21 Jun 2014

Tips Bikin Blog Lebih Dikenal

Ternyata butuh proses dan perjuangan keras untuk mewujudkan sebuah blog sampai dikenal dan menjadi ramai dikunjungi para visitor.

Berawal dari banyak pertanyaan dari sobat-sobat blogger namun dengan satu tema yang sama mengenai blog. 
Bahkan, tidak jarang ada yang putus asa karena merasa blognya sama sekali kurang mendapat respon.

Hayooo, kira-kira yang salah siapa ya ???
Hehehe mari tidak perlu cari kambing hitamnya, melainkan bagaimana menyiasati sisi-sisi lainnya agar blog personal bisa dikenal. Tentunya tak lain dan tak bukan ada melakukan promosi by myself.

Promosi Blog
Pengunjung (visitor Blog) yang ramai menandakan bahwa blog personal kita dikenal. Namun, patut diingat  sebenarnya tidak ada promosi yang bisa meningkatkan trafik pengunjung blog dalam waktu sekejap. Perlu ketelatenan dan kesabaran meluangkan waktu untuk bisa melakukan promosi yang efektif. Coba beberapa cara mengkampanyekan blog via berikut :

Facebook
Lewat salah satu akun sosial yang familiar ini siapapun bisa dengan mudah mengenalkan jasa produk maupun blog yang dimiliki. Terlebih-lebih jika memiliki pertemanan yang sangat besar. Sebelumnya pastikan jika teman-teman dalam Facebook (FB) ada kaitannya dengan tema blog. Lebih mudahnya mencari teman dalam grup yang memiliki minat dan aktivitas yang serupa. Semisalnya cari forum Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang notabene semua anggotanya memang mendalami ilmu blog.
Setelah itu sharing beberapa postingan yang telah dibuat di dalam forum FB tersebut.


Twitter
Social Network Micro Blogging  ini juga sangat bisa diandalkan. Apalagi jika sudah memiliki akun twitter, usahakan untuk terus saling mem-follow satu sama lain untuk mendongrak pengikut di twitter. Dengan demikian langkah selanjutnya posting tweet teratur dan sesekali disisipi artikel blog sobat semua :)
Sebagai info tambahan saja tentang akun twitter yang dianggap laris manis adalah yang menawarkan tulian atau tweet tentang kata-kata keren, informasi terbaru, berita yang sedang booming hot, atau kata-kata motivasi.

Blogwalking
Cara lain yang efektif dalamm mengenalkan blog menjadi lebih populer adalah dengan blogwalking. Para blogger sering melakukan blogwalking atau istilahnya BW ke blog lain tujuannya untuk mempererat pertemanan antar blogger, meningkatkan pengunjung blog serta merampingkan Alexa. (Artikel tentang Alexa bisa baca di : Sini ).

Youtube
Ternyata  Youtube bisa dimanfaatkan juga untuk mempromosikan suatu blog. Mengingat keberadaan Youtube sebagai salah satu situs video yang terkenal di dunia dan mempunyai jumlah pengunjung yang luar biasa tiap harinya. Siapa tahu dengan memanfatkan situs Youtube, maka kesempatan baik untuk memperoleh pengunjung yang ramai.
Caranya termasuk mudah, jika sudah ada akun Youtube tinggal buat video yang di dalamnya disisipin URL blog. Atau dengan menautkan link blog di deskripsi video tersebut. Harap diingat video yang dibuat sebisa mungkin relevan dengan blog yang dimiliki.

 
Social Bookmark
Cara lain yang bisa dilakukan juga adalah memanfaatkan situs social bookmarking untuk mensubmit artikel dalam blog. Manfaat penting dari social bookmark  adalah meningkatkan pengunjung blog sekaligus memperoleh backlink jika social bookmark tersebut Dofollow. Beberapa situs social bookmark  yang sering digunakan adalah :
  • InfoGue (PR 4)
  • SitusPortal (PR 3)
  • Bookmark Indonesia (PR 2)
  • LenteraSEO (PR 1)
Nah, demikian tips mudah dalam mempromosikan blog personal lebih dikenal. Kerjakan dengan telaten dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 
 
 


33 comments:

  1. sejak rajin bewe sepertinya blog saya banyak pengunjung hehehe,,indahnya silaturrahmi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom tahu jugakah, ternyata BW bisa mendongkrak PR...bisa mendatangkan job review kelas kakap :) dll...
      indahnya profesi Blogger yaa :) tengkyu sudi mampir kemari :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Mak. ini tampilan blognya baru yak..? Lebih kece...plus informisinya juga kece.Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya Mak Eka caem...atas pujiannya. mari menyayangi dan merawat blog kita :)

      Delete
  3. Satu lagi sob, gabung ke komunitas jg dpt jd ajang promosi blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, 100% absolutely right :) setuju banget mas

      Delete
  4. social bookmark itu kita daftar ya mak? ga ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak harus daftar dulu..gratis kok...bsok2 saya mau buatin tutorial tentang sosial bookmark ya :)

      Delete
  5. Tfs mak..itu aku jarang banget submit ke bookmarking gt --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk saling menyemangati utk BW ....yeaaay :)

      Delete
  6. wahhh ternyata caranya gitu ya mbak hheheh thanks atas sharingnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah cara yang so simpel banget..dan selalu dikerjakan antusias para pelaku blog atau istilah lerennya Blogger :)

      Delete
  7. Hihi, berhubung awalnya ngeblog bener-bener buat kesenangan pribadi, aku bahkan gak pernah cek ada berapa orang yang visit blog aku. Tapi blog walking memang seru, bisa menambah informasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu ada keberkahan dan manfaat besar dari melakukan kegiatan blogwalkingmba :) salam ngeblog :)

      Delete
  8. cuman di baca-baca sama orang lain aja seneng, hehehe, kalo dikomentarin jadi berasa ada :)
    aku sendiri tergolong yg suka blogwalking kmana" tapi jarang komentar :d

    ReplyDelete
  9. Yaaa harus komentar doang mbaa, secara tidak langsung bisa saling tau apresiasi antar blogger, dan yang penting left comment itu juga bisa menciptakan good backlink, so itu yang mendongkrak keberadaan blog personal kita, setuju ??? (Yess. alhamdullilah krn sdh terbukti) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mba, betuuul...kalo sekarang sudah mulai rajin komentar sana sini, hehhee, silaturahim kan bisa berawal dari mana aja...termasuk hobi nulis-nulis gini :)

      Delete
    2. Jangan lupaa ngeblog bergandengan dengan rajin BW bisa juga menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan...tetep semangat deh.

      Delete
  10. meninggalkan komentar juga membuat blog saya "lumayan" dapat tamu setiap harinya mbak hihihi eniwei makasih tips keren dari blog ini... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama ya mbak Tian, itulah berkahnya saling blogwalking (bw) :-)

      Delete
  11. Nah, mau belajar yang dofollow ituuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaa...yang penting bikin postingan artikel yang menarik n harus diupdate terus ya..oal do follow dsb...nanti aje :D

      Delete
  12. Yang social bookmark itu yang aku masih asing :p belum pernah coba..
    Bermanfaat mak Anty :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar yaa Mak Arifah rencananya aku mau bikin berurutan satu persatu, pokoknya ilmu yang pernah saya terapkan slah satunya aalah dengan sosial bookmark :)

      Delete
  13. Waduh, dofollow dan ilmu SEO lainnya masih asing, hehe. Yang penting rajin isi blog agar Alexa tak anjlok. Dan dari silent reader jadi komentator wara-wiri tiap mampir ke blog teman. Siapa tahu bisa menambah jaringan pertemanan dan mempererat silaturahmi.
    ilmunya ndalem amat. Saya baru bikin blog sejak Desember 2013. Jadi belum lama banget untuk lebih berilmu. Desain blog saja gak becus dan takut ancur, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mbaaa,,njen down to earth banget aliaas membumi...jangan kuatir deh mbak selama kita semangat pasti semua berjalan sesuai harapan, benaran kan mba ;)

      Delete
  14. Saya seringnya menggunakan Blogwalking. tetapi menurut saya yang paling penting justru di artikelnya. Artikel yang sering dikunjungi adalah artikel yang sifatnya statisatau pasti, misal berjudul "tips". kalaupun yang dinamis adalah "gosip".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas emang artikel yang "EverGreen" alias ada sepanjang masa tidak tergerus waktu...hihi seperti tutoriL itu ya :) makasi ya mas sudah berkunjung kemari :)

      Delete
  15. bermanfaat banget mbak postingannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya mbaak Dwi..oya akun twitternya apa sih kok susah dicari...Keep Happy Blogging :)

      Delete
  16. betul, Mak. butuh usaha dan harus konsisten supaya traffic blog terus meningkat :)
    trimakasih, Mak sudah follow blog Lilis ;)

    ReplyDelete
  17. Uhuy mak ciamik tenan. Makasih ya udah menyadarkan aku. Yang ngakunya blogger tapi belum rajin BW. abis ini akan rajiiin. Bismillah :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)