7 Oct 2017

Staycation In HAU Citumang Jadi Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Hidup [PART 1]

Dokpri : omahantik.com

Pilihan yang menyenangkan manakala alhamdullilah saya terpilih salah satunya diantara beberapa puluh orang dalam seleksi gathering blogger travelling. Diajak have fun, rekreasi plus jalan-jalan menyenangkan cuy' kali ini yang pertama event blogger gathering.

Yeaay, jingkrak-jingjrak kegirangan deh buat emak ramping rempong yang saban harinya berkutat dengan cobekan.Hahaha. Abaikan status ini.

Tak terbayangkan bagaimana hati ini, serba kebat-kebit resah, bahagia, bangga bercampur aduk membayangkan bakal menikmati keindahan panorama alam di HAU Citumang. Aliran sungai jernih berwarna hijau tosca yang mengalir membelah hutan, menembus gua, akhirnya bermuara membentuk pola telaga. Belum lagi menguar aroma udara sejuk nan menyegarkan. Pasti refreshing my mind and my soul .  Jelas dong semua obyek yang berkaitan dengan HAU CITUMANG sudah saya observe habis via googling internet.

It's my luck, secara saya emang sejak dulu memimpikan bisa sepuasnya menikmati yang namanya rekreasi di alam terbuka, seperti outbond, hiking, rafting dan sebangsanya.Sayang semenjak ada krucils sementara waktu fokusin di rumah. Alhasil, jadi gigit jari andai lihat teman atau Ayah bisa hepi rekreasi alam dengan sejawatnya.

Cerita Perjalanan ke CITUMANG

Langsung nih saya respon bang Aswi via email mengkonfirmasi bahwa saya bisa datang ke sana. Instruksi penting selanjutnya yang harus dilakukan mengingat waktunya yang mepet alias singkat,adalah make sure booking tiket keberangkatan.

Jujur saya agak jiper,baru pertama kali saya ikut even luar kota yang cukup jauh. Itupun baru seorang diri. Pengalaman diakui minim, tapi bisa deh mengandalkan relasi plus kebersamaan dengan banyak teman nantinya bisa memberikan tambahan pengalaman, bener bukan?

Singkat cerita, finaly saya fix memilih moda transportasi kereta api. Berdasarkan schedule briefing yang ada meet pointnya memang di stasiun Banjar. Untuk itu dari arah Jawa tengah saya bisa memilih keberangkatan KA baik dari stasiun Solo atau stasiun Yogyakarta.

Yup, akhirnya saya prefer ke Yogya saja deh. Mengingat sudah saling kontak dengan sejumlah teman blogger dari sana. Pastinya lebih ramai dan menyenangkan jika perjalanan bisa rame ngobrol bercanda bareng-bareng.

Tibalah hari yang ditunggu. Pagi setelah waktu subuh saya berkemas untuk naik armada Patas Bis Nusantara. Prefer saya pilih armada terpercaya Nusantara sejak kuliah dulu. Waktu tempuh Kudus -Yogyakarta sekitar 4 jam, jika situasi normal. Namun pada saat itu, kebetulan ada jembatan daerah Demak yang baru diperbaiki jadilah mengular kemacetan panjang. Begitu pula saat di daerah Sayung, Semarang atas mengalami kemacetan pagi juga.  Tanpa terasa sampailah di terminal Jombor, Yogyakarta sekitar pukul 12 siang.

Sedikit ada drama deh, perjalanan sambung menuju ke stasiun Lempuyang. Mungkin ini bisa jadi pengalaman ke depannya. Rencana awal mau mencoba TRANS Yogya, tapi melihat rute jalannya yang berputar ke kota-kota dulu, bikin saya ragu bisa sampai tepat waktu di stasiun Yogyakarta (Lempuyangan).

Usulan temen untuk order GOJEK sudah saya lakukan.Sayangnya juga, saya install aplikasinya beberapa jam sebelumnya belum ada notifikasi. Pokoknya muter-muter aja sinyalnya, nunggu kode konfirmasi GOJEK.

Pas resah menunggu tersebut, ada driver GOJEK melintas yang sebenarnya tujuannya baik mau membantu saya yang kebingungan dengan aplikasi GOJEK yang error.
Sayangnya lagi nih, saya kemudian dioper ke Ojek umum yang mangkal disekitaran itu. Duh,kasian driver GOJEKnya mau dibully lantaran dianggap mau comot penumpang sembarangan.

Alhamdulillah kesalahpahaman kelar, abang ojek sepakat dengan harga menuju stasiun Lempuyangan  yang ternyata begitu jauh dan berbelok-belok, pembaca. Hikss

Sampai di stasiun kegerahan meleleh saat ketemu teman-teman yang beruntung ikut event gathering. Urusan drama yang sukses bikin kepala ngliyeng lumayan terobati. Ketawa-ketiwi sambil bersenda gurau sudah meminimalisir aura negatif. Siip, kan !

Mengingat tiket KA kelas ekonomi menuju stasiun Banjar fix berangkat pukul 14.10 menit saya sempatkan membeli cemilan, minuman dan parasetamol. Just in case aja apalagi perjalanan masih 4 jam lagi.

Love at First sight HAU Citumang

Buat saya keletihan selama 8 jam lebih, hingga take down di Stasiun BANJAR hampir jam 19.10 bisa melegakan nafas. Apalagi klop hepi ketemu dan kumpul lengkap rombongan blogger lainnya dari Tegal, Sukabumi, Pemalang, Garut, Bandung dan Jakarta. Tumpah ruah deh keceriaan bersama.

credit : foto by Teh Alaikaabdullah

Sambil menunggu jemputan mobil Elf dari pihak panitia HAU Citumang, kami masih sempatkan membeli cemilan dan minuman hangat.Itung-itung masih menempuh waktu 1.5 jam lagi sampai tempat tujuan. Sekedar info saja nih, umumnya biaya charter mobil untuk sejumlah rombongan berkisar IDR 500 ribu. Noted ya✌

Malam kian larut manakala rombongan kami sampai pukul 21.00 lebih. Yeaay i'm coming!!! pekik saya dalam hati. Sudah gak sabaran rasanya exploring  keindahan alam Citumang yang eksotis.

Credit : Khoirul
Dinner pertama kali di resto HAU Citumang


Eh, sebelumnya kami berterimakasih sekali dengan penyambutan yang hangat disela dinner malam. Apa sih yang enggak ditolak, jika jamuan malam sudah disediakan pihak HAU Citumang secara lengkap. Asyik mari kita santap ramai sampe ludes. Tanpa sungkan-sungkan lagi semua rombongan terpuaskan dengan perut yang kenyang. Lalu dipersilahkan menuju peraduan malam sesuai dengan jatah kelompok yang dipilih random. Just stay at HAU Citumang Lodges for 2N3D ( 2 malam 3 hari).

Syukur alhamdullilah perjalanan saya selamat sampai tujuan tanpa kekurangan satu apapun. Ini baru awal untuk menjajaki keistimewaan apa saja yang dimiliki HAU Citumang. The next, memasuki ruang kamar hotel yang menakjubkan.


credit : foto HAU Cituman

Tahu gak sih apa yang bikin amazing? Itu lho kamar hotelnya yang didesain dari peti kemas atau container. Beneran unik kan? Jadi kian jatuh hati nih sama lodge HAU Citumang yang totaly memanjakan para pengunjungnya untuk GlamPing (Glamour Camping) sounds nice๐Ÿ˜‰

Dokpri : omahantik.com
Fasilitas kamar hotel HAU Citumang


Syukurlah saya kebagian ruang kamar bersama rekan bloggger lainnya yakni, teh Efi dan si nona manis Astrid. Meskipun bertiga dalam kamar tidak terasa sumpek berdesak-desakan tuh.

Terus terang nih, meski stay diruangan berdesain "Peti Kemas" atau kontainer cukup nyaman kok. Jangan berpikiran akan terpanggang panas lantaran umumnya kontainer berdinding baja.

Dalam ruang kontainer ada fasilitas  1 springbed empuk memuat 2 orang,masih tersedia springbed memuat 1 orang, juga dilengkapi sarana pendingin ruangan (AC) tidak ketinggalan pula adanya fasilitas TV kabel.

Layaknya kelas hotel berbintang, keistimewaan yang disajikan HAU Citumang juga tidak kalah hebatnya lho. Saya akui power of shower di toilet HAU Citumang aliran airnya cukup kencang dan deras. Pokoknya ngejozz banget deh.Bisa jadi terapi message untuk kepala.  Cukup arahkan shower dengan air suam-suam kuku ke sekitaran kulit kepala.Efek pijat via shower bisa meminimalisir rasa pusing.Hehehe

Menyatu  Dengan Alam ala HAU Citumang

Mungkin ada temans yang bertanya-tanya apaan sih istilah HAU Citumang ?

How Are You Citumang

Yup benar, HAU dari akronim "how are you" suatu kalimat sapaan yang familiar untuk siapa saja. Utamanya HAU Citumang sebagai lodges/tempat penginapan yang memanfaatkan konsep ecotourism  cukup unik

Berkenalan dengan  sang Owner HAU Citumang yang so humble dan smart, beliau memang sudah sejak lama mengangankan suatu destinasi wisata berkonsep BLEND WITH NATURE.

Credit : foto Salman Faris
Pak Hendra nomor tiga dari kiri atas

Filosofi dari HAU

Menurut pemilik HAU Citumang, yaitu Pak Hendra penyebutan istilah How Are You disingkat HAU untuk menggambarkan sikap masyarakat Indonesia yang terkenal akan keramah-tamahannya. Begitu halnya dengan  warga sekitar Citumang yang juga ramah dan welcome dalam menyambut tamu.

Istilah HAU yang lain juga memiliki makna tersendiri dalam bahasa Sunda HAWU berarti anglo, tungku.
Diharapkan sebagai penginapan atau lodges yang dibutuhkan siapa saja bisa memberikan pelayanan baik, hangat serta menyenangkan bagi tamu yang berkunjung.

Sedangkan HAU sendiri dalam bahasa Cina berarti bagus /baik. Intinya hotel di HAU Citumang selalu ingin memberikan pelayanan yang bagus dan memuaskan.

Sejak awal mendengarkan seksama asal-usul berdirinya HAU Citumang ini nembuat saya salut sekaligus mengacungkan jempol terhadap dedikasi Pak Hendra.


  1. Mulai dari konsep ecotourism hingga mendesain hotel HAU Citumang dari kontainer.Tidak hanya itu saja demi menjaga lingkungan sekitarnya peti kemas sengaja dibawa berupa potongan-potongan baja dan langsung dirakit di tempat.
  2. Selalu mengedepankan Go Green terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar. Sehingga diminimalisir kegiatan penebangan pohon yang merugikan. Uniknya pepohonan besar di HAU Citumang ini diberi label masing-masing. Sehingga pengunjung juga bisa mengenali jenis pohon tersebut secara tidak langsung.
  3. Soal pembuangan limbah di HAU Citumang ternyata diolah sebaik mungkin dengan memanfaatkan tehnologi BIO. Jadi air limbah yang semula kotor menjadi air bersih yang aman serta berguna bagi ekosistem lingkungan yang ada. Juara banget!
Makanya saya merasa damai dan nyaman saja menikmati tinggal sejenak di wilayah HAU Citumang. 

Ruangan kamar hotel yang saya huni seakan memberi aura kesejukan alami. Terbukti dengan adanya sejumlah pohon besar, tinggi menjulang. Siap memberikan kesegaran udara dan kesejukan alam.


Fasilitas Spesial lainnya HAU Citumang

Jadi catatan tersendiri saya bisa menikmati ragam fasilitas istimewa lainnya dari HAU Citumang selain kamar hotel yang comfortable.

Makanan
Jangan kuatir soal kekurangan makanan, mengingat banyak ditemukan warung makan sekitar penduduk dengan harga terjangkau. Sedangkan HAU juga memiliki resto makanan sendiri dengan lokasi yang strategis. Diatas pinggir sungai Citumang yang terus mengalun gemericik air. 

Saya sih cocok banget dengan makanan yang disajikan resto HAU, yang mengangkat citarasa lokal. Pernah mencicipi nasi Cikur (Nasi goreng kencur), ikan bakar, ayam goreng kampung tidak ketinggalan sambal khas Citumang. Aih sedap sekali.

Outer Space
Beneran nih ada outer space lebih dikenal  dengan sebutan ruang terbuka, yang cukup menyenangkan dengan Bean Bag atau bantal gede. Sempat sih saya ngobrol santai bersama teman-teman sembari leyeh-le. Pokoknya suasana jadi lumer penuh guyon. Mau coba, buktikan sendiri kemari ya๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š

Cekrak-cekrik sepuasnya
Yang getol foto-titian kekinian gak perlu risau plus galau. Banyak spot selfie  yang disediakan pihak HAU. Diantaranya jembatan warna-warni ,ayunan gantung di pohon, aneka floating berbentuk bebek, donat ataupun perahu dayung.

Wah luar biasa semua yang ada di HAU Citumang, bukan?

BAGAIMANA KE CITUMANG

Jika ada yang tertarik berkunjung ke sini, bisa kok ditempuh baik dengan moda transportasi ataupun kendaraan pribadi.

Kereta api
Keberangkatan dari wilayah Jawa Tengah menuju starting point Stasiun Banjar bisa naik dari Stasiun di Solo/ Stasiun Yogyakarta (Lempuyangan). Harga tiket sangat terjangkau dengan minimal IDR 67 ribu. Butuh waktu 4 jam lamanya sampai ke stasiun Banjar. Setibanya disana, bisa juga order mobil carteran pihak HAU Citumang.

Kendaraan pribadi
Dari arah Jawa Tengah maupun timur bisa menuju arah Cilacap. Dan saat sebelum pertigaan daerah Banjar ambil arah arah kiri menuju daerah Pengandaran.
Tujukan ke arah Grand Canyon atau Batu Koras.Setelah menempuh jarak 20 mil, perhatikan ada Plang HAU Citumang di ruas kanan jalan. Lebih jelasnya ada toko minimarket berwarna biru.

Sementara yang dari arah Bandung/ Jakarta bisa menyusuri rute panjang Jakarta-Bandung-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Pangandaran. Kurang lebih memakan waktu sekitar 6 jam dari daerah Bandung dan 9 jam dari Jakarta.

INFO HOTEL & PEMESANAN

INGIN staycation di Citumang :

  • Hari regular/ biasa : IDR 750 ribu
  • Akhir pekan (weekend) berkisar 1 juta rupiah per hari.
Catatan : harga paket sudah untuk 3 orang dan sarapan pagi.
Jam check in pukul 02.00 pm dan check out pukul 12 pm.

Pemesanan kamar hotel bisa via telepon 0813-2012-0999 (ERI) atau  lewat TRAVELOKA.

Nah, sudah terpenuhi rasa penasaran apa saja fasilitas keren yang disediakan hotel HAU Citumang, kan.

Boleh kok intip video sekilas HAU Citumang berikut ini:

video

Wait masih ada keseruan lainnya di alam terbuka HAU Citumang dimana nanti bisa sepuasnya explore keindahan bentang alamnya yang super eksotis.

Kesetiaan di HAU Citumang yang tak terlupakan

Tunggu apdetan part 2 nanti ya, dimana ada kehebohan bareng saat fish therapy , bodyrafting, tracking etc.






No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)