23 Jan 2015

Kenali 7 Teknik Dasar SEO On Page Dengan Mudah

Credit : Google
Aloha sobat blogger yang keren dan beken, kembali penulis ingin sharing belajar teknik dasar SEO On Page dengan mudah bagi para blogger baru. Tentunya ulasan materi ini terlanjur basi  sudah dianggap sajian posting biasa untuk blogger ahli :)

Beberapa blogger juga ada yang kurang peduli dengan SEO, berdalih tidak mempermasalahkan (baca : terlalu cuek bebek ) dengan manfaat positif SEO. Yang penting tujuan utama blogging adalah JUST HAVE FUN sekedar pengin posting, berbagi hal keseruan yang terjadi ataupun sebagai terapi hati. Iya sih, bener juga namun dengan keberadaan SEO yang baik setidaknya akan lebih mengoptimalkan blog personal di mata Google.

Tentang SEO
Secara gamblangnya Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik-teknik yang digunakan para blogger untuk meningkatkan blog personal menjadi lebih baik, salah satunya dengan mendapatkan rangking teratas di mesin penelusuran Google. Jadi semakin baik reputasi blog di mata Google itu menjadikan blog personal kita lebih mudah ditemukan pada mesin pencari (Search Engine). Dengan kata lain masuk di halaman depan Google. Baca keuntungan mempelajari ilmu SEO klik artikel : DISINI

Semakin arahnya kesini SEO telah menjadi salah satu ilmu yang berkembang pesat dalam kemajuan dunia online. Lihat saja, sebagian besar agency dalam mempromosikan produk-produknya maupun situs e-commerce bisa ditemukan dengan mudah di mesin penelusuran oleh pengunjung berdasar situs yang ada. Jadi enggak ada salahnya juga jika para blogger memanfaatkan SEO untuk mendongkrak peringkat blog yang ada dalam SERP Google.
.

Sumber : Google.com

Pada umumnya, user hanya akan mengunjungi situs yang terdaftar pada halaman awal pada hasil pencarian mesin pencari, jadi semakin tinggi peringkat Anda maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk mendapatkan visitor. Sebagai tambahan, biasanya user akan lebih mempercayai situs yang berada pada urutan teratas di Google, karena user mempercayai mesin pencari telah memverifikasi terlebih dahulu situs yang akan ditampilkannya pada jajaran teratas dalam keyword yang user inputkan.

SEO DAN OPTIMASINYA
Dalam aplikasinya, SEO terbagi menjadi dua kategori berbeda yang saling menunjang dalam meningkatkan peringkat situs yang Anda kelola, yaitu:
• SEO On-Page : SEO yang fokus dalam optimisasi halaman situs Anda
• SEO Off-Page : SEO yang menggunakan segala sumber daya yang ada diluar situs Anda. Seperti menggunakan backlink, sosial bookmark, dan situs jejaring sosial untuk mempromosikan situs Anda.

Bagi saya yang selalu merasa blogger pemula (newbie) ingin belajar tehnik dasar SEO on Page secara simpel saja, agar blog personal omah antik terus mengalami kemajuan ke depannya. Beberapa  upaya yang saya lakukan terus seperti halnya :

1. Judul Postingan  (Title Tag)
Title Tag atau judul postingan bisa ditemukan di pojok kiri atas browser yang biasanya telah mengandung beberapa kata kunci. Perhatikan penulisan Title Tag / pembuatan Judul Postingan yang baik agar bisa dikenali mesin pencari Google, sebisa mungkin tidak kembar dengan halaman blog Anda di halaman yang lain. Disarankan untuk menuliskan Title Tag antara 10-70 karakter saja agar judul postingan terlihat utuh di search engine.
Contoh :



 
2.Meta Description
Buat saya pengisian meta deskripi  dalam postingan sangatlah membantu blog omah antik lebih diindeks baik. Temukan fitur ini di sebelah kanan panel (sidebar) blog. Biasakan membuat isian meta deskripsi yang unik, beda dengan meta yang lain dan ingat usahakan untuk memuat kata kunci penting di dalamnya. 
Jadi, Meta description bisa dikatakan sebagai deskripsi singkat yang berkaitan dengan halaman postingan yang dibuat dalam blog. Tidak ada ketentuan mutlak menyetting meta deskripsi ini, jika ingin meta deskripsi terbaca seluruhnya di mesin penelusuran, tuliskan paling banyak156 krakter, jangan kurang dari itu. Sedangkan jika melebihi maksimal karakter juga tidak menjadi persoalan. Hehehe

Contoh :

Bagaimana halnya jika ada blogger yang tidak menyetting meta deskripsinya ? Maka ketika ditemukan penelusuran pada hasil SERP yang dilihat adalah kalimat awal postingan Anda sebagai meta deskripsinya.


3.Uniform Resource Locator (URL)
Seringkali mendengar penyebutan URL, namun kurang tahu secara detail tentang URL yang memiliki relevansi penting terutama untuk SEO. URL merupakan serangkaian karakter yang menjadi suatu link, dan biasanya dalam link tersebut diusahakan memiliki kata kunci yang telah ditentukan. Kegunaannya, jika ada kata kunci yang telah ditentukan dan buat URL yang memiliki kesesuaian akan membuat konten artikel blog lebih cepat dikenali di mata Google.  Bisa dikatakan, dengan menentukan suatu KATA KUNCI demi peringkat atas SERP, usahakan membuat URL dengan kata kunci sebaik mungkin,  ya :D

Perhatikan berikut contoh URL yang memiliki kata kunci tertarget yakni "Tabel Blog"
 4. Pemanfaatan Heading, Italic dan Bold
Heading dalam platform blogspot merupakan sekumpulan kata yang mengerucut menjadi judul postingan suatu kode HTML, meliputi Normal, Heading, Subheading dan minor Heading. Namun saya selalu membiasakan memakai Heading 1 untuk Title Tag dan heading 2 untuk subheading. Dan tidak lupa menyematkan kata kunci baik pada heading pertama dan subheading supaya postingan blog tampak relevan dipandang oleh mata Google. Tambahan lainnya seperti memberi garis miring (italic), ataupun tebal (bold) akan menjadikan suatu artikel lebih menarik dibaca pengunjung.
 5. Anchor Text
Pemanfaatan anchor text ini memang tampak simpel dan saya selalu berusaha menyematkan dalam postingan blog. Sebagai teks yang disematkan pada link, atur pula kata kunci di dalamnya dan buat variasi dengan kata-kata yang memiliki kesesuaian.  Jangan sampai membuat anchor text yang mengandalkan hanya satu kata saja, melainkan bisa dibuat dengan variasi sebaris kalimat yang terlihat wajar dan tidak terlalu berlebihan.


 6. Optimasikan Gambar
Hal yang penting diperhatikkan terutama dalam memasukkan (upload) gambar dalam postingan blog, gunakan image, nama file image yang berkesesuaian dengan kata kunci yang telah ditargetkan. Dengan kata lain pengaturan atribut ALT image ke dalam TAG gambar, berfungsi sebagai text (serta Anchor Text jika diapit atribut link) sehingga text nantinya bisa diindeks cepat Google.
Selalu diingat untuk tidak merasa malas-malasan merename nama file yang dibuat berdasar kata kunci yang ditembak sebelum diupload.(Ingat selalu, dalam menyisipkan gambar, selalu gunakan kata kunci sebagai nama filenya).

7. Tautkan Internal Link dan Outbound Link
Tujuan utamanya untuk menautkan link pada postingan dari halaman postingan lainnya yang berada dalam blog Anda tentunya dengan anchor text kata kunci yang memiliki kesesuaian akan memudahkan mesin pencarian Google menemukan artikel blog serta menjadi konten yang signifikan atas artikel lain yang dituju.  Memiliki pengaruh baik pada pagerank nantinya dan meningkatkan pageview blog. Hal ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya, ya :)
Sementara itu  link  ke situs terpercaya (trusted link) akan memberikan kepercayaan akan trusted blog Anda di mata Google juga. Seperti yang saya lakukan adalah memanfaatkan situs terpercaya : Youtube maupun wikepedia.

Seperti yang saya lakukan dalam mengoptimalkan blog Omah Antik saya terus berupaya untuk terus belajar mengenali beberapa teknik dasar SEO On Page dengan mudah. Nah silakan duplikasi teknik dasar SEO diatas demi blog tercinta. Jangan ada kata patah arang demi kemajuan kualitas blog personal.

Selamat mencoba, dan  terus semangat NGEBLOG, ya :)




44 comments:

  1. aku masih bingung backline sama anchor text,itu yang kek mana ya mak??hehehehe......masih ingusan nih,jadi tanyanya cetek banget hehe..makasih ya mak ilmunyaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink itu juga seperti yang mbak Hana lakukan dengan BW ke blog omah antik, otomatis saya dapat backlink dong :), anchor text itu menyisipkan link pada suatu kata seperti dalam postingan diatas contohnya : BAca artikel "DISINI",jadi kalau text disini diklik otomatis akan dibawa menuju halaman lain blog.Semoga bisa membantu ya mbak :)

      Delete
  2. Wah jadi mudeng mbk, makasi tambahan ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus dong mbak Esti yang caem, apalagi blog My Love Note udah keren bingits tuh (h)

      Delete
  3. Mbak Christanty Putriatri, waah, membaca yang di atas ini, alhamdulillah banyak masukan yang harus dicerna, tapi langlsung deh merasa o-ooon banget si Bunda ini. Pelan-pelan asal kelakon deh ya, Bunda harus banyak belajar nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Bunda Yati yang keren, saya salut juga lho ama kegigihan n motivasi ngeblog bunda yang jadi inspirasi siapa saja :)

      Delete
  4. Makasih sharingnya jadi tahu singkatan url apa.:)

    ReplyDelete
  5. Oh gitu ya mbak. Wahh lengkap banget, tapi kalo di blogspot gimana bikin anchor text?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas postingan kan ada yang kalo mbak Ratu klik tulisan baca artikel "DISINI" trus bisa diarahkan ke postingan halaman lain dalam blog itu lo mbak (o)

      Delete
  6. Hehehe... kayaknya mesti ada workshopnya nih, masih bingung, mesti dipelajari pelan-pelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bisa dipelajari kok mbak ilmu blogging asalkan tekun dan semangat selalu :)

      Delete
  7. selama ini benar2 buta sama yang beginian mak, terima kasih atas sharingnya ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbaak Santi jika mengaku sebagai blogger sejati harus tetap semangat mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan dunia ngeblog x-)

      Delete
  8. Masih bingung soal meta deskripsinya, cara buatnya gak tahu.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake blogdetik ya mas Yoga berarti platform WP, bisa kok asalkan pasang plugin tentang SEO mas :), saya juga ada pake WP dengan cara install plugin tsb bisa menyetting meta tag nya :)

      Delete
  9. Akuu masih belajar SEO, hihi paling males emang merename foto. duh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dong bumil :d, emang kalo gak diluangkan beberapa menit renama file imagenya akan keterusan jadi males males en males :d

      Delete
  10. Masih belajar soal anchor tex, jump break ( salah ga nulisnya? wahaha ), sama stu lagi, bikin label ga bisa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan ada kelanjutannya, memang ada beberapa belum paham memasang meta deskripsi maupun anchor text, sabaar ya Bunda :)

      Delete
  11. Cateeeet.. (o) Dikit2 diterapkan ke blog Dhia's Mom :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay blog mba Uwien juga keren, lo semangat ngeblog terus ya (y)

      Delete
  12. gue dah lama nyerah di SEO, gak tau kapan minat belajar lagi. *payah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aloha masbro, jangan pantang menyerah selama masih bangga menjadi seorang blogger sejati :)

      Delete
  13. Baru tahu singkatan URL itu apa, beberapa sudah coba diterapkan dan beberapa belum, mudah-mudahan tahun baru SEOnya nambah juga :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog mbak Elisa udah keren selain langganan juara kontes blog, kapan ya giliranku :)

      Delete
  14. Wow yang poin 6 saya baru tahu, ternyata merename image penting, padahal biasanya saya pake nama asli dari kamera. Terimakasih mbak udah sharing ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya disamakan dengan kata kunci yang telah ditentukan mbak, supaya mudah terindeks nantinya :d

      Delete
  15. Waaah ini blog dirimu ya Mak. Aku follow ah nanti klo dahOL pake laptop. Makasih jd ngerti SEO apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya mbaak Lina, senang sekali dikunjungi aktifitis gunung dengan segudang adventurenya (h)

      Delete
  16. Kalau say lebih mengoptimalkan dalam permainan kata dan backlink.

    ReplyDelete
  17. Tambah ilmu baru, terimakasih sharenya. Bermanfaat sekali. Saya bookmark ya.. :)

    ReplyDelete
  18. Subhanalloh... Pantesan Keren makk blok nya. Ternyata ada rahasianya toh.. Aku nge-bloknya masih angin2an, SEO sesuatu yg baru :)

    ReplyDelete
  19. Subhanalloh, ternyata dibalik kerennya blog mba tanti, ada rahasianya toh... Musti belajar byk nih utk kenal2 istilah2 baru :) Makasih ya mba utk ilmunya. Nice share :)

    ReplyDelete
  20. Nice share mba.. Ilmu yg bermanfaat..

    ReplyDelete
  21. harus dibaca sambil praktek nih kayaknya biar paham...
    makasih ilmunya ya mak ^_^

    ReplyDelete
  22. Makasih sudah diingatkan SEO nya mak Tanti. Blog personalku yg ini emang nggak pake SEO2 an haha :)

    ReplyDelete
  23. Nambah ilmu baru lagi nih, beberapa sudah diterapkan. Tapi ada juga yang belum. Ternyata meta description bisa membantu terdeteksi oleh google ya mbak.. :) bermanfaat sekali tekniknya .. ditunggu ilmu ngeblog yang lainnya mbak :)

    ReplyDelete
  24. Oke mak heheheee.... Saya belum mempraktekkan semua itu hihihiii

    ReplyDelete
  25. Keren deh postingannya Mbak, makasih :) (k)

    ReplyDelete
  26. sepertinya meta description blog-ku harus dibenahi nich....nice share...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  27. ;-( aku harus belajar dari nol soal ini.. (c)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)