14 Mar 2013

Menulislah Dari Hati

Hari, ini ada acara di salah satu stasiun televisi swasta yang menyuguhkan acara menarik, menurut saya, karena tema yang dibahas tidak jauh pula dengan impian indah selama ini. Yakni, menjadi PENULIS :) 
Setelah mendengar tayangan tersebut tanpa sengaja, wong aslinya saya tadi tengah sibuk menyiapkan makan siang anak, jadi kurang fokus , siapa sih nama Penulis-nya yang terus produktif itu ?
Saya salut banget, bagaimana tidak. Targetnya tiap bulan bisa menelurkan bukan telor ayam atau bebek minimal satu buku. Wuaaah, saya terpekik kaget bercampur penasaran. Hebat banget, nih, orang. Makanya tadi saya buru-buru ngintip face penulisnya. Swear, penulisnya kelihatan low profile. Meski logatnya kentara medok  Jawa banget, tapi pemikiran berikut ide-idenya hebat. Jarang-jarang sih, tampang seperti itu. Ngetoki nek Jowo men (kelihatan orang Jawa sekali). Yeaaaah :))


Terus apa saja ulasan dalam perbincangan antara 2 presenter yang cantik dan keren tadi dengan seorang penulis di acara siang I LOVE JATENG. Hehehe, akhirnya terkuak sedikit talkshow-nya .
Tips untuk Penulis Pemula   
  • Jangan pernah merasa takut atau kebingungan untuk memulai darimana menuangkan ide-ide yang ada.
  • Usahakan luangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk mengekspresikan apa yang ingin kita sampaikan. Misalnya dengan duduk secara tenang di depan laptop ataupun komentar.
  • Pikiran yang tenang dan fokus biasanya bisa menghasilkan tulisan 1 sampai dengan 12 halaman dalam sehari. Sebaliknya jika frustasi, mungkin jadi 1 paragraf saja.
  • Ada 2 tipikal orang untuk menulis. Ada yang sedang galau, alami hati pilu, kesedihan, malah menciptakan ide kreatif luar biasa.  Yang lainnya, orang bisa membangkitkan mood menulis dengan minum secangkir cokelat hangat :)
  • Ikutilah forum tentang kepenulisan yang semarak baik di socmed ataupun komunitas. Karena lewat forum itu kita mendapatkan beragam ilmu serta fasilitas bantuan mana kala ingin menerbitkan buku karya sendiri.
Sungguh, masukan yang sangat berarti,kan. Untung saja tadi nyetel televisi. Dapat segudang ilmu meski saya tidak menyimak dari awal.
Hayooo, sekarang bagaimana dengan Anda ? Siapkah memulainya sekarang. Ingat, luangkan waktu sehari hanya dengan waktu 30 menit. Mulailah menulis dari hati.

 


5 comments:

  1. hikz aku nulis isinya curcol semua xD

    ReplyDelete
  2. perasaan klo di rumah 30 menit senggang jarang mampir deh kepadaku. hanya anak, anak dan anaaakk saja yg dipikirin heheheee (suami bisa diatur lah waktunya). begitu menjelang tidur baru ingat bahwa sepulang dari kantor blm menyisakan waktu utk diri sendiri. ini hanya keluhan emak2 yg nggak bisa memanage waktu xixixiiii

    ReplyDelete
  3. @Suria.R : Tidak masalah mbak, yang penting bisa ngeluarin unek2. Bla..bla..bla. Lambat laun kan berproses sendiri,tuh :)

    @Uniek K :Me Time, mbaaak.Kata Penulis Bijak, tidak ada kata untuk berkeluh kesah yang ini yang itu, kalau dunianya sudah CINTA MENULIS, pasi tetap bisa dikerjakan dengan seribu satu rintangan :)

    ReplyDelete
  4. wahhhh... satu bulan satu buku? siapa namanya, mbaaa? *ikutan penasaran*

    blognya keren euy, mba... minder sayah jadinyah T_T

    ReplyDelete
  5. @shinta: hai,mbaak,tetep PD saja dong. Nah,itu mbak yang aku ketinggalan info. Acaranya di TVB, aku hanya liat cuma beberapa menit hanya kebagian resume akhirnya. Dengernya sih, Akso..tapi pas googling gak nemu :) Thks atas pujiannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)