10 Nov 2014

Strategi Jitu Mempertahankan Peringkat Blog

Adakah peringkat blog sangat mempengaruhi kemajuan blog yang dimiliki ? Jawabannya, JELAS memiliki relevansi yang erat antara peringkat yang dicapai suatu blog dengan kemajuan yang dihasilkan.

Umumnya duty as blogger memang untuk meningkatkan pencapaian peringkat blog di search engine juga tidak bisa mengesampingkan hal yang harus diperhatikan dengan baik yakni mempertahankan peringkat blog yang ada.

Bagaimana melihat kemajuan peringkat blog, dapat ditelusuri dari perkembangan Alexa Rank yang semakin ramping dan kenaikan Page Rank yang diperoleh sebagai award Google.

Dengan reputasi peringkat blog personal yang kian baik di mata SERP, tidak lantas blogger bisa ongkang-ongkang kaki seenaknya sendiri mengabaikan blog personalnya begitu saja. Malahan akan semakin besar tanggung jawab untuk konsisten mengembangkan blog dalam menghadapi para kompetitor di halaman pertama Google.

Asal tahu saja, para blog yang memiliki kualitas dan bertengger di urutan atas halaman Google pastinya tidak akan mau tergeserkan posisinya dengan gampang atau malahan akan terjadi perseteruan sengit untuk saling berebut posisi halaman pertama #Bayangkan para pesumo besar sedang berduel# Hehehe...
Kompetitor akan membangun strategi baru dengan gencar mengadakan optimasi blog demi persaingan ketat di search engine. Untuk itulah pentingnya memahami dan belajar lebih tentang Ilmu SEO. Sebaliknya jika tidak, maka dengan begitu mudahnya sebuaah blog terpental keluar dari halaman pertama Google.

Alasan Penting Untuk Mempertahankan Blog

Berdasarkan pengalaman hampir 6 bulan yang lalu, blog Omah Antik memang terlena dan mengabaikan terlalu lama beberapa postingan penting yang seharusnya menjadi penyegar artikel. Bisa ditebak sendiri, kan betapa gampangnya peringkat yang telah lama diperjuangkan merosot tajam. Terbukti dengan peringkat Alexa yang terus menggelembung naik menjadi kisaran diatas satu juta lebih. Sebenarnya faktor penyebab peringkat blog turun beraneka ragam seperti terlalu sering ubah template, utak atik template atau banyak variasi script tambahan. Terlepas dari itu semua sudah saatnya menciptakan kondisi blog lebih baik. Tidak mengulangi kejadian yang sama yang dialami oleh Omah Antik karena butuh ekstra usaha untuk memulihkan peringkat blog seperti sedia  kala.

Strategi Jitu Mempertahankan Peringkat Blog

Nah, ada upayanya juga untuk mengembalikan kejayaan blog personal tentunya dengan memanfaatkan strategi jitu :
Usir Kebiasaan Malas
Maklum juga namanya manusia tidak terlepas dari rasa malas.Apalagi jika suasana hati kurang nyaman pasti akan terasa enggan untuk melakukan postingan artikel. Semakin malas untuk membenahi blog semakin terpental jauh posisi blog personal di mata Google

Membuat Artikel Orisinil
Dengan rajin membuat artikel konten yang orisinil akan semakin membuat isi blog personal lebih berkualitas. Keberadaan artikel yang unik dan orisinil dipandang Google lebih menarik karena konten dianggap tidak memiliki pesaingan untuk melaju di halaman pertama Google.

Teratur Posting Artikel
Aktifkan lagi semangat untuk selalu melakukan postingan baru, Setelah mampu menuliskan konten yang unik jangan lupa untuk selalu meningkatkan update artikel beberapa lama. Sehingga posisi blog personal lita tidak terjegal dengan kedatangan blog-blog baru yang lebih sempurna optimasi SEOnya serta giat melakukan updatean. Jika tidak, maka peringkat blog akan kembali terperosok lagi.Biasanya diketahui dengan kian menggelembungnya Alexarank dan menurunnya traffik blog yang tidak seperti biasanya.
Patuhi ketentuan TOS
Jangan sesekali melakukan hal yang melanggar ketentuan TOS dari Google. Jika nekad melakukan optimasi SEO secara berlebihan dalam mesin pencarian maka akan mendapat resiko tendangan Google. Contoh sedikit pengoptimalan postingan dengan SEO onpage yang benar, seperti yang ada dalam artikel ini adalah menempatkan setidaknya satu-dua link dalam yang mengarah ke halaman lain dengaan anchor teks yang sesuai dengan judul postingan yang dipilih.
Segera terapkan strategi jitu sesuai uraian di atas yang merupakan pengalaman berharga menata blog lebih baik. Semoga saja postingan artikel tadi memberikan pencerahan dan manfaat.
Keep Happy Ngeblog :)


16 comments:

  1. Tx sharingnya mak..aq tu suka males promo tulisan. Padahal lmyn bs nambah traffic y? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come on mba Diba, hehehe usir kebiasaan malas ya :d

      Delete
  2. Aku juga suka kalau blogku dilirik Google.cuman malas banget belajar SEO..Jadinya ya fitu deh, kunjungan perhari masih di bawah 500, padahal blognya sdh 4 tahun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mbak Evi dirimu pasti dilirik oom Google deh , tulisan blog mbak itu juga keren lo :)

      Delete
  3. Kalau udah lama gak update blog, biasanya memang agak susah juga yaa untuk mulai teratur nulis artikel di blog lagi..
    Mudah2an saya juga bisa konsisten nulis seperti Mbak Tanty..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang butuh ekstra perjuangan mengembalikan kejayaan blog seperti sediakala... hadeuh #lap keringa# :-(

      Delete
  4. hihihi...blm telaten posting teratur dan utak utik blog, baru rencana yg blm juga direalisasikan
    semoga bs konsisten spt mb chistanty, mksh tips nya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi itu emang kebiasaan yang kurang baik mba, males ogah-ogahan dan mundur-mundur yang akhirnya....buyar :-d ayuuk smngat mba Iffah

      Delete
  5. Baru tahu ada yang namanya TOS.. Jadi agak takut. Cz blm tahu peraturannya kayak gimana. Cuma asal optimasi.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. T,O.S itu term of service mbaak..semacam aturan aturan dari Google...nanti saya buatkan postingannya ya mba...hihi banyak schedul jadi lupa bikin artikel berurutan :)

      Delete
  6. Iya aku uga mulai kumat malasnya. Kadang sudah di depan laptop malah bingung maunulis apa. Mosok curhat lagi curhat lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang langsung terlintas di dalaam benak aja tho, mba Tatit...langsung tulis jangan sampai menunda-nunda. Tetap semangat ya mbak :d

      Delete
  7. Hampir epekan saya gak uapdet sibuk ngurus anak yang sakit.. padahal update gak butuh lama yaa..:(

    ReplyDelete
  8. Semoga bisa taat sama jadwal pribadi :)

    Makasih infonya, Mak ^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)