3 Dec 2014

Tips Mudah Agar Artikel Blog Terindeks Sempurna

Credit : Google
Tips mudah agar artikel blog terindeks secara telak di mesin penelusuran Google akan menjadi modal blogger mempublikasikan tulisannya di jejaring sosial. Pastinya semua orang terutama  pecinta dunia blog menginginkan agar tulisan artikelnya bisa bermanfaat bagi para pembacanya secara luas.

Intinya agar semua postingan artikel dalam blog personal dapat  terindeks keseluruhan dengan baik oleh search engine atau mesin telusur Google, maka diperlukan suatu kiat optimasi SEO (Search Engine Optimization) diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia dalam mesin pencari tersebut.


Apakah Demikian Pentingnya ???

Demi kemajuan dan perkembangan blog/website personal pengindeksan oleh mesin pencari memang dirasa sangat penting. Sebab tanpa cara indeks blog kita jauh dari keramaian pengunjung. Bayangkan jika blog yang kita rawat dan update teratur dengan konten artikel yang fresh dan berkualitas tetap saja sepi. Tentunya bukan hal seperti itu yang kita inginkan, bukan ?
Ditambah lagi memiliki keinginan utama supaya artikel menembus halaman pertama Google yang menjadi syarat penting dalam mengenalkan pada mesin pencari.

Berbicara soal mesin pencara yang seringkali dipakai para blogger diantaranya adalah GOOGLE, YAHOO dan BING.
Inilah saatnya mengenalkan artikel blog personal agar dikenali serta terindeks sempurna oleh mesin pencari Google harus paham dengan beberapa cara dan strategi yang harus diterapkan.

Cara MELAKUKAN INDEKS  Artikel
Agar artikel blog kita mudah dikenaloi dan ditampilkan di mesin penelusuran Google, bisa melakukan cara dengan membuat akun pada masing-masing mesin pencari di Google Webmaster Tools, Bing maupun Yahoo. Setelah mendaftarkan pada ketiga mesin pencari tersebut, maka blog personal kita dalam pemantauan selama 24 jam. Hal inilah yang menjadikan blog personall kita akan mudah dikenali di halaman pertama hasil pencarian mesin Google

Tips Agar artikel mudah terindeks Google
Mendaftar di Google Webmaster Tools . Segera klik situs Google Webmaster Tools dan lakukan SIGNUP untuk buat akun. Tunggulah bagaimana kinerja Google bekerja mengindeks semua artikel dalam blog secara utuh.
** Bilamana akun Google Webmaster tools sudah beres, bukalah blog personal akun yang tampak dii akun Google Webmaster, lalu cari fitur Peta Situs (Sitemap) untuk mensubmitkan URL RSS Feeds blog disana. 
Biasanya untuk pengguna blogger adalah (http://yoursite.blogspot.com/feeds/post/default/)  sedangkan untuk pengguna non blogger atau Wordpress (http://yoursite.com/feed/)

Catatan Penting

(1). Harap diketahui untuk pengguna blogger sendiri, sudah pasti akan langsung memiliki akun webmaster tools tanpa harus melakukan pendaftaran (SIGNUP) dan juga tidak perlu menyisipkan beberapa kode verifikasi HTML pada template. Jadi tinggal login dengan memakai akun Google yang ada.
(2). Jika bukan pengguna dari blogger, nantinya akan diberi cuplikan kode verifiksai untuk disisipkan di HTML template.

 Tips Agar artikel mudah terindeks Yahoo dan BING
Supaya artikel blog terindeks juga oleh BING dan YAHOO bisa ditempuh dengan satu cara, yakni membuat akun BING Webmaster tools saja. Mengapa demikian ? Dikarenakan optimasi BING dan YAHOO telah menjadi satu sejak tahun 2010.

Sekarang, mulai mendaftar akun di BING Webmaster Tools untuk bisa melakukan pengindeks-an artikel. Setelah itu diminta membuat akun MICROSOFT dulu dengan mendaftar (Signup) menggunakan email apa saja. Jika tidak memiliki email, bisa langsung bikin email baru yang telah difasilitasi oleh microsoft seperti hotmail.com, live.com maupun outlook.com.

Rasanya beruntung sekali blog saya bisa dibantu kekuatan BING Webmaster Tools. Bagaimana BING webmaster tools bekerja baik dalam mengindeks blog secara menyeluruh tanpa ada satu artikelpun yang tercecer begitu saja.

 
Demo : Omahantik terindeks oleh BING

Demo : Omahantik terindeks oleh YAHOO
Blogger sekalian juga bisa kok melihat hasilnya dalam beberapa minggu kedepan. Caranya begitu sederhana, yakni dengan menuliskan site : yoursite.blogspot.com pada halaman search engine  GOOGLE, BING maupun YAHOO.

Selamat mencoba tips mudah agar artikel blog lebih terindeks dengan sempurna. Happy Blogging :) 

15 comments:

  1. Terima kasih banyak utk ilmunya ya Mb..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya Mba Umi dirimu juga huebat juga :)

      Delete
  2. Ini nih tips yang saya tunggu2.. Matur tengkyu mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya mbak...ayo smangat ngeblog terus ya x-)

      Delete
  3. wah bermanfaat nih, saya malah baru tahu ini hehe

    ReplyDelete
  4. kudu pas lagi nyante bacanya...klo terburu-buru gak mudeng Mak

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya mba..coba ah :)

    ReplyDelete
  6. Thanks sharingnya mbak...bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  7. Info yg bermanfaat banget nih meski ragu aku si gaptek bisa gak ya nerapin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus tetap semangat terus dong mak Ade caem..dirimu ya huebaat kok :)

      Delete
  8. Waaa... Besok pengen praktekin inii ah...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)