23 Jul 2015

Tetap Semangat Merawat Ranger Mengkilat

Dokpri : hubby telaten mencuci Ranger
Membiasakan diri untuk menjaga dan merawat apapun benda, termasuk kendaraan pribadi, adalah komitmen bersama dalam keluarga kecil saya, suami dan anak-anak.

Meskipun rasa kepenatan dan kelelahan menerpa, sebisa mungkin kami semua bergotong royong membangun "mood" satu sama lain untuk rajin dan terus bersemangat membersihkan peralatan rumah, kendaraan bahkan barang-barang personal.

Seperti sepekan yang lalu keluarga telah melakukan perjalanan mudik (baca : disini ) melakukan anjang sana ke sejumlah keluarga serta sesepuh kerabat. Bisa dibayangkan betapa repot dan padatnya acara bepergian bersama keluarga.

Termasuk dengan fasilitas pendukung mobile anjangsana keluarga saya tercinta. Si jago "Ranger" sebutan sayang kendaraan yang senantiasa mengantar saya dan anak-anak tak terhitung banyaknya baik siang, sore dan malam. Penampilannya begitu kumuh, dekil dan penuh debu.

Alhasil, setelah kelar acara mudik kemarin baru kami semua sepakat untuk membersihkan si Jago rami-ramai. Mengingat beberapa setelah hari lebaran masih banyak tempat pencucian mobil yang belum buka. (pada merayakan mudik dan lebaran sepuasnya, kaleee :D).

Jujur, badan ini rasanya remuk redam (maklum tulang belulang sudah tua) apalagi punggung belakang terasa pegal-pegal sekali namun demi kebersamaan keluarga hayuuk harus menunjukkan semangat.
Melihat kenyataan ini, saya acungkan 2 jempol gede buat suami tercinta. Staminanya prima sekali, meski beliau mengendarai terus tanpa jeda, Kudus-Semarang-Pekalongan PP, toh tetap terlihat bugar saja tanpa mendengar keluhan berarti. Hebat, keren ya Ayah.
Dokpri : Si kakak basah kuyub hepi mencuci si Jago :) hehee....
Nasehat ayah bijak kepada anak-anak tercinta, sembari mencuci si jago ternyata salah satu kiat menjaga dan merawat kendaraan seperti mobil maupun motor agar senantiasa awet dan tidak rentan rusak.
Sebelum memulai ritual membersihkan si Jago, ayah mengkoordinir apa saja yang perlu disiapkan agar kegiatan mencuci kendaraan berjalan lancar. Cie cie kayak menggelar hajatan khusus saja, ya :)

Siaap, segera dilaksanakan dengan sebaik mungkin sesuai komando ayah. Tampaknya anak-anak juga semangat dan sigap membantu membersihkan si Jago bersama-sama.
Credit : Google
Seperti biasa juga, ayah memang sudah mempersiapkan aksesoris penting yang sangat membantu pencucian motor dengan bersih sebaik-baiknya. Diantaranya yang sudah tersedia seperti perlengkapan wash dan wax seperti shampo mobil, pengilap, sikat, maupun sejumlah kain lap.
Dokpri : Ayah bersama adik mencuci motor
 
Tips ayah agar kendaraan senantiasa terawat baik, sebelum mencuci perhatikan hal mendasar seperti berikut ini :
  • perhatikan kondisi kendaraan yang akan dicuci, jika dalam keadaan kering sebaiknya diguyur terlebih dulu dengan air. Untuk mengantisipasi kendaraan kemungkinan tergores sesuatu kotoran, jika dipaksa nekad membersihkan atau mengelap kendaraan. (tahu sendiri kan ada beberapa kerikil maupun partikel debu bisa terselip di kain lap).
  • bersihkan bagian luar mobil dengan kain lap yang halus. Pastikan kain lap halus memang benar-benar bersih. Jika tidak malahan bisa meninggalkan sisa-sisa kotoran lain yang bikin kusam penampilan kendaraan.
  • lebih baik memakai pembersih maupun pelumas khusus body kendaraan. Sehingga menghasilkan kinerja yang optimal dan memuaskan. Sebaiknya mengelap dengan tehnik searah jarum jam dan jangan mengulangi lagi bagian cat yang sudah mengkilat.
  • biasakan disiplin mencuci kendaraan pribadi. Jangan sampai terlalu lama dibiarkan kotoran menempel. Biasanya kotoran yang kuat menempel, saking lamanya terbengkalai bisa saja memudarkan warna cat. Hadew, jadi rugi kan kendaraan kesayangan kita.
    Lebih baik mencuci kendaraan seminggu sekali, jika motor sering di gunakan bepergian. Sementara jika musim penghujan, lebih baik segera dicuci langsung mengingat air hujan mengandung asam yang tinggi.
Bagaimana, sahabat pembaca dan blogger sekalian. Masih tetap semangat merawat kendaraan pribadi, bukan ???

Keep Happy Blogging



 .

3 comments:

  1. Seru banget tuh si kecil main airnya. Xixixi. Sambil menyelam, main air :D
    Suami langsung bawa ke cucian motor biasanya, Mbak. Gak pernah cuci sendiri

    ReplyDelete
  2. Wah, seru ya mbak. Bisa bersihin kendaraan bareng anak-anak. Kalau saya, suami aja yang sering bersihin kendaraan..he..he..

    ReplyDelete
  3. Pantesan Mbak Tanty dan keluarga enjoy mudik Lebaran.. armada angkutannya terawat sih..siplah..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)