18 Dec 2015

Mari Berkreasi Dengan Ikan Lele

Bosan dengan sajian menu berbahan ikan yang itu-itu saja. Just a wait... Mari berkreasi dengan ikan lele yang lumayan terjangkau di kondisi serba tidak memungkinkan ini *bener kan, apalagi sekarang kudu puter otak  terus, sebentar-sebentar ada kenaikan bawang merah, esoknya ganti kenaikan cabe merah atau bawang putih. Hadeh perubahan kondisi yang tidak terduga sama sekali.

Masyarakat bawah dan awam termasuk saya juga kerepotan banget. Penginnya menerapkan pola makan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Namun untuk mewujudkan keinginan tersebut adakalanya berbenturan dengan kondisi ekonomi.

Sekedar kenyang saja mungkin bisa mengasup karbohidrat sebanyak-banyaknya. Namun itu kurang sesuai jika untuk memenuhi nutrisi kesehatan terutama anak-anak. Jadi saya berusaha bijaksana memilah menu serta kreatif dallam menyajikan. Meski mengolah dengan bahan yang sederhana tetap memperhatikan nutrisi penting di dalamnya. Tanpa mengabaikan cita rasa dalam menu hidangan istimewa bagi keluarga tercinta.

Nih, saya observasi kecil-kecilan, ketika ngobrol atau berkunjung ke tetangga. Kebanyakkan dari mereka cenderung memasak menu yang simpel, praktis dan disukai keluarga. Salah satunya adalah menu lauk pauk seperti ikan lele. Selain minim dengan duri, ikan lele terkenal gurih dan berdaging. Sehingga banyak ibu rumah tangga mengolah lele dalam berbagai resep, diantaranya pepes ikan lele, burger lele, nugget lele, abon lele, mangut lele, lele panggang saus kacang.

Aneka kreasi olahan ikan lele

Credit : Google

Credit : Google

Credit : Google

Ajakan mari berkreasi dengan ikan lele sangat menantang bukan. Apalagi disajikan dengan cita rasa yang enak dan tidak terlupakan sensasi lezat ikan lele. Untuk itu bisa menyiapkan detail bagaimana cara persiapan sebelum mengolah menjadi hidangan sedap saji keluarga tercinta.

Tips Mengolah ikan lele
Perhatikan tips sederhana berikut ini dalam pengolahan ikan lele sehingga menghasilkan sajian bergizi dan enak siap jadi favorit semua keluarga di rumah. 

1. Pemilihan Ikan Lele yang baik
Pilihlah ikan lele yang masih fresh dengan cara membeli ikan yang masih hidup di air. Lebih baik ikan lele yang tampak segar itu ditaklukan dengan cara membubuhkan garam terlebih dulu. Semisal membeli sekilo ikan maka diperlukan 4 sdm garam. Setelah itu diamkan selama 60 menit lebih hingga ikan lele siap diolah.
2. Pembersihan ikan lele
Adapun pembersihan ikan lele bisa dengan cara sebagai berikut :
  • setelah ikan lele keok tidak berdaya, bersihkan ikan dengan bersih. Belah ikan lele dan keluarkan isi perut lele.
  • cuci  dan bilas ikan sampai bersih
  •  Untuk menghilangkan banyak lendir pada tubuh ikan lele bisa dibilas dengan air yang mendidih, sehingga permukaan kulit ikan lele tidak licin dan berlendir.
3. Mengolah ikan lele
Mengolah ikan lele tergantung akan selera masing-masing. Jika akan diolah sebagai masakan tradisional sebaiknya pilih ikan lele lokal , sementara untuk masakan manca, semisal menu kuliner ala Jepang digunakan ikan lele dumbo (ikan lele ini lebih besar ketimbang lele lokal).

Nah, bagaimana ajakan mari berkreasi dengan ikan lele menjadi solusi yang menarik untuk dipraktekan di rumah. Silakan untuk mengaplikasikan di rumah bersama orang tercinta.
 
Keep Happy Blogging, gaes !

16 comments:

  1. manaaa ikannya maak..
    kirimin donk *eehh

    ReplyDelete
  2. ya ampunn... aku suka bgt ikan leleeeeeeeeeee
    kayakny enak juga ya di maecm2in

    ReplyDelete
  3. Maak.. kok agak sadis ya ikan lelenya digaremin hidup-hidup x_x
    Benarkah hasilnya lebih baik?

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget ikan lele, ngga ribet dimakan soale. Yang paling suka kalo dimangut yg pueedeeess..

    ReplyDelete
  5. ini bisa ditiruu.. aku biasanya cuma dogoreng, trus disambel... hahahahaa...

    etapi aku gak doyaan lele.. masaknya buat pak suami aja sih :D

    ReplyDelete
  6. Anak-anakku paling suka ikan lele. Cuma menggorengnya itu, tantangan banget. Minyak panas muncrat kemana-mana.. Tapi ya, mau gimana lagi. Kalo udah ketemu sambel sama lalap, yang ada malah nambah mulu :D

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat nih aku mbak, waktu KKN anak- anak buat program kerja kuliner nugget lele untuk ibu- ibu pkk di desa terlatih. Kabarnya sekarang jadi industri rumahan di sana. Memang enak sih hihihi

    ReplyDelete
  8. waah, bisa dibikin macem2 ya ikan lele. jd ngga bosen krn cuma digoreng aja terus biasanya. haha

    ReplyDelete
  9. aku ngga tlaten masaak, biasanya makan lele kalo pas jajan aja, pecel lele paling juga diolahnya hihi

    ReplyDelete
  10. Dari lele bisa jadi aneka ragam lauk ya mba :)

    ReplyDelete
  11. wow, ternyata lele bisa dibuat beragam makanan yah Mbak :)

    ReplyDelete
  12. aku makan lele kalau udah di olah suka, tapi kalau masih dalam bentuk ikan ngeri makannya hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku suka ikan lele yg dijual penjual Pecel Lele dekat rumahku ada lapaknya.. Kalo males masak aku cepat2 ke Pecel lele..praktis kan? Selain itu ikan lele tekstur dagingnya lembut dan enak..

    ReplyDelete
  14. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)