30 Jul 2013

Tips Berburu Lailatul Qadar Bersama Keluarga

Credit
Ingin rasanya mendapatkan sesuatu yang berbeda terutama dalam menjalani malam ramadhan tahun ini. Tidak ada salahnya pula mengenalkan hakekat Lailatul Qadar pada keluarga tercinta demi menggapai berkah malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Berikut tips berburu Lailatul Qadar bersama keluarga  :

1. Susun niat dalam meraih Lalilatul Qadar seperti tertuang dalam hadit,  Imaanan Wahtisaaban.
2. Terus mengharapkan dengan melipatgandakan kesungguhan dari malam-malam sebelumnya.
3. Senantiasa menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah 
Bisa meniru teladan yang dilakukan Kanjeng Nabi SAW dalam pada 20 hari pertama Ramadhan, beliau masih mencampurkan shalat dan tidur, namun pada 10 malam hari terakhir Ramadhan beliau semakin mengencangkan ibadahnya dan mengurangi jam tidur (HR. Ahmad).
Gambar dari : sini
4. Membangunkan anggota keluarga
Contoh sikap teladan Rasulullah SAW yang bisa memberikan inspirasi, dimana beliau selalu membangunkan istrinya AIsyah ra, seusai menunaikan shalat tahajut dan sebelum mengerjakan  shalat witir. Begitu pula ketika pada mada malam-malam 10 terakhir, beliau masih semangat membangunkan anggota keluarganya serta merta mengajak shalat malam. Inilah gambaran keluarga ASMARA (As sakinah, wa'l Mawaddah wa'r Rahmah) yang selalu menciptakan suasana tolong menolong dan bekerja sama dalam kebaikkan serta meningkatkan nilai-nilai taqwa. (QS. AL Maidah :2)
5. Menahan hubungan suami-istri
Dimaksudkan untuk meningkatkan konsentrasi dalam beribadah menjelang malam-malam 10 terakhir bulan Ramadhan ini.
6. Mengakhirkan makan sampai sahur.
7. Membiasakan mandi di antara Maghrib dan Isya
8. Melakukan I'tikaf
Dimana dilakukan dengan melakukan doa dzikir serta bermunajat dalam mesjid demi mendekatkan diri dan berdoa secara khusyuk kepada Allah SWT.
9. Senantiasa melantunkan doa'
Selalu yang diingat bahwasanya Allah menjanjikan bagi umatnya yang bersungguh-sungguh dalam berdoa.akan memperoleh hidayah, taufik serta pertolongan yang besar. Memang pada intinya manusia dituntut untuk terus berusaha dan pada akhirnya semua kembali pada Allah SWT yangberhak menentukan segalanya.

Semoga saja tips berburu Lailatul Qadar bersama keluarga menjadikan semangat dan kesempatan baik diri kita untuk selalu berjuang melakukan usaha terbaik, diantaranya dengan tekun dalam berdoa kepada Allah, agar kita selalu di ridhoi Allah dan digolongkan ke dalam orang-orang yang diberikan taufik menggapai  Lailatul Qadar tahun ini. 
Amiiin.

24 comments:

  1. Jika ingin mendapatkan malam lailatul qadar ya harus dipukul rata. Pokoknya setelah 17 ramadhan, digencer terus. Karena diturunkannya alqur'an kan pada 17 ramadhan dan malam lailatul qadar. Jadi nggak hanya 10 hari terakhir. Mari kita memburunya. Semoga dapat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu sbenrnya yaa udah tau,mas...karena ini sdh memasuki detik2 jelang ramdhan, menyesuaikan dengan sikon ini. Sippp deh ;)

      Delete
  2. semoga mampu meraihnya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih yaaa mas :) atas kunjungannya..

      Delete
  3. Bismillah :D semoga bisa maksimal..

    ReplyDelete
  4. Memang tidak mudah mendapatkannya tapi setidak-tidaknya harus ada ikhtiar untuk itu, kemudian berserah diri, semoga Allah mengijabahi..

    terimakasih mengingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maturnuwun yaa mas, semoga sama2 mengharapkan ridho Allah sebaik-baiknya ...amiiin

      Delete
  5. Bismillah, semoga bisa mendapat hidayahNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin...maturnwn mbaak, mampir kemari :) slm hangat untuk keluarga tct

      Delete
  6. Makasih yah mak tip2nya bermanfaat nih artikel .... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak... dirimu jug akeren tuh wisata kulinernya... Wowww !

      Delete
  7. Trims untuk tipsnya, Mbak. Bismillah, semoga kita diberi kesempatan untuk berada di antara mereka yang mendapatkan hidayahNya yaaa. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin mbaa, aduuh masih jjs di Turki mba.Titi Dj ya ;)

      Delete
  8. Mbak, yang mndi antara maghrib dan isya aku baru denger deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku saja baca dari sumber Majalah UMMI edisi tahun yang lalu :) Oh, ternyata...sekarang bisa deh dipraktekin :)

      Delete
  9. Ujian terberat adalah menahan kantuk. Semoga bisa melaksanakannya dengan lebih fokus dan khusuk sehingga rasa kantuk akan bisa terusir. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener Bunda cantiiik, saya saja masih belajr juga. Terima kasih sudi mampir kemari ya Bunda. Slam sukses selalu untukmu, Bunda :)

      Delete
  10. Bismillah, niat ini ditanamkan dilakukan dengan praktek,
    Tipsnya wokey, salam Ramadhan dan marilah bersama-sama menjalani sepuluh hari ketiga dengan lebih maksimal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin mbaa Astin, ayuk smngaat berburunyaa di detik-detik terakhir :)

      Delete
  11. Wah, 10 malam terakhir malah ga bisa ibadah :(.

    Overall, makasih tipsnya, smoga masih bisa ketemu Ramadhan tahun depan dan mencoba tipsnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunyaa mbak, Allah maha mengetahui. Semoga saja dengan kebaikkanNYA kita semua selalu dilindungi dan diberkahi selalu :)

      Delete
  12. Replies
    1. Begitu juga denganmu mbaa Lidya caem.... met berburu pahala dan kebaikkan yaa...

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)