10 Jun 2013

Alamak Khasiat Kemangi Yang Luar Biasa

Alamak Khasiat Kemangi Yang Luar Biasa
sumber gambar dari sini
Siapa sih yang tidak mengenal jenis lalapan satu ini, apalagi kalau disandingkan dengan santapan ayam bakar. Pasti aromanya bikin merangsang nafsu makan.Widiiih ternyata daun yang memiliki wewangian khas ini berasal dari senyawa sitrat yang tersimpan pada bagian bunga dan daun hijaunya. Selain itu ada juga sejumlah senyawa penting lainnya seperti senyawa anetol, senyawa 1-8 sineol, zat flavonoid, zat triptofan, zat arginin, Eugenol, Boron, Betakaroten, Magnesium dan masih banyak lagi.

Kemangi atau Ocimum Basilicum Var.Anisatum Benth ini termasuk sayuran yang banyak mengandung 45 mg mineral kalsium serta 75 mg fosfor per 100 gram daun kemangi. Selain itu kemangi juga digolongkan sayuran kaya pro-vitamin A, apalagi setiap 100 gram daun kemangi tersimpan 5000 SI vitamin-Menurut "Daftar Komposisi Bahan Makanan" Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. Mau tau, buktinya. Nih segera dibeberkan satu persatu.

Khasiat daun kemangi
Dipercaya bisa mengurangi bau mulut maupun bau badan yang kurang sedap. Resep ini dipercaya turun-temurun dari orangtua jaman dulu kepada anak gadisnya untuk gemar makan lalapan ini.
Bisa dijadikan obat meredakan demam dan masuk angin pada anak kecil. Caranya beberapa daun kemangi diremas, dicampur bersama parutan bawang merah dan minyak telon.Lalu balurkan merata pada perut, dada serta punggung.
Aroma daun kemangi juga bisa menghindarkan dari gigitan nyamuk. Cara aman untuk kulit yang sensitif terhadap salep ataupun krim anti nyamuk yang dijual bebas.
Dalam kesehatan herbal, ternyata zat arginin dalam daun kemangi bisa mencegah kemandulan. Ada juga senyawa Eugenol yang membasmi jamur biang keputihan organ intim wanita.Sedangkan zat triptofan bisa memperlambat massa menopouse.
Teratur makan lalapan ini baik untuk kesehatan jantung. Dikarenakan zat magnesium dan betakaroten dalam kemangi berfungsi sebagai mineral penting dalam menjaga kesehatan jantung.
Baik juga untuk ibu yang tengah menyusui, karena mengkonsumsi sayuran kemangi bisa memperlancar ASI.
Nah, sudah jelas kan betapa luar biasanya manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi daun kemangi. Terutama untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi daun kemangi dengan mudah dijumpai di sekitar kita.

17 comments:

  1. wahh sya baru tahu kalau bisa memperlancar asi :D

    nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Mak Hana yang cantik, sudi mampir kemari :)

      Delete
  2. Saya cuma tau kalau kemangi enak buat lalapan. Ternyata banyak manfaatnya ya.

    Saya mengundang mbak Crhistanty untuk berpartisipasi dalam GA:
    forgiveaway.blogspot.com/2013/06/give-away-menyemai-cinta.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja saya bersedia sekali ikutan GAnya mbak :) ditunggu ya

      Delete
  3. Kemangi..lalapan saya paling favorit.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong Mak Juli yang cantixx, kemangi is the best lahyaaow :D

      Delete
  4. Manfaatnya banyak yah...
    Sayang saya kok nggak suka makan kemangi, tapi suka sekali cium baunya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sih mbaak..awalnya dulu kalo nyium bau kemangi sukaaa mak sreeeeeng gitu.. sengir2 gimana, tapi kalo sdh kebiasaan malahan enak kok.HEhehe

      Delete
  5. Saya suka, soalnya bisa mengurangi bau badan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak Riski yang manis, dari jadul disuruh ortu utk rajin makan lalapan yang satu ini :)

      Delete
  6. kemangi...enaknya buat campuran pepes, ngak suka tapi suka baunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuuh, padahal itu pepes ikan plus kemangi rasanyaaa Mak Nyusss looo nandingin hamburger...sandwich..hihihi

      Delete
  7. salah satu sayuran lalapan favorit q, di mulut seperti mint gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semriwiiiing gitu yaa, Mak..enakkk banget :)

      Delete
  8. Salam kenal mbak Chriatanty.. Panggilannya opo toh mbak..? :-)
    Baru ngeliat fotonya mbak di blog Pakde..

    Ohya, saya juga suka lalapan kemangi loh.. Masak tumis jg sering pake kemangi.. Enak ya.. :-)

    Salam kenal ya, mbak Christanty :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi yaa mba Lyli yang caem :) smaa mbaak,kebanyakan kaum hawa demen sama lalapan yang satu ini. Semoga saja beruntung ya mbak, kontesnya :) salamkenal balik ^_^

      Delete
  9. ternyata daun kemangi banyak sekali manfaatnya ..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)