativitas Si Kecil1
Si kecil antusias belajar gitar
Dokpri : omahantik
2. Bikin Prakarya
Coba ajak si kecil bikin kerajinan tangan atau prakarya yang mudah dan  simpel. Ide kegiatan prakarya bisa beragam rupa. Kebetulan saya melihat video di Fanpage @akuanaksgm cara membuat PUPPET atau boneka tangan. 
Luar biasa sekali prosesnya dari mewarnai karakter binatang, mengguntingnya lalu menempelkan di lidi jadi pengalaman yang menyenangkan. Ditambah lagi  karyanya  tadi bisa dijadikan STIKER  kelinci lalu ditempel di MUG cangkir susu favoritnya.
Stimulasi Kreativitas Si Kecil2
Mug cantik berkat Stiker kelinci imut
Dokpri : omahantik 
3. Berolahraga
Mens Sana In Corpero Sano, dalam tubuh yang sehat pasti terdapat jiwa yang sehat. Oleh karena itu meski #DiRumahAja  tidak lantas mengabaikan gerak tubuh. Bisa lakukan olahraga praktis nan simpel di sekitaran rumah , semisal lempar tangkap bola bersama.

Stimulasi Kreativitas Si Kecil3
Olahraga lempar tangkap yang seru
Dokpri : omahantik 9

4. Memasak Bersama
Kegiatan memasak bersama selama #DiRumahAja juga sangat bermanfaat lho, bun. Salah satunya bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya kian meningkat tajam. Dengan begitu pengalaman mengenal aneka bahan masakan sudah dipahami sejak belia.

Stimulasi Kreativitas Si Kecil4
Membantu masak di dapur
5. Belajar Mendongeng
Biasakan si kecil untuk gemar membaca buku, majalah, kumpulan dongeng. Dengan begitu nantinya si kecil kaya ragam perbendaharaan kata. Sehingga nantinya membantu ketrampilan verbalnya dalam interaksi sosial,.pendidikan maupun niaga.

6. Merawat Tanaman
Kebetulan di halaman depan persis rumah ada pohon mangga arum manis yang selalu berbuah meski tidak pada musimnya. Saya ajak Cielo untuk membersihkan dan menyirami pohon mangga pada sore hari. Diharapkan bisa tumbuh kecintaannya merawat tumbuhan.

7. Ajak Komunikasi VidCal
Pembatasan sosial berskala besar/ PSBB ini tidak memungkinkan saya sekeluarga bersilaturahmi  dengan keluarga besar lainnya. Karena itu saya terkadang ajak si kecil untuk menelpon atau video call dengan kerabat lainnya lho, jadi bisa tetap berinteraksi bersama keluarga besar. Biasanya interaksi Vidcal pas waktu sesudah sahur.  SERU banget silahturahmi secara digital.

Demikian 7 tips mudah untuk stimulasi kreativitas si kecil saat #DiRumahAja selain bisa menyemangatinya tidak merasa jenuh di rumah.

Bisa baca juga postingan bergizi sebelumnya >> Sehat dan Semangat Jalani Puasa Ramadan Saat Pandemi Covid19

Bersyukur sekali sampai hari Cielo syantik tetap energik dan semangat termasuk menjalani puasa penuh selama bulan ramadan.
Jadi saya akan terus senantiasa mendukung  aktif pertumbuhannya dengan rutin minum susu 2x sehari. Biasanya diminum pada waktu berbuka maupun sahur.

Selama ini susu favorit pilihannya ya SGM Eksplor dengan complinutri sarat dengan kandungan omega 3, minyak ikan, kalsium, vitamin D, Zinc juga vitamin C juga serat pangan inulin yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil looo, bunda.


Selain itu hebatnya lagi, kandungan susu SGM Eksplor terdapat minyak Ikan dan Omega tiga . Dipercaya bisa membantu meningkatkan perkembangan otak dan bermanfaat pula untuk indera penglihatan. Ada juga Kalsium dan Vitamin D bermanfaat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Tidak ketinggalan Zinc dan Vitamin C berguna juga untuk meningkatkan imun tubuh dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan serat pangan inulin membantu organ pencernaan agar mampu menyerap nutrisi secara optimal.

Bismillah semoga Cielo syantik sehat-sehat saja, tumbuh kembang optimal untuk Potensi Prestasinya sebagai Generasi Maju terdepan bangsa tercinta.

Untuk para ayah bunda yang ingin mengetahui banyak informasi penting berkaitan nutrisi yang tepat, parenting   maupun tumbuh kembang si kecil dan juga informasi pencegahan Covid_19 langsung bisa kok klik langsung
Website : www.generasimaju.co.id
Fanpage : Aku Anak SGM
Careline SGM : 0800 1 360 360 (bebas pulsa)

Instagram : @akuanaksgm

Semoga apa yang telah saya share di atas, bisa bermanfaat untuk para pembaca termasuk bunda-bunda sekalian. Mari #beranidankuat bangkit kembali .

#SGMEksplor
#BersatudanKuat demi
#GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi
#BermainBersamaBunda

Keep Happy Blogging 

Baca Selanjutnya ...

16 May 2020

Cara Praktis Hemat Lebaran Saat Pandemi Berlangsung

Cara Praktis Hemat Lebaran
Credit : Pixbay

Setelah memantapkan hati tidak mudik kampung halaman gantian mikir gimana cara praktis hemat lebaran saat pandemi berlangsung. Karena gak mudah sobats apa-apa serba susah dan roda perekonomian jalannya juga seret.

Saya orang biasa aja mikirnya setengah ampun. Berkali-kali saya share di postingan terdahulu kalau suami juga terkena dampak pandemi ini. Hingga sementara  waktu tidak bisa mencari income menopang hidup. Awalnya sih saya shock banget. Namanya kebutuhan hidup terus berjalan tanpa mengenal waktu susah ataupun tidak. Harus kemana cari tambalan hidup, buat nyambung hidup sehari-harinya. Terlepas dari kesusahan hidup saya percaya kok kalo Gusti Allah mboten sare. Allah selalu ada untuk umatNya.

Tetap bersyukur saja deh ditengah ketidakpastian pandemi saya sekeluarga masih diberi kesempatan hidup, sehat serta bisa menjalankan nikmatnya ibadah puasa di bulan ramadan ini. Jalani hidup seperti air mengalir dan bisa terus berkarya berbagi kebaikkan dengan sesama.

Tentunya sambil berdoa penuh harapan agar wabah Covid19 ini segera berlalu di muka bumi. Kangen merasakan aktifitas kehidupan yang normal seperti sedia kala tanpa harus ada pembatasan jarak.

Tahun ini memang jauh beda dengan tahun sebelumnya. Lebaran hadir tanpa adanya tradisi pulkam dan silahturahmi. Bismillah demi kebaikan putusnya mata rantai virus corona diharapkan semua bisa memaklumi. Biasanya pulang mudik diamggap sebagai Post Pengeluaran terbesar dibanding yang lainnya.

Demgan instruksi PSBB wajib #dirumahaja, akan mengalokasi budget terbesar mudik ke post lainnya. Bener begitu,kan sobs,?Malah bisa menjadi cara praktis hemat lebaran.

Beberapa hal yang saya terapkan agar bisa berhemat saat lebaran di tengah pandemi diantaranya :

Make sure kondisi keuangan
Cara Praktis Hemat Lebaran2

Atur gaya hidup untuk lebih berhemat akan memudahkan menjalani puasa sehari-harinya. Semisal.memgurangi sering jajan di.luar rumah atau ngajak nonton bioskop.

Tetapkan prioritas 
Cara Praktis Hemat Lebaran1
Menyadari segala bentuk pengeluaran harus memiliki skala prioritas. Tujuannya untuk meminimalisir segala pengeluaran hingga tidak sampai bergaya boros. Skala prioritas harus diutamakan semissl pembayaran rekening listrik, air dsb.

✔selektif dalam pemakaian anggaran 
Harus bisa selektif apalagi dalam memanfaatkan dana sehingga bisa menghemat anggaran yang ada. Semisal yahy hiasa herlangganan tv kabel lumayan gede biaya konsumtifnya pada dasarnya bukan merupakan kebutuhan pokok.


✔ Jangan mudah tergiur Flashsale
Waini  yang biasanya agak susah dilawan. Jika ada tawaran flashsale atau promo besar-besaran terkadang membuat sebagian orang terjebak untuk menghambur-hamburkan dananya. Membeli suatu hal bukan dikarenakan kebutuhan penting.

✔  usahakan memiliki dana darurat 
Sebagian orang tidak menyadari jika memiliki sana darurat dalam kondisi pandemi yang tidak menentu memang begitu penting dan bermanfaat. Sebaiknya dana darurat bisa dipersiapkan minimal 3 sampai 6 bulan ke depan. Semuanya ini bisa mengantisipasi jika ada income terpaksa berhenti mendadak. Kisaran dana darurat disesuaikan dengan kemampuan masing -masing ya sobs. Semisal tiao bulannya 2 juta ya minimal kita punya dana 5-8 juta

Demikian share postingan cara praktis.hemat lebaran saat pandemi berlangsung. Semoga bisa bermanfaat ya sobs.

Keep Happy Blogging 
Baca Selanjutnya ...

Tips Tubuh Atletis Berkat Suplemen Gainer

Credit : www.sfdn.com
Seneng ya jika merasa hidup sehat wal afiat bahkan tubuh fit bugar. Akh , ngomongin tentang kesehatan jadi teringat beberapa waktu yang lalu. Ceritanya, nih saya tanpa sengaja bertemu dengan teman super lama. Kejadian sebelum ada pandemi corona yang menggemparkan lho. Makanya bisa dolan ke sana kemari dan akhirnya papasan dengan teman lama.

Mereka tuh adalah sepasang suami istri. Selalu kompak dan serasi baik dalam segi penampilan , kerja bahkan olahraga. Yang saya salut banget mereka kayak pas jaman pacaran dulu. (Pertama kali, emang ketemu jaman kuliah di warung bakso Pak Petruk di Semarang yang terkenal bangeet).

Terlihat fresh dan awet muda. Bahkan tubuhnya tampak kencang terawat olahraga. Pertemuan tanpa sengaja yang bikin kita semua tergelak tertawa lepas sembari ngobrol sedikit memori daun pisang.Hihihi .
Tips Tubuh Atletis Berkat Suplemen Gainer1
Mr. Mrs Bambang W
omahantik.com

Saya sedikit terkejut sih awalnya melihat mereka berdua. Bukannya karena apa-apa sih, melainkan setelah saya amati seksama ada yang berubah.
Sang istri lebih  fresh, enerjik tentunya awet muda. Jelas banget kalau keduanya terlatih olahraga. 

Sementara Mr Bambang yang dulunya berperut buncit dan sedikit montok eh berubah jadi BUGAR. Otot tubuhnya kekar dan perutnya "Six Pack" alias rata. Wiih keren ,kan. Terus kepikiran nih sama saya dan suami yang sukses menimbun lemak di mana-mana. Alamak, sedihnya !

Baru tahu deh, ternyata mereka rutin ngegym tiga kali seminggunya di fitness center . Pantesan aja lemak tubuhnya gak pada menonjol. Hebat deh, sobs ✔

Saya belajar banyak dari cerita mereka bagaimana banyak orang salah kaprah alias gak paham tujuan olahraga yang dilakukan. Penginnya olahraga langsung cepat dapat hasil maksimal.

Biasanya kaum hawa terutama para mamak rempong (eh saya berarti termasuk dong) semangat berolahraga pada awalnya gegara ingin menurunkan bobot tubuh. Lebih tepatnya ingin body yang langsing singset .

IYES, betul 3x. Jadi olahraga high intensitas sambil diet ekstrim. Nah, tuh bukannya sukses memiliki tubuh dambaan ideal malahan terkena resiko sakit.
( Ini beneran fakta juga. Tiga diantara teman saya yang baru mulai rutin ngegyim  malah masuk rumah sakit karena cedera otot perut. Mungkin warming up kurang atau dia yang terlalu memaksakan diri jadinya demikian parah. Eh malah sekarang dia agak trauma jika ada yang mengajak olahraga.)

Intinya awali latihan olahraga dengan pemanasan sebaik mungkin, meminimalisir terjadi cedera otot. Lalu berolahraga sesuai porsi dan kemampuan baru dilanjutkan pendinginan jika semua selesai.

Tips Tubuh Atletis Berkat Suplemen Gainer2
Mereka terus support & kompak
Jangan pernah mengharap hasil instan ya sobs. Pengalaman dari mereka yang berhasil mencapai target butuh proses perjuangan yang panjang. Jadi makin salut nih sama Mr Bambang dan sang istri yang sudah 5 tahun lamanya rajin fitnes.

Tips Tubuh Bagus Atletis

Sekali lagi yang perlu diingat tidak ada hasil yang instan/ kilat. Semua dicapai dengan perjuangan dan proses.  Ingin memiliki tubuh bagus bak atletis bisa saja asalkan mau latihan berolahraga rutin.

Selain pola latihan yang terjadwal, ada pengaturan pola makan gizi seimbang. Contoh sederhananya nih, Mr Bambang tadi seringkali mengasup putih telur untuk membantu tubuhnya bugar tampak atletis. Tentunya selain konsumsi suplemen Gainer juga untuk meningkatkan massa otot.

Tips Tubuh Atletis Berkat Suplemen Gainer4
Ekstra rutin olahraga
Omahantik.com
Eh jadi kepikiran kalau ada pandemi seperti ini gimana nih rutinitas fitnesnya, apakah terganggu sama sekali mengingat adanya instruksi pemerintah untuk Physical distancing.

Alhamdulillah  sih, menurut mereka latihan terus lanjut dan untuk stok suplemen tinggal klik aja sfidn.com, toko online yang sudah rekomended jadi langganannya.

Gak usah repot cari suplemen Gainer yang dibutuhkan, karena layanan Service sfidn.com sampai 24 jam/hari. Wah luar biasa banget servisnya apalagi mengusung motto ' One Click Away from Perfection".
Cukup sekali klik situs sfidn.com, maka  terbuka kemudahan untuk mendapatkan pelayanan tentang tubuh idaman.

Keep Happy Blogging


Baca Selanjutnya ...

15 May 2020

Lebaran Tahun Ini Just At Home Aja

Lebaran Tahun Ini di Rumah Aja
'Sudah lebih tiga pekan memasuki puasa Ramadan, namun keadaan belum kondusif juga terkait adanya pandemi covid_19 yang masih berlangsung sebentar lagi menyongsong datangnya Idul Fitri. Banyak sekali yang mengusik pikiran. Tentang lebaran tahun ini just at home aja atau mudik kampung halaman.

Euforia lebaran tahun sebelumnya identik dengan gegap gempita dan segala macam kemeriahan. Maklumlah namanya merayakan hari kemenangan, apalagi setelah berjuang menahan segala hawa nafsu dari rasa lapar, dahaga ataupun amarah.

Jadi wajar aja sebagian besar umat muslim merayakan lebaran dengan cara yang mereka miliki. Sebagian besar memang banyak yang mudik kampung halaman jauh-jauh hari. Itupun dengan segala persiapan dan aneka ragam perlengkapan yang wajib dibawa pulang.

Eh jadi keingetan dulu saya pernah diminta tolong adik saya untuk mengantar sekeluarganya mudik Klaten. Meskipun bukan perjalanan jarak yang jauh sekali, persiapan yang dilakukan sudah seperti bepergian lintas antar pulau saja. Yang paling repot itu bikin list barang yang wajib dibawa mudik. Mulai dari bahan makan,  sembako, kue kering bahkan baju muslim baru.

Ada satu kejadian tidak terlupakan. Yakni saat semua menyadari ada 1 blek roti kering yang tertinggal di lemari atas rumah. Mau tidak mau akhirnya mobil putar balik mengambil barang tersebut padahal posisi sudah berada setengah perjalanan di kawasan jalan tol yang puncak ramai-ramainya. Olala.

Mungkin itu tadi segelintir cerita momen mudik lebaran yang dulu  karena tahun ini kemungkinan mudik lebaran tidak bisa.di mana-mana terlebih sampai pergi jauh keluar kota. Di media online maupun beritq TV jelas pemerintah menganjurkan kesadaran diri masing-masing pemudik.

Tidak ada larangan mutlak namun bisa menyikapi secara bijak untuk lebih memikirkan nasib banyak orang nantinya. Bisa jadi suatu dilema ya sobs pilihan untuk lebaran tahun ini di rumah aja atau mudik.

Pilihan Lebaran Just At Home
Sejak awal adanya anjuran untuk pembatasan sosial Phsyical Distancing, saya sudah rembugan sama suami untuk antisipasi agenda bulan yang akan datang. Selain puasa ramadan, juga diskusi planning mudik lebaran. Hasilnya secara garis besar, ya terpaksa menahan ego untuk bepergian sampai pandemi ini benar usai.
Alasan utamanya saya sekeluarga lebih memilih lebaran tahun ini hanya JUST AT HOME diantaranya :

✔ Kesepakatan Bersama
Keluarga besar saya kebanyakan tinggal menyebar di luar kota bahkan ada yang di pusat ibukota Jakarta terkenal sebagai RedZone. Nah pada akhirnya keluarga sepakat untuk tidak mudik dulu karena situasi tidak memungkinkan.

✔ Manfaatkan VidCal
Nah yang lagi kekinian dan ternyata bisa diterima menyenangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi serba guna seperti vidcal. Saya dan adik yang domisili di Bali kerap berinteraksi. Semua lancar dan jelas. Begitu pula dengan kerabat di Surabaya, Salatiga, Bogor bisa teleconference bersama. Suasananya begitu seru dan kompak ala keluarga besar berkumpul bareng.

✔ Situasi pandemi belum aman
Agenda masuk sekolah anak-anak saja masih diperpanjang, itu berarti masih ada concern tentang pandemi Covid_19 yang belum bisa tuntas. Gak salah kan saya seorang mamak 2 anak cukup was-was juga jika sampai ada anggota keluarga tertular wabah itu. Bismillah semoga terus dalam perlindungan Allah SWT semata. Maka diputuskan juga akan lebih aman juga kita sekeluarga berada di rumah dulu sementara waktu.

Demikian beberapa hal yang saya share tentang lebaran tahun ini kita sekeluarga memilih just stay at home aja. Semoga bisa bermanfaat  memberi tambahan informasi penting untuk para sobat pembaca tercinta.

Keep Happy Blogging 💜

Baca Selanjutnya ...

14 May 2020

Lebih Baik Tidak Mudik Lebaran Dulu Daripada Beresiko


Lebih baik tidak mudik lebaran daripada menanggung resiko- sesuai instruksi yang selalu didengung-dengungkan pemerintah .
Bagaimana sobs jika ada opsi pilihan harus MUDIK atau tidak MUDIK sama sekali ? 

Susah-susah gampang jawabnya, beneran enggak, sih. Atau bingung tidak sesuai kehendak hati. Batin serasa menjerit pilu, duh gak adil rasanya harusnya ini momen yang baik dan pas untuk anjangsana terhadap keluarga tercinta.

Yup, sebagaimana netizen atau warga masyarakat yang baik opsi untuk mengalah sementara waktu yakni tidak MUDIK induk saat ini sekiranya adalah pilihan yang bijaksana. Secara tidak langsung sikap tersebut bisa meminimalisir penyebaran pandemi covid19.

Benar sih, sobs kondisi bangsa ini lagi tidak menentu, dikarenakan munculnya pandemi virus Corona yang tak kunjung usai. Musuh yang kasat mata, tidak terlihat langsung di depan mata namun dampak yang ditimbulkan sangat mengerikan. Tidak hanya menghantam sektor kehidupan seperti ekonomi, bisnis, perbankan, transportasi, pendidikan bahkan semuanya jadi lumpuh tidak berkutik.

Banyak sekali sumber daya manusia yang kehilangan matapencaharian atau jadi pengangguran tiba-tiba. Tidak terkecuali saya juga turut menanggung akibatnya. Sementara waktu harus ekstra tenaga menjadi tulang pinggang support keluarga.

Bukan main pengaruh pandemi Covid19 bukan terutama di era milenial seperti ini. Bahkan para pakar maupun ilmuwan terkemuka di dunia saja tidak bisa memprediksi efeknya mengglobal di planet bumi. 

Siapa sangka virus yang asal mulanya dari wilayah Wuhan, Tiongkok ini begitu cepat menyebar mata rantainya ke beberapa negara dunia. Ini dunia lhooo, ya. Dan belum ditemukan obat penawarnya. TITIK.

Nah berkaca dari pengalaman di beberapa negara, sebut saja Italia dan Honduras dimana yang tingkat terpaparnya virus C19 begitu cepat hingga bisa ribuan dalam sehari. Jadi pemandangan yang ironis karena banyak yang jadi korban tidak berdosa dan hanya dibiarkan terbengkalai begitu saja. Mengingat  pihak pelayanan kesehatan sudah kewalahan dan menyerah.

Tidak hanya itu saja, para tenaga medisnya banyak yang tumbang mengorbankan jiwa raganya lantaran mencurahkan semua hidupnya menolong korban C19. Jadi catatan penting,kan!

Mungkin ini menjadi alasan penting mengapa saya memilih lebih baik tidak mudik  Lebaran dulu daripada beresiko diantaranya seperti :

✔ menularkan virus penyakit
Dikuatirkan jika ada orang yang nekad mudik atau pulang ke kampung halamannya bisa jadi perantara penyakit. Apalagi jika di rumah terdapat Manula yang seharusnya mendapat penjagaan lebih baik, eh malah ketularan virus ini karena daya tahan tubuh manula lebih rendah serta rentan kena penyakit.

✔ self quarantine
Pastinya setiap orang harus punya kesadaran tinggi agar virus ini tidak bberkembang cepat dan menjangkiti semuanya. Salah satunya dengan sadar dan disiplin diri untuk bisa MENGISOLASI Mandiri. Dalam arti tidak seenaknya bepergian atau nekad melakukan perjalanan dari RED ZONE atau daerah yang berdampak ke tempat lainnya.

✔ Isolasi Mandiri 14 hari
Mungkin ada sebagiaan orang yang menyepelekan karena belum paham benar bagaimana sistem virus tersebut bekerja. Setelah tertular dari orang yang positif tadi gejalanya tidak bisa serta merta dirasakan langsung. Puncaknya setelah 2 pekan kemudian yang bisa berakibat fatal bahkan beresiko merenggut nyawa.

So sobs jangan sesekali menganggap serangan C19 ini sekedar lewat saja namun harus bersatu dan berani sekaligus butuh sikap kedisiplinan yang tinggi demi memutus rantai penyebaran virus ini. Jadi benar sekali untuk tahun ini lebih baik tidak mudik lebaran dulu, ya daripaa  beresiko menularkan penyakit terhadap orang-orang tercinta di sekitarmu.

Keep Happy Blogging 
Baca Selanjutnya ...

13 May 2020

Hal-Hal Yang Dirindukan Saat Lebaran

Wih sebentar lagi kita semua terutama umat muslim akan merayakan hari kemenangan. Tinggal semingguan lebih nih sobs, siap-siap menyongsong Idul Fitri. Akkh, jadi terkenang hal-hal yang akan dirindukan saat lebaran.

Tetapi mengingat kondisi saat ini yang tengah dilanda Pandemi, sehingga Senua masyarakat di mana pun berada dihimbau untuk disiplin dan mematuhi aturan Physical Distancing. Dengan adanya pembatasan jarak antara satu dengan yang lain bisa meminimalisir penyebaran virus Corona nantinya.

Nyesek rasanya jika mbayangin tidak akan ada tradisi mudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Dipastikan tidak akan ada juga namanya anjangsana dengan keluar atau kerabat besar lainnya. Tahun ini merupakan tahun lebaran penuh rasa keprihatinan. Mulai dari aturan sholat berjamaah di mesjid, terawih ditiadakan sementara waktu, bahkan kebiasaan rame jelang berbuka seperti ngabuburit juga senyap.

Sekali lagi kembali kepada tujuan mulianya ya sobs, berbagai aturan dibuat sebenarnya bertujuan untuk melindungi keselamatan kita semua agar tidak terjangkit Covid19.
Jadi sambil  semangat stay @diRumahAja kita semua bisa beraktifitas  meski d rumah sambil menciptakan kualitas waktu keluarga.

Hal Yang Dirindukan Saat Lebaran
Namun tidak menampik di hati juga jika saya terus terkenang mengenai hal-hal yag dirindukan saat lebaran. Simak yuk sobs apa saja yang bikin terkenang dirindukan.

1. Sholat berjamaah
Dulu memang  kita sering menyempatkan datang pada H1 lebaran dengan maksut bisa bersembahyang bersama.

2. Masakan Khas Ibunda 
Nah ini yang selalu ditunggu-tunggu, jika kumpul bersama pastinya masakan ibund tempo doloe yang bakal dinantikan.
Ayoo TEBAK sobs. Siapa tahu ada yang sama. Selalu dimaasakin Cumi Cumi lombok ijo.
Yup kami semua anak-anaknya pengemlombokar ikan. Jadi pasti ibunda selalu memasak hidangan ikan juga.

3. Pijatan 
Sembari ngobrol ngalor ngidul, biasanya ada yang sukarela jadi tukang pijet. Malahan kalo ada yang masuk angin tinggal ngomong aja langsung gercep.Hahaha

Non 4 masih dalam tarap.peMikiran. Dimohon sabar menunggu y 🙏

Baca Selanjutnya ...