15 May 2013

Rahasia: Bebas dari "Kanker"




Makanan Penangkal Kanker : Dipinjam dari sini
Bagai disambar petir disiang bolong, manakala mendapat berita kalau salah teman pengajar Bimbel yang sudah 2 tahun dikenal baik dan akrab, tiba-tiba sudah tiada. Beliau berpulang ke rahmatullahi. Yang lebih mengejutkan, ternyata mengidap kanker payudara stadium lanjut. Lho, padahal selama ini beliau kelihatan segar bugar dan enerjik. Tidak meyakinkan jika dalam tubuhnya bersarang penyakit yang ganas.

Gara-gara berita duka tersebut, saya meruntut sederetan peristiwa. Dulu almarhum kakek terserang kanker pita suara,otomatis suaranya serak parau. Sampai akhirnya tidak bisa bersuara sama sekali. Apalagi stadium kankernya sudah tingkat 3.Dikemoterapi dengan berbagai macam konsumsi obat-obatan tetap membuat kakek tidak bisa bertahan kurang dari 2 tahun.
Belum lagi disusul paman yang menderita kanker otak stadium awal. Sayangnya karena sudah terjadi komplikasi membuat penyakit tambah parah.
Tidak hanya dari keluarga saja, almarhum Ayah mertua saya juga tidak luput dari cengkraman kanker otak juga. Meski tidak terdeteksi sejak awal, kenyataannya besar tumor kanker sekitar 5 cm. Berarti menurut keterangan dokter Ayah mertua sudah hampir lima tahun mengidap penyakit yang mengerikan itu tanpa menyadari keberadaannya.
Rasa penasaran sekaligus kecemasan mendorong untuk inisiatif bertanya langsung kepada dokter yang ahli menangani pasien kanker Prof. DR. Dr. ZAINAL MUTTAQIN, Sp.BS, Phd
. Berikut saran agar terhindari dari bahaya kanker (pengalaman pribadi yang diperoleh ketika menunggu perawatan almarhum mertua di Rumah Sakit Umum Kariadi Semarang) yang bisa dilakukan sejak dini :

 1.Teratur berolahraga
Menghindari kanker dengan cara  berolahraga merupakan cara yang simple dan mudah. Dengan pembakaran kalori serta lemak bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kemungkinan kecil terjangkiti kanker . Renang olahraga yang lebih disarankan karena semua otot tubuh bergerak.Bisa juga olahraga ringan dalam rumah seperti jalan kaki.
2. Menelusuri resiko keturunan
Diperkirakan penyakit kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada riwayat keluarga baik orangtua atau saudara kena kanker,kemungkinan juga kanker bisa menyerang anggota keluarga lainnya. Jika sudah terdeteksi ada atau tidaknya bibit kanker pada anggota keluarga yang pernah terserang kanker, lebih mudah diupayakan cara penangkalannya.
3.Tidak minum minuman alkohol
 Alkohol disinyalir pemicu penyakit kanker. Awal langkah yang baik jika mampu menaati untuk tidak tergoda mencicipi minuman beralkohol agar terbebas dari bahaya kanker.
4. Menghindari rokok
Ternyata dampak menghirup uap rokok juga rawan dan berbahaya, bisa menyebabkan penyakit kanker. Rubahlah kebiasaan buruk seperti merokok demi menjaga kesehatan tubuh. Tidak berdekatan dengan orang yang merokok juga salah satu upaya baik untuk mencegah sakit kanker.
5.Mengurangi  makanan yang dibakar atau diasap
Pemicu kanker juga berasal dari makanan dengan cara dibakar, diasap, atau diasamkan. Semisal makanan yang kerap dijumpai dan mengundang selera makan : seperti : sate ayam, sate kambing. Makanan yang dimasak demikian beresiko tinggi menimbulkan kanker. Sebaiknya batasi konsumsi atau mengurangi frekuensi  memakan makanan yang dibakar atau diasap untuk mencegah kanker.
6. Menghindari  makanan berlemak tinggi
Dalam makanan berlemak apalagi sampai dikonsumsi berlebihan bisa menjadi sumber semua penyakit. Parahnya sebagai pemicu kanker. Untuk  itu waspada dengan disiplin menghindari makanan-makanan yang mengandung  lemak tinggi.
7.Menghindari makanan dengan zat pewarna
Seringkali orang mudah terkecoh dengan tampilan makanan yang apik dan berwarna warni. Tanpa disadari dibalik bentuknya yang menarik tersimpan racun berbahaya bagi tubuh. Karena makanan sering dicampur dengan zat pewarna yang tidak semestinya supaya tampak menyolok. Kandungan zat pewarna itu terbukti berbahaya serta memicu kanker. 
8.Terapkan Pola Makan Sehat
Sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan sehat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Dengan makan makanan yang kaya akan serat. Seperti terdapat dalam sayur mayur maupun buah-buahan.Asupan makan makanan sehat menyebabkan tubuh sehat terhindar dari bahaya kanker.
9.Suplemen Vitamin : A, C, dan E
Ternyata diketahui manfaat besar  baik Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E mengandung antioksidan . Bisa jadi penangkal kanker yang baik.
10.Hidup secara harmonis
Menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga, niscaya membuat hidup antar pasangan saling menghargai dan lebih melindungi. Apalagi dalam kehidupan bercinta bersama pasangannya. Bisa menghindarkan dari kanker. Beberapa kasus yang terjadi  datangnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.
11. Mendisiplinkan kebiasan buruk dalam rumah
Seringkali menancapkan dispenser untuk memperoleh air panas. Sebaiknya untuk mendapakan segelas teh manis hangat, lebih baik langsung merebus air dalam panci.
Mematikan penanak nasi (magic com) supaya nasi terasa panas, bisa dilakukan dengan mengkukus nasi dalam panci besar /dandang diaatas kompor.

Semoga saja saran sebagai upaya pencegahan kanker yang disebutkan menjadi bermanfaat bagi siapapun saja. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup menjadi lebih baik.
Setidaknya lebih baik mencoba daripada mengobati, bukan? Tidak ada salahnya  belajar mulai sekarang mendisiplinkan diri demi kesehatan semua keluarga.









18 comments:

  1. innalillah.. turut berduka, mak.
    bener banget, salah satu kuncinya itu hidup harmonis, ^_^

    salam hangat dari bandung, mak.

    ReplyDelete
  2. Turut berduka cita ya mak.....bener banget Go buah2an dan sayuran..... :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas kunjungan baliknya ya,mba.Senangnya tambah teman lagi :)

    ReplyDelete
  4. @Sri : Yess 100% fresh fruit n vegetables ya ;)

    ReplyDelete
  5. Turut berduka utk kerabatnya pak semoga amal ibadahnya diterima di sisiNya.

    Btw, artikelnya bagus untk sekalian emngingatkan kita bahaya dari kanker :)

    Salam dari seorang KASKUSer

    ReplyDelete
  6. Maaf, saya gak lihat sebelumnya kalo ternyata harusnya saya panggil embak atau ibu tapi malah keburu panggil bapak, sekali lagi maaf :D

    ReplyDelete
  7. @Yitno : thks masbro...
    @Sophie: No problem mb,senangnya bisa dpt komentar. Slm sukses ya^_^.

    ReplyDelete
  8. jadi ingat ibuku dulu juga terkena kanker sekarang sudah tiada. turut berdukacita ya mba... oya aku dengar buah matoa juga bisa menangkal kanker.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. setahun lalu, mas ipar saya juga meninggal kena tumor otak..

    nice share mba :)

    ReplyDelete
  11. turut berbelasungkawa ya mbak...:(
    terima kasih juga sharingnya....sangat bermanfaat.
    Mulailah hidup sehat sejak sekarang...

    ReplyDelete
  12. Menancapkan dispenser untuk air panas, kenapa tidak baik mbak? Soalnya saya sering melakukannya nih :)

    ReplyDelete
  13. Menancapkan dispenser untuk air panas, kenapa tidak baik mbak? Soalnya saya sering melakukannya nih :)

    ReplyDelete
  14. ternyata begitu besar mamfaat dari olahraga dan pola makan yang teratur

    ReplyDelete
  15. @Inung : terima kasih ya mbak sudi mampir
    @Niken :Pesan dari dokter mending bikin air dengan menjerang air panas di atas kompor sendiri mbak.
    @Lisa : benar mbak, penting banget tuh menjaga pola makan sehat :)

    ReplyDelete
  16. turut berduka cita mbak, aku yo punya turunan kanker :(

    ReplyDelete
  17. @Wuri : harus terus waspada ya,mbak kalo bgitu :) tetap smngaat ya :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)