4 Jan 2015

Tips Meracik Konten Blog Yang Orisinil, Kuat dan Menggelitik

Credit : Free Images
Tips meracik konten blog yang orisinil, kuat dan menggelitik. Mungkin ini salah satu solusi jitu dan mendatangkan manfaat bagaimana seorang admin/ penulis selalu update tulisannya dalam blog (padahal seyogyianya diliputi rasa kemalasan yang luar biasa) Mending tarik selimut dan terlelap dalam buaian bantal #Hahaha
Berlaku juga untuk semua para blogger baik yang mengaku sebagai bogger newbi ataupun blogger senior. Demi memberantas rasa  aras-aran (baca : malas) dalam membuat postingan baru dalam blog.

Sesekali boleh dong, merambah jauh mengetahui beberapa konten artikel yang terkenal atau istilah populer banget di internet. Dengan demikian para blogger menjadi lebih paham dan merasa mantap untuk belajar membuat update-an konten yang berkualitas.


Pada umumnya memang dikenal 2 jenis konten artikel yang ada di internet berdasarkan tingkat kepopulerannya, yakni :

Konten  musiman atau booming pada waktu tertentu saja
Konten ini setidaknya harus selalu dilakukan updating terus menerus layaknya berita. Untuk mengetahui suatu topik tengah booming saat ini bisa dilacak lewat Google Trends. Coba, perhatikan beberapa blog (pada tahun 2014) kebanyakkan topik yang populer ditulis, seperti pesta piala dunia atau penyakit Misterius Ebola yang ternyata memang sedang menjadi trend topik dunia. Berarti setidaknya mereka melakukan optimasi  konten artikel yang sedang booming atau dicari banyak orang sedunia, yakni pertandingan piala dunia dan penyakit Ebola.

Konten Yang Tidak Pernah Mati 
Mengapa bisa disebut demikian ? Jenis konten ini tidak akan hilang atau memudar begitu saja seiring waktu berjalan (Long lasting Article), sehingga patut disebut dengan jenis konten yang sifatnya abadi. Dengan kata lain konten artikelnya tetap bermanfaat  baik saat ini, besok, ataupun 10 tahun yang akan datang akan selalu dikunjungi para pembacanya. Sementara itu blog yang mengandalkan konten bertopik peristiwa atau event penting yang sedang terjadi maupun konten berita memang ekstra usaha untuk terus dilakukan updating, jika tidak bakalan ditinggal oleh para pembacanya.

Kira-kira yang bisa dianggap sebagai konten populer sepanjang masa, tanpa mengenal batas waktu diantaranya adalah konten yang membahas seputar tips, tutorial, konten How To yang bersifat ajakan positif  untuk berbuat sesuatu  (Rahasia Merawat Mobil Supaya Awet, Cara Menjaga Keharmonisan Keluarga dsb) serta  konten yang bersifat gaib semisal cerita seputar misteri, legenda nyai Roro Kidul, ataupun Lawang Sewu Yang Legendaris dan sebagainya. Intinya artikel yang mengulas tentang misteri peninggalan masa Belanda kuno ataupun dunia supernatural akan menjadi hal yang selalu dicari-cari banyak orang. Setuju, kan ???

Konten Semi Abadi 
Selain dua konten diatas, juga dikenal jenis konten lain yang sifatnya semi abadi. Dalam artian, konten ini dituliskan berulang kali setiap tahunnya berdasarkan momen tertentu yang diminati banyak orang. Adakalanya even penting ini bisa saja masuk dalam kategori Google Trend. Semisalnya  perayaan Natal dan Tahun baru,  perayaan puasa-mudik dalam momen Idul Fitri, maupun  pernak-pernik permen/kue cokelat menjelang hari Valentin (konten yang wajib dioptimalkan sebentar lagi jelang momen hari cinta kasih/Valentin).
Yang patut diingat selalu untuk menyajikan postingan orisinil dan menarik senantiasa berpedoman bahwa Content Is The King. Pedomannya mengutamakan penulisan isi konten dengan 4 w, 1 f seperti what, when, why, where dan if. JIka dimulai dengan penulisan tentang suatu tempat yang dikeramatkan umpamanya, berarti apa yang melatar belakangi Lawang Sewu begitu fenomenal, mulai sejak kapan menjadi tempat yang angker, tempat-tempat yang dianggap menyeramkan dsb.
Oke, paham setidaknya membuat konten sendiri tanpa perlu repot menjiplak sana sini. Terlepas dari itu semua, bulatkan tekad kuat membaja untuk konsisten posting posting dan posting. Apa pun bentuk konten yang akan dibuat, tetaplah semangat untuk berusaha update ngeblog. Percaya pada instuisi hati, tidak ada namanya konten artikel yang jelek atau buruk, selama itu merupakan hasil buah pikiran sendiri.
Selamat mencoba tips meramu-meracik konten blog orisinil menjadi postingan yang mantap dan kuat dalam blog sehingga bisa menancap kuat pada halaman penelusuran mesin Google :)

30 comments:

  1. aku pernah diajari ilmu2 begini juga mak agar pageview tetep tersenyum dan SEO semakin oyeee..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bikin pageview keep smile deh mba :)

      Delete
  2. konten yang kayak gitu biasanya kutarok di blogdetik, blog utama malah konten sesuka hati hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaay, kayaknya pengin niru jejakmu juga okay ya :d

      Delete
  3. Betul, yg pentig rajin postig posting dan posting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess mas Adi harus konsisten update jogjaready.com-nya ya (h)

      Delete
  4. Ini nih yang dicari oleh banyak orang, gimana buat artikel yang orisinil.
    Karena untuk konten yang orisinil sangat penting untuk blog dan disukai google.
    Salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus rajin update postingan selalu ya, apalagi dalam blog tutorialmu juga udah keren bingit :)

      Delete
    2. Hehe bisa aja nih,, sampe kata2 bingit juga, hehe
      Makasih mba

      Delete
  5. Wahhh asik nih kalo sering Dolan Di omahantik. Banjirrr ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya saya yang harus banyak belajar dari blog mbak Nurul yang sering menang kontes :-)

      Delete
  6. Saya setuju dengan pernyataan ini, "Apa pun bentuk konten yang akan dibuat, tetaplah semangat untuk berusaha update ngeblog. Percaya pada instuisi hati, tidak ada namanya konten artikel yang jelek atau buruk, selama itu merupakan hasil buah pikiran sendiri."

    Betul banget, pada akhirnya rajin / konsisten update ngeblog lah yang terpenting.

    Salam saya dari Sukabumi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga salut ama blog sisihidupku yang keren, juga pageranknya pastilah karena konsisten ngeblog ya,mas. Slam sukses selalu (h)

      Delete
  7. Seriusan baru tau ada konten semi abadi. Hihihi
    Banyak pengetahuan baru dr post ini eh. Thanks, Mbaaak . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. alohaa neng aku juga senang dolan ke jejak langkahmu, banyak cerita plus foto2 yang keren, tentunya x-)

      Delete
  8. Orisinil nggak harus lahir dari ide kita. Rewrite dengan gaya tulisan kita sendiri juga termasuk orisinil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tetep semangat ngeblog, bukan masbro :d

      Delete
  9. Wah...tiap dolan ke sini tambah ilmu (f)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen nih ama dirimu yang jago ngontes mbaak :)

      Delete
  10. nah itu iya tuh saya juga pernah diajarin artikel populer dan long lasting katanya berguna banget buat naikkin pagerank, ada yg make teknik pake dua situs. Satu situs diisi Long artikel utama dan situnya dijadikan dummy buat situs kedua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah bener banget mas Tsar, tehnik penulisan demikian memang baik di mata SEO. Bisa juga tuh, tips keduanya dibahas karena belum banyak blogger yang merincinya detail :)

      Delete
  11. Biasanya blog personal selalu unik di mata Google mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya, saya juga harap demikian untuk blog personal bisa menginspirasi dan support blog lainnya (f)

      Delete
  12. waah,,artikelnya sangat membnatu sekali nih mbak,aku juga pengen belajar buat bikin konten orisinil,terimkaasih sudah share :)

    ReplyDelete
  13. Dari dlu salah satu SEO yang bagus adalah kontennya, seperti yang mbak katakan yakni Content Is The King , Konten adalah Raja .. mantap dah

    ReplyDelete
  14. konten orisinil penting banget yaaa, biar disukai mbah google.

    ReplyDelete
  15. Konten orisinal biasanya memudahkan saya dalam memberinya sertifikat blogger, karena konten yang bermanfaat belum tentu orisinal.

    Kalau konten orisinal baik itu cerita, opini, feature, apapun jenis tulisannya akan lebih berkesan di mata pembaca.

    Pada dasarnya, sasaran kita adalah pencari konten dari apa yang kita tulis, sedangkan google hanya perantara menuju blog kita.

    Entah tulisan saya menurut mbak gimana, jadi penasaran pengen dibedah hehe

    ReplyDelete
  16. Saya pernah dikasih ilmu blogger Surabaya, tentang macam-macam jenis konten. Dan disempurnakan sama tulisan di sini :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)