26 Jan 2016

Ketika Harapan Itu Hampir Pupus

Ketika harapan itu hampir pupus, tidak mungkin tidak akan membuat orang kehilangan asa. Orang akan merasa hampa dan berjalan limbung tanpa arah. Parahnya ada yang tersesat, terperosok dalam hal-hal di luar nalar. (Mungkin) saja segelintir orang yang kurang bersabar dan hanya mengandalkan jalan pintas yang jadi terjerumus ke masalah baru yang sebenarnya tidak diinginkan.

Maaf, ya saya tuliskan postingan "Ketika Harapan Itu Hampir Pupus", karena terdorong dengan beragam problem yang terjadi di lingkungan dekat sekitar kehidupan saya. Saya hanya ingin menelusuri serta mengkajinya dari luar saja. Tanpa bermaksud mencampuri urusan intern namun setidaknya dari pengalaman yang tercermin dalam kehidupan sosial mereka, bisa jadi hikmah untuk orang lain.

Ada kasus, terhitung masih kerabat jauh saya, anak-anaknya yang beranjak puber (masa peralihan remaja- ke dewasa) terseret masalah penjualan narkoba antar geng remaja. Mendengar berita kurang menyenangkan tersebut hampir meruntuhkan kebanggaan dan nama baik keluarga besar. Saya juga prihatin sekali, melihat cobaan yang menimpa kerabat saya. Tidak menyangka juga apalagi tahu sebenarnya remaja yang supel dan ramah.Entah kenapa sampai halnya mereka bisa berkenalan dengan barang haram tersebut. Yang saya dengar, memang kerabat saya sedang mengalami kebangkrutan.

Tidak hanya itu saja ada yang bikin saya terhenyak kaget manakala dikabari alumni teman kuliah dulu. Salah satu kawan karib berusaha nekad mengakhiri hidup. Dengan cara, meminum pil tidur, overdosis sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk ditangani perawatan lebih serius. Untung saja, nyawanya masih tertolong. Pas siuman, dia menangis mohon ampun atas kekhilafannya. Gegara terjerat hutang yang tidak bisa dilunasi ia menjadi gelap mata.

Sebenarnya masih ada sederet kasus yang tidak mungkin saya tuliskan. Mengingat ada sebagian orang anggap tabu jika menceritakan masalah tersebut. Jadi cukup beberapa contoh diatas yang bisa dipetik hikmahnya. Secara garis besar menurut diri saya pribadi, kebanyakkan orang yang tidak siap mental dan kuat keyakinan pastilah mudah jatuh. Ibaratnya cobaan atau terpaan masalah yang datang menjadi akhir segala kehidupan.

Saya juga tidak ingin menyalahkan, mengapa pada akhirnya ada orang yang memilih jalan yang keliru. Kemungkinan besar, bisa saja gegara saking kalut dan tertekan menjadikan seorang tidak bisa berpikiran secara jernih. Belum lagi kebanyakan diantaranya mengalami mental shock. Sebaliknya orang yang terbiasa tenang dan kritis dalam menyikapi masalah, biasanya akan memandang suatu masalah sebagai ujian hidup. Jika berhasil melampaui cobaan itu artinya Allah menaikkan derajat hidupnya.

Berkaca dari beberapa hal tersebut, seperti saya juga yang mudah patah arang di tengah jalan, akan berusaha lebih baik memaknai kejadian hidup, baik dalam keadaan suka maupun duka patut mensyukurinya. Karena itu saya ingin selalu melakukan tips berharga dari kelompok tausiyah yang saya ikuti untuk berusaha dalam :

Kuatkan iman dan setia mendekat pada Allah SWT
Barang siapa yang percaya dan beriman pada Allah SWT akan selalu mendapat perlindungan dan penjagaan dariNYa. Termasuk Allah tidak akan memberi ujian hidup dimana umatnya tidak kuat menanggung cobaan itu. Jadi saya pun tidak sungkan-sungkan atau malu menangis di atas sajadah.

Jalin komunikasi baik dengan keluarga
Biasanya orang yang mudah dipengaruhi oleh hal buruk karena ketertutupan sikapnya dan kurang komunikasi baik dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan adanya komunikasi baik dengan keluarga menjadi tameng baik menghindari kemungkinan pengaruh buruk dari luar.

Ikuti Perkumpulan atau Kegiatan Positif
Ternyata dengan aktif menyibukkan diri dalam beragam kegiatan positif juga bisa menghindarkan diri dari kemungkinan hal-hal buruk. Beberapa kegiatan positif itu menjadi wadah penampung mengatasi masalah yang bisa dijalani dengan keikhasan hati. Banyak pesan dan nasehat yang diperoleh antar anggotanya seperti yang saya ikuti kelompok tausiyah ibu-ibu di perumahan. 
 
 

Ubah Paradigma Negatif
Menurut orang bijak mengatakan jika pikiran selalu dipenuhi prasangka buruk maupun pikiran negatif akan memberikan aura yang sama seperti yang dipikirkan sebelumnya. Untuk itu ada baiknya selalu mengedepankan mindset yang positif sehingga terus memiliki keyakinan bisa melakukan hal terbaik.

Demikian gaes, tips simpel yang mungkin bisa ditiru dalam membantu ketika harapan itu hampir pupus. Jangan sesekali gampang menyerah dan berbalik arah. Justru kita akan selalu dimudahkan oleh Sang Khalik jika mau bersabar menjalani ujian hidup ini.

14 comments:

  1. Tips-tipsnya bener semua tuh mak. Allah ga akan kasih masalah kalau ga sepaket dgn penyelesaiannya :-)

    ReplyDelete
  2. Mba, menurutku memang benar ya berkumpul dengan keluarga atau kegiatan-kegiatan positif lainnya bisa menghindari kita dari kegiatan yang tak diinginkan. Makasih sudah berbagi, mba

    ReplyDelete
  3. senengnya terdampar di sini pagi2, bikin semangat oantang menyerah pulih kembali

    ReplyDelete
  4. Semoga kita semua diberi kemudahan dlm hidup ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa jadi pengingat kita semua. Nice blogpost. :)

    ReplyDelete
  6. Kembali lagi ke masalah keimanan yg kuat ya Mba.. Kalo kita imannya kuat insyaAllah gak terjerumus dgn bujuk rayu narkoba..

    ReplyDelete
  7. Semua tidak akan terjadi bila kita masih memiliki iman. Yakin bahwa kita bisa melewati dan menjalani ujian dri Allah.

    ReplyDelete
  8. yg no 1, deket kpd Tuhan YMR itu mah penting bgt mba.. tanpa itu biasanya org jd rapuh pikiran dan imannya.. ditimpa masalah dikit, mikirnya lgs cari pelarian negatif -__-

    ReplyDelete
  9. Daripada curhat ama orang ngak jelas, mending menanggis di sajadah yaaaa

    ReplyDelete
  10. Dengan bekal iman yang kuat, insya Alloh kita bisa menghadapi segala permasalahan hidup. Tema ini juga buat introspeksi buat kita semua, terima kasih udah nulis ini ya mbak :-)

    ReplyDelete
  11. Duh,postingannya nancep banget. Lg butuh asupan biar nggak baper-an

    ReplyDelete
  12. Curhatnya sama Tuhan aja deh, hati akan lebih tenang dan siapa tau akan dapat jalan keluar dari permasalahan.

    ReplyDelete
  13. makasih mak remindernya :D tipsnya bagus :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)