17 Nov 2016

Lima Cara Mudah Membuat Password Yang Baik

Credit :Pintrest
Senangnya diri ini, finally bisa menemukan info tentang lima cara mudah membuat password yang baik. Selama ini susah-susah gampang jika diminta membuat password atau kata sandi yang aman dan mudah diingat. Maklum seiring usia bertambah terkadang saya linglung dan susah mengingat baik kata sandi apa yang sudah disematkan. Belum lagi ikut beberapa akun sosmed yang bejibun banyaknya.

Parahnya saking banyaknya akun di media sosial membuat berulang kali ekstra mengingat tentang kata sandi yang sudah dipilih. Ujung-ujungnya mentok dan gagal mengingat. Sehingga opsi terahir "Lupa Password" yang digunakan. Benar-benar menyita waktu. Pengin yang praktis dan efektif malahan jadi terbuang percuma gegara harus mengingat berulang kali dan terpaksa membuat password yang baru lagi. *Pernah mengalami ?

Kenapa sih harus berhati-hati dan jeli dalam menyimpan password ?
Melihat dari pengalaman tidak menyenangkan dari teman atau kerabat yang pernah mengalami akun pribadinya dibajak (di hacked) orang tidak bertanggung jawab. Ya kalau seledar iseng, kuatirnya merugikan nama baik dan korban tindakan kriminalitas. Hayo, gimana pastinya mendatangkan perasaan tidak nyaman.

Ada kejadian yang sempat membekas di pikiran saat salah satu saudara yang saya kenal baik tiba-tiba akun sosmednya berubah drastis. Setahu saya dia seorang muslimah taat dan menutup aurat dengan baik. Eeh, terkejut bukan kepalang mendapati foto profilnya yang tanpa jilbab.

Masak sih  iya berani pasang foto yang tidak seperti biasanya apalagi ini dilihat menyeluruh semua orang di berbagai penjuru kota. Duh, Gusti. Untung saja saya pas kebetulan teleponan dengan saudara saya itu dan langsung menanyakan keanehan akun sosmednya. Benar ! Ternyata akunnya sudah dibajak, dia sendiri tidak bisa login ke akun tersebut.

Membuat Password yang Baik

Dulu ada yang menyarankan untuk membuat password lebih aman dan mudah diingat dengan cara menuliskannya dengan huruf pendek bukannya CAPSLOCK. Huruf besar. Dengan alasan lebih mudah diketik dan praktis.
Sayangnya tidak semua bisa dipraktekkan begitu saja, ada ketentuan dalam pembuatan password yang mewajibkan pemilihan password dengan numerik atau kata kunci campuran yang lebih kuat dan bisa digunakan pada tiap akun sosmed yang dimiliki.

Nah, menurut info yang saya ketahui bagaimana supaya dalam membuat password lebih mudah dihafalkkan dan juga aman bisa dengan mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Gunakan Use Lower, Upper Case, Nomer, dan sejumlah karakter keyboard
Membuat kata sandi atau password dengan campuran ada huruf besar, huruf pendek diselingi nomor serta karakter pada keyboard. Menurut George Shafer seorang ahli kata sandi, menjelaskan bahwa pembuatan password yang terdiri atas 8 karakter dan diselingi adanya angka, huruf campuran serta salah satu karakter keyboard kemungkinan besar akan susah dibobol / dibajak selama 2 (dua) tahun kedepannya.

2.Hindari memakai istilah Nama, Alamat Email dan Biodata
Menghindari tindakan kriminal hacker atau orang yang lihai bisa mencari-cari persamaan dan hubungan yang berkaitan dengan akun online personal, ada baiknya tidak memakai istilah yang umum dipakai. Karena dengan mudah bisa dilacak orang yang memang memiliki kemampuan membobol kata sandi. 

Seperti yang dicontohkan bisa menggunakan "Parafrase" seperti ini :
Dkjf9 + ldmsrb1y bisa dibaca [Derek Jumped for Glory and Failed Miserably]
Ternyata pemakaian parafrase ini lebih mudah ketimbang kata-kata umum yang biasanya mudah ketebak..
 
3.Memanage password sendiri
Umumnya penyimpanan password dalam suatu database sudah menjadi resiko empuk dibajak oleh orang-orang yang kurang bertanggungjawab. Sehingga tidak ada yang pasti menjamin keamanan suatu manager password kecuali kata sandi memang sudah dilengkapi sejumlah safety guard /pengaman khusus. Lihat saja sekarang ini pengaman khusus banyak dijumpai tidak hanya via PC saja juga sudah diterapkan pada smartphone baru.

4.Jangan memberitahu sembarang orang
Kadang tips satu ini sering diabaikan banyak orang. Secara tidak langsung dengan menuliskan kata sandi/password pada sebuah catatan buku notes atau lembaran kertas yang tertempel di layar monitor. Bisa saja hal itu tertangkap orang lain yang kebetulan just curious. Ingat jangan biarkan kesempatan kepada orang lain berbuat hal yang merugikan.

5.Safety Password
Jangan abaikan keamanan dalam menggunakan password di tempat umum. Apalagi jika memanfaat koneksi gratis wifi bersama. Sebaik mungkin dicek lagi baik saat login/log out supaya bisa menghindari oknum hacker yang siap-siap mengincar maupun mengacak-acak data penting yang kita miliki.

Meski terasa simpel membuat kata kunci jangan pernah anggap remeh ya dalam memanfaatnya juga, bisa jadi jika kurang hati-hati bisa mendatangkan suatu kerugian. Terlebih saya pun juga barusan sadar dan lebih memahami lima cara membuat password yang baik ini.  Pokoknya tidak mau mengalami hal yang merugikan deh.
 
Keep Happy Blogging

18 comments:

  1. Saya sudah memakai password dengan cara memakai huruf besar dan angka. kalau seperti contoh nomor 2, memang password akan aman dan baik tapi bisa jadi lupa di ingat karena susah/rumit hehe...itu pendapat saya sih mba.

    ReplyDelete
  2. Mbak, ini juga kelemahan aku loh...susah banget buat menghafal pw...

    ReplyDelete
  3. semua paswordku jujurnya aku catet mbak di notes pribadi ;p.. krn saking banyaknya dan semua ribet hihihihi ;p.. apalagi pasword utk akses ke sistem2 di kantor, itu macem2 dan tiap 3 bulan pasti otomatis minta diperbaruin, kalo ga sistemnya lgs nge-lock.. makanya ga mungkin aku bisa inget semua :D

    ReplyDelete
  4. Password memang sebaiknya jangan mudah ditebak ya Jeng
    Tapi kalau terlalu sulit malah merepotkan apalagi jika kita pelupa
    Saya kadang menulis password di hp agar mudah dilihat
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  5. aku suka lupita mba bikin password yang aneh2 makanya bikin yang sesuatu aku sukai tapi orang ga tau hehehe..*apa cik?hahhaa

    ReplyDelete
  6. Aku sering lupa password, mesti dicatat biar klo lupa tinggal liat aja catatannya :D

    ReplyDelete
  7. Wah saya banget nih..suka lupa karena banyak banget password. Bukan hanya untuk media sosial, untuk belanja online juga perlu password. Sampai bingung sendiri, Mbak hihihi

    ReplyDelete
  8. Sy bikin passwordny absurd n yg kira2 ga kepikiran sm org, sejauh ini aman dan smoga slalu aman :))

    ReplyDelete
  9. Aku sudah lakukan ini. Kombinasi sempurna untuk hasil sempurna and it works!

    ReplyDelete
  10. wah ternyata begitu caranya Mba Put, aihh jadi pengen ganti pasw, biar lebih aman. Makasih ya Mba Put buat sharingnya <3

    ReplyDelete
  11. aku juga pernah gitu mbak.
    Apalagi pake pasword dg tanggal lahir. malah tambah rawan

    ReplyDelete
  12. Aku selalu ganti password krn lupa passwd saat login.. Mksh sdh sharring ya..

    ReplyDelete
  13. Aku trmasuk tipe yg susah bikin password apalagi kalo dicampur aduk gitu pasti langsung lupa pas login berikutnya😂😂😂

    ReplyDelete
  14. Kalo untuk akun pribadi sih aman aja selama ini. Aku punya password yang mudah diingat tapi juga susah dihack krn percampuran dari berbagai item. Tapi yang akun belanja online atau influencer atau web komunitas gitu suka lupa. Ah entahlah, malas aja ganti2 akhirnya ya nggak pernah buka, wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Nah msalahnya aku selalu lupa passwordku mbaaakk :))
    Jadinya aku pakai yg mudah kuinget meski tau itu weak huhuhu
    Pdhl ma suami jg sering diomein gara2 password gampang
    yknya jalan satu2nya adalah bikin yg strong trus dicatat ya hehe
    TFS

    ReplyDelete
  16. Hahahaa aku juga sering lupa password nih

    ReplyDelete
  17. aku juga nih, kadang minta reset paswod karena lupa, makasih mba udah diingatkan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)