27 May 2017

Ini Yang Kudu Diketahui Youtube Pemula Mendapat Penghasilan Online

Credit : Google
Sudah lama tersirat keinginan untuk bisa menjajaki Youtube. Prospeknya sangat menggiuran. Sampai bisa menekuni Youtube dengan baik bukan hal mustahil untuk mendapat penghasilan berlipat kalinya. Wow banget deh.

Jadi ingat nih, dengan salah satu teman yang MASTAH. Alias sudah mahir menjalankan Yotube secara profesional. Kerjanya cuma upload video-video pribadinya saja namun tiap bulan dapat duit yang bikin tuing tuing. Nah tuuh, tebaak berapa ? Psst, kasih bocoran ya. Minim penghasilan mas Gourmet (pakai nama samaran) berkisar 40 juta per bulan.

Wuih kalau udah ngomongin duit sontak jadi fanaas...fanaaas...hahaha. Darah langsung mendidih, menggelegak naik ke ubun-ubun. Dengerin nominalnya saja udah bikin kelimpungan. Itu benaran duit atau dedaunan, sih ???  Sungguh saya secara pribadi mengacungkan jempol semua tangan dan kaki atas kesuksesan mas bro Gourmet yang sudah meniti tangga keberhasilan. Bukan isapan jempol saja melainkan hasil perjuangan yang super duper ekstra keras.

Ada keinginan tersirat gak sih  teman untuk menjajal peluang tersebut? Minimal mencobalah daripada manyun tidak sama sekali. Swear,  saya memang tertarik untuk menekuni Youtube itung-itung menjadi pengalaman berharga belajar hal yang baru.

Enggak pakai malu-malu kucing saya langsung minta nasehat para suhu alias Mastah Youtube untuk memulai dari awal. Sebagai Youtube newbie sebutan mereka yang memulai pertama kali dalam kancah Youtube diperlukan nyali plus semangat tinggi dan kegigihan menekuninya. Percuma banget jika baru jalan beberapa hari sudah langsung mundur teratur, apalagi melihat view videonya masih ZONK  saja. Alamaak!
Para Mastah Youtube Kece Badai : by foto KBC
Usaha yang saya lakukan selain tanya sana kemari*pakai saja prinsip Malu Bertanya Sesat Dijalan setidaknya memberi wawasan baru tentang dunia Youtube. Ditambah mau mengikuti beberapa pelatihan atau workshop yang membahas detail Youtube adsense. Gimana sih caranya supaya bisa mendapat penghasilan dari Youtube dan sebagainya. 


Dari sekian pelatihan ada tambahan poin penting yang harus diketahui seorang Youtube Pemula agar bisa memperoleh penghasilan. Disini saya coba rangkum catatan sederhana tersebut .

Tips Sukses Mendapat Penghasilan Buat Youtube Pemula

1. Bikin Akun Youtube Mandiri
Sebelumnya dibutuhkan email dari Google untuk eksis dunia Youtube (ini bagi yang belum mempunyai  email lho). Namun jika kebetulan menekuni profesi sebagai blogger, ada baiknya membuat akun Youtube dengan email yang berbeda dengan akun blogspot. Mudahnya lagi, buat akun Youtube langsung dengan login ke Youtube lewat surel Gmail dan masukkan kata sandinya.

2. Unggah Video Orisinil
Saran dari teman mastah tadi dalam mengunggah/upload konten video sebaiknya video hasil buatan sendiri dan orisinil. Demi mendapat view yang tinggi atas tayangan video tersebutlah kita nantinya bisa memperoleh penghasilan. Tahu gak, besar kecilnya payment yang diperoleh memang dipengaruhi banyaknya pengunjung yang tertarik menonton video.Jadi usahakan untuk membuat konten video yang berkualitas dan unggah konten video sebanyak mungkin.

3. Kenali Konten Video yang Menarik
Agar mendapat penghasilan lewat upload video di Youtube ini tidak bisa asal-asalan atau sembarangan saja. Harus jeli mengenali konten video apa saja yang bisa menarik perhatian sehingga menarik banyak pengunjung.Sebaiknya bikin konten yang asli seperti musik, olahraga, tutorial ataupun hobi ya. Bisa juga aktivitas sehari-hari di sekitar kita yang dianggap unik.

4. Pilih Timing yang Tepat Memasang Iklan Google Adsense
Langkah ini wajib dilakukan oleh Youtube pemula. Agar bisa menghasilkan duit dari Youtube harus memasang kode Google Adsense (GA) di akun Youtube yang siap dimonetize. Dengan demikian iklan-iklan dari Google bisa muncul. Memasang iklan GA juga harus memperhatikan waktu yang tepat.
Karena bisa unggah video sebanyak mungkin sekaligus bisa mengintip view setiap unggah video. Peluang diterima Youtube adsense semakin terbuka jika view meningkat berkat uploadan video yang berkualitas.

5. Bikin Video Ever Lasting
Topik konten video ever lasting atau video yang abadi, dimana menayangkan konten yang terus menerus dicari para viewer/pengunjung inilah yang menjadikan video banyak diburu viewer sepanjang waktu. Seperti video teman mastah yang kebetulan sering upload tutorial. Tidak hanya ramai juga sering jadi langganan view visitor yang menyukai tutorial tersebut.

6. Pasang Judul Video dengan Kata Kunci
Ingin video kita dicari banyak pengunjung adalah dengan menempatkan kata kunci tertentu pada Judul yang dibuat. Dengan demikian nantinya  banyak orang bisa menemukan video berdasar kata kunci yang sedang dicari.

7. Bikin Konten Berkualitas & Cari Subscriber Sebanyaknya
Faktor penting yang memang kudu diketahui Youtube pemula agar pengunjung tertatik dengan uploadan video diantaranya :
  • Sajikan video sebaik mungkin dan berkualitas, jangan asal sembarangan saja.
  • Tarik pengunjung  menjadi pelanggan setia video kita dengan cara saling mensubscribe saluran video.
  • Selipkan suatu ajakan atau promosi di tiap akhir video agar pengunjung berkenan subscriber dan menonton video kita lagi.
  • Share link video pada media sosial seperti Facebook, Twitter, Line ataupun Instagram

8. Optimasi Video
Agar lebih mendukung uploadan konten video yang telah dibuat ada baiknya juga melakukan optimasi video. Sejumlah optimasi video yang bisa dilakukan adalah :
  • Dengan memperhatikan pemberian nama file pada video sebelum diunggah. Perhatikan kata kunci yang akan dibidik. 
  • Selalu diingat dalam membuat Judul Video setidaknya harus mengandung kata kunci didalamnya yang bersifat ajakan (Call To Action). Biasanya kata kunci diletakan di depan Judul, sehingga kemungkinan nanti video bisa mendapatkan urutan teratas di mesin pencarian Youtube.
  • Tuliskan Deskripsi yang menarik, informatif, relevan dan juga mengandung kata kunci. Dengan judul deskripsi video yang tersemat kata kunci di dalamnya, menarik, jelas maka video akan terlihat lebih orisinil.
  • Buat Thumbnail atau image yang mewakili video lebih menarik.  Dengan demikian bisa menarik atensi pengunjung untuk menonton uploadan video kita.
  • Sisipkan Tag yang relevan agar pengunjung bisa jelas mengetahui kategori video yang sedang  dicari. Maksimal tag pada video 12 tag saja.
  • Beri Anotasi Yang Menarik.Biasanya berupa teks yang mengambang-akan muncul di atas permukaan kontenn video saat ditonton. Sisipkan anotasi yang relevan dan bermanfaat ke tiap unggahan video agar pengunjung tertarik berlangganan.
9. Support dengan Koneksi Handal
Salah satu hal penting jika Yotube pemula ingin mendapat penghasilan online adalah wajib memperhatikan jaringan internet yang dimiliki. Gak afdol dong, jika sedang urgent upload video tiba-tiba disconection di tengah proses. Diakui sejumlah Youtuber memerlukan koneksi yang stabil dan kuat dalam mendukung kegiatan monetize Youtube.
Saya pernah menanyakan ke teman-teman yang aktif dan eksis di Youtube, tentang koneksi yang sering dipakai secara mobile juga. Tanpa kuatir mengalami gangguan dalam mengupload maupun mendownload, saya tertarik dengan jaringanXL 4.5.
Apalagi promo serta fitur yang ditawarkan begitu beragam dan sangat menguntungkan.
Nikmati paket XTRA Combo XL. Nikmati YouTube bebas kuota plus akumulasi kuota di bulan berikutnya!
Caranya, cukup mudah kok :
Cara aktifkan akumulasi kuota XL XTRA Combo: 1. Paket XTRA Combo kudu masih aktif 2. Paket harus sama atau bisa di atasnya.
Wah asyik, nih jadinya gak merasa eman-eman pulsa yang masih tersisa harus dibuang sayang.Karena semua bisa diakumulasikan di bulan berikutnya.

Sekedar mengingatkan nih, temans. Ada tabel paket XTRA ComboXL berikut ini yang menjadi andalan saya

Pilihan Paket XTRACOMBOXL: sumber myXLAxiata
Tinggal pilih saja mana paket pilihan Xtra Combo XL yang sesuai dengan anggaran kantung kita masing-masing. Terlepas dari itu saya sangat diuntungkan dengan jaringan internetXL yang sangat mendukung kegiatan mobile saya yang terdapat di wilayah kota administratif, Kudus. Koneksivitasnya sangat baik, mulus dan aksesnya begitu cepat.

Cobain aja ya temans. Apalagi yang sedang berusaha nih ikhtiar menjadi seorang Youtube pemula.Jangan sesekali pantang menyerah untuk menekuni dunia Youtube,mengingat prosesnya tidak seperti membalikkan tangan. Semua butuh perjuangan panjang dan konsisten untuk terus kerja keras mewujudkan bisa diterima di Youtube adsense
 

Keep Happy Blogging

36 comments:

  1. Saya baru coba-coba upload video nih di YouTube. Wah..mesti belajar banyak lagi ya. Tertarik juga pengen monetizing.

    ReplyDelete
  2. Waaaaah jd kepengin nyoba nih. Trimakasih infonya ya.

    ReplyDelete
  3. Pengen jg tapi ada kendala yg bikin saya tdk bisa serius ngeyutub padahal ada Xtra Combo 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang biasanya kalangan para wanita seperti kita udah tepar duluan ya mbak..bawaannya capek dah

      Delete
  4. Wah aku masih gaptek nih soal per youtube-an. Asyik juga klo bisa menghasilkan dari youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emnag kudu emeluangkan waktu belajar mba

      Delete
  5. Sejauh ini saya punya akun You Tube cuma untuk menunjang postingan blog.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 mba daripada tidak sama sekali.nah ntu loo

      Delete
  6. Wuiiih... keren mbak... jadi kepingin 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mba Shirley yang keren juga loo.ayoo mba smngat belajar

      Delete
  7. Noted noted, Makasih mbak.. kebetulan youtube ku masih acak acakan banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mba Retno udah total habis kece klo bikin videonya lo

      Delete
  8. Masih newbie masalah YouTube. Selama ini sih masih buat support onten blog aja. Moga kelak bisa lebih diberdayakan hehe
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap mba April emang harus semangat untuk menekuninya

      Delete
  9. Nah cocok banget untuk anak yutuber infonya, youtube aku duuuh juh dari sempurna ^_^ tks infonya

    ReplyDelete
  10. Wah keren yah, pingin sih belajar jadi youtuber, ngiler liat penghasilannya tapi belajar pelan2 dulu deh belajarnya. Makasih mbak ilmunya.

    ReplyDelete
  11. Mba, jadi harus buat akun youtube sendiri tapi yang tidak terkoneksi dengan blog ya mbaa

    ReplyDelete
  12. Pengin belajar jadi youtuber tapi belum berani ngomong di depan umum

    ReplyDelete
  13. Kalau ada gurunya mau belajar ah ...
    tipsnya keren Mbakyu.

    ReplyDelete
  14. Waaah... pas banget nih buat saya yang baru mau menjajal youtube. Apalagi saya juga pengguna XL

    ReplyDelete
  15. anak sekarang canggih dan kreatif
    padahal nggak ada yg ngajarin ya mbak
    anakku jg gitu...eh tetiba ngaku youtubers hehehe

    ReplyDelete
  16. Akuuu blom berani coba vlogging hihi. Masih malu dan masih belajar edit video hahaha. Nyari aplikasi edit video yang oke juga niih

    ReplyDelete
  17. Asli, fanaasss, memang lihat income Mas Gourmet.
    Hahaha...
    Aku juga masih newbie. Masih harus banyak belajar.

    ReplyDelete
  18. Waw makasih tipsnya Mbak, aku udah monetize tapi hasilnya ya gitu deeh :D

    ReplyDelete
  19. Wuih top banget deh tipsnya
    Jadi pengen jago nge-video
    Itu penghasilan temennya beneran bikin tuin tuiiiiiing euy

    ReplyDelete
  20. Tipsnya mantap jiwa. Langsung mau nyoba. Maklum dari duku beyum punya nyali buat2 vlog.

    ReplyDelete
  21. Aku belajar edit video ternyata lebih susah dari nulis artikel kalo buat aku. Njlimet.. 😁

    ReplyDelete
  22. Pengen juga nih mak jdi youtuber..
    Tp trus mikir,,mau ngasih konten yg gmn gek an 😁😁😁

    ReplyDelete
  23. Waah menaril bangat ya Mba ternyata, jadi pengen belajar nih, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  24. wihhh gede amat mba penghasilannya..btw viewrnya berapaan tuh klw cmn ngandelin dari google adsense..??? pasti ribuan tuh...

    ReplyDelete
  25. Wah ulasan untuk jadi youtuber-nya lengkap banget. Jadi pengen coba, apalagi kalau lihat penghasilan para youtuber gede banget. Makasi ya, Mbak Putri, sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  26. Wah mbak.. Jadi pengen yutuber setelah baca postingan ini. Kayaknya sih gak sulit tapi harus kreatit dan konsisten ya

    ReplyDelete
  27. aq masih unyu klo yutuban mbak
    tfs ya mbak tips nya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)