22 Jul 2016

7 Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Credit : website Johnsonbaby.co.id
Mungkin tips simpel 7 cara memandikan bayi yang benar tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Mengingat banyak keuntungan yang bisa dipetik dari sejumlah tips tersebut. Disamping membantu dan memudahkan para ibu (baru) yang baru saja memiliki bayi pertama kali.

Sama halnya dengan yang dialami keponakan saya yang disibukan dengan aktifitas merawat bayi baru, Maklum biasanya bayi pertama lumayan merepotkan orang tua yang notabene masih banyak melakukan penyesuaian seperti kebiasaan makan/minum, waktu tidur, ataupun saat mandi. Menjadi tanggung jawab dan amanah yang harus dilakukan satu sama lain.

 
Bayi keponakan saya memang lucu menggemaskan namun rewelnya minta ampun *mungkin pas hamil bundanya sukak sedih, kalee * Serba riweuh dan bingung, kalo si bebi ini nangis gak ada juntrungnya. Baru anteng jika ditetekin . Tidak hanya itu saja, waktu mandi jadi sesuatu yang tidak terduga. Awalnya sih hepi-hepi saja, kemudian si bebinya mulai mernegek-rengek apalagi tahu bajunya mulai dicopot. Bingung, tentu saja. Sampai keponakan saya tidak tega hati, urung memandikan anaknya.
Apakah hal yang sama ini pernah dialami para ibu cantik sekalian ???


Tips Mudah 7 Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Siapa sih yang tidak gemas melihat sosok bayi yang lucu dan imut. Apalagi masih di usianya yang sangat dini belum banyak aktifitas yang dilakukan seperti orang dewasa. Namun kewajiban mandi harus rutin dilakukan si bayi yang lucu menggemaskan ini demi menjaga kebersihan dan kesegaran tubuhnya.

Namun tidak semua bayi bisa diajak menikmati momen mandinya, mengingat ada sebagian yang terus-terusan rewel kayak cerita si bebi dari keponakan saya diatas tadi, ya . Mungkin patut disimak beberapa tips mudah berikut ini yang bisa dipraktekin di rumah yakni 7 cara memandikan bayi yang benar :


1. Siapkan semua keperluan mandi bayi dengan baik
Dengan mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan waktu mandi si bayi, tentunya akan lebih memudahkan menciptakan momen kebersamaan yang menyenangkan ketika mandi. Kalau saya biasanya menyiapkan yang penting seperti mainan yang mendukung di air (semisal boneka bebek kecil, bola plastik warna warni), handuk, serta perlengkapan mandi lain.

2. Perhatikan suhu air mandi
Sebaiknya perhatikan suhu air mandi yang pas agar nantinya aman untuk mandi bayi. Dulu yang sering  saya lakukan mengecek suhu air mandi dengan mencelupkan siku tangan ke dalam air. Apabila air yang dirasa tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin, itu menandakan suhu air cukup aman untuk bayi .
Namun disarankan, menggunakan air hangat atau  yang suam-suam kuku dalam memandikan si bayi tercinta karena bisa memberikan rasa kenyamanan serta menjaga supaya suhu air kurang lebih sama dengan tubuhnya sehingga bayi terhindar dari rasa menggigil kedinginan. Kini ada yang lebih praktis juga dengan adanya termometer suhu yang bisa digunakan mengecek suhu air mandi bayi. Suhu air yang dirasakan nyaman dan pas untuk mandi si kecil berkisar 32,3 - 37.8 derajat celcius, disebabkan mendekati temperatur normal suhu tubuh manusia.

3. Pilih sarana mandi bayi yang aman
Dulu sebelum memilih sarana mandi bayi seperti ember/bak air saya konsultasikan dengan bertanya pada dokter dan teman yang berpengalaman. Kira-kira mana yang aman untuk dipakai memandikan bayi. Ternyata ada poin penting yang diperhatikan seperti kedalaman air pada bak mandi bayi dianjurkan sekitar 13 cm saja. Tujuannya agar tubuh bayi aman terendam air sebatas bahu saja dan terhindar dari resiko kemungkinan tersedak.

4. Perhatikan Waktu memandikan bayi
Ada baiknya memandikan bayi pada waktu sebelum makan. Perhatikan juga mood bayi. Jangan saat rewel, bayi  segera mandi. Melainkan dengan memperhatikan responnya yang ceria dan penuh semangat bisa untuk mengajaknya mandi.

5. Interaksi ceria dengan bayi
Adakalanya mood bayi swing. Jadi tidak ada salahnya orang tua telaten dan rajin mengajak komunikasi bayi. Seperti persiapan sebelum mandi sambil membuka bajunya dengan hati-hati ajaklah si bayi dengan senandung ceria. Atau mengajak bercanda tawa. Lalu bungkus bayi dengan handuk di pangkuan. Usap muka si bayi dengan washlap basah nan lembut sebelum dimandikan,

6. Pilih cermat produk bayi yang rekomended
Memang memandikan bayi terasa gampang-gampang susah. Apalagi mengingat kulit bayi yang  masih tipis dan sensitif sehingga perlu waspada dan ketelitian dalam menggunakan produk bayi. Jangan sampai memandikan bayi secara sembarangan semisal dengan sabun antiseptik, keramas dengan kadar detergent yang tinggi melainkan pilih  produk yang khusus untuk mandi bayi. Kalau pilihan keluarga saya dari dulu jatuhnya pada JOHNSON’S® baby 2 in1 TOP-TO-TOE® wash. Yang memiliki formula istimewa yakni No More Tear.
Alasannya yang utama anak-anak tidak takut mata pedih saat dikeramasin rambutnya malahan mereka senang dengan aroma sabun mandinya yang wangi dan lembut di tubuh. Sampai di bawa tidur, keharuman dari sabun mandi dan shampoonya masih tetap awet. 

7. Mandikan si bayi dengan penuh rasa sayang

Dalam memandikan si kecil sebisa mungkin ciptakan momen menyenangkan. Jangan sampai terbawa rasa emosi saat memandikannya. Bisa-bisa si kecil trauma ketika mandi. Berikut langkah mudah memandikan si bayi :

* basuh bagian kepala, wajah, leher baru ke lengan , punggungh sampai ke tungkainya. Perhatikan juyga daerah lipatan tubuh bayi yang kadang terlewati. Seperti lubang daun telinga dan lubang hidung bayi.

* Setelah itu sabuni bagian kepala dan tubuh bayi dengan bantuan washlap. Usap dengan lembut sesekali dengan mengajak bayi tersenyum atau menyapanya lembut. Cara aman memegangnya dengan meletakkan salah satu tangan (posisi seperti menopang) di bawah bahu dan leher si bayi, sementara tangan yang lainnya menyangga bagian pantat bayi.

* segera bilas dan mandikan dengan penuh cinta. Setelah semuanya dirasa bersih segera angkat bagian pantat bayi. Lalu bungkus dengan handuk. Kemudian tepuk-tepuk lembut tubuh bayi supaya kering, Biarkan sesat bayi terbungkus dengan handuknya sebelum dipakaikan baju.

Demikian sejumlah tip mudah yang saya paparkan dalam postingan kali ini. Semoga saja bermanfaat bagi pembaca sekalian.  Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu dari yang sebelumnya belum pernah diketahui.
Selamat mencoba tips 7 cara memandikan bayi ya benar ya, para ibu muda cantik dan bersemangat. 

Keep Happy Blogging

22 comments:

  1. aku udah punya tiga anak tapi baru tahu kalo kedalaman air mandi sebaiknya 13 cm aja mba ;p. Makasih ya artikelnyaaa..

    ReplyDelete
  2. Skr aku lg happy2nya krn si baby trmasuk anak yg anteng bgt. Agak beda ama kakaknya, si bungsu ini suka bgt pas dimandiin.. malah kmrn, air panas di rmh sempet masalah mbak, dan gas habis pula. Jd si baby dimandiin ama air biasa, yg ga hangat, dan dia ttp ketawa2 :D. Saking sukanya main dalam air gitu, pdhl ni anak br 5 bulan. Jd mandiin si adek jauuuh lbh nyenengin krn akunya sendiri juga bisa main2 air dan becanda2 ama si dedek :p.

    ReplyDelete
  3. Tips ini sudah khatam buat saya yang mencoba istiqomah dengan program 2 anak saja sudah cukup. Tetapi pasti sangat berguna bagi keluarga muda. TFS Mbak Tanti

    ReplyDelete
  4. Tips ke-8, jangan terlalu lama. hihihihi...

    ReplyDelete
  5. Juna dulu juga pakai johnson loh,Mbak
    Terus juga air anget....

    ReplyDelete
  6. Yup, sabun mandi dan shampoo bayi yang tidak pedih dimata membuat kegiatan mandi jadi menyenangkan bagi si kecil :)

    ReplyDelete
  7. Jadi inget waktu Ibtan baby dulu, ketujuh tips ini emang sip banget,Mba. :)

    ReplyDelete
  8. Aku termasuk ibu yang memandikan bayinya sendiri dari lagir. Pas udah pulang dari rumah sakit tentunya. Bagiku memandikan bayi sangat menyenangkan, dan sambil menjalin bonding yang kuat juga ya Mba dengan debay. Seakarang bayinya udah gede, udah bisa mandi sendiri, wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Ternyata diameter bakpun ngaruh ya mb crist...
    Pengetahuan baru nih buat aku
    Klo pas adekku masi kecil ditaruh di ember panjang

    ReplyDelete
  10. sebagai ibu baru juga saya begitu gagap mandiin bayi..yang ada minta tolong ibu.hihii..memang perlu persiapan ekstra kalau anak pertama ya bun..

    ReplyDelete
  11. walaupun awalnya takut-takut, tapi saya menikmati waktu memandikan anak-anak saat bayi. Bonding time :)

    ReplyDelete
  12. Aku pas awal mandiin anak selalu nggak berani, mba. Aku lap aja badannya. Tapi lap basah. Hihi. Kecuali pas anak udah bisa duduk ya baru aku berani. Hihii

    ReplyDelete
  13. kalau pagi maksimal mandiin debay jam 9..seru banget rasanya,maklum baru punya satu dan masih 7 bulan,pas gemes2nya^^

    ReplyDelete
  14. eh saya dulu pas awal anak2 newborn sabunnya juga pake johnson, krim nya juga johnson. bisa sekalian buat ngilangin beruntusan dimukanya soalnya *eh la kok ngiklan...kali-kali aja johnson mau endorse...eaaa...hahaha...

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat masa anak-anak masih kecil dulu. Saya juga paling seneng kalo mandiin bayi, gemesin trus bisa kita ajak bercanda. Wanginya juga suka...pengennya sih, gak berhenti nyiumin hi..hi.

    ReplyDelete
  16. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  17. Waah makasih tipsnya mbak.Kebetulan lagi hamil 8 bulan.Dan terakhir punya bayi 9 tahun lalu.Jadi sudah lupa cara mandiin bayinya.Untung baca artikel ini.Bisa untuk persiapan mandiin bayi besok.

    ReplyDelete
  18. Kalo aku, yg pertama, siapin baju, pempersnya dan perlengkapan lainnya yg bakal dipake stlh mandi, baru siapin air panas dsb dsb nya.
    Hihihi

    ReplyDelete
  19. dulu saya baru berani mandikan bayi pas usia 1 bulan :D, mudah2an anak ketiga berani mandikan sejak new born :D

    ReplyDelete
  20. waktu anakku baru lahir, 3 bulan pertama yang mandiin tiap pagi itu suamiku, agak ekstrem mandiinnya .. segala muka digosok gitu, aku sodorin ah tulisanmu ke suamiku

    ReplyDelete
  21. Aku bisa mandiin bayi, ketika anakku berumur 2 bulan lebih... #keberanian itu baru hadir :)

    ReplyDelete
  22. Wah... lama gak mampir di sini.. Btw, mksh sharringnya ya., Pas banget nih buat ibu2 muda yang masih punya baby..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)