27 Okt 2023

Efek Merugikan Jika Lalai Servis Motor

 

Motor yang prima untuk mobilitas 
dokpri : omahantik.com

Perjalanan pulang dari Pati- Kudus biasanya memakan waktu 45 menit jadi terkendala. Entah darimana suara berdecit tidak keruan sepanjang jalan Pantura tepatnya di depan gang Museum Pati ayam daerah Terban, Pati. Pukul 20.35 tepat si manis mogok dekat areal persawahan yang berseberangan langsung dengan museum Pati ayam.

Gak dinyana motor matic yang kerap dipanggil si manis tiba-tiba langsung mati mendadak. Mesinnya susah dinyalakan. Meskipun tombol starter otomatis terus dipencet, si manis tidak kunjung mau melaju seperti biasa. Jelas super PANIKlah mana yang mengendarai cuma kita cewek berdua. Mamak dan sinok yang hari itu jadwalnya nganterin latihan berenang di klub Pati. 

Anggap saja ini pengalaman berharga, mogok mesin pada malam hari di pinggiran jalan raya yang notabene sepi dan agak temaram. Sebenarnya masih jauh dari keramaian seperti pangkalan SPBU, warung bahkan bengkel. Sambil komat-kamit doa gak putus-putus, saya hubungi Paksu untuk bisa langsung jemput di tempat.

Servis Motor Penting

Setelah si manis dioprek Paksu dan hasilnya nihil, dengan terpaksa harus ditarik dengan mesin motor. Jadi saya setengah nekad duduk mengendarai motor yang mogok sambil didorong paksu dari belakang. Jujur rasanya sport jantung banget, naik motor yang mati mesin dan harus bisa jaga kestabilan jalannya motor. Beberapa kali saya sempat oleng apalagi lewat di jalan bergelombang. Paling puyeng jika terhadang lampu traffic light, harus jeli dan bisa mengerem yang pas. 

Akhirnya alhamdulilah ketemu juga dengan bengkel motor yang masih buka. Beruntung banget, kan! Voila setelah diperiksa dengan detail penyebab mesin si manis yang mati mendadak lantaran kehabisan oli mesin. Masyaaallah kasihan banget kamu Manis selama ini beban kerja mesinmu begitu berat. Mengingat mobilitas PP Kudus-Pati 5 kali dalam sepekan. Jarang diservis pula, gak heran oli mesin yang vital jadi terabaikan.

Penting banget loh untuk rutin melakukan servis motor. Apalagi jika aktifitas motor lebih sering bepergian jauh. Harus rutin melakukan pengecekan kondisi motor saat mencapai jarak tempuh tertentu. Yang masih bingung bisa kok cek buku panduan motor saat servis di bengkel langgananmu. Pengecekan biasanya meliputi bagian motor seperti pemeriksaan saluran bahan bakar, rem, kondisi mesin, ban, gas tangan, oli gardan ataupun oli mesin.

Cek 8 hal penting

Ada 8 bagian penting yang harus diperhatikan saat servis motor

1. OLI MESIN 

Sebagai info saja oli mesin memiliki banyak fungsi penting agar motor awet diantaranya sebagai pelumas, pendingin serta melindungi mesin. Jangan sampai terlewat untuk ganti oli mesin ya. Umumnya dari pabrikan merekomendasikan untuk penggantian di 2500 km. Untuk biaya ganti oli di bengkel biasanya mencakup biaya beli oli serta biaya jasa ganti olinya. Bahkan kini ada inovasi maju yakni teknologi ESTER di bidang oli. Yakni penggantian oli mesin pada oli motor matic setelah pemakaian sampai 5.000 km. Dengan kata lain dua kali lebih lama dari oli biasa, lantaran ini merupakan base oli premium di kelas oli.

2. OLI GARDAN 

Jangan lalai bagi pemakai motor matic untuk rutin ganti oli gardan ya. Agar gear motor pada Continuously variable transmission (CVT) terus terlumasi oli dengan baik. Dengan 2 kali ganti oli mesin, lali diikuti ganti oli gardan 1 kali. Niscaya motor matic terpelihara baik.

3. BUSI 

Bagian motor penting lainnya adalah busi. Busi yang kotor atau rusak yang kadang menyebabkan motor susah distater / dihidupkan bahkan parahnya bisa mogok di tengah jalan. Fungsi busi adalah mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa dinyalakan. Karena itu perlunya mencek layaknya busi perlu diganti atau tidak.

4. KAMPAS REM

Bagian vital montor lainnya yakni kampas rem. Selalu diutamakan untuk mencek kondisi kampas rem agar lebih aman dan menjaga keselamatan berkendaraan. Jika dirasa kampas rem sudah aus tipis membuat tarikan rem kurang efektif. Jadi salah satu resiko berbahaya yang memicu terjadi kecelakaan.

5. FILTER UDARA 

Salah satu peranan penting filter udara pada motor ini untuk menyaring udara menuju ruang pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran yang turut masuk ke dalamnya. Sehingga menyumbat baik karburator dan sistem injeksi motor. Makanya perlu dilakukan pengecekan awal, sebelum diputuskan adanya penggantian filter udara.

6. AKI  

Juga gak kalah pentingnya adalah komponen aki motor. Idealnya tegangan aki motor berkisar pada 12.3 - 12.6 volt saat kondisi mesin mati. Jika kondisi mesin menyala maka tegangan normalnya berkisar 13.7 - 14.2 volt. Apabila ada tegangan aki yang tidak sesuai dengan ketentuan tadi, kemungkinan kondisi terminal aki berkarat atau bisa jadi bocor. Sehingga aku yang sudah rusak perlu diganti.

7. BAN MOTOR

Pemeriksaan kondisi bam secara rutin dan dilakukan secara berkala sangat dianjurkan juga lo sobat Omtiks. Ada baiknya selalu siaga periksa kondisi ban terlebih dulu sebelum bepergian. Untuk antisipasi resiko yang membahayakan keselamatan di jalan. Untuk lebih memastikan lakukan rutin servis motor agar bisa mendapatkan pemeriksaan detail terkait kelayakan ban motor apakah masih baik atau perlu diganti.

8. TUNE UP

Biasanya tune up motor dilakukan secara menyeluruh saat servis di bengkel diantaranya pengecekan komponen motor, onderdil atau spare part yang berkaitan dengan performa motor. Semisal memeriksa tekanan ban, membersihkan saringan/ karburator motor, kondisi lampu motor, kampas rem, klakson serta oli mesin. Bahkan nanti bisa disarankan penggantian spare part jika dirasa ada yang sudah aus  atau mungkin disarankan untuk ganti oli gardan dan oli mesin tergantung kondisi motor. Tenang saja sobat Omtiks mekanik bengkel sekedar kasih info, jika sobat setuju baru mekanik bengkel melakukan penggantian. Deal, banget.

Seperti kondisi urgen saya malam itu dalam keadaan darurat saya (terpaksa) isi oli yang ada di bengkel tersebut sementara waktu. Yang penting si Manis bisa berjalan normal lagi dan bisa segera pulang ke rumah. 


Pilihan Bengkel Servis Motor Terbaik

Ada harga pasti ada rupa Dalam artian jika ada patokan tarif premium pasti ada kualitas yang dimiliki. Sama halnya nih dengan memilih tempat servis yang dipercaya memiliki mutu baik. Seperti pilihan saya sekeluarga adalah PLANET BA. Sejak dulu saya bisa memperoleh kenyamanan dan kepuasan sebagai konsumen. Terutama dalam jasa pelayanan Planet Ban servis  motor rasa mesin baru. Gimana dengan kalian sobat Omtiks, sama kan ? Hahahaha!

Bagaimana tidak servis motor rasa mesin baru ? Karena sistem yang disajikan benar bermanfaat. Bertujuan  untuk terus melakukan jenis servis motor baik untuk meng-upgrade ataupun meningkatkan performa sekaligus ketahanan motor. Semua bisa dilakukan dengan cepat dan biaya lebih terjangkau. Fokus pengecekan di bengkelnya menitikberatkan  pada servis motor rasa baru itu pada bagian penting spare part yang letaknya nyempil (baca tersembunyi) serta jarang diservis dan disetel rutin.

 
Manfaat Servis Motor di Planet Ban

Yang pasti setiap saya servis motor di Planet ban akan menggunakan oli serta cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin motor. Secara langsung memelihara keawetan mesin motor hingga jarang alami kerusakan. Ditambah lagi jika dalam perawatan selalu setia menggunakan sparepart orisinil maka jaminan motor matic lebih nyaman dipakai, daya tahannya lama, mesin dalam kondisi stabil dan tarikan motor tetap ringan.

Cukup mengganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja , mungkin dalam selang waktu 4-6 bulan sekali. Benaran praktis, ya sobat Omtiks .

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30 800ML
credits: by Planet Ban 

Biaya servis motor di Planet Ban lumayan ngirit juga. Oli motor matic juga sudah ada. Tinggal kita semua bisa turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup  karena emisi dan polusi dari motor berkurang. Semisal nih untuk servis motor injeksi sekitar Rp 20.000,-  biaya servis CVT sekaligus rantainya hanya Rp 19.500,- juga servis Throttle Body cuma Rp 20.000,- Lumayan hemat, kan. Belum lagi cabang bengkelnya sudah tersebar di mana-mana.

Beda Servis Motor di Planet Ban dengan yang lain

Mungkin ini yang jelas jadi pembeda bengkel Planet Ban dengan tempat lainnya adalah kebersihan tempat. Saat saya melakukan servis motor saya merasa betah dan nyaman saja merasa tidak ada debu, kotoran dan sisa pembakaran yang nempel di beberapa sparepart mesin motor. Jelas itu yang bikin HEPI dong. Cek semuanya sudah bersih semuanya. Sudah yakin banget jika servis di Planet Ban akan dibersihkan tuntas keseluruhan mulai kepala silinder motor, blok CVT, piston, klep mesin dan sebagainya.  Pokoknya semua bagian motor tidak ada yang terlewati dari sisa debu, pembakaran dan kotoran. Catet nih keunggulan akan bengkel Planet Ban yang bisa menciptakan servis motor dengan  rasa baru yaak !




14 komentar:

  1. serem ya kalau ga dirawat bahaya banget :(( untung aku juga pakai planet ban buat motor-motorku aman terpercaya

    BalasHapus
  2. Motor Om ku ga pernah servis, mati total jadinya padahal body masih bagus belum lewat 7 tahun

    BalasHapus
  3. Wah, bisa langsung masuk ke museum Pati Ayam nih, mbak....
    Malah galfok ke situ. Hahahaha.
    Motor juga seperti badan kita kalau ga dirawat dan dipakai terlalu ngoyo bisa bikim mogok di mana-mana.

    BalasHapus
  4. Bulan depan aku juga mau swrvia di Planet Ban ah. Lebih teroercaya, lagipula dekat sama rumahku..

    BalasHapus
  5. Pernah banget motor mogok gara gara telat servis motor, waktu di cek ke tempat servis ternyata oli mesin udah kering

    BalasHapus
  6. Haduh bacanya ikut deg-degan, Mbak. Tapi itu jadi pengalaman berharga, ya. Memang penting banget servis motor secara berkala. Ada Planet Ban yang siap membantu, ya :)

    BalasHapus
  7. Kita tuh kebiasaan banget ya, mba.. Nunggu udah kejadian dulu baru sadar pentingnya merawat sepeda motor. Padahal sebenernya urusan ganti oli ini kan simple, tapi kita aja yang gak peduli. Apalagi kalo ada Planet Ban. Urusan servis dan ganti oli auto beres.

    Semoga gak kejadian lagi kayak gitu yaa.. Serem euy!

    BalasHapus
  8. Cukup ribet juga sih sebenarnya perawatan motor itu, tetapi yang paling utama tetaplah keselamatan dan kenyamanan berkendara. Kalau untuk urusan nyawa, memang tidak boleh terlau dipikirkan. Ini berkaitan juga kita membawa penumpang, terutama keluarga sendiri.

    BalasHapus
  9. Yes sdh diingatkan, terimakasih, siap-siap servis rutin ini, jgn sampe telat, apalagi sampe oli kering...ngerii

    BalasHapus
  10. Kalau lalai bisa fatal ya buat kondisi motor, jadi harus rajin service dan cek bagian-bagian penting

    BalasHapus
  11. Wah aku jadi inget pengalamanku dulu waktu lupa servis. Tiba-tiba mesin mati di jalan. mana jalannya sepi dan sekitar kuburan lahi. Huhu.. untung ada orang baik dan ditolong ampe nemu bengkel deket situ. Sekarang udah gak berani lagi telat sevis

    BalasHapus
  12. Sahabat mas wisnu28 Okt 2023, 20.43.00

    Mantap juga infonga. Aku aja hampir lupa servis motor kemaren

    BalasHapus
  13. Duh mba, ngebayangin mogok di antah berantah malam2 sepi gitu serem yaa. Apalagi sampai kehabisan oli, kasihan mesinnya 😢. Makanya suami paling rewel urusan ganti oli, karena penting buat kesehatan motor, apalagi matic

    BalasHapus
  14. Bener banget ntu mba, apalagi di Binjai harga suku cadangnya mahal banget

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)