9 Jun 2017

Ketahui Cara Bijak Memanfaatkan THR Demi Kelancaran Finansial Hingga Lebaran

Credit : Pixbay.com
Haduuuh belum hari raya saja sudah gak ada pegangan uang nih. Belum nanti bakalan banyak tamu-tamu yang datang. Perlu jamuan khusus pastinya. Mana perlengkapan baju lebaran anak-anak juga belum sempat dibeli. Hmmm, boleh pinjem dana mba? Bulan depan gajian, saya langsung lunasi !

Pernah mengalami kejadian serupa gak teman ? Ketika seorang sahabat datang berkeluh kesah dan ujung-ujungnya mengalami penderitaan. Yup, saya sebut penderitaan karena saya pernah mengalami keadaan yang sama. Dimana semua serba minus, padahal kebutuhan kian meningkat tajam.

Posisi yang membuat saya akhirnya harus hidup PRIHATIN berusaha mengencangkan ikat pinggang dan mengesampingkan ego yang lain-lain. Coba apa kalau tidak kosmetika, perlengkapan baju dan alas kaki bahkan stop jajan di luar rumah. Anak-anak juga diajak berlatih menjalani hidup prihatin dan memahami dengan kenyataan yang ada.

Bukannya tidak ada baju baru atau sepatu baru, tidak lantas esensi hari Lebaran berkurang. Namun lebih difokuskan dengan bagaimana menghayati makna lebaran sebagai hari kemenangan. Alhamdullilah gak ada protes dari anak-anak selama 3x Lebaran tanpa harus memakai yang serba baru.

Nah, kembali ke konteks THR sebagai reward atau bonus setahun sekali yang diberikan oleh instasi/kantor dua minggu jelang lebaran. Memang menjadi hal yang dinanti-nanti dan menjadi kesempatan rejeki baik membahagiakan.Semisal memudahkan membelikan perlengkapan baju baru, mukena, atau peralatan ibadah dsb. Sayangnya tidak semua bisa berjalan demikian.

Cara mengoptimalkan THR dengan bijak

Nah belajar dari pengalaman terdahulu dimana uang THR sudah ludes sebelum hari Lebaran, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara bijak yang saya pelajari dari referensi mengolah finansial rumah tangga.

Displin Menabung

Salah satu cara ampuh agar bisa mengantisipasi diri menghambur-hamburkan uang dengan kebutuhan yang tidak penting adalah menyisihkan uang. Agar nantinya saat ada kebutuhan mendadak bisa langsung teratasi dengan baik. Tidak perlu bingung atau repot mencari pinjaman ke sana kemari.
credit : pixbay.com
Anak-anak bisa diajari juga dengan mudah semisal mengumpulkan beberapa koin recehan yang bisa dimasukan ke celengan. Gak terasa kan, beberapa recehan koin akan bertambah nominalnya jika rajin menabung. Ingat saja pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Saya percaya, tuh !

Ingat Berbagi Sedekah

Saya percaya dengan adanya berbagi sedekah terhadap orang yang kurang beruntung akan lebih membukakan pintu rejeki berlimpah. Sesuai yang diajarkan dalam agama Islam juga. Untuk mengutamaan sedekah bagi orang yang membutuhkan seperti anak yatim dan fakir miskin.


Mencari penghasilan Baru

Jangan berkecil hati jika tidak mendapatkan THR, seperti saya. Karena memang sudah memutuskan untuk resign bekerja. Mau tidak mau saya harus kreatif dan berupaya agar bisa mendapat penghasilan baru seperti halnya menerima THR dengan jerih payah saya. Banyak sih yang bisa dikerjakan dari rumah jelang lebaran seperti halnya membuka jasa Paket Parcel, jual hijab,membuat orderan roti kering (nastar, kastengel atau putri salju), atau membuka katering.

 
Utamakan Membayar Tunggakan

Nah, satu hal yang perlu diutamaan juga ketika menerima THR usahakan untuk membayar kewajiban agar tidak ada tunggakan di lain waktu. Jangan sampai uang THR dihabiskan untuk hal-hal konsumtif. Jika tunggakan lunas maka pikiran lebih tenang dan nyaman merayakan hari raya nantinya.

Planning Pengeluaran Lebaran lebih seksama

Ada baiknya merencanakan pengeluaran lebaran terlebih dulu sebelum membeli. Umumnya orang bisa kalap mata melihat sejumlah diskon yang sengaja dipajang untuk menarik perhatian kosumennya. Mengantisipasi hal tersebut baik di pusat perbelanjaan supermall ataupun belanja online perlu adanya daftar untuk pengeluaran yang penting.
 
Mungkin hanya beberapa cara simple mengoptimalkan  uang THR demi memudahkan mengatur finansial sampai hari raya lebaran nanti yang bisa saya uraikan. Harapannya semoga bermanfaat bagi teman sekalian. Yang utama tetap harus disyukuri berapapun rejeki yang sudah diterima hari ini. Amiin.

Keep Happy Blogging

2 comments:

  1. Untuk lbran tahun ini harus lbih bijak mngunKN thr karena bnyak sekali pngeluarN untuk lbrn tahun ini

    ReplyDelete
  2. Yg prtama Zakatnya dulu dikeluarkan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)