7 Feb 2015

Genjot Keras Lagi Agar Postingan Blog Eksis di Halaman Google

Sumber dari : Google
Memanage blog secara berkala memang membutuhkan ekstra usaha. Alih-alih blog bisa selalu dioptimalkan update postingannya melainkan malah teronggok begitu saja, alias mogok beberapa waktu dengan berbagai alasan. 
[nih, saya jujur hampir dua minggu kurang greget untuk update postingan- karena bunda tercinta sedang sakit dan perlu tindakan operasi-nenek tercinta tutup usia]. 
Ditambah lagi dengan cuaca yang kurang mendukung sehingga bisa menjadi gangguan bagi koneksi WIFI di rumah. Lengkap sudah keberadaan blog menjadi terbengkalai beberapa saat. 

Sampai suatu ketika tersadarkan gegara hal kecil namun memberikan kesan mendalam. Seorang sahabat blogger mengirimkan  direct message via twitter, menanyakan sesuatu .
Screenshot DM  sahabat baik tentang postingan
Terhenyak kaget. Pastilah, saya sadar resikonya jika kurang rajin mengupdate postingan blog, pastinya akan memberikan banyak kerugian #ini opini subyektif saya, lho. Jadi malu sendiri (pasti) bisa memberikan sejumlah argumen, namun saya juga gagal untuk mengaplikasi sendiri pada blog personal saya. 

Padahal sadar, sesadar-sadarnya cara agar postingan dalam blog bisa bertengger manis di halaman Google secara aman dan tidak mudah tergeser jika menerapkan serangkaian Strategi Jitu dalam mengatur postingan blog. Coba dibaca ulang lagi, pahami dan belajar kembali konsisten dalam ngeblog tentunya.
 
Jadi, bukan hal mustahil jika seorang blogger mendisplinkan diri, bersemangat untuk terus menggenjot keras beragam upaya agar postingan blognya tidak timbul tenggelam di halaman pencarian Google. Apakah menjadi kendala susah, untuk mempertahankan kemajuan blog ??? Jawabnya : semua tergantung pada upaya personal para blogger sendiri.

Siapa sih yang tidak hepi luar biasa, mendapati postingan blognya bisa nangkring di urutan pertama search engine oom Google ???  Namun euforia itu hanya bertahan sesaat saja, jika blogger tidak termotivasi untuk terus update, update dan update. Melihat perkembangan blogger yang terus bermunculan, bahkan diantaranya memiliki full spirit ,terus rajin dan konsisten membuat konten artikel yang orisinil dan unik, beda dari postingan blogger lainnya. Maka hal itu bisa saja dengan mudah mendepak beberapa artikel (postingan blog) yang usang.

Waaah, pengin menjerit dan menangis- berguling-guling, doang menyesali hal tersebut. Jangan patah arang dulu, terus berpikir positif memperbaiki kekurangan yang ada.
TERUS, gimana solusinya jika terlanjur demikian,dalam artian blog personal seperti tidak terurus dengan baik ? Mungkin hal mudah yang bisa dilakukan agar blog tetap terindeks dengan baik di mata Google : segera tumbuhkan semangat membara untuk siap BERJIBAKU membuat postingan blog. Genjot kemampuan semaksimal mungkin. Dalam artian, biasanya dalam kondisi normal-hanya membuat satu postingan saja, namun usahakan untuk memposting lebih dari satu.
Intinya, semakin banyak postingan blog, akan lebih baik demi mengejar schedul postingan yang telah bolong-bolong sebelumnya
.
Percaya nggak, ada sorang blogger sekaligus publisher adsense yang saya kenal sukses berat, berani dan berhasil MENANTANG dirinya sendiri untuk menulis sebanyak 10 postingan blog perharinya,bahkan tidak tanggung-tanggung berhasil 20 posting per harinya, agar peringkatnya tidak melorot lebih jauh. Itu dilakukan kontinyu selama 2 minggu lamanya, sehingga mendapatkan kembali peringkat blognya dengan aman.

Sedikit bocoran saja, peringkat blog turun juga bisa diketahui dari beberapa postingan yang tidak nangkring di atas halaman pertama Google, sehingga untuk seorang publisher Adsense akan mengalami  kerugian karena berdampak penghasilan onlinenya otomatis juga mengalami penyusutan. Hadeeeew #menangis bombay deh, hahaha.

Nah,saatnya menyiapkan amunisi baru-genjot usaha sekeras mungkin demi menempatkan postingan blog lebih baik. Bagaimana denganmu hai para sobat blogger ???
Conquer yourself.

51 comments:

  1. Aku juga berusaha genjot nih mbak.berusaha konsisten sehari satu posting.:)
    Smoga ibunya lekas sembuh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya emang demikian kok mbak Tatit, harus bisa memacu diri lebih giat ngeblog jika tidak pngin tenggelam :) terimkasih juga atas doanya ya :)

      Delete
  2. Saya juga sedang mencoba istiqomah One Day One Post :-d tapi biasanya juga one day two post [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya terus konsisten ya mbak Nova biar blog novawijaya.com bisa susut alexa ranknya dengan cepat (y)

      Delete
  3. sampai saat ini masih memikirkan gimana caranya biar bisa update terus postingan blognya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eman-eman mba Titis menelantarkan blog yang udah ramai dan dikenal banyak blogger..arrgh jadi kangen sama dirimu nih mbak yang jarang nongol x-)

      Delete
  4. Wah keren juga itu bisa bikin 20 posting dalam sehari.
    Saya masih jarang. Harus genjot keras juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener dan nyata kok masbro, kalo gak digenjot segitu kerasnya pundi2 para juragan adsense akan berkurang banyak. Mungkin kita patut meniru semangatnya ya (h)

      Delete
  5. Nggak rugi deh selalu berkunjung ke blog ini...selalu ada yg baru ttg semangat ngeblig... Kadang aku jg suka malu sendiri blm disiplin mengelola blog.. Ketika semangat lg menggebu bisa tisp hari bikin postingan.. Namun bila lg kendor bisa lebih sebulan gak update.. Perlu memacu komitmen pd diri sendiri agar ttp konsisten dgn tujuan ngeblog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tersanjung bingits nih dipuji mbak Rita hehehe... :d, ayolah mbak dirimu harus semangat juga, lagian tulisanmu itu keren-keren loooh. Jangan sampai kendor semangatnya untuk selalu ngeblog. Just Have fun :)

      Delete
  6. Nah, ini dia lagi berusaha konsisten sama jadwal pribadi. Hihi. Makasih yaaaa ^^

    Btw semoga ibu lekas sehat dan turut berduka cita atas meninggalnya nenek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa harus dong non, kamu masih muda punya semangat tinggi pastinya dan coba pupus pelupa akutnya ya :d, betewei tengkyu atas doanya :)

      Delete
  7. wah bener bnget trnyta mbk...rajin posting mempngaruhi google..nyesel.com..sumoah sakitnya tuch di sini huaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh perjuangan memang mbak, tidak sekedar modal tahu kalo harus rajin ngeblog :) pokoknya tetap semangat ngebog semaksimal mungkin ya mba :)

      Delete
  8. Bener bnget...nyeseeel.com and sakitnya tuch di sini mbk stelah tau klo nama blog henkang....hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk yuk yuk mak semangat dan jangan patah araang, semua demi blogger sejati (h)

      Delete
  9. Mari kita kayuh semaksimal mungkin

    ReplyDelete
  10. Go go go... Kejar setoran tulisan. Semangaaat... Hehehe

    ReplyDelete
  11. Iya niih, blogku ARnya lagi jelek, apa lagi setelah hijrah ke domain dot com. Pengennya one day one post. Tapi bikin satu posting aja mikirnya lumayan lama huhuhu...... *tiup2in blog biar naik peringat #eeh*

    ReplyDelete
  12. ahhh tutup muka.. Aku termasuk yang jarang posting, masih on off juga ngeblognya duh jadi malu, padahal juga seneng kalau lihat search pas blog kita diatas hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruuus semangaat doong mbak, biar blognya terus berkibar seantreo Indonesia :)

      Delete
  13. jd harus aktif ya mbak? oke deh dicoba ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess doang masbro...kudu aktif plus semangat :d

      Delete
  14. Hay Tant, apa kabar?
    wah tulisan ini penuh energi, beneer, ayuuk genjot sekuat tenaga, aku juga terus berusaha, sampei menggeh-menggeh heheh
    Semoga ibunda segera sehat ya say

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangee euy ama Bunda :) terima kasih atas doanya ya :)

      Delete
  15. Keren infonya mbak, artikel saya juga banyak yang turun peringkat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi ya masbro, aku udah bw ke blogmu tapi bingung nyari kolom komennya :-(

      Delete
  16. Bingung kerjaan banyak banget hahahaaa. Insya Allah deh. Btw, ikut bela sungkawa atas wafatnya sang nenek ya, semoga ibu juga segera pulih. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya mak Lusi yang caem udah menghibur diriku :(( keep happy blogging

      Delete
  17. Bingung kerjaan banyak banget hahahaaa. Insya Allah deh. Btw, ikut bela sungkawa atas wafatnya sang nenek ya, semoga ibu juga segera pulih. Aamiin.

    ReplyDelete
  18. betul sekali gan, namun kenapa yaah setiap kali kita mau publis/posting selalu males dan males, padahal bahan untuk posting sudah ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang kurang menonjok semangatnya itu ..harus kembali dibooster :)

      Delete
  19. Wah ternyata banyak temennya juga, saya malah nlis aja berat banget ada aja alasannya. Semoga ini semangat terus dech :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus semangat dong mbak Ana, apalagi dirimu mengulas blog kuliner. Hmm pokoke yummy bingits :)

      Delete
  20. Wah.. Mbak nih semakin banyak ilmu ngeblognya nih. Semakin keren deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja mbaak ...dirimu yangg keren dengan foto2 blognya..jadi pengin blaajr foto lebih baik :))

      Delete
  21. Banyak2 nyetok postingan utk posting trjadwal. Jadi kalau ada halangan, tetap bisa update.

    ReplyDelete
  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Putri... tulisan saya hanay muncul saat saya tidak sibuk mbak. Kalau mahu update setiap hari, tidak mampu dalam kesibukan tugas harian yang semakin menunda waktu. Cukuplah bisa posting apa adanya dalam waktu terluang, sudah memberi kepuasan tersendiri. Semoga sukses dalam penulisannya, mbak. curhat yang membuka mata dan hati utnuk selalu berbagi. Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah meskipun begitu saya salut sama dikau mbak Fatimah masih bisa update artikel berkualitas di blogny yang keren. Bandingkan saya yang kalo tumbang baca :sakit agak malesan. salam sukses selalu ya :)

      Delete
    2. Ikut berduka atas meninggalnya nenek, Tanty...
      Blog kamu selalu berisi banyak sharing yang bermanfaat kok, TFS yaa

      Delete
  23. komentarnya tidak muncul, ya mbak. ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini udah muncul kok mbak Fatimah, cup cup jangan nangis ya :))

      Delete
  24. Maaakkk... aku akhir2 ini juga jarang banget bisa update blog :(
    Ga bisa seaktif dulu Maakkk.... piyeeee?? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mak Ren :) harus update postingan truss :)

      Delete
  25. belum bisa one day one poost..huhu coba ah seminggu 3x yak..turut berduka cita mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya mbak Rieke yang berkenan berkunjung kemari :)

      Delete
  26. Mgkin perlu optimasi seo ya mbak, supaya post kita selalu nangkring di posisi page 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap bersemangat ngeblog dan jangan mudah nglokro :-)

      Delete
  27. emang ya, selain rajin meng update, kita juga mesti rajin suwon ke blog orang lain,

    ReplyDelete
  28. Blogwalking adalah salah satu cara membangun networking blog paling mudah...


    ReplyDelete
  29. Jadi betah lama lama di blog mba. Banyak postingan kereeen.. jadi byk ilmu saya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)