1 Jul 2013

Yuk Kenalan Dengan Alexa Rank

Credit
Jumpa lagi para sobat blogger...
Aduh rasanya so guilty banget sudah lama gak menulis di Omah Antik, padahal banyak sekali yang ingin di sharing terutama informasi dan pengetahuan penting lainnya dalam dunia perbloggeran.
Demi menebus rasa itu, saya hadirkan kembali info mengenai si seksi "ALEXA". Berhubung juga kemarin salah seorang teman ada yang menanyakan perihal Alexa.
Ayuuuk, kenalan dulu...tidak kenal maka takkan sayang. Hehehe.
ALEXA Rank atau peringkat Alexa merupakan metode peringkat yang  ditetapkan oleh Alexa.com yang membuka dan mengaudit frekuensi kunjungan (traffik)di web. Situs yang beralamat di : http://www.alexa.com/  menyediakan berbagai fasilitas informasi mengenai peringkat atau ranking suatu situs, berdasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut.Semakin besar traffiknya makan semakin tinggi peringkat dari tersebut dan sebaliknya makin kecil traffiknya maka semakin rendah pula peringkat situs ybs. Hal ini bisa menjadi perhatian bagi para blogger yang memang berminat menjadikan situsnya sebagai lahan bisnis.


Sistem Alexa ranking didasarkan pada tingkat traffic setiap situs web yang didapatkan dari orang yang mengunjungi situs web dengan Alexa toolbar yang telah terinstall.Traffic ini didasarkan banyak parameter. Jumlah pengguna Alexa yang mengunjungi website  dalam satu hari. Page view adalah jumlah satu kali halaman (URL) yang dilihat oleh pengguna Alexa. Jika pengguna mengunjungi URL yang sama berkali-kali pada satu hari, semua kunjungan itu akan dihitung sebagai satu.
Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1  sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa Rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.
Dan untuk peringkat Omah Antik  hanya dapat puas untuk menempati pada posisi sementara seperti yang terlihat dibawah ini.
 Intip Bagaimana Alexa Ranking Bekerja
Sobat terlebih dulu mengunjungi situs alexa.com dan install Alexa toolbar. Toolbar ini menampilkan peringkat dari situs web yang dikunjungi juga mengirimkan data ke server utama. Jadi, setiap kali sobat mengunjungi Halaman Web, informasi dikirim ke server yang mewakili IP anda dan halaman web yang dikunjungi. Semakin kecil angka ranking,maka semakin baik. Jika sobat berhasil membuatnya di atas 100.000, itu adalah tanda bahwa situs blog sobat mendapatkanTraffic yang amat bagus.

So, pentingkah  Alexa Rank itu ?

Menurut saya pribadi penting tidaknya Alexa Rank pada situs kita tergantung pada si pemilik situs tersebut, apabila situs tersebut dibuat dengan tujuan untuk mencari penghasilan finansial tentu peringkat situs kita dalam Alexa Rank wajib diperhitungkan, dikarenakan bagusnya Alexa Rank situs sobat menggambarkan bahwa situs anda tersebut populer dan berakibat diliriknya oleh para Advertiser yang ingin memasang iklan di situs anda,sebaliknya apabila situs yang sobat buat hanyalah untuk iseng-iseng saja tentulah Alexa Rank tidaklah begitu penting. (BTSQSCMTC6E3)

Ternyata Alexa rank juga berpengaruh pada traffik visitor blog, jika Alexa Rank  bagus tentunya mereka akan lebih antusias dan loyal terhadap blog tersebut dan pembaca akan semakin meningkat.  
Semoga artikel ini bermanfaat menambah pengetahuan semua sobat blogger.

33 comments:

  1. Alexa ranknya 11 - 12 denganku Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mb, gara-gara ganti domain, trus anjlok banget asalnya malah 8 juta. Tapi it's okaylah. thks ya mbak sudah mampir :)

      Delete
  2. alexa rank-ku luMANYUN mba, bukan lumayan wkwkwkwkk... wes ben lah, ngeblog juga baru belajar ini :D

    thks for share ya mb Tanty

    ReplyDelete
  3. sangat menambah pengetahuan, makasi sharingnya ya mbak, oh ya ada yang kurang tepat nih kayaknya "Jika sobat berhasil membuatnya di atas 100.000, ....?" bukannya dibawah ya harusnya hehe...semakin ramping :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalaaah....thks ya atas infonya...kecepetan yang di otak jadinya typo2 terus ^^ Btw kok pict profilnya ga keliatan ya ?

      Delete
    2. ya .... aku coba pake open ID

      Delete
  4. Alexa saat ini masih dipandang sebelah mata ama google sejak Pinguin 2.0 keluar... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya mbaak, hehehe nicee info n patut dicoba tuuh ^^

      Delete
    2. peliharaan baru mbah Google miss...google pinguin :)

      Delete
  5. Punyaku belum sekeren punyamu Mbak, tapi pengen juga nih pasang di blog ku itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo tho mb Ika yang cuantiik tikkk tikk...jangan merendah begoonooo akh...hayuk sami2 belajar ^^

      Delete
  6. Waaaah blog ku cuma menggunakan histats mak hehehe
    soalnya masih amatir hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo mbak terus semangaaat belajarnya, jangan mau ketinggalan sama yang muda2...hikks aku sj tuwir wirr kok :)

      Delete
  7. Rumah baru ya? waaaaw cantik, Alexa...oh Alexaku masih genduuut

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya mbak Astin yang manisss...tenang saja mbaak kemarin abis ganti domain alexaku menggelembung smpe 8 juta...tidak ada beberapa minggu sudah mau mendekati normal ^^

      Delete
  8. Sebenarnya alexa gak penting2 amat kok. untuk saya pribadi. fungsi alexa itu semacam alarm. kalo rank dah diatas 3juta, harus semakin rajin nulis..... Nice article . salam. my alexa rank today (01/Juli/2013) is 3.494.570.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee gitu yaa,mas. Ini aLEXa diibaratkan seperti wanita so minded yang emang kudu jaga penampilan, n performnya, tidaak memandang harus begini n begono :)

      Delete
  9. jadi inget Alexa rank blogdetik ku menurun drastis huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaau, mba Rahmi... dikau sumber inspirasiku selalu looo...btw semuanya sudah lancar,kan. Tidak ada troble :( thks ya sudi mampir :)

      Delete
  10. terakhir alexa rank saya brapa ya *lupa, hahaha
    jadi semakin kecil angkanya, semakin bagus ya? *cateeett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak Maya yang caem... smakin alexanya gak gendoet, hehehe.Makanya rajin2 berposting-ria,mbak^^

      Delete
  11. jadi tambah paham nih soal alexa rank, terima kasih omah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama masbro ... senangnya bisa berbagi dengan sobat2 blogger ^^

      Delete
  12. alexa saya hmm 500rb an hehe, masih ngga terlalu peduli sama alexa dan page rank beserta teman2nya. pengennya nulis aja qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak apa2 siih mbaak, kan semua tergantung sama si empunya blog :) Siiip deh untuk mbak Shinta :)

      Delete
  13. alexa ku 3juta an.
    hahahaha...

    setauku sih alexa bakalan naik kalo kita rajin update dan banyak orang yang komen/respon, juga banyak blogwalking dengan meninggalkan jejak link di blog orang :)

    tapi sekarang aku sih ga begitu peduli sama alexa. ngeblog aja terusss :)

    salam kenal mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga masalah kan,mbaak..yang penting enjoy. Bener juga kok mbak, asal kita rajin apdet n BW pasti dengan sendirinya Alexa meroket. Salam balik kenal deh Mak Quinie yang keren ;)

      Delete
  14. Allhamdulillah alexaku agak kurus mbak :) maaf baru bisa bw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedewww mbaak, Gak apa2. Blog mbak Prnya kan sdh dapet. SAYo tingkatkanlagi hobi update artikelnya .Slm sukses terus ya mba Lidya :)

      Delete
  15. kemaren ini aku sempet nyoba masih di atas sati juta juga omah :D hha

    ReplyDelete
  16. yang bikin saya penasaran malah kode ini mba, (BTSQSCMTC6E3) apa ya... ? hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kode untuk daftarin ke mesin engine :) thks ya sdh BW

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)