9 Jun 2016

Bayi Segar dan Ceria, Ikuti 5 Cara Memijat Bayi Yang Benar Ini

Bayi segar dan ceria, ikuti 5 cara memijat bayi yang benar ini - Fakta yang menyenangkan sekali jika melihat sosok bayi yang pesat tumbuh kembangnya. Apalagi jika si bayi senantiasa segar dan ceria. Tampak raut wajah imutnya yang penuh pesona terus berbinar-binar bak matahari yang merekah menyinari hari. Belum lagi gelak tawa bayi yang begitu menggemaskan. Dijamin semua orang tua akan merasa paling bahagia memiliki buah hati demikian.

Alhamdullilah, saya pun juga bisa menikmati peran ibu sesungguhnya dan mengalami masa-masa bergumul mencurahkan perhatian merawat anak-anak sedari bayi hingga sekarang. Tidak sepenuhnya merasa direpotkan jika anak-anak adakalanya sedang up n down dalam masa pertumbuhannya. Anggap saja sebagai salah satu bagian dari perjalanan hidup yang panjang. Hehehe * bukannya sok wishdom(bijaksana).

Kata orang sekitar, memiliki anak dari masa bayilah yang paling rentan. Dalam artian mudah jatuh sakit, mengalami adaptasi lingkungan, dan berlatih hal-hal yang baru dalam tahun pertama. Namun bagi saya yang memang tinggal mandiri jauh dari orang tua, saya meyakini bisa melalui semua hal tersebut dengan lancar dan hati yang bahagia. Plong,kan life's so easy ^_^

Sementara itu, ada juga di sekeliling saya yang merasa kewalahan menghadapi masalah merawat anak. Bahkan ada yang tidak yakin dan terpaksa menitipkan pada orang tua sendiri.
mbak, Hafis ini kok sukanya rewel banget setiap sore. Udah dikasih macem-macem ya gak mau diem. Padahal badannya panas enggak, sakit batuk pilek juga enggak !
Curhat salah seorang tetangga dekat rumah. Memang sih anak pertamanya yang berumur 2 tahun kerap rewel menangis berkepanjangan. Diberi pelbagai iming-iming mulai susu, makanan kesukaan, bahkan mainan gak mempan juga. Jadi, terpaksa juga mamanya menggendong kemana-mana anakknya sampai tenang. Kadang saya kasihan juga, pasti ibu tersebut capek jika setiap hari harus menghadapi hal serupa.
gimana sih, jeung biar kayak putranya bisa anteng manis, menurut dan gampang kompromi seperti itu ?
Kalau yang ini jelas ada juga salah satu pertanyaan penasaran yang kadang dilontarkan oleh sejumlah teman dekat. Duh, dalam hati saya amat BANGGA. Bersyukur banget dapat memiliki sekaligus mendidik anak pertama saya menjadi kebanggaan banyak orang. Mengingat itu bukanlah hal instan yang langsung bisa dilakukan. Melainkan butuh proses yang tidak sebentar. Karena saya ingat persis bagaimana saya mulai konsisten melakukan terapi pijat bayi ala saya pada saat tersebut.

Bayi Sempurna Dengan Terapi Pijat Bayi
Saya pribadi mempercayai jika bayi sehat tumbuh kembang dengan baik, setidaknya bisa dilakukan dengan terapi pijat bayi. Apakah butuh dana mahal dan khusus untuk melakukan hal tersebut ?
Akkkh, saya sih yakin bisa sendiri bisa memijat bayi yang benar, tentu saja dengan terlebih dulu mempelajari informasi dan pengetahuan yang berhubungan dengannya. Sumbernya pun bisa di dapat dari berbagai referensi. Seperti halnya yang pernah saya lakukan dari pihak rumah sakit dimana saya menjalani persalinan, buku-buku tentang pijat bayi dan internet yang rekomended.

Keuntungannya apa saja dengan melakukan terapi pijat bayi ?
Berbicara masalah keuntungan yang bisa diambil jika melakukan terapi memijat bayi yang benar ini cukup beragam, diantaranya yang benar-benar saya peroleh adalah :
  • terjadi bounding kuat antara ibu dan bayi , dengan hanya menatap matanya penuh kelembutan si bayi tahu kok kalau benar-benar disayang dan diperhatikan penuh kasih dengan sang ibundanya
  • memudahkan komunikasipercaya tidak setelah saya rutin memijat bayi yang benar sesuai dengan pengetahuan yang saya pelajari, ajaib banget rasanya. Seperti ada "telepati" khusus jika bayi mau pipis dia menunjukkan gerakan khas, begitu pula jika mau BAB, mengantuk bahkan lapar mau menetek puting. Intinya komunikasi positif ini bisa mengantisipasi juga terjadinya BABY BLUES.
  • menyeimbangkan antara otak kanan dan kiribukan hal main-main bisa meningkatkan daya kognitif dan beberapa motorik kasar yang dimiliki bayi. Intinya sang bayi bisa tumbung kembang berikut milyaran sel otak yang dimilikinya. *Selalumengharappunyabayiyangsehatdancerdas
  • meningkatkan kekebalan tubuhdaripada sering terkena sakit dengan pijat bayi rutin ternyata efektif membuat tubuh bayi memiliki daya imun yang baik sehingga bayi bisa terus tumbuh dengan sehat dan bahagia.
  • emosi bayi lebih terjaga, efek yang didapat jika bayi mendapat pijatan rutin dapat membuat bayi lebih rileks sehingga tidak mudah rewel. Bahkan menjadikan istirahat maupun tidurnya lebih pulas.
Siap melakukan terapi pijat

Mungkin saja bagi sebagian ibu ada yang merasa kuatir atau agak takut memulai stimulasi terhadap bayinya yang baru lahir. Bisa jadi terpikir kalau tubuhnya masih kecil, lemah dan rentan. Pijat bayi ini sebenarnya merupakan sentuhan perwujudan cinta dan kasih sayang bunda pada sang anak. Benar, kan ?

Sekali lagi tekankan, untuk memberinya hal terbaik, sentuhan yang hangat, pelan, dan membuat bayi selalu diperhatikan. Yang penting jangan terpaku terlalu lama memijat pada suatu area tubuh bayi dan berikan usapan selembut mungkin. Saya biasanya melakukan pijat ini sesudah mandi dua kali sehari. Sebisa mungkin mencari timing yang tepat, di mana suasana hatinya sedang gembira. Pokoknya yang dianggap tidak memunculkan badmood bayi, siap-siap saja dengan have fun. Oiya jangan lupa sesekali diselingi dengan senandung lagu (dulu saya sih sering nyanyiin "Abang Tukang Bakso" atau  "Naik Becak") biar semangat saja si baby dengan sayanya. Hahahaha

Kalau begitu, marilah segera lakukan 5 cara memijat bayi yang benar ini, supaya para bunda bisa memiliki harapan terbaik untuk sang buah hati.Perhatikan tips berikut dalam 5cara  memijat bayi yang benar di bawah ini :

1. Cobalah dengan melemaskan anggota tangan
Setelah merasa bayi bisa diajak kompromi, segera awali dengan memijat anggota tangannya yang mungil ini penuh kelembutan. Tehnik melemaskan tangan bayi ini bisa dilakukan sebelum memijat anggota tubuh yang lainnya.

2.Lanjutan dengan melemaskan anggota kaki
Memijat bayi yang benar apalagi bayi yang baru saja lahir bisa dilakukan dari anggota kakinya. Gunakan baby oil secukupnya untuk memberi usapan lembut pada area kaki mungil bayi. Genggam kaki mungilnya perlahan serta lembut dan usap setiap jari kaki dengan ibu jari dan telunjuk. Pijat telapak kaki bagian atas mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan jari ibu kita. Pijatan ini akan membuat  bayi merasa rileks.
 
3. Gerakan "Milking" pada anggota kaki dan tangan
Sesudah kaki bayi rileks sekarang dilanjutkan lagi ke arah pergelangan kakinya. Caranya pegang lembut pergelangan kaki bayi, sementara tangan satunya mulai mengusap dari arah paha turun ke bawah, sembari mengusap merata sekeliling kaki hingga pergelangan kaki, seperti gerakan memerah (milking).Lakukan dengan runtut dan berirama. Ulangi hal yang sama pada anggota tangan juga.


4.  Mengusap lembut area perut
Tidak perlu kuatir melakukan pijatan area perut. Jika tali pusar sudah sembuh tentunya usapan pada perut bayi akan membantu memudahkan pencernaan maupun masalah yang berkaitan dengan perut. Sentuh perut batyi dengan penuh kelembutan. Lihat ekpresi si bayi, jika tampak senang, bisa berikan usapan lembut memakai satu tangan, lalu diikuti dengan tangan yang lain.

5. Peluk hangat punggung bayi
Seperti gerakan untuk menyendawakan bayi, segera peluk mesra punggung bayi hingga menempel ke kulit tangan. Dipercayai sejumlah ahli medis, kontak dari kulit ke kulit bisa meningkatkan ikatan antara ayah-ibu berikut bayinya. Jangan sampai lupa, saat mengangkat dan memeluknya di dada bisa mulai mengusap lembut area punggungnya. Dari mulai leher sampai ke arah bawah.


Bagi yang memiliki buah hati, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips mudah dalam melakukan pijat bayi. Tokh, bisa saja dilakukan sendiri dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya mahal. Apalagi banyak manfaat positf yang bisa diperoleh dari 5 cara mudah memijat bayi yang benar diatas. 

Bayi kakak Riva Yang Senantiasa Segar dan Ceria
Bukannya sok riya  dan berkoar-koar sombong, karena saya sudah mempraktekkan sendiri semenjak punya anak pertama kali. Hasilnya, bisa diakui secara aktual saat ini. Putra sulung saya tumbuh sebagai anak yang sehat, cerdas dan berbudi pekerti luhur. Saya termasuk beruntung, tidak terlalu repot dalam membantu mengenalkan mata pelajaran sekolahan jaman kini yang terlalu padat dan kompleks. 

Si kakak sudah terlatih kognitifnya cepat dan memiliki respon baik di semua aspek. Gak perlu les yang mahal selangit sudah bisa dapat nilai tinggi di dua kelasnya. *Semoga saja ya, kak. Tahun ini dapat masuk sekolah favorit dengan hasil NEM yang memuaskan (Doa mama terbaik selalu) ^_^. Ini semua menjadi keyakinan saya sejak dulu kala jika bayi segar dan ceria, setidaknya bisa melakukan hal serupa seperti ikuti 5 cara memijat bayi yang benar. ( all post refers Disclosure )
Keep  Happy Blogging

21 comments:

  1. Kapan yak, emaknya dipijat seperti ini #ngidamberat

    ReplyDelete
  2. iya aku percaya teknik pemijatan pada bayi mempengaruhi emosi si bayi. kalo jaman sekarang, trendnya baby spa :)

    ReplyDelete
  3. Anakku sampai skrg juga sering dipijat loh, tenang anaknya dan boboknya nyeyakklhabis dipijat

    ReplyDelete
  4. Nah iya ya mba. Mijat bayi itu kudu detil karena banyak banget manfaatnya. Saya sekarang masih belajar nih soal pijit2an baby mba.. jadi terbantu dgn baca artikel ini.

    ReplyDelete
  5. Anakku dulu yang mijat eyangnya dan bapake.Sampai sekarang pun kalau abis olah raga atau jalan2, anakku selalu pasang kaki ke bapak e menjelang tidur minta pijet.

    ReplyDelete
  6. Ilmu baru nih bekal calon ibu. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
  7. Ya Allah, jangan-jangan Kak Ghifa sering rewel nggak karuan gara2 jarang tak pijat Mbak. Utk waktunya yg paling efektif tuh kapan sih Mbak?

    ReplyDelete
  8. Sampai skarang ananku yang kecil dpijat sejak kecil hingga udah hampir 7 bulan, mba

    ReplyDelete
  9. wehhh gemes bnget sama comel itu liat gambar babynya mbak.. hee
    kudu pinter2 memijat dg hati2 nih mba hee

    ReplyDelete
  10. Wah, pijat bayi ini memang perlu ya mbak biar bayinya gak mudah capek dan pastinya habis dipijat segar kembali :)

    ReplyDelete
  11. Pijat bayi emang banyak bgt y mba manfaatnya. Bayi lebih rileks dan ceria. Emang jd emak2 harus sabar dan rajin *ngomongsamakaca 😄

    ReplyDelete
  12. Wah cobain buat umar masih bisa ga ya???soalnya udah susah buat anteng..

    ReplyDelete
  13. Jadi inget masa-masa suka mijet anak-anak saya. Gak kerasa mereka sekarang udah besar. Dulu waktu dipijetin masih lucu dan imut :)

    ReplyDelete
  14. wah iya mba aku sering praktekkin pijit ke dua bayi ku. apalagi klo mereka rewel karena kecapaian.jadi mereka langsung relax again. thanks infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Betuul! Bermanfaat banget pijat bayi :)

    Makasih mba Tanty... Sekarang Hasna sdh 2th lbh jadi susah kalau mau dipijat.. Hehe

    ReplyDelete
  16. Ternyata pijat bayi bisa menyeimbangkan fungsi kerja otak kanan dan kiri ya, Mbak. Hal yang simple tapi manfaatnya banyak.

    ReplyDelete
  17. iya pijatan selain bikin anak rileks, membantu lho biar mereka lebih sehat n cepet tumbuh, paling penting mah bisa menjalin komunikasi lebih intens dengan anak

    ReplyDelete
  18. Aah, akupun Mba...rajiin bangeg mijit bayiku. Yang kerasa banget sih bondingnya dapet, anak jadi anteng dan nggak gampang rewel. Duh, jadi kangen punya bayi lagi. Wkwkwk...

    ReplyDelete
  19. Terima kasih tipsnya mbak.....
    Aku mau juga dong dipijet.....hehehe..

    ReplyDelete
  20. ooo jadi anak rewel itu mungkin juga karna capek ya mba, jadi mau di pijet haha

    *btw maaaf baru sempet main kesinii

    ReplyDelete
  21. kalau q takut mbk yg mau mijat sendiri mbk.. tapi saya akan coba mbk setelah baca artikel ini..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)