19 Aug 2015

Sedia Payung Sebelum Hujan

Cedera ringan
Mungkin ada baiknya, sedia payung sebelum hujan. Wait...ini, kan belum waktunya musim hujan. Betul 3x *versi Upin Ipin... judul postingan dalam omahantik kali ini mengacu pada kesiapan mental saya dalam mengantisipasi jika terjadi hal-hal unexpectedly (baca :kejadian tidak terduga) dalam anggota keluarga di rumah. Terutama anak-anak.

Pernahkah terpikir hal ini, meskipun tampak sepele ternyata bisa bikin geger serumah, bahkan kalau "heboh" mungkin bisa sampai ke telinga tetangga samping kanan-kiri. Hehehehe *kok jadi ngasal.
Pasti pembaca juga *gemes-apa tho yang sedang dibahas ini ???? Xixixixi. (Waiiit sabar-sabar). Nanti toh akan terungkap dengan sendirinya.... *jitak 10x.Wadow.
Tetapi apa yang pernah saya alami beberapa tahun ini bisa jadi membuat saya berpikir cermat dan cepat dalam memutuskan HARUS memiliki stuff satu ini. Mengingat banyak kejadian silih berganti :
Bermain
Tepat di depan rumah ada lapangan luas (selebar lapangan bola voli) yang tiap sorenya ramai untuk bermain anak-anak. Ketika sulung saya, si kakak sedang naik sepeda entah meleng atau melamun) sepedanya tergelincir. Bisa dibayangkan lutut kakak penuh luka lecet.  Sambil kebingungan kesana kemari, saya cari plester untuk menutup lukanya. Alhasil memakan waktu 10 menitan baru teratasi, lantaran muter-muter pergi ke toko kecil dulu .

Accident tak terduga
Siang hari bolong pas mau nyante-nyante tiduran, tiba-tiba ada full screaming tetangga depan rumah. Dipikir ada maling nekat membobol rumah. Eh gak tahunya, Umi (panggilan akrabnya) sedang meringis kesakitan sambil memegangi lengan tangan kirinya. Tahu apa yang terjadi, tanpa terduga lengan tangannya kesiram minyak panas yang tumpah dari wajan yang sedang nangkring dalam wajan penggorengan. *Argggh saya dan beberapa tetangga panik juga. Apalagi melihat Umi *kok mengolesi dengan pasta odol. Haduuuh mbiyung, kan seharusnya disiram dengan air mengalir... (betul, kan) kalau salah mohon dikoreksi.

Family Gathering
Acara semacam arisan dalam keluarga besar saya, maklum pihak keluarga mamah mertua semua hampir belasan ditambah pihak keluarga mama saya juga sama dalam jumlah. Pastinya kalau ada kumpulan bersama bakalan riuh belum lagi persiapan masak memasaknya. Nah ada kejadian tuh, yang bikin nyali saya menciut. Saat ada kerabat sedang membantu mengolah ayam, tanpa sengaja (mungkin kecapekan, kaleeus) mata pisau membacok kulit jari tangannya. Bisa dibayangkan...cuuuuuuur darah segar seperti gak ada habis-habisnya keluar. Terus terang saya paling ANTI melihat luka darah...apalagi kalau sampai banjir demikian. Bisa-bisa pingsan langsung.

Unsual Habit
Satu lagi nih, yang bikin saya *mengeryitkan dahi (kok bisa-logikanya darimana ya ?) tentang kebiasaan lama dari mamah mertua yang bikin saya sedikit bergidik jijik...hahahaha. Setiap ada anggota keluarga atau siapapun yang terluka, bukannya mencari obat medis malahan sibuk mencari sawang di langit-langit rumah. Kalau bisa sawangnya yang hitam dan gerombol *apaaan pulak ini :D. Pokoknya sawangan tersebut ditempel pada luka yang terbuka. Aneh bin ajaib- dalam hitungan detik darah bisa mampat dan luka bisa menutup lebih cepat.
Jika penasaran pengin mengetahui tentang kotoran langit-langit ini, monggo silakan baca di SINI.
Makanya, tak salah dong jika saya wanti-wanti suami untuk menyediakan kotak P3k. Menyadari juga  kesalahan dari keluarga kecil saya yang bertahun-tahun sama sekali mengacuhkan keberadaan perlengkapan "Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan". Dismiss this equipment !!!
Dokpri : Kotak P3k yang mungil namun sarat fungsi
Dokpri : Salah satu isi dari perlengkapan P3k di rumah
Pengin tahu sekiranya apa saja yang perlu dimiliki dalam peralatan P3k  dirumah demi mengantisipasi kejadian-kejadian seperti diatas tadi.
Mengingat kotak P3k yang berada di rumah agak kecil, maka saya sediakan beberapa perlengkapan yang utama saja seperti
  • termometer (pengukur suhu badan)
  • Cairan Antiseptic (misalnya cairan hydrogen peroksida)
  • Betadine atau obat merah
  • Perban, kassa steril, serta plester
  • Kapas beralkohol,Alkohol 70%
  • Peniti, pinset, maupun gunting 
  • Lotion yang mengandung calamine
  • Obat-obatan resep dokter yang biasa digunakan oleh anggota keluarga
Harapan saya sih, dengan kesigapan saya -sedia payung sebelum hujan bisa lebih memudahkan dalam mengatasi pelbagai kesulitan seperti sebelum-belumnya. Dan yang penting, bisa berangsur-angsur mengalihkan kebiasaan unik mamah mertua tadi yang cenderung lebih memilih sawang ketimbang obat-obatan medis yang lebih higienies.

Keep Happy Blogging

16 comments:

  1. Kalau aku, karena sering di dapur, menyiapkan biolaceton atau sejenisnya

    ReplyDelete
  2. Berjaga-jaga memang sangat penting ya, mengingat kecelakaan memang tak kenal hari dan jam berapa,, :d

    ReplyDelete
  3. iya, mbak.. kotak P3K itu penting banget. Kalau saya sih Promag itu yang gak boleh gak ada.. kalau maag udah kambuh, ampun deh kalau sampai promagnya gak ada. Promag mana promag? perlu review produk? :)

    ReplyDelete
  4. Iya ya...kadang lupa nih betapa pentingnya arti kotak P3K ini

    ReplyDelete
  5. wah,makasih mak sudah diingatkan...dirumah belum ada,cuma memang harus jaga2 ya

    ReplyDelete
  6. Ternyata sawang, juga berkhasiat ya mbak..? Baru tau..hi..hi.. biasanya saya paling anti deh, soalnya ngotorin rumah :)

    ReplyDelete
  7. Sedia tanaman lidah buaya utk luka bakar juga. Takutnya persediaan obat luka bakar habis atau terselip, hehehe

    Jadi abis disiram air mengalir, tunggu agak kering baru tempelkan daging lidah buaya.

    ReplyDelete
  8. aku juga selalu siap di kotak obat2an

    ReplyDelete
  9. Wah yg luka dioles pake odol aku juga baru denger...malah tambah nyoosss perihnya kali ya

    ReplyDelete
  10. persediaan p3k akan lebih mudah untuk pertolongan pertama, namun dalam setiap rumah masih jarang yang menyiapkan alat p3k ini, perlu dikoreksi yah mba.. :)

    ReplyDelete
  11. kotak P3Knya beli dimana tuh mbak yang kaya gitu?

    ReplyDelete
  12. Aku blom punya kotak P3k, obat-obatan kutaruh di container dan saat diperlukan malah ilang nggak tau dimana.
    Harus pake kotak P3k nih biar nyarinya gampang ya :)

    ReplyDelete
  13. Bener banget, Mak. Kotak P3K itu perlu banget. Kecelakaan2 ringan selalu saja terjadi kapan saja. Apalagi anak-anak. Dan kotak P3K jadi andalan...

    ReplyDelete
  14. Wow. P3Knya lengkap ya, mak. Moga aja sekeluarga selalu sehat ya. Aamiin

    ReplyDelete
  15. betul mba di rumah harus sedia kotak p3k buat pertolongan pertama saya juga belum lama mengalami hal seperti ini anak saya terjatuh di depan rumah

    ReplyDelete
  16. penting memang untuk sellau siap, apalagi kalau punya anak kecil mak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)