26 Sep 2016

Jangan Keburu Panik Mencari Tukang Reparasi, Ada Cara Mudah Menyiasati Kerusakan Mesin Cuci

Credit : Google
Tidak pernah terbayangkan jika suatu hal yang rutin dilakukan setiap hari tiba-tiba berubah drastis. Apalagi jika semua sudah terseting secara otomatis sehingga memudahkan semua urusan terutama dalam kepentingan rumah tangga.

Mulai dari hal sederhana membersihkan rumah, memasak dan mencuci bisa dikerjakan secara bergantian atau bahkan bisa dikerjakan berbarengan. Jujur ini urusan wanita (baca : Ibu Rumah Tangga) yang patut diacungi jempol  lantaran super wonder Mom . *Eh, mana ada kaum lelaki atau bapak-bapak ya ? Mungkin ada, tapi jarang sekali. Hahaha.

Seperti biasa pagi, sebelum belanja pasti pekerjaan utama rumah sudah dicicil beres. Mulai menyapu lantai dalam maupun pekarangan rumah sehabis acara mengantar sekolah anak-anak. Barulah memilah-milah cucian kotor. 

Untungnya urusan mencuci sudah mempercayakan pada LG Turbo Drum Wash Machine satu tabung. Yang begitu irit baik pemakaian sabun, air dan listrik. Kapasitas mesin cuci dengan tutup atas ini lumayan gede, jadi banyak cucian kotor keluarga inti (suami, saya, kakak serta si adik) yang bisa ditampung hingga 7 kilo banyaknya.

Yang bikin keluarga jatuh hati memilih mesin cuci satu tabung LG Turbo ini lantaran opsi mencuci bisa diatur sesuai keinginan. Kalau saya biasa menyetel mode Quick Wash sekitar 30 menitan. Mengingat beberapa baju kotor terkena noda keringat dan bau apek. Sementara kotoran dengan noda membandel sudah dibersihkan terlebih dulu secara manual. 

Kelebihan lainnya, saya bisa melenggang santai belanja sayur mayur dan kebutuhan dapur. Pulang dari pasar, tinggal menjemur baju yang sudah bersih dan harum.Swear, benar-benar bersih semua cucian rumah.  Tinggal tunggu beberapa jam (jika matahari bersinar cerah) baju-baju jemuran sudah bisa diangkat. Kebetulan saya memang menjemurnya di area dalan rumah saja. So simpel, banget bukan ?

Jika ditanya soal awet tidaknya mesin satu tabung ini *maklum ada juga sebagian para ibu rumah tangga kuatir memakai mesin satu tabung ini. Lebih cenderung KUATIR ketimbang tidaknya. Belum lagi harganya yang relatif lebih dibandingkan yang mesin cuci dua tabung. Secara subyektif, saya katakan AWET pakai banget ^_^.

Pengalaman memakai mesin cuci LG Turbo Drum yang dikenal ekpress dalam hal mencuci dan memiliki kapasitas mencuci lebih besar sudah berjalan hampir 4 tahun ini, kok. Ingat persis saat itu saya benar-benar direpotkan dengan si kecil Cielo yang berumur 2 tahun. Apalagi pas rewel, susah untuk kompromi mengerjakan all around pekerjaan rumah tangga. Akhirnya suami tercinta menghadiahi istrinya ini dengan mesin cuci otomatis. Alhamdullilah.

Jadi tidak ada istilah untuk takut rusak jika memilih mesin cuci satu tabung daripada mesin cuci sebelumnya. Tidak ada rasa kekuatiran juga ketika ada keluarga atau teman menceritakan sejumlah hal kerusakan yang pernah terjadi pada mesin cuci satu tabung. Semisal teman ada yang pernah mengalami, kaos kaki si bayi terselip dan menyumbat saluran air masuk, sehingga mesin cuci tidak berjalan dengan baik. *Hmmm saya tidak bergeming. Tetap dengan pilihan utama mesin cuci top loaded.

Awet tidaknya suatu mesin elektronik semuanya berdasarkan pada cara pemakaian serta perawatan. Asalkan kita berusaha userfriendly dan mengikuti SOP yang ada pada buku manualnya dijamin barang elektronik yang dimiliki selalu dalam kondisi baik.

Sampai pada akhirnya, hal tersebut saya buktikan sendiri.Suatu ketika saat mau mencuci di pagi hari, alarm start button terus berbunyi berulang-ulang. Boro-boro mesinnya bisa menggiling  memutar. Saya ulangin restart dari awal masih tetap nihil. Mesin cuci tampaknya ngambek sama sekali. Dan terlihat di monitor timer mesin cuci dR. (Baca Door-error).

Tampilan error saat mesin cuci dinyalakan
Saya menyerah setelah berkutat lama mencari akal bagaimana mesin cuci andalan keluarga sehari-hari mampu bekerja seperti sedia kala. Suami, juga mencari-cari sesuatu hal yang bikin mesin cuci ngambek. Kadang ada sempilan benda keras seperti uang koin, mainan keras, bolpen, atau apalah yang membuat mesin tidak mau berputar baik.

Dikatakan putus-asa, bisa jadi. Karena sudah hampir tiga minggu saya mengalah memilih cara manual mencuci semua baju-baju yang kotor. Yaaah kalau ada rejeki lain, biasanya memilih laundri keliling. Tapi lumayan boros, kan kalau setiap hari. Hehehe.

Suami saya ekstra sabar menyemangati saya yang sudah hampir menyerah. Terlanjur kepalang rusak dan susah memperbaiki mesin cuci. Mending langsung cari tukang reparasi. 
Paling siap fee maintain 100 ribuan aja ya, pa. Semoga mesinnya bisa normal lagi
Setengah mati saya membujuk dan merayu suami, untuk segera memperbaiki. Supaya tangan-tangan lembut saya enggak perlu berjibaku lagi dengan sabun detergent. Bikin panas dan gatal-gatal, tauuuk ! Hehehe. Namun jawabannya tetap kudu SABAR ! Hadeeeuh.

Berbekal gogling sejumlah informasi di internet suami dengan penuh keyakinan menyuruh saya demo mencuci lagi. Sudah gak usah manyun, buruan gih mencucinya. Wah ini serius apa mau ngetes becandaan saja *Looh kok pikirannya negatif terus. Capeeek deh !

Magnet Flipcase tablet penyelamat mesin cuci sukses menempel manis

Sungguh kepalang gembiranya hati ini, rasanya mau jingkrak-jingkrak kegirangan manakala alarm pada mesin cuci tidak terus menerus berbunyi. Artinya, mesin cuci kembali berfungsi normal. Duh, jadi semangat level dewa nih, bisa mencuci setumpuk baju kotor dengan lebih praktis dan cepat.

Penasaran gaak ? Bagaimana solusi yang di dapat suami tercinta. Hehehe.Ternyata dengan memanfaatkan magnet bekas Flipcase tablet milik putri bungsu saya  akhirnya bisa menyembuhkan kerusakan (dE/ door error) pada mesin cuci 1 tabung LG Turbo Drum. Tentunya dengan bantuan lem tembak untuk melekatkan magnet dari Flipcase tablet. Luar biasa !
Sejumlah alat kreatif memperbaiki magnet pada pintu mesin cuci flipcase dan lem tembak
Ada pesan dari suami juga dan ini penting diingat selalu. Kalau menutup pintu mesin cuci satu tabung harus hati-hati dan jangan asal membanting. Supaya terhindar dari kerusakan magnet pintu mesin cuci seperti sebelumnya.

Siaaaaap ! 
Benar juga tuh nasehat mas suami, tanpa disadari berulang kali saya terbiasa menutup sembarang. Hingga akhirnya magnet pada pintu mesin cuci menjadi rentan rusak. Hikmah baiknya nih gak perlu keburu panik mencari tukang reparasi. Sedikit bersabar bisa tahu ada cara mudah menyiasati kerusakan yang terjadi. Beneeeer, kaan gaes .

Keep Happy Blogging

40 comments:

  1. wih mantap mbak, kalau aku sih sdh acri tukang reparasi secepatnya

    ReplyDelete
  2. Asyiik jadi nggak rempong nyuci pakai tangan lagi yo mbak.
    Siiip

    ReplyDelete
  3. Asyik mb..klo suami ngerti mesin. Mesinku juga dl pernah rusak...tapi rewel...rusaknya berulang..jadi mlh biaya banyak buat servis. Akhirnya di jual...😊 blm pernah pake merk lg

    ReplyDelete
  4. wah kereeen, btw berlaku semua merk ya mbak

    ReplyDelete
  5. Mksh sharringnya ya Mba.. Berkat ada mesin cuci pekerjaan rumah tangga terasa lebih ringan ya Mba.. Sembali nungguin cucian di mesin kita bisa ngerjain yg lainnya..hemat waktu..

    ReplyDelete
  6. Di rumah ada 1 mesin cuci yang sudah tak berfungsi karena dikanibal sama tikus. Dulu aja bilangnya anti karat dan anti tikus, nyatanya nyusuh juga si tikus di bawah mesin cuci. Sebel.

    ReplyDelete
  7. saya pernah reparasi kayak gini, eh tukangnya kurang jujur..jadi gimana gitu..

    ReplyDelete
  8. Waah, aku blm pernah pjnya meain cuci 1 tabung bukaan atas. Sapa tau nanti punya, akan kuingat pesan suamimu mbaa

    ReplyDelete
  9. waaaa mesin cuci kita samaan maakk
    punyaku udah mau 5 tahun n anteng2 aja belum eror (semoga jangan)
    dulu make yg dua tabung bolak-balik rusak. kesel, buntutnya benerin sendiri krna penyakitnya sama. skr udh rusak krn 10 th lebih, dah karatan, tabungnya amblas wkwkkw

    ReplyDelete
  10. Wah syukurlah akhirnya bisa jalan lagi mesin cucinya ya. Hebat bisa nyelesaikan sendiri.
    Kalo aku biasanya panggil tukang reparasi aja hehe :D

    ReplyDelete
  11. Aku manfaatin mesin cuci punyak kakak klo kbetulan cucian bnyak mbak. Emang mudah dan gampang. Tpi aaku cuma nunut ngeringin aja nyucinya pke msin tangan. Heee

    Sabarnya berbuah hasil. Dpet ilmu baru juga.. :D

    ReplyDelete
  12. Aku pake yg 2 tabung pernah pengeringnya banjir, ternyata ada daleman yg nyangkut lama dsana. Untung ketahuan jd g usah bayar tukang :))

    ReplyDelete
  13. Kereen ih bisa memperbaiki sendiri. Aku jg pake lg mba alhamdulillah g ada masalah sdh 3 tahun ini

    ReplyDelete
  14. Seru ya mba punya suami yg ngerti mesin :)

    ReplyDelete
  15. Wah iya ya mba.. salah satu kekhawatiran bekjnyg otomatis itu ya takut cepat rusak. Terus panik kalau alarmnya nguing nguing.. hihi.. padahal k
    O dipelahari bisa aja ya.. duh pak suaminga baik banget ya...

    ReplyDelete
  16. DE = door eror, aku br tau mba, baru tau jugak kalo nutup pintu tabung 1 pintu musti ati2 he he,,biasanya ya lgsg panggl tukang mesin cuci bwt benerin 😀 tengkyu inpo nya mba,,

    ReplyDelete
  17. Mba Tanty, aku tuh panik kalau mesin cuci rusak. Andalan bangeet

    ReplyDelete
  18. emang sebaiknya setelah beli mesin cuci harus baca juga buku manualnya ya mbak... jadi kalau ada error2 dikit bisa diatasi...kadang dE atau 4E hihihi

    ReplyDelete
  19. Saya juga gak akan keburu banik cari tukang reparasi, Mbak. Karena saya serahkan dulu pada suami saya untuk coba diperbaiki hi hi hi

    ReplyDelete
  20. Ah iya, adek iparku cerita, kalau baju seragam anaknya yg masih PAUD, terselip di sekitar tabung mesin cuci. Entah lewat mana :)

    ReplyDelete
  21. Ooo karena terlalu kencang nutup pintu ya. Kalau marah, jangan melampiaskan ke mesin cuci, mbak. Heheh

    ReplyDelete
  22. aku juga pake LG mbak, tapi yang dua tabung. belinya sudah 8 tahun yang lalu, pernah rusak sih tapi masih bisa dipake sampe sekarang. Padahal aku nyuci kadang sehari bisa sampai 2 atau 3 kali. musim hujan begini mesin cuci amat sangat berguna, terutama mesin pengeringnya hihihi...

    ReplyDelete
  23. Mesin cuci satu tabungku rusak, sekarang ganti ke dua tabung :))
    Klau mesin cuci rusak, dunia persilatan emak2 kacau yo mbak? Jgn sampai deh rusak lagi :D

    ReplyDelete
  24. Mba, iyah pesen mamahku klo nutup jangan dibanting, dulu waktu masih ada mesin cuci.. Jadi udah bener lagii yaa mba mesin cucinya^^ asikkk

    ReplyDelete
  25. wuih, kreatif ya mbak! Kalau aku udah sewot duluan mesti hihi

    ReplyDelete
  26. Oh ternyata harus begitu mbak cara untuk mengatasi mesin cuci yang tiba tiba eror saat dinyalakan, waktu pertama kali mengalaminya waktu itu langsung panik mbak dan langsung panggil tukang service karena kalau waktu itu tidak terlalu mengerti.

    ReplyDelete
  27. Oooo gara2 magnet di tutup mesin cucinya toh hehehee... mesin cuciku masih yg 2 pintu sih mba, ga pake magnet

    ReplyDelete
  28. Dirumah ku masih setia pake 2 tabung hehehe

    ReplyDelete
  29. tulisan ini wajib dibaca oleh para Ayah. :D

    ReplyDelete
  30. Step to step yang judah diikutin way. cocok nih. Mesin cici suka ngadat tengah malem hehehe

    ReplyDelete
  31. Sama kyk punya ibukku mb tp mgk beda seri

    ReplyDelete
  32. Wah walau sempat ngambek... mesinnya awet banget ya mba...

    ReplyDelete
  33. Catatan suaminya oke banget... kadang menutup pintu mesin itu saya juga suka sembarangan mba...

    ReplyDelete
  34. akhirnya bisa diperbaiki juga. Jadi tetep halus dong tangannya hihihi

    ReplyDelete
  35. wahhhh,, bisa disimpan nih tipsnya, kali aja nanti punya mesin cuci problemnya kayak gini :D

    ReplyDelete
  36. Wahh, tips yg sgr berguna nih Mak. Terima kasih ya :)

    ReplyDelete
  37. Penasaran nih, mba. Itu magnetnya ditempelin di mana ya? Penglihatanku kok ya ditempel di atas tulisan digital dE tadi hehehe...

    ReplyDelete
  38. Waah makasih tipsnya Mbak..Aku juga tiga kali mesin cuci rusak suami perbaiki sendiri. Soalnya hobinya emang benerin barang-barang rusak. hehehe..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)