29 May 2017

Menu Favorit Sambal Tumpang Khas Salatiga Maknyus Tenan

Menu Sambal Tumpang  dokpri
Marhaban ya Ramadan. Terimakasih masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci Ramadhan ini.

Syukur alhamdullilah atas segala rahmat yang diberikan Allah untuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

Memang terkesan lumayan repot menyiapkan segala keperluan jelang waktu sahur ataupun berbuka puasa. Namun itu juga merupakan salah satu nikmat menjalani momen penuh berkah setahun sekali.

Lebih bahagia juga apabila semua anggota keluarga antusias dan menikmati sajian yang terhidang. Tidak harus mewah namun memenuhi syarat seimbang dengan gizi yang diperlukan.

Nah, kalau bicara soal hidangan emang ada tuh salah satu menu keluarga kecil tercinta saya yang tidak pernah ketinggalan disajikan.

Yup, bener kita semua getol ama menu masakan satu ini, yakni Sambal Tumpang. Eiits jangan sampai terpikir itu merupakan masakan berupa sambal doang ya.Hehehe

Nih lhoo, namanya Sambal Tumpang : dokpri omahantik.com

Lumayan bikin ngiler gak, sih teman? sekilas lihat penampakannya swear menggoda iman banget. Apalagi kalau dimakan sama nasi anget plus sayuran hijau. Wow Maknyus banget ☺

Alasan kenapa Sambal Tumpang jadi favorit keluarga?

Tidak lain dan tidak bukan karena lidah keluarga saya terutama soulmate ini dari kecil sudah terbiasa dengan menu Sambal Tumpang Khas Salatiga.

Harap maklum saja deh, kan asal soulmate dari Salatiga. Gak salah jika dia gemar banget menyantap menu satu ini.

Sebenarnya Sambal Tumpang lebih afdol  disajikan dengan sayuran daun Adas. Sekilas sih agak mirip dengan daun Cemara *itu menurut pendapat saya lhooo..dan rasanya getirrrr..Hihihi. Coba ajah !

Credits taken by Googl


Tapi, kalau sudah diurap dengan Sambal Tumpang malah memiliki sensasi rasa sendiri. Gak percaya, yuk cobain masak sendiri.

Masak Sambal Tumpang
Mudah banget jika temans mau praktek masak sendiri, seperti yang biasa saya lakukan nih :

Tahu putih digoreng lebih dulu

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • 10 potong Tahu putih, digoreng matang, lalu sisihkan dulu
  • 1 lonjor tempe semangat (tempe yang sudah disimpan sehari), potong kotak-kotak agak besar
  • 500 gram daging sandung lamur
  • 1 ruas kencur
  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 1 ruas serai, ambil yang putihnya saja
  • 7 buah cabe merah (bisa tambahkan sesuai selera)
  • 10 buah cabe rawit utuhan
  • 2 lembar daun salam
  • Air santan kental dari 1/2 kelapa
  • 1 buah gula merah, iris-iris
  • Garam, bumbu penyedap secukupnya
  • Minyak goreng
Cara Memasak Sambal Tumpang

Bumbu yang dikukus terlebih dulu

  1.  Kukus terlebih dulu semua bahan, kecuali tahu putih, garam.
  2. Sambil menunggu bumbu kukusan matang, buat terlebih dulu air kaldu dari daging sandung lamur tadi
  3. setelah itu haluskan bumbu kukus yang sudah matang seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kencur. Sisihkan tempe juga
  4. Goreng tahu putih hingga berwarna keemasan.Sisihkan.
  5. Didihkan air kaldu lagi, masukan tahu yang sudah digoreng, beserta tempe kukusan berikut bumbu yang dihaluskan tadi.
  6. Tambahkan garam, gula merah, bumbu penyedap sesuai selera, daun salam, serai, dan cabe rawit utuhan.
  7. Cicipi jika ada yang kurang, lalu tunggu hingga matang.
Angkat dan sajikan bersama nasi hangat, dan sayuran hijau.
Menu Favorit Sambal Tumpang dokpri omahantik.com

Oiya gak perlu kuatir temans, jika kesulitan mencari daun Adas khas Salatiga ini, yang biasanya  tersedia banyak di pasar sekitar daerah Bandungan, Jawa Tengah. Bisa kok mengganti dengan sayuran hijau alternatif.

Kalau saya sih sukanya dengan daun bayam. Simpel dan cepat mengolahnya. Tinggal petik, cuci bersih, rebus dan tiriskan. Gampang, kan? Hihihi.

Sekali lagi ide jitu postingan tentang menu masakan favorit dari Mbak Wati Artanto dan Mbak Ika Hardiyan Aksari  selama bulan Ramadhan bisa menginspirasi siapa saja.

Semoga postingan menu favorit Sambal Tumpang ini bisa bermanfaat bagi para pembaca lainnya juga.

Keep Happy Blogging

11 comments:

  1. Hari minggu kemarin aku habis masak sambel tumpang juga mbak..requestnya pak suami hehhe

    ReplyDelete
  2. Belum pernah nyoba ni menu ni mb, enak kayanya..hm..

    ReplyDelete
  3. Sambel tumpang bukannya khas sragen ya sob. Dulu temenku dari semarang juga pernah bikin di asrama. Rasanya memang maknyus tenan.

    ReplyDelete
  4. Sambal tumpang termasuk menu favorit keluarga saya lih mbak, terutama ortu dan suami. Kalau saya nggak begitu sih..

    Dan ibu sering buat juga, yang pasti menu ini sering ngabisin nasi :)

    ReplyDelete
  5. Enak banget kayaknya sambel tumpangnya ya...kapan2 nyobain ah

    ReplyDelete
  6. Waaah aku save ah pengen mencoba. Makasih ya Mbak udah share. Jadi keingetan emang aku lagi nyari resep ini.

    ReplyDelete
  7. oh baru tau kalo itu daun adas hahahaha
    kirain rumput2 apa gitu klo liat di swalayan

    ReplyDelete
  8. mantap banget nih buat cemilan sehabis taraweh :D

    ReplyDelete
  9. Ini salah satu menu favorite juga di rumah kami. Apalagi kalo ada pasangannya, sambel Pecel. Wuah makin maknyuss deh! Bikin kangen aja nih, mbak Tanty!

    ReplyDelete
  10. wahh jadi laper liat makanannya haha..:D

    ReplyDelete
  11. lengkap ya.. cara pembuatannya.. jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)