29 Apr 2016

Pengin Blog Menghasilkan ? Ikuti 7 Tips Mudah Menjadi Blogger Profesional

Lama menekuni dunia blogging pastinya terbersit pengin blog menghasilkan ? (betul, gak sih). Jika jawabannya iya,  please ikuti 7 Tips Mudah Menjadi Blogger Profesional dalam postingan omahantik kali ini, ya. Jujur sih, saya terdorong memposting artikel ini karena desakan dari sejumlah pertanyaan sahabat blogger. Sebagian ada yang inbox dan minta dijelaskan agar blognya bisa maju. Syukur-syukur bisa membantu asap dapur tetap mengepul.hehehe (istilah umum untuk para ibu rumah-tangga, nih).

Dulu jauh sebelum omahantik mengalami proses metamorfosa yang lumayan berliku, saya juga memiliki pola pikir dan keinginan yang sama untuk bisa maju apalagi memiliki blog personal yang bisa memberikan kontribusi positif. Maklum pada waktu itu saya barusan gres sebagai ibu rumah tangga biasa. Yang memang selalu berkutat dan berjibaku memanage urusan dalam rumah yang sekilas tampaknya sepele namun tidak pernah ada habisnya. Beneran' kan kalau dihitung dari pagi buta sampai malam ada-ada ajaah pe er  rumah tangga yang belum beres. But it's okay anggap saja itu pahalanya seorang wanita sekaligus ibu rumah tangga. *Keep Smile.

Pernah serius nanya juga, terutama pada blogger senior yang memiliki kapasitas pengalaman dan dikenal banyak orang. Bagaimana supaya saya yang  newbie bisa mengikuti dan menduplikasi langkah-langkah kesuksesannya. Tidak hanya seorang blogger saja namun juga beberapa yang saya cermati bisa memberi masukan setidaknya poin-poin pentingnya.  Kesemua penjelasan yang masuk akhirnya saya jadikan input bermanfaat dalam meningkatkan kualitas diri. Seperti beberapa tips di bawah yang ingin dikupas


7 Tips Mudah Menjadi Blogger Profesional

1. Tetap Konsisten
Update tulisan per hari atau kalau tidak seminggu sekali. Jika merasa kesulitan dalam memposting artikel, bisa dibuatkan penjadwalan secara simpel dan tempelkan dekat tempat yang mudah dilihat. Agar bisa memperbaharui tulisan/artikel secara teratur, akan lebih mudah mencari tema dari inspirasi sekitar orang-orang terdekat, keluarga dan kejadian yang ada. Tulislah sesuai dengan pasion yang dimiliki.

2.  Tuangkan ide /pengalaman di sosmed
Semua ide bisa diolah dijadikan materi pendukung tulisan baik dalam blog pribadi (sesuaikan dengan platform yang dipilih blogspot/wordpress) setelah itu share artikel yang bermanfaat tersebut ke berbagai koneksi sosmed yang ada, semisal akun twitter, Google Plus, Face Book ataupun Instagram

3. Sesuaikan dengan gaya bahasa serta niche blog yang dimiliki
Seperti ini yang saya lakukan sistematis. Menuangkan sejumlah ide brilian dalam blog personal ala gaya bahasa sendiri. Setelah itu saya bebas mensharing apa yang telah saya paparkan dalam blog ke serangkaian tweet (kultweet). Sehingga bisa memberikan manfaat baik dan menginspirasi siapa saja melakukan hal positif.

4. Meningkatkan Personal Branding

Siapapun blogger pastinya ingin menjadi lebih profesional. Sehingga diperlukan setidaknya effort , kerja keras mewujudkan "Personal Branding"  berkualitas yang mengangkat populer blog personal yang dimiliki. dengan demikian perlunya suatu attitude yang baik dari para blogger sendiri untuk lebih fokus dan bertanggung jawab atas semua sikap yang ditunjukkan.  Sebaiknya jaga attitude yang baik, santun serta smart.
 
Salah satu contoh attitude blogger yang kurang memahami etika dalam sosmed

Jangan asal "mengumbar sesuatu hal negatif" yang bakalan merugikan diri sendiri. Banyak penilaian datang dari luar yang secara tidak langsung memupus kredibilitas blogger sendiri yang sudah dibangun sejak lama. Eman-eman,bukan ? 

5. Jaring konektifitas

Sekilas tampak sepele namun begitu luar biasa efek yang diberikan dalam menjalin konektivitas sebanyak mungkin. Toh, kita sebagai blogger tidak bisa maju dengan sendiri tanpa bantuan orang di sekitar kita yang memiliki kesamaan dalam misi visi dunia blogging. Betul, tidak ?  Oleh karena itu ada baiknya juga banyak terjun dan join di beberapa komunitas/grup yang mendukung. Banyak sekali jika mau disebutkan satu persatu. Ada grup KEB, Warung Blogger, Blogger Kekinian, Gandjel Rels dan sebagainya.
Tentunya semangat ngeblog lebih maju kencang jika sama-sama didukung satu dengan yang lain. Namun jangan mengabaikan kebiasaan yang sepele namun ini bisa menunjukkan empati atau perhatian dari blogger lainnya. Salah satunya ritual saling mengunjungi blog antar blogger (blogwalking), tinggalkan komentar yang baik, positif dan memiliki relevansi. Sementara jika ada kunjungan balik, berarti diharapkan adanya interaksi baik juga untuk merespon komentar atau menjawab beberapa pertanyaan yang ada.


6. Tumbuhkan Kepercayan Diri

Jangan sesekali meragukan kemampuan diri membuat postingan artikel. Akan mengaburkan pikiran dan terlintas melihat pada yang lain. Sebaliknya jika bisa memupuk kepercayaan diri lebih baik setidaknya nanti akan memberikan kepuasan batin tersendiri dalam membagi buah pikiran dan pengalaman tulisan dalam blog kepada yang lain. Apalagi bisa membangkitkan inspirasi terhadap orang yang benar-benar membutuhkannya. Jadi katakan "Be Your Self" dan "make self confindent"
 
7. Jangan Melewati Batas Kemampuan

Untuk mengejar keinginan menjadi seorang blogger yang memiliki kualitas baik perlu pemikiran rasional untuk memberikan ruang diri berkembang melalui proses. Bukannya dengan cara membalikkan telapak tangan semua bisa berjalan secara instan. Jaga mood lebih baik untuk mendukung semangat dalam memperbaharui tulisan. Tidak harus mutlak harus menyelesaikan 10 postingan sehari, atau sebaliknya jarang menulis blog hingga berhari-hari lamanya, setelah itu dibayar lunas dengan mengejar tulisan sebanyak mungkin. Tidak perlu memaksakan diri apalagi sampai melewati batas kemampuan diri melakukan hal terbaik.
Intinya yang bisa dilakukan adalah teruslah menulis dengan penuh semangat dan memberi manfaat kepada banyak pembaca di luar sana. 

Credit : Google

Sekali lagi, kalau saya ditanya berkaitan dengan blog yang bisa menghasilkan, silakan ikuti 7 tips Mudah Menjadi Blogger Profesional diatas. Toh tidak ada salahnya lebih percaya diri berusaha dan ikthiar lebih dalam meraih sesuatu yang ingin diwujudkan. Untuk lebih menyemangati para blogger hebat sekalian, bisa juga membaca postingan lama tentang Profesi Blogger sebagai Prospek Yang MenjanjikanBeneran, nih langsung capcus.

Keep happy Blogging

48 comments:

  1. Dmana2 atitude juga mndasari ato smboyan yang tetap mnjadi 1 no.01

    ReplyDelete
  2. Konsisten itu agak sulit ya mba tanty. Ujung2nya jadi ke nomer 7 yg di warning jgn melebihi batas kemampuan. Wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  3. Betul mbak, jangan melampaui kemampuan diri dg cara banding-bandingin dg orang. Kt gatau gimana susahnya org buat jd seperti sekarang. Dan lagi, ngeblog dibawa happy aja, jangan gampang kesenggol apalagi nyenggol orang. Thankyu mbakku, aku padamu :*

    ReplyDelete
  4. Lagi mencoba buat konsisten postingan nech mba..pengin juga jadi buzzer kaya mba tanty hehehe

    ReplyDelete
  5. kereen omahantik saiki makin cantik ae koyok mbak Christanty :D

    ReplyDelete
  6. Aku mah blm konsisten Mba nulis di blog.. Kalo lg moo bisa 3 kali seminggu.. Tapi kalo mood pas sdg down malah gak nulis sama sew.. Btw, mksh sharringnya ya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. enjoy the procces..mungkon itu salah satu prinsip yg saya pegang saat ngeblog...nice info mbak..n salam kunjungan dr blogger nubie ini :)

    ReplyDelete
  8. Nice info, mak.. kalau saya kurangnya itu konsisnteeeen, kurang sekalii :'(

    Malam hari mau ngetik,.pasti seringnya ketiduran :( :(

    Apa karena siang terlalu sibuk, ya?


    Eehh malah curcol, 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  9. Yang nomer7 tu masih belum bisa. apalagi kalo disuruh ngetwit, masih belum ahli

    ReplyDelete
  10. akhirnya brojol juga postingannya mak *ngikik

    ReplyDelete
  11. wah, makasih tipsnya mbak tanti, sudah sehat yaa ??

    ReplyDelete
  12. Kita memang harus lebih bijak menggunakan media sosial kita ya Mba. Bukan hanya teman, sahabat atau keluarga saja yang dapat membaca postingan atau status kita. Pihak yang mau mengajak kerja sama juga terkadang ingin mengenal kita lewat media sosial yang kita miliki.
    Jadi, punya attitude yang baik itu, sangat diperlukan untuk branding diri juga, ya, kan?

    ReplyDelete
  13. Masih susah utk konsisten... maklum emak2 (sok) rempong hihi.....

    ReplyDelete
  14. Hmm sangat bermanfaat sekali mbak tipsnya terima kasih ya.

    ReplyDelete
  15. Aq mulai nerapin no.7 ni mb tanti,spy bisa konsisten,walopun update smgg sekali tp rutin,krn bagi wkt sm kerjaan rmh *curhat emak2

    ReplyDelete
  16. selain 7 diatas, attitude yang paling utama. nice post

    ReplyDelete
  17. Doakan saya bs sekeren mak2 blogger dan mbak tanty ya...sedang byk2 menimba ilmu nih...

    ReplyDelete
  18. attitude attitude,
    meguru sama Cikgu, nambah ilmu dan Insha Allah nambah ?

    ReplyDelete
  19. Suka deh dengan ink, aku pun berusaha menjadi lebih rapi.

    ReplyDelete
  20. No 6, huhuhu kdng aku kurang pede, mau nulis sesuatu takut kurang ilmunya. Jd kdng maju mundur mundur mundur, gk jd nulis hehehe

    Soal attitude. rekam jejak di dunia maya, meski dah dihapus biasanya sih masih akan ada recordnya. Jd sebisa mungkin, kalau saya, nggak akan masang status baper apalagi gontok2an di dunia maya. Bagian dari pencitraan haha. Eh, nggak kok, aslinya juga saya baik dan gak sombong (hyaaah malah numpang pencitraan di mari :)) )

    ReplyDelete
  21. Hmm... kalau personal branding kayaknya aku masih harus nyari lagi deh mbak hehe. Thanks banget udah sharing (y)

    ReplyDelete
  22. Konsisten dan percaya diri saya masih perlu dipupuk terus, nice sharing mba memberi saya semangat lebih buat tetap ngeblog :)

    ReplyDelete
  23. yg nomor 5 itu aku rasain banget manfaatnya mbak.. Sejak gabung di KEB, jumlah pembaca blog jd meningkat jauh :).... dulu2 aku emmang ga prnh ikut komunitas macem.. pernah mau join ama komunitas traveling blogger, tapi ditolak :D.. Tapi dulu itu tulisan memang masih cupu sih ;p.. jd gpp lah.. dan power of BW jg terasa bgt.. logikanya sih, kalo kita udh namu ke org lain, kan biasanya ada kunjungan balik ya.. tapi tetep, ga ush terlalu diharepin :D.. krn aku jg sadar ga semua blogger punya waktu utk ngelakuin BW Balik :D.. jd buatku sih, walo ga dikunjungi balik, tapi blog si org lain itu memang bgs, aku ttp bkl baca blog dia :)

    ReplyDelete
  24. Yang nomor 7 itu bener banget. Jangan Melewati Batas Kemampuan. Mengingatkan kalau ngeblog jangan maksa.

    ReplyDelete
  25. Aku blognya Masih berantakan, Mak, hehe.

    Btw, TFS ;)

    ReplyDelete
  26. Sepakat sama urusan RT yang nggak ada habisnya. Jatuhnya idem sama mbak Eri..mau nulis malah bablas tidur... :-)

    ReplyDelete
  27. mksh mbak postingannya ....aku juga pengin jadi blogger profesional nih mbak

    ReplyDelete
  28. Aku lama nggak berkunjung, blogmu makin keren aja.
    Agenda nge blognya keganggu dengan acara insidentil, hehehe

    ReplyDelete
  29. Info yang sangat berguna sekali nih mbak buat saya yang lagi belajar ngblog ...

    ReplyDelete
  30. aku hrus belajar banyak sama mbak Tanti nih supaya jadi blogger profesional

    ReplyDelete
  31. Hmm boleh juga nih tipsnya sepertinya okeh juga.

    ReplyDelete
  32. konsisten dan atitude memang harga mati :D

    ReplyDelete
  33. rasa malas kadang masih suka mengganggu kegiatan blogging saya Mba :(
    yang no. 5 itu penting banget yah Mba, memiliki banyak koneksi tentu memudahkan kita mendapat penghasilan dari ngeblog, tapi kualitas tulisan juga tentu menjadi yang utama :)

    ReplyDelete
  34. Numpang eksis juga penting lho :D

    ReplyDelete
  35. Okeh juga nih mbak tipsnya, sepertinya harus banyak lagi belajar nih dan lebih giat lagi dalam ngeblognya.

    ReplyDelete
  36. Kalau aku seminggu sekali aja udah keren banget, hehehe. Jauh dari profesional kalau gitu :)

    ReplyDelete
  37. Tetap Konsisten, Jedaggg . pas ngebaca langsung senyum-senyum sendiri. nomer 1 emang harus ke satu

    ReplyDelete
  38. Woowww.. beneran tipsnya OKOK banget Mba, but' sy masih blum bisa konsisten nih -__-"

    ReplyDelete
  39. Duhh.... 6 dari 7 hal di atas belum bisa aku terapkan.. Dan tersadar juga, 7 point di atas memang penting banget.
    Bismillah, deh.. Biar bisa dapet hobi yang dibayar :D

    ReplyDelete
  40. Bermanfaat sekali tipsnya mba, terutama yang bagian mengumbar hal negstif di socmed. Ih, jgn sampe ya kita

    ReplyDelete
  41. Aku setuju banget...konsistensi perlu ya mba, walaupun susah hehehe. Dan etika itu PENTING! Di mana pun berada :)

    ReplyDelete
  42. Tipsnya keren mbak Tanty, semoga bisa saya terapkan ya. Kalau urusan sosmed saya belum maksimal nih mbak, kalau posting blog ngga pernah di share ke sosmed, padahal itu penting ya. Saya juga belum pede dan belum punya nici alias gado-gado. Ternyata masih banyak kekurangan yang harus saya benahi ya, hehe

    ReplyDelete
  43. Makasih sudah diingatkan. Noted dulu ah tips nya. Emang harus mulai konsisten menulis nih, nggak boleh males :D

    ReplyDelete
  44. Ilmu baru yang sangat membantu... terima kasih ^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)