15 Aug 2015

Tingkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Tampilan Beda

Dokpri : Penampilan Anggun Wanita
Pernahkah merasakan nervous mendadak yang ujung-ujungnya jadi kehilangan pede ???
Pede atau rasa percaya diri menjadi memudar kemungkinan banyak hal terjadi.

Namun, yang akan dibahas terutamanya disini kehilangan percaya diri (mungkin) disebabkan pribadi yang sudah merasa pesimis **nih,saya yang ngacung duluan. Mungkin juga saya kerapkali mengalami sikon tersebut. Hehehe

Banyak faktor (catat, ini pendapat subyektifitas) yang membuat saya merasa kurang atau tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan sempurna.

Just House Wife
Iya, pertama kali merasakan dari seorang hard worker langsung menjajaki proses "jobless". Namun itu sudah konsekuensi saya yang memilih fokus berkarya dan mengurus semua kebutuhan rumah tangga termasuk anak-anak yang balita. Jadi saya perlu extra training mental melewati ujian adaptasi dengan schedul yang sangat berbeda.

Kebebasan Finansial
Secara tidak langsung memilih resign bekerja, juga mempengaruhi income seperti biasanya. Kemungkinan kurangnya kebebasan finansial seperti bebas membelanjakan sesuai keinginan (kalau saya sih boros dalam cost buku dan majalah :D ) , sekarang sudah mulai memprioritaskan dengan keperluan yang penting.

Exploring Aktifitas
Aktifitas yang terbatas lantaran kini saya lebih banyak mengurusi urusan rumah tangga sehingga aktifitas sosialits bersama teman-teman sejawat secara tidak langsung juga berkurang. Apalagi jika direpotkan dengan urusan anak-anak yang lumayan menguras enerji.

Tidak Menghasilkan "Masterpiece"
Terkadang dalam pikiran saya terbersit tidak ada hasil karya yang bisa dibanggakan dalam kehidupan ini, apalagi setelah memutuskan hanya sibuk sebagai ibu rumah tangga biasa. Apa yang harus saya kerjakan untuk menghasilkan suatu prestasi atau karya yang membanggakan. I am useless.  Wedeeew...hikkks #nangis guling-guling. Hahaha

Maaf, yaa para pembaca yang budiman... saya tidak bermaksut menebarkan aura negatif dengan mem sharing opini seperti diatas, namun setidaknya dengan berbagi unek-unek pribadi akan lebih melegakan dan mendapatkan upaya baik mengatasinya. Benar, kan ?

Seiring waktu berjalan telah membantu proses saya menemukan secara perlahan bagaimana membooster diri ini lebih baik dan berguna, syukur-syukur bisa menginspirasi sesama. (yaa, saya yakin sih diluaran sana, pasti banyak yang mengalami keadaan seperti saya "dulu"nya ).

Tips ringan ala omahantik meningkatkan rasa percaya diri
Mau tahu kira-kira apa yang pernah saya lakukan agar lebih membangun rasa percaya diri ini kembali (ini gue, getoo lho ^_^). Pokoknya menghapus segala kekuatiran plus tetek bengek or de el el...hahaha.

1. Just Listen your heart
Kalau sering merasa kuatir ataupun merasa takut mendengar komentar orang lain itu bisa menjadi penghambat diri untuk bebas mengekspressikan diri. Anggap saja, diri ini tahu apa yang terbaik "asalkan tidak merugikan orang  lain" that's enough. 

2. Keep Smile
Jadi inget sama jargon yang booming "Keep Smile". Dipastikan semua orang yang mendengarkan akan merasakan hepi, suka ria bahkan bisa berjoged-joged gembira. Nah itu bisa diterapkan dengan mudah. Setiap kali berpapasan dengan siapapun teman atau sodara, dalam situasi apapun, usahakan sebisa mungkin untuk menebarkan senyum kebahagiaan.

3. New Looks
Dengan performa yang beda setidaknya akan memberikan aura yang lebih menarik. Bisa saja,kan merubah tatanan rambut, berhijab, mengenakan aksesoris seperti kacamata, gelang, anting-anting dsb. Setidaknya perubahan tersebut memberi angin segar untuk beraktiftas. Terinpirasi nih, sama penampilan outfit kerabat dekat meski sebagai ibu rumah tangga tetap fit dan okay selalu (pssst mereka sudah mulai istiqamah menutup aurat, enggak kayak saya yang trondol .Hikkss) *menanti hikmah

Dokpri : sengaja -semua foto pada berkacamata, Hahahaa...


4. Find New Activity
Mungkin dengan menemukan kegiatan baru (sekaligus memberi keuntungan finansial) bisa jadi memberikan semangat beraktifitas sehari-hari. Semisalnya nih, saya tanpa sengaja menemukan komunitas daerah (KBC) Kudus Blogger Community, dimana di dalamnya banyak berkumpul muda mudi yang (rata-rata) sukses merintis Google Adsense. Meskipun dari luar tampaknya biasa-biasa saja (wong masih pada kuliah, eeh beberapa malah setingkat SMA) tapi penghasilannya luar biasa. Mereka bisa menemukan cara meraup dolar dengan mudah. Tertarik ???  Kalau saya jangan ditanya, meski paling emak sendiri, jadi kian pede *sambil ngebayangin $$$. Hahaha.
5. Get Practise
Mau tampil beda dan kece badai ??? Yoi, kayaknya kudu rajin get practise deh. Mau dari yang ringan sampai yang berat-berat juga bisa (asalkan, kuat lohh :P ). Berolahraga teratur bikin segala sesuatu terutama stamina bodi juga ikutan enteng. Jujur, udah pernah saya praktekin, ikutan fitnes, yoga dan renang baru berjalan beberapa hari bangun tidur rasanya enjoy dan tubuh terasa ringan. Jauh dari keluhan pusing, pegal-pegal punggung, maupun rasa nyeri lutut. Paling mantap jika ukuran lingkar perut menyusut, jadi pakai baju apapun makin yahud :)

Nah itu beberapa poin dari pribadi sayaaa lhooo... beberapa memang udah dipraktekin. Sekarang tinggal meneruskan secara konsisten saja...kuat atau berhenti ditengah jalan. Please doaian saya ya ... yang terkadang angot-angotan. Wkkki.

Keep Happy Blogging :)

3 comments:

  1. Membangun percaya diri itu memang susah-susah gampang mbak :)

    ReplyDelete
  2. keep smile, iya senyum senyum bingung deh

    ReplyDelete
  3. Mbak...aku tuh paling gak suka dandan pake aksesoris.. Tapi kalo bergaya pake kacamata hitam kebutuhan banget..apalagi ketika jalan2 barang yg satu ini gak pernah lupa dibawa.. Bisa gaya saat difoto..hhe..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)