7 Dec 2016

Cara Mudah Menghapus Akun Blog Yang Tidak Update Pada Google Analytics-


Credit : Pixbay

Gak pernah terbayang sebelumnya jika belajar menyelami seluk beluk Google Analytics (GA) sampai perjuangannya berdarah-darah. Apaan sih maksutnya ? Memahami secara otodidak, belajar sendiri menggali informasi sana kemari dengan bantuan om Google tentunya. Berasa desperate, susah ? Coba saja sendiri yaa, bagaimana sensasinya belajar dari dasar Google Analytics yang luar biasa harus dimiliki.
Tetapi saya tidak akan membahas apa itu  Google Analytics secara detail, karena saya anggap yang di sini sudah paham dan tinggal melanjutkan proses reportnya saja. 

Ingin tahu lebih dalam tentang Google Analytics bisa kok pada postingan berikut ini sudah ada beberapa penjelasan simpel mengenai tools satu ini yang wajib dimiliki jika nantinya blogger berhubungan kerjasama dengan para klien/brand.

Selama ini saya merasa tenang-tenang saja, tidak mempedulikan soal berapa banyak pageview atau kunjungan pada blog omahantik. Swear deh. Bikin apdet tulisan ya tinggal menulis saja sesuai keinginan dan pengalaman yang dialami. Pokoknya tetap update postingan Based on the true story.  Namun, jika sudah dihadapkan pada tanggung jawab report pada sejumlah pekerjaan  terhadap suatu agen/klien yang sudah mempercayai "patnership"mau tidak mau saya berusaha profesional

Semakin tidak keruan panik saat kemarin sore dijapri admin yang handle proyek penting pada patnership omahantik. Bahwa akun GA saya tidak terdeteksi dengan baik. Oleh karenanya saya disuruh mengulangi prosedur untuk pelaporan GA Omahantik. Duh, ada apa ini kok mendekati DL report jadi serba kacau dan membingungkan.

Tampilan Sesaat Data Analytics pada omahantik terlihat aneh
Sempat terjadi kehebohan, karena baru kali ini saya mengalami kejadian ini yang tidak biasa. Apalagi hari sudah larut malam. Saya hendak complain  dan mengadu sama siapa? Mas suami yang duduk menemani hanya geleng-geleng kepala tidak paham soal GA. Hadeeuh !

Keesokan paginya, masih keukeuh mencari dimana letak kekeliruannya hingga  GA juga gak bisa mendeteksi postingan target saya #usiacantik. Pusing pala berbie, so pasti.Sorenya kembali menelisik dimana sih  yang bikin Google Analytics Omahantik gak kebaca. Human error.


penampakan Google Analytics
Jika melihat penampakan gambar GA omahantik di atas, adakah yang tahu sesuatu ? Coba amati lebih detail. Kira-kira apa yang menyebabkan GA omahantik menjadi tidak terbaca dengan baik. Sudah menemukan ???
Perhatikan sekali lagi, ada dua nama akun omahantik, kan. Nah yang secara langsung terbaca oleh sistem ya akun omahantik yang diatas.Jika saya klik data pada alamat akun tersebut tentu saja ZONK data yang akan dicari sampai kapan pun.
Bisa dikatakan akun blog sudah tidak update lagi,sehingga tidak perlu digunakan. Data-data di dalamnya juga tidak valid.Malah muncul penampakan aneh seperti gambar sebelumnya.

Cara Mudah Hapus Akun Blog Dari Google Analytics
Jika ada kawan yang mengalami hal serupa, jangan kuatir ada cara mudah menghapus akun blog yang tidak terpakai tersebut. Silakan ikuti cara mudah menghapus akun blog yang tidak update pada Google Analytics.

1.Pastikan sudah login ke Google Analytics serta pilih akun blog yang tidak terpakai lagi


Dokpri : Omahantik.com


2. Selanjutnya pilih tab menu ADMIN dan klik Property Setting



3. Lalu pilih tombol Move to Trash Can yang berada pada pojok kanan atas.

 
4. Langkah selanjutnya, klik Delete Property, All done ^_^
 
Alhamdullilah, akhirnya tradaaa tampilan Google Analytics kembali normal

Ternyata dengan 4 langkah cara mudah menghapus akun blog yang tidak update pada Google Analytics berhasil mengembalikan data postingan yang saya cari. Dengan kata lain sistem langsung bisa mendeteksi akun omahantik yang sudah saya pasang kode pelacakkan.

Saran saja untuk para sobat omahantik yang keren, jangan lupa yaa untuk DELETE / hapus dulu kode pelacakan (KODE TRACKING) pada blog tersebut, saat mau CREAT atau membuat akun yang baru.
Atau jika ingin lagi menggunakan Google Analytics dengan akun GMAIL yang BERBEDA, maka blog tersebut harus didaftarkan dulu pada akun yang baru dan jangan sampai ketinggalan memasang kode pelacakan yang baru juga.

23 comments:

  1. Pertanyaanya, mengapa bisa mendaftarkan dua akun yang sama, mbak?
    Tidak sengaja ya?
    Ntar mau otak-atik GA lagi. Memang menarik ya GA ini. Bikin cepat lapar, hahaha...

    BTW, sekedar masukan itu tulisan yang diberi latar sebaiknya pilih warna yang berlawanan, mbak. Biar tidak silau dan kesulitan membacanya. :).


    ReplyDelete
  2. Kok bisa dua? Pernah bikin dan bikin lagi?
    Soalnya dulllllluuuuuuu sekali pernah 2 kali bikin blog dengan nama sama. Yang pertama isinya saya hapus, terakhir masih suka muncul 😊😊

    ReplyDelete
  3. aku masih mumet sama GA ini...masih perlu banyak belajar

    ReplyDelete
  4. Aku yang mumet kalau ganti template GAnya gak kedetect hiks

    ReplyDelete
  5. Jujur saya gak paham sekali dg google analitik tsb, selama ini klo pngen nulis za nulis ja. Klo ada yg baca alhamdulillah, klo gk ada za gk pa2,
    Ajarin dong mbak... Gunanya untuk apa ??

    ReplyDelete
  6. baca google analytics memang bikin pusing , saya juga lagi belajar :D

    ReplyDelete
  7. Waah, kayaknya harus diperiksa lagi GA blog saya. Lama gak dilihat, jangan-jangan ada yang aneh juga :) Makasih Mbak Tanty...

    ReplyDelete
  8. di GAku ada dua akunn :3
    bingung juga cara hapus satunya gimana XD
    untung baca postinggan ini :D

    ReplyDelete
  9. wah ilmu baru nih dari mba..jujur saya masih belum aware sama yang namanya GA. Males rasanya belajar lagi, yg ada cuma posting-posting blog aja, coba ah mau cek GA. Nuhun mba

    ReplyDelete
  10. Haduh, ikut deg2an bacanya. Syukurlah semuanya udah dalam kendali ya mbak Tanty.
    Padahal aku sendiri jg ga paham GA. Belajar dulu ah.

    TFS yaa

    ReplyDelete
  11. nyoba dulu deh, ga pernah diutakatik :))

    ReplyDelete
  12. Hehehe...
    Saya ada 2 akun juga, Mbak.
    Trus bingung sendiri juga soalnya namanya sama ahhaha...
    Harusnya di rename nih, tapi kok ya krena ga ngerti GA jadi males main2 ke sana kalo nggak diminta report data wkwkwkw...

    ReplyDelete
  13. Aku belum ngerti bener mbak..maksudnya pie toh? Aku bablas ra ngerti..masih banyak baca nih

    ReplyDelete
  14. wajib di bookmark ini...thanks artikel nya ya mbak cantik

    ReplyDelete
  15. mau ngikutin artikel ini ps gak ngantuklah, makasih ya Mbak, aku mungkin pernah menjumpai hal ini nih, tapi enggak ngerti opreknya

    ReplyDelete
  16. waah musti rajin-rajin ceek ya mbaaa

    ReplyDelete
  17. Waah ini nih ilmu baru, meskipun belum pernah ngalami yang seperti ini, thankiyu mba :D

    ReplyDelete
  18. Wih keren. Pengalamannya bisa dijadikan posting blog, Mbak Tanty.

    Ketemu caranya itu setelah nyari2 sendiri sekian lama, ya? Atau dibantu teman blogger? Iih gak kebayang kalo saya yang mengalaminya. Pasti super panik, deh.

    ReplyDelete
  19. Thanks untuk informasinya mbaaa...aku masih meraba-raba bangeeet ini soal GA, dan memang harus konsentrasi yaaa belajarnya :)

    ReplyDelete
  20. bagaimana cara mendaftarkan blog ke google analytic mbak ??????

    ReplyDelete
  21. Aku juga sempet ngalamin dlu bun, waktu blog ini masih pake waktu blogku masih blogspot.com dg nama blog Jeoja Wannabe.. trus ketika beli domain meirida.my.id aku jg ganti judul blog. Ternyata itu yg membuat GA jadi mengindex 2 data, dan jadi error deh.. tfs ya bun... happy blogging :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)