11 Mar 2014

Mengenali ISK Biang Bad Mood

Credit : Googgle
Lebih baik mengenali ISK sejak dini. Apalagi ISK biang bad mood in all activities. Ciyuusss....
ISK atau orang lebih mengenal dengan istilah Infeksi Saluran Kemih terasa sangat menganggu dan membuat tidak nyaman. Saya awalnya terjangkiti penyakit ini juga tidak ngeh (baca : sadar) darimana bibit kuman ini menyelinap masuk.
Seperti orang yang kebelet pipis tapi setelah tiba di on locationi malah susah keluar. Istilah Jawanya sakit anyang-anyangan. Sensasi untuk mengeluarkan kemih terus menerus. Ditambah ada perasaan mengganjal di sekitar tulang V, tepatnya dibawah pusar.
Akibat rasa nyeri yang tak tertahankan, dengan terpaksa saya berobat ke dokter umum yang waktu itu masih buka pada malam hari. Saya menyerah jika berurusan dengan rasa sakit, apalagi jika bikin sengsara setengah ampun. Buat duduk saja tidak enak, berdiri dan berjalan saja susah. Pokoknya serba tidak mengenakan #kayak lagunya H. Rhoma Irama, kaleee hihii#

Singkatnya, mendapat penjelasan berarti dari ibu Dokter. Tentang cara pembasuhan yang baik dan benar. Mengantisipasi agar bakteri, kuman serta virus yang ada tidak terbawa masuk ke dalam organ kewanitaan. Diantaranya membasuh dari arah depan (mulai dari organ V)  menuju arah belakang ( dubur).

Selain itu perlu memperhatikan sanitasi lingkungan dalam kamar mandi yang tetap terjaga kebersihan. Seperti toilet atau WC umum. Alangkah lebih bijak mencermati secara hati-hati. Wiiiih ngerinya membayangkan berapa banyak orang silih berganti memakai tempat umum tersebut.

Setelah mendapat resep obat berupa antibiotik dan pereda nyeri, alhamdullilah sirnalah kesengsaraan yang mendera hampir tiga hari lamanya. Merasa manyun juga ingat selorohan bu Dokter semalam yang mengatakan ISK pertama kali yang saya rasakan merupakan keluhan normal para pengantin baru. 
Oh, no no way.... Tapi diruntut dari teori keterangan bu DOkter ada benarnya. Selama ini daerah kewanitaan dalam kondisi biasa, namun akan mengalami perubahan manakala ada benda tumpul yang masuk.
Wah ini jadi pembelajaran baru, selain ada faktor lainnya yang menyebabkan ISK muncul.

PAra blogger tercinta ternyata oh ternyata.... ISK bisa terjadi menahun. Alias kumat-kumatan. Karena itu saya alami hampir tiap tahun. Banyak saudara, kerabat serta teman berebut nasehat agar saya tidak terus-terusan menahan kencing #kebiasaan buruk#. Serta berhati-hati dalam toilet umum.

Saya pun merasa, ini penyakit yang kumat rasanya tambah dobel sakit dibanding pertama. Lebih terasa menonjok area V. Sampai akhirnya saya penasaran, tengah malam saya tampung urine dan mengamatinya. Di dalam urine saya melihat seperti ada uget-uget warna merah yang berenang. Hiiih saya jadi bergidik ngeri dan memutuskan secepatnya berobat ke dokter spesialis kandungan. Diagnosa penyakit sama. Dan mendapat resep setelah organ V dibersihkan perawat.

Memang ISK biang badmood. Gegara mengalami sakit bikin tubuh rasanya lemes, kepala berpendar-pendar, semangat loyo. Penginnya cuma rebahan di atas kasur saja. Jangankan buat menulis artikel, motivasi untuk memasak atau berbenah diri saja menguap entah kemana. Untuk itu saya bersyukur ketika seorang sahabat menjenguk membawakan artikel seputar ISK. Siapa tahu ini bisa jadi reminder kedepannya.

Mengenali Gejala ISK
Pada umumnya penyakit ISK ini diakibatkann sa;ah satu kondisi yang mempengaruhi kesehatan tubuh disebabkan adanya bakteri Escherichia Coli  yang masuk ke saluran kandung kemih  melewati uretra,
Berikut gejala-gejala yang bisa dirasakan :

 Merasa Kelelahan

Jika tubuh merasa letih atau lesu disertai dengan nyeri otot bisa saja membuat gemetaran merupakan salah satu gejala ISK
Terus Berkemih
Ada rasa ingin buang air kecil atau berkemih terus menerus meskipun tidak ada air urine yang keluar. 
Warna Urine Berbeda
Perhatikan jika warna urine cenderung gelap dan beraroma menusuk. Kemungkinan menjadi sebab terkena ISK
Mengalami Sensasi Terbakar
Sensasi terbakar saat mengeluarkan urine bisa menjadi gejala awal jika terkena ISK.

Nah, bagaimana cukup mudah kan untuk mengenali penyakit ISK. Dikuatirkan jika ISK berlarut-larut tanpa ada penanganan yang lebih rapi rapi dan cepat, khususnya ISK yang menimpa wanita tidak akan berkembang menjadi penyakit berbahaya di saluran cervik.
Yuk,  kita jaga cintai rasa kesehatan yang dimiliki dengan lebih berhati-hati menjaga diri dengan pola hidup baik.

35 comments:

  1. Dari kemarin mau hub mbak kok dah lama nggak kelihatan ke mana, eh ternyata sedang sakit.
    Lekas sehat ya mbak :)
    Anyang2en, pernah mbak. Sakit banget. Sembuhnya dengan cara kaki jempol ditali nggak terlalu kenceng lho ya.
    Tapi kalo takut langsung ke dokter aja nding. Ini resep ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo resep yang jempol dikaretin untuk anyang2n yang penyakit standar non... hehehehe ini mah sudah luar biasa bangeeet sakitnya..atuh atuh :( #meringis menahan sakit#

      Delete
  2. apa sering nahan pipis ya? semoga lekas sembuh ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoo miss awalnya waktu masih gadis ting ting...skrg ting tong kebablasan sakitnya..weleh :(

      Delete
  3. sering nahan pipis ya, mba?. jadi harus dibanyakin minum air putih. moga cepet sembuh yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. diantaranya bad habitnya demikian neng manis...plus dengan pola basuh yang keliru... hadeew :D

      Delete
  4. Semoga cepat sembuh ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih ya mbaa... sudah sembuh tapi berlanjut terjangkit jamur. Hikks

      Delete
  5. Duh Mak ... mudah2an segera teratasi ya. Mudah2an tidak kumat lagi ...

    ReplyDelete
  6. Semoga nggak kumat lagi mbak Tanty....aamiin.

    Membiasakan mengelap/mengeringkan daerah v setelah buang air kecil mungkin bisa membantu ya mbak.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya Mba Inung, iyaa memang demikian pola hidup yang baik dalam menjaga organ kesehatan.

      Delete
  7. kaykanya khusus cewek ya, tapi gk papa deh udah terlanjur nyimak nih :D

    ReplyDelete
  8. Wah... baru tahu aku, Mak si ISK ini. Ternyata begitu ya. Makasih sudah sharing. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww ada mak Nia...makasih sudah berkunjung. Emang ISK bikin galau banget deh.

      Delete
  9. Gak boleh nahan kencing dan mimi air putih yg banyak...hihii dah sembuh kan ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak Astin, jangan sampai menahan kencing dan harus minum air putih yang banyak...hehehe

      Delete
  10. Bad mood memang bisa merusak suasana ya Jeng
    Sudah sehat kembali kan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maturnuwun ya Pakde, maaf baru bisa balas :(
      Salam sukses utk Pakde juga y

      Delete
  11. memang penyakit itu kapan saja datang ya mak. :( aku kalau udah kebelet, dan ditahan lamaa, pasti nyeriiiii...pernah sekali sampe mau nangis pipisnya karena nahan lama hikz untung gak alamin ISK
    Mak, cepat sembuh yaaaa ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih non satu ini, makanya kita sebagai cew must take care dengan organ2 kewanitaan. kalo sampe sakit n terkena infeksi bisa berabe tuh :(

      Delete
  12. ISK memang menyiksa mbak put...

    ReplyDelete
  13. Saya pernah anyang2en, katanya sih krn minim air yg blm matang. Hahaha. Sehari bolak balik kamar mandi terus.

    Semoga lekas sehat ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya non... semoga kita selalu diberi kesehatan n terus merawat organ2 kewanitaan yang sensitif dengan kuman2.Hehehe

      Delete
  14. Anyang2en katanya juga bisa terjadi karena mencampur minuman panas dengan air dingin. Wah, makasih utk share infonya ya Mb Tanty, semoga segera sehat kembali :)

    ReplyDelete
  15. gak enak banget deh kalau udah kena ISK

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak...pokoknya serba susah n repot :)

      Delete
  16. Memang ya mbak, namanya sakit pasti ga enak dan mengganggu aktivitas kita :(
    Saya juga dulu suka nahan2 pipis mbak :p akibatnya jadi beser bolak-balik buang air kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kebiasaan kurang baik mnenahan2 kencing mba..akibatnya ya seperti itu bisa beresiko :(

      Delete
  17. ulasannya mengenai infeksi saluran kemih sangat membantu para pembaca untuk memahami apa itu ISK dan bagaimana cara mengatasinya...Keep happy blogging always..salam dari Makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya mas ...atas kunjungannya. Emang gegara kumatan ISK jadi ambruk n susah mau aktiftas...hehehe
      Sukses selalu untuk blognya juga :)

      Delete
  18. sudah lama tak berkunjung kesini mbak, kangen sama warna blognya yang seger hehehe......
    Wah mulai sekarang harus dirubah kebiasaan nahan pipis ya mbak biar tidak sampai kena ISK, terima kasih artikelnya yang sangat bermanfaat.
    Salam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama deh mba...udah lama ga blogwalking jadi kangen. Doaian ya mbaa always sehat bisa semangat ngeblog n BW...muaaaaach :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)