8 Apr 2017

Yuk, Dolan Ke Gethuk Nyimut Kajar Cemilan Ndeso Cita Rasa Nasional

Dokpri : omahantik.com
Areal parkir Gethuk Nyimut Kajar Kudus
Sudah tiga kali berturut-turut keluarga saya mengunjungi wisata lokal sekitar Kajar Kudus yang terkenal akan Gethuk Nyimut. Tiada rasa bosan terus mengujunginya.

Pondok Gethuk Nyimut terbilang sederhana namun menyajikan suasana pegunungan alami yang cozy. Kan, lokasinya daerah Kajar memang di bawah kaki gunung Muria.

Hawa sekitar yang sejuk dan udara yang fresh seakan memanjakan siapa saja yang berkunjung. Lebih klop lagi jika ditemani secangkir teh atau wedang jahe hangat dilengkapi dengan cemilan khas, Gethuk goreng.

Terbilang khas dari Gethuk Nyimut ini yang tidak bisa hilang sensasinya. Coba tebak, kira-kira apa yang menjadi daya tariknya? Pinisirin gaaakk ???

Bagi pelanggan atau yang kerap datang pasti sudah tahu khas Gethuk Kajar. Pertama kali digigit orang bisa salah sangka. Banyak yang mengira Gethuk Nyimut terbuat dari bahan ketan.

Padahal bahan baku dari Gethuk Nyimut itu sendiri adalah singkong atau pohung istilah Jawanya. Cuma yang membedakan singkong hasil kebun sendiri Kajar memang lebih empuk dan terasa pulen. Tidak salah jika dikatakan mirip dengan ketan.

Tahukah apa arti dari "Gethuk Nyimut" tersebut, yang tidak lain mengarah pada kata enak, lezat atau nikmat dalam mengomentari cita rasa makanan.

Bagi yang belum pernah mencicipi Gethuk Nyimut Kajar, silakan datang ke kota Kudus arah Utara menuju Gunung Muria. Jangan kuatir tersesat tidak bisa menemukan lokasi, akan ada Papan Petunjuk arah yang bisa jadi guide.

Oiya kuliner wisata satu ini cukup terjangkau looh, satu biji Gethuk Nyimut cuma seribu perak. Pilihan rasanya bisa Gethuk yang orisinal dan juga rasa coklat. Tampak menggoda, bukan?

Iseng-iseng untuk memuaskan  rasa kangen tidak bisa pergi ketika wiken atau liburan dengan oprek ala kadarnya di dapur mungil.Yup, mencoba bikin cemilan yang mudah nan murmer.Hehehe.

Resep bikin Gethuk Nyimut ala homemade



Bahan-bahan
  • Siapkan 1 kg singkong, kupas potong sedang lalu cuci bersih.
  • Setelah itu kukus sampai matang
  • 500 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt garam sesuai selera

Cara Membuat
  1. Tambahkan sedikit garam ke dalam ubi yang telah dikukus, kemudian tumbuk sampai halus dan menjadi getuk
  2. Lumuri tangan dengan sedikit minyak agar tidak lengket saat membentuk
  3. Pipihkan sepotong getuk, isi dengan 1 sdt gula pasir.tutup dan rapatkan.bentuk menjadi bola.lakukan sampai semua getuk habis
  4. Panaskan minyak dalam wajan.Goreng getuk sampai mengapung dan berwarna keemasan.Angkat dan tiriskan.Sajikan selagi hangat.
Mau menghabiskan waktu liburan namun tidak membosankan ya, dolan ke pondok Gethuk Nyimut Kajar. Dijamin ketagihan.

Ada yang bikin saya surprise nih, meski lokasinya lumayan terpelosok dan di sekitaran kaki gunung Muria sinyal si biru masih baik diterima. Sebatas untuk aktifitas sosmed WA, BBM dan intip email. Malahan ibu mertua kirim WA untuk membawa oleh-oleh Gethuk Nyimut. Siaaap, buk!

Keep Happy Blogging❤❤❤




101 comments:

  1. Aku suka gethuk ini..bikinnya juga gampang ya mbak.

    ReplyDelete
  2. aku ngebayangin makan getuk, nyam, nyam, aku suka bgt sama getuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Gethuk bisa terkenal ke mancanegara deh mb,makasih udah berkunjung ya

      Delete
  3. Bsru td pulang pkk aku makan gethuk mbk :D
    Kangen makan gethuk goreng deh. Pernah makan wktu di Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Gethuk gorengnya Nyimut bngt mb alias Maknyus hahahaha

      Delete
  4. Waduh,aku suka nih getuk. Enak banget deh buat ngemil pagi sambil minum teh atau kopi. sayang, sekarang getuk agak jarang dijajakan di Jakarta

    ReplyDelete
  5. Kalo isi gula merah, namanya jemblem mbak di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan info mba ..Asyik di Malang jemblem ya.xixixi

      Delete
  6. Waduh ada resepnya juga. Trims ya Bunda Cantik. Kapan2 panen singkong saya mau coba buat ah :)

    selama ini bisanya digoreng diBuat keripik. Besok mau coba buat getuk juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg punya kebun pasti berkah deh teh Okti πŸ˜˜πŸ‘Œ

      Delete
  7. Klo ditambah keju tambah enak ini Mbak. Sepupuku pernah bikin yg mirip, singkog kukus, haluskan, kasi gula garam, sedikit margarin, sama keju parut. Uenak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik jadi tambahan koleksi resep singkong deh.makasih mbksay caem

      Delete
  8. enak mba, ak suka getuk lembut dan halus dan kue kudapan yang ku suka bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos sama dong, Gethuk jadi berkah yg stay di Indonesia ya mbaπŸ˜€

      Delete
  9. Kuliner Kudus enak2 lho, minggu lalu aku lewat mampir nyobain kulinernya. Tapi sayang belum nyobain getuk, moga2 lain kali bisa mampir lagi nyobain si getuk ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Basah ketauan deh gak woro2 n mampir.next time ya mbak Elis miss u Too❤❤❤

      Delete
  10. mauuuu gethuknya Mba Putri, menggiurkan banget membayangkan makan gethuk saat hujan begini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Joss ya masiamwan sutamfan xixi.jodohnya makan Gethuk kan sama kopi atau teh hangat.maknyusss

      Delete
  11. Enak nih mesthi ... resep ini akan saya kasih ke istri, biar dia pelajari... makasih yaa sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kak. Duh jadi so sweet dong masak sama istri tersayang.sip deh

      Delete
  12. Saya juga seneng sama gethuk mbak.

    ReplyDelete
  13. Ya ampuuun... Perasaan seumur umur aku ke Kudus, Pati, Bahkan ke Trangkil ga pernah disuguhi Getuk Nyimut ini..

    Siip.. Bisa dicoba kalo pulkam Thanks ya info nya. Sinyal biru kuat juga yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kekinian dan sekarang dikemas minimalis caem mbak gak nyangka

      Delete
  14. Gethuk goreng wkwkw
    Tambah gula di dlamnya jd klenyem Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepintas kayak cemilan semarangan ya .. Klenyem jaman cilikanku

      Delete
  15. Saya taunya Gethuk, tdk pakai nyimut. Singkong bs jadi byk jenus makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah dijelasin tuh Nyimut artinya tidak lain tidak bukan enak rasanya

      Delete
  16. aku suka getuk, dan cara bikinnya gampang yaa? kapan kapan mai coba ach.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih y mbak astin cakep yg pinter masak hehe sdh berkenan mampir

      Delete
  17. Aku hobi maem gethuk, nanging ojo digoreng. Soale lagi ngurangi gorengan mbak heheee.
    Tp Kudus kreatif, tambah keren

    ReplyDelete
  18. Enak nih mba, ternyata ada getuk yang seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak sih mbk cemilan lokal bergizi

      Delete
  19. Boleh dicobain ni resepnya. Kayaknya mudah bikinnya ya

    ReplyDelete
  20. Jeneng cemilane dowo lan rodo angel diapalke..
    Nyebut Gethuk Muria ngunu intuk paling yaaa..:p ^_^

    Mdh2an intuk rezeki dolan dan incip si gethuk nyimut kajar..
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah mbk pulkam Jawa ntar tak ajak muter2 kalah.hehe

      Delete
  21. Enak mesti nih buat ngemil bareng kopi irengan.

    Isa dipaket tekan Lombok ora mbak? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kan mau pulang mudik kan mbak 2 bulan lagi.Adoh men paket ke negeri Lombok wkkk. miss u.

      Delete
  22. Saya juga suka gethuk..tapi kalo gethuk nyimut batu tahu ini mbak :)

    ReplyDelete
  23. Gethuk enak banget dimakan sore sore sambil ngeteh.apalagi kalo numbuknya bener bener haluus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang jaman dulu kopi ndeso hehehe serba Maknyus ngono iku y mbak

      Delete
  24. Aku suka gethuk Maakk...
    Ya Allah langsung ngiler nih...
    *elus2 perut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeey bumil langsung ngiler.Minta beliin misoa ya Nok sayang hehehe

      Delete
    2. Yeey bumil langsung ngiler.Minta beliin misoa ya Nok sayang hehehe

      Delete
  25. wah ini makanan ke sukaan ku klu di Jakarta gethuknya dibikin unik...apapun itu aku suka lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nyangkut Gethuk emang gak ada habisnya uenaakπŸ’•❤

      Delete
  26. Iya enak banget ini kak. Kalo di Situbondo apa ya namanya.. Lupa. soalnya jarang banget yang jual skr. Ahahau... Biasanya isinya itu gula merah... Hmmm enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah jadi pe er loh kak kudu nyari jawaban pastinya.Eh jgn2 jemblem apa Klenyem klo d Semarang hehehe

      Delete
  27. Udah lama nggak makan gethuk mba. Wah jadi pengen

    ReplyDelete
  28. Dian juga suka getuk , apa lagi getuk goreng ya yg suka dibawa teman-teman sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Getuk Nyimut beda loh mbak yg itu.ini rasanya kayak ketan gitu

      Delete
  29. Aku kira nyimut itu imut,Mbak. Hahaha. Bolehlaaah paketin buat Jasmine. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Jasmine manis main aja ke rumah auntie di Kudus y

      Delete
  30. Looks yummy Mba Gethuknya, aku contek resepnya yaa...suka sama makanan yg berbahan singkong soalnya bisa jd alternatif camilan gluten free ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah cemilan murmer banget dan cocok di.lidah siapa aja mba

      Delete
  31. Aku juga mau oleh oleh gethuk nyimut 😁
    Belom pernah bikin gethuk sendiri, ntar kapan-kapan nyoba ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah kecil n gampang buat maklum yg expert memasak.sini kriimi ke.tanty ya hehehe

      Delete
  32. Aku juga suka gethuuk...sing asale soko telo...
    Moto ngantuk, iku tambane opo...

    *malah nyanyi.


    Jan...panganan koyo ngene ki enake dipangan pas udan-udan yaa, mba..dikancani wedhang kopi.

    Maknyuuss~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha kok apal n Wasis menjadi nyanyi lagu Jawa sih mba..Kereeen deh

      Delete
  33. Nah kalau saya Getuk dicocol pake sambel kacang wuaah surga banget.... Terus getuk masih dikunyah di mulut disusul sruputan kopi hangat, nyamleng enaknya joss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ealaaah yg pernah kos kuliah di Yogya pasti udah apal tuh Gethuk apa sana.Siiip dah mas ahmed

      Delete
    2. Iya selain itu ibu bapak juga suka buat Getuk ya gitu cara makannya kayak di atas joosss

      Delete
  34. Asyik da resepnya, mau coba ah terima kasih ya Mbak, suamiku yang suka getuk

    ReplyDelete
  35. Dulu ibunku suka buat ini mba... tp skrng anak2ku gk ad yg doyan y klo buat d rmh kdh buat pak suami n sy aja. Tp sy ttep buat biar jd memory ank suatu saat pst dia sk

    ReplyDelete
  36. pas banget mbak, aku punya singkong. besok tak bikin getuk ah *kalo gak males heheu

    ReplyDelete
  37. Aku baru tau ada gedtuh nyimut ini mbak, hehe mainku kurang jauh ya hiks hiks.
    Wah mbak Tanty bisa bikin jg ternyata ya? Kpn2 kalau aku ke sana mau don dibikinin :D

    ReplyDelete
  38. Waa..enyak2 nih buat camilan sore. Jd pgn bikin. Makasi resepnyaa..

    ReplyDelete
  39. Wah jadi pengen kesana mbk, tar deh klo pas ada libur tak kesana sama keluarga

    ReplyDelete
  40. Saya tahunya gethuk yang warna-warni kayak rambut pendek-tebal itu lho Mbak Tanty. Yang ini belum perna coba. Makasih resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lebih simpel bgt kok mba..Dikepel2 goreng deh

      Delete
  41. belom pernah nyobain bikin getukk, resepnya boleh aku simpen ya mbaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin resep ini lebih simpel kan mbak

      Delete
  42. makanan kesukaanku gethuk nih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos sama kok mbaa. Ini the best-lah😊

      Delete
  43. Waah... Salah satu makanan favorit saya ini Mbak...
    Duuh... Jadi pengen, deh!

    ReplyDelete
  44. Apa sih artinya nyimut? Kalau di aku tuh misal ada orang minta jajan ke kita tapi kita ga mau kasi. Trus kita bilang, kok nyimut? (kok enak cuma minta)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyimut itu artinya enak ..Makanya klo dikatain kok NYIMUT men..Artinya kok enakmen sih.. Gitu

      Delete
  45. Woaaaa, gampang yaaa bikinnyaaa

    ReplyDelete
  46. Gethuk ... Asale soko telo. Moto ngantuk, iku tambane opo.
    *lha kok malah nyanyi hehe

    Aku juga suka makan gethuk, mbak Putri. Apalagi yang menyus-menyus empuk ditaburi parutan kelapa. Yummy 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe emang leres demikian mba..Cocok sama lagunya

      Delete
  47. whooaaa lama bingit ga maem gethuk. hee
    Klo di sini, gethuk goreng nmanya jemblem. hhee

    ReplyDelete
  48. ini getuk rasa si biru ya mba ^^

    ReplyDelete
  49. wah gethuk ini makanaan tradisonal yang ga ngebosenin
    aku suka buat juga sejenis gethuk tapi diisi gula merah mbak :D

    ReplyDelete
  50. Udah lama banget ih pengen main ke Gunung Muria. Jadi tahu getuk Nyimut juga. Bisa jadi kudapan lezat saat ke sana nih. Semoga :D

    ReplyDelete
  51. saya lupa... saya sudah komen belum ya disini? hihihi

    ReplyDelete
  52. Waaah... makanan favorit saya nih mbak... makasih resepnya yaa ^_^

    ReplyDelete
  53. Saya kira kuliner gethuk hanya ada di Magelang atau Jogja saja, ternyata di Kudus juga ada ya mbak, selain jenang.

    Di daerah saya tinggal juga ada penjual gethuk semacam ini, hanya saja bentuknya pipih dan digoreng agak kering jadi ada krispinya gituh :)

    Gethuk memang makanan sederhana tapi rasanya sangat enak dan banyak orang suka.. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)