9 Dec 2014

Artikel SEO Friendly Berkat Komentar Pengunjung Blog

Percaya gak sich jika komentar atawa komen pengunjung bisa mendorong artikel yang kita tulis menjadi SEO friendly ? Pastinya ada yang masih bingung dengan istilah artikel "SEO Friendly". 
Intinya artikel SEO friendly  adalah artikel dalam blog yang dengan mudahnya ditempatkan pada halaman pertama Google. Apalagi jika ada kata kunci yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
Jika kita mengulas artikel tentang Alexa Rank, maka postingan nanti yang akan ditampilkan mengandung beberapa kata kunci yang berhubungan dengan Alexa Rank.

Ada keuntungannya juga jika mendapat komentar dari pengunjung blog, apalagi jika komen yang ditinggalkan cukup relevan dengan topik yang ada. Barangkali para blogger sekalian pernah menemui komentar pembaca blog muncul di halaman search engine.  Namun, jangan lantas menganggap semua komentar dari pengunjung akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam konten artikel.

Terutama beberapa komentator yang dianggap kurang mendukung SEO, seperti komentar yang terlalu singkat saja. Seperti "Nice Artikel", "Thanks Infonya", "Up up up", "Sundul,gan" dan semacamnya. Pokoknya komentar yang tidak berkaitan sama sekali dengan topik bahasan kurang memberikan kontribusi dalam SEO kecuali cuma bisa mempercepat turunnya Alexa Rank sebuah blog. 

Bagaimana jika komentarnya panjang-lebar tetapi tidak sesuai dengan pembahasan topik blog ? Terlepas dari hal tersebut, masih dimungkinkan memberikan pengaruh nilai SEO lantaran menyajikan penempatan beberapa kata kunci (namun kurang sesuai) sehingga sedikit  kerancuan.(Terutama bagi para blogger yang menekuni jasa penayang iklan adsense).  Lebih jelasnya nih, mesin pengindex atau perayapan  akan menilai beberapa komentar pengunjung blog tadi sebagai bagian dari kata kunci. Hal inilah yang menjadikan kemunculan iklan dari Google Adsense tidak sesuia dengan konten artikel yang diupdate.

Menemukan komentar yang disertai dengan adanya link aktif juga mendatangkan penilaian buruk karena dianggap sebagai SPAM oleh Google. Efek negatifnya reputasi blog kita bisa turun drastis di mesin penelusuran Google. Belum lagi adanya link mati maupun link aktif dalam kolom komentar juga menghasilkan banyak link keluar (outbond link) yang justru bisa menghancurkan peringkat blog kita. Untuk mengantisipasi spam yang kurang bermanfaat bisa dengan memasang anti-spam atau menyediakan robot pengaman dalam kolom komentar. Simak: jika ingin memasang/melepas robot pengaman.

Nah, itulah sisi kelebihan dan kekurangannya dalam menyikapi komentar para pengunjung blog yang ternyata bisa membuat suatu artikel konten lebih SEO. Semoga dengan berbagai tips penting akan membuat konten artikel kita bisa bersaing di halaman Google lebih baik.

8 comments:

  1. Menambah ilmu baru neh thanks :)

    ReplyDelete
  2. pasang widget alexa rank sekarang berbayar ya mba?

    ReplyDelete
  3. masalahnya kita enggak bisa ngatur orang mau komen apa mbak ... udah mau ninggalin komen aja patut disyukuri :D

    ReplyDelete
  4. anti-spam kadang juga bisa kebobolan...
    kalo komennya di moderasi kykna lebih bagus, tapi capek kalo misalnya ada banyak komen...

    ReplyDelete
  5. kalo saya ada yang mau komen di blog aja sudah bersyukur Mak, apalagi kalo panjang, nambah semangat balesnya

    ReplyDelete
  6. wah nambah ilmu juga..tks infonya...

    http://goo.gl/8WrmNC | http://goo.gl/zVI1kq | http://goo.gl/6kVGCB

    ReplyDelete
  7. Pantesan Mba ada blogger yg dikolom komennya nyuruh komen sesuai bacaan. Baru tau mba.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)