9 Jul 2023

Pentingnya Ajari Si Kecil Basic Life Skill Sejak Awal


Ajarkan Basic Life Skill Pada Si Kecil.jpg
Anak Belajar Hal Kehidupan Mendasar
credit by pixbay.com

Pentingnya ajari si kecil Basic Life Skill sejak awal kehidupannya buat saya pribadi sangatah mendukung. Setelah apa yang saya alami dan beberapa hal kejadian di sekitar kehidupan juga menimpa orang-orang yang saya kenal.

Percaya gak kalau dulunya saya tidak bisa masak sama sekali. Membedakan pelbagai ragam bumbu dapur dan rempahnya saja kesulitan. Antara merica dan ketumbar. Susah banget beeuh! Sampai-sampai setelah berumahtangga sendiri, saya (terpaksa) labeli wadah bumbu di dapur agar tidak keliru saat praktek masak. Kan aneh saja jika masak sup kuah beraroma sayur lodeh !

Teman sekampus saya sampai heran, kemana saja saya selama ini masak membedakan kedua bumbu tersebut seperti memecahkan rumus matematika. Yang patut disyukuri Paksu dan keluarga mertua memaklumi kok dan tidak pernah mempermasalahkan.

Sejenak saya teringat perkataan teman tadi, selama ini yang saya lakukan apa saja sampai memasak yang sepele tidak becus. Wadaww ! Dulu banget ketika kecil saya ikutan masuk dapur malah diomelin si mbak PRT, kuatir nanti saya jadi terluka iris atau tersiram air panas. Setiap mau nimbrung ke dapur, selalu saja diusir halus dengan dalih mendingan mainan saja.

Mungkin ini awal yang bikin saya jadi ogah-ogahan untuk melirik dapur lagi ya. Selain itu saya sudah terbiasa diladeni sebaik mungkin tanpa perlu repot melakukan sesuatu. 

Setali tiga uang pengalaman saya ini sama adik ipar. Ketika disuruh membantu pasang lampu yang mati, ia tampak kebingungan. Jadi cowok kok gampang menyerah. Maunya sebentar-sebentar kudu panggil yang ahlinya saja alias TUKANG. Mau benerin sumur, betulin talang bocor, ataupun menebas pohon harus cari tenaga yang ahli. Wah mungkin ini sejak kecilnya terbebani tugas atau pe er sekolah aja, jadi gak sempat  belajar hal lainnya.

Manfaat Basic Life Skill

Agar tidak terulang hal yang sama, maka saya berusaha mengupayakan yang terbaik terutama anak-anak saya nantinya harus bisa lebih baik dan mandiri. Diantaranya dengan mengenalkan  Basic Life Skill sejak usia dini.

Dengan mengajarkan tentang basic life skill diharapkan mereka mampu menguasai hal-hal dasar kehidupan sehari-hari. Mulai dari aktifitas sederhana seperti menyapu, membereskan mainan, atau pekerjaan beberes lainnya. Sekilas tampak sepele, kan. Namum belum tentu bisa dikerjakan baik oleh orang lain.

Banyak manfaat yang diperoleh jika ajari si kecil basic life skill sejak awal mereka mulai bisa berinteraksi baik dengan lingkungannya. Jadi anak bisa belajar mandiri tidak selalu tergantung dengan orang lain.

Hal-hal sederhana yang bisa diajarkan

√ Tidak ada Perbedaan Jenis Kelamin

Orang tua harus paham juga pengenalan basic life skill tidak berdasar oleh  gender role. Sehingga semua dianggap mempunyai kemampuan yang sama baik anak laki-laki ataupun anak perempuan. Contoh sederhana urusan membersihkan rumah bisa dilakukan oleh keduanya, tanpa harus mendeskripsikan tugas tersebut itu harus dikerjakan oleh siapa .

Jangan merasa gengsi jika anak laki-laki masuk atau beberes di dapur. Karena semua pekerjaan sama wajarnya dilakukan baik oleh anak perempuan atau laki-laki.

√  Berlatih mandiri

Betapa senangnya jika melihat anak-anak tumbuh baik dan bisa bersikap mandiri. Dengan berlatih mulai sejak belia anak diharapkan memahami persoalan dan bisa menyelesaikan sendiri. Dalam arti anak paham bisa problem solve tanpa menyusahkan orang lain.

√  Bersikap Respek

Manfaat penting lainnya pengenalan basic life skill pada anak sejak kecil yakni memiliki sikap respek atau lebih menghargai orang lain. Seperti anak yang dibiasakan disiplin membersihkan piring yang kotor maka ia akan sungkan dengan sendirinya merepotkan orang lain.

Setidaknya anak akan paham jika tanggungjawab beberes atau bersih-bersih merupakan hal dasar yang semua orang bisa kuasai. Apabila kerjaan tersebut bisa dilakukan sendiri tanpa perlu minta bantuan orang lain untuk mengerjakan. Sikap demikian yang secara tidak langsung bisa melatih anak selalu tertib disiplin.

√  Lebih Tangguh

Belajar basic life skill juga menjadikan anak nantinya bisa lebih tangguh kuat menghadapi beragam masalah hidup. Seandainya nanti berada dalam ujian masalah akan membantunya mengatasi kesulitan dengan caranya bagaimana agar tangguh, kuat dan bertahan hidup.

√  Sosok yang diandalkan

Dengan mengenal basic life skill sejak usia belia akan menjadikan anak sosok yang bisa diandalkan. Karena sudah terlatih baik dalam menempatkan dirinya di pelbagai situasi dengan kemampuan beradaptasi yang baik. Sehingga anak yang mengenal  basic life skill secara baik bisa tumbuh menjadi sosok yang diandalkan.

Nah sobat Omtiks ternyata luar biasa sekali ya menerapkan upaya pentingnya ajari si kecil basic life skill sejak awal mereka tumbuh kembang. Semoga banyak oramgtua yang mendukung dan menyemangati hal positif yang terus dikembangkan jadi lebih baik.


Keep Happy Blogging 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)