25 Jul 2015

Asyiknya Kopdar Bersama Blogger Perempuan (BP) di Semarang

Dokpri : omahantik.com
Seru dan sangat mengasyikkan kopi darat alias kopdar dengan sesama blogger mayoritas perempuan ( kalau ditanya adakah diskriminasi blogger para bapak/lelaki, saya rasa tidak mutlak-karena yang nganter para emak yang memang berprofesi sebagai blogger juga para suami masing-masing ).

Nah tuhh, dicatat ya *next time jika ada acara semacam ini pasti tidak ada pemikiran tersembunyi #ampun buat suami tercinta, yang emang sebelumnya jiper mau datang--wkkks dibaca detail ulang ternyata acara ini kumpul bersama sambil berbincang cantik ngalor ngidul seputar blogging. 

Khususnya yang berkaitan dengan Google Analytics. Buat saya ini kesempatan penting, lho. Mengingat saya agak kesusahan memahami cara membaca angka-angka statistik pada metrik Google Analytics. Swear-ngaku, jujur deh hehehehe.

Jika ada yang belum mengenal atau tahu lebih lanjut tentang Google Analytics, silakan membaca postingan di SINI lebih detailnya.  Semoga bisa lebih membantu memahami ulasan sederhana pada artikel berikut.

Padahal di kegiatan blogging yang saya tekuni memang berhubungan dengan paid job, yang mengharuskan untuk memberi report (jika ini agency atau yang punya "brand" gede).
Setidaknya menunjukkan sikap profesional dan bertanggung jawab atas segala urusan paid job, mulai melaporkan URL posting yang ditentukan, jumlah statistik pengunjung per minggunya atau sosmed yang efektif mendukung promosi atas link postingan yang telah dibuat.

Wah lumayan ribet juga ya... tapi inilah sisi chalenge nya dimana blogger bisa berkarya dan membuat orang lain impressed dengan apa yang kita share, bisa dikatakan karya yang luar biasa menginspirasi.

Wow bak pucuk dicinta ulam pun tiba. Meski perjalanan Kudus-Semarang berkisar satu jam, saya merasa semangat saja pengin datang mengenal sesion ngobrol cantik bersama Blogger Perempuan-membahas  tentang Google Analytics.

Tidak perlu membuang waktu lagi, ketika ada acara bersama Blogger Perempuan yang memang khusus di adakan di Semarang pada Selasa, 14 Juli 2015 kemarin bersamaan dengan acara BukBer bersama blogger senior yang sangat berpengalaman dan piawai ngeblog (karena saya pada awal bergabung sebagai blogger sering kali mengikuti workshop online gratis dipandu beliau) yakni mbak Shinta Ries.

Kopdar bersama dengan mbak Shinta Ries

Acara yang full hepi dan ilmu  diadakan padaTong Ji Resto @HOM Semarang Jl Pandanaran No 119 Semarang. Tempatnya benar-benar cozy dan penuh kehangatan antar blogger satu sama lain.
Mbak Shinta Ries yang terkenal sebagai Founder Blogger Perempuan & Co Founder Fun Blogging Community ini tidak bosan-bosannya menyemangati para blogger yang terkadang suka patah arang (salah satunya termasuk saya deh) hihihi.

Makanya saya gak segan ngacung setinggi-tingginya deh. Pokoknya pasrah terima nasib dengan segala kebingungan menghadapi ribetnya Google Analytics.​ Ehh, untung saja... pembicara sekaligus narasumber yang terpercaya, mbak Shinta Ries ini sangat penyabar sekali. (tengkyu, lho mbak Shinta ) *keep smile :)
Para blogger yang bersemangat mendengarkan penjelasan dari mbak Shinta Ries
Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sehingga pertemuan selama 2 jam itu masih kurang juga, untuk saya (terutama) yang pengin belajar materi tentang Google Analytics yang notabene untuk mengetahui seberapa detail peningkatan traffik blog yang dimiliki setiap blogger.
Salah satu penampakan cara membaca Google Analytics yang benar (amiin) di blog Omah Antik
Penampakan Statistik pengunjung di salah satu postingan artikel
Secara pribadi saya sih, sangat bersyukur berkat kopdar sekaligus ada acara bukber bersama ini membuat wawasan saya tentang Google Analytics bertambah juga. Seperti yang diutarakan oleh mbak Shinta Ries dalam memasang kode unik GA, terutama untuk platform blogspot tidak perlu dimasukkan ke dalam kode HTML (wah yang ini dulu bikin puyeng saking njlimetnya saat memasang pertama kali).
Yang lainnya, saya sangat takjub dan pokoknya terpukau banget deh sama tablet yang dimiliki mbak Shinta Ries dan sejumlah blogger lain.

Sepertinya tablet cukup inovatif sekali, dipakai mobile apalagi dalam situasi ngobrol cantik bersama Blogger Perempuan tersebut, Buat saya pribadi yang emang paling jauh domisilinya, gak perlu ribet dan pusing membawa tas berat netbook berserta aksesoris kelengkapannya.
Duh, penginnya...ndang *berdoa, semoga bisa lancar terus dapat berkah menulis paid job review dengan demikian bisa mampu membeli sesuai yang diidamkan (amiiiin  YRA).

Terakhir, sesi makan bersama yang penuh kehangatan. Tidak ketinggalan pula acara icip mencicip beberapa menu makanan yang ada pada temen. Waduh, kok usil sekaligus rakus sih... *emang udah tabiatnya-hadew :D
Nikmatnya menu makanan berbuka *abaikan dengan foto tangan usil..hehehe
Pilihan menu saya yang nasi putih berpadu dengan ayam kremes, sesekali minta incip menu lain, nasi kuning *hadew rakusnya :P :P
Ada juga Mak Irits yang menawari kue nastarnya yang super yummy (tengkyu ya mbak)
Semoga saja keakraban antar blogger terutama bersama Blogger Perempuan tidak berhenti sampai disini saja, harapannya sih untuk acara-acara lain kalinya dan tentunya tahun depan akan tetap terus ada, sehingga tali silahturahmi tetap berjalan baik selamanya.
Beginilah pengalaman yang  full so happy, tetap asyik banget kopdar bareng blogger di Semarang.

Keep Happy Blogging :)

6 comments:

  1. asik banget ya...udah dapat ilmu dapat makanan pula...hahaha...minal aidzin wal faidzin ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Asyiknya bisa kopdar bareng blogger perempuan, pasti banyak ilmu yang didapat yah.
    Soal incip2 itu biasa, aku klo makan bersama keluarga biasanya juga saling incip makanan, jadi bisa ngerasain menu yang beda2 hahaha :D

    ReplyDelete
  3. senangnya... kapan ya mba shinta ries mau bagi2 ilmunya di bandung

    ReplyDelete
  4. Cukup nyesel deh Mbak nggak bisa ikutan acara ini. Masih oon kalau masalah baca GA.

    ReplyDelete
  5. Aku juga gak mudeng GA. Udah pasang dan kalau dimintai laporan saya kasih. Tapi arti laporan tsb nggak ngerti.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)