11 Jun 2017

Mudik Aman Bersama Keluarga Tersayang


Credit foto : Infoyunik.com


Kurang sepekan lagi hari raya Lebaran. Bagi yang bersiap mudik tentunya menjadi momen lebaran yang sudah dinantikan bertemu dengan saudara maupun handai taulan tercinta.

Nah sekiranya apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa mudik tenang dan nyaman bersama keluarga tersayang. Meskipun tujuan mudik sebatas antar kota tetap saja tidak bisa mengabaikan begitu saja yang namanya "Safety".

Jelas penting memperhatikan namanya safety, lantaran bepergian tidak semata sendiri melainkan bersamaan dengan keluarga serta anak-anak. Dengan lebih berhati-hati mengutamakan safety menjadi pedoman keselamatan mudik.

Tips Mudik Aman
Menjadi kesepakatan saya dan suami lebih concern menerapkan hal-hal penting berikut sebelum mudik.Tujuannya mengantisipasi hal-hal yang bisa saja membahayakan keselamatan para pemudik sendiri juga orang lain.
Rutinitas yang sudah berjalan baik tiap tradisi mudik diantaranya :

1. Koordinasi baik dengan lingkungan tempat tinggal
Sebaiknya memang ada tetangga atau orang yang terpercaya dititipi saat rumah ditinggal mudik. Seperti memberikan keterangan kapan jadwal berangkat-pulang mudik. Sehingga pemudik secara tidak langsung juga memperhatikan hal-hal penting seperti mengunci pintu jendela rumah, mematikan kompor dsb.

Surat keterangan mudik  dokpri.omahantik.com

2. Pilih transportasi Mudik Yang Nyaman
Awal-awal tahun lebaran saat masih berdua dengan suami cenderung naik brompit.Alias naik motor saja.Tanpa kenal lelah bisa PP Salatiga-Semarang-Kudus. Seiring waktu adanya krucils lebih memikirkan kapasitas yang lebih luas dan nyaman. Pernah sih mulai dari tranportasi umum, taxi.maupun mobil rental. Setidaknya saya harus bisa pastikan transportasi angkutan tersebut  baik, praktis dan cukup nyaman hingga kota tujuan. Benar, kan?
Untuk mobil sewa/rental saya sih lebih sreg infonya dari rekomendasi para sahabat.
Sementara jika naik mobil pribadi sebaiknya mengecek semua kelengkapan dan kelayakan mesin dari oli, mesin, rem, ban cadangan dsb


3. Jaga Stamina Fisik Baik
Duh jangan sampai deh, jika bepergian jauh seperti mudik ada salah satu anggota atau kita sendiri terserang sakit.Kondisi tubuh yang ngedrop bisa mempengaruhi kelancaran dalam menempuh rute mudik. Bahkan anak-anak bisa rewel sepanjang perjalanan jika tidak diantisipasi sejauh mungkin. Pokoknya lebih semangat dan ceria melakukan pulang mudik jika kondisi tubuh fit sehat.


4. Buat List Package
Manfaatnya jika kita meluangkan waktu untu membuat list package atau daftar barang bawaan penting yang wajib dibawa nanti ketika mudik. Memang sih, tampak sepele namun jika sampai itu terjadi bisa fatal dan merugian diri sendiri.
pengalaman yang membekas saat kami sekeluarga hendak silahturahmi lebaran kedua ke Boyolali dari kota Semarang. Perjalanan sudah sampai ke pintu tol Bawen -Solo. Tiba-tiba teringat ada satu box oleh-oleh khas Semarang yang tertinggal di rumah. Terpaksa mobil putar haluan pulang demi mengambil barang oleh-oleh yang tertinggal. Bayangkan saja waktu yang terbuang karena kealpaan dan tidak ada list barang sebagai REMAINDER/pengingat. Untung masih memakai transportasi pribadi, coba kalau pesawat atau kapal laut.
Nah dengan adanya daftar barang ini lebih memudahkan untuk membawa barang-barang penting yang diperlukan. Semisal tas organizer yang memuat peralatan penting seperti obat-obatan,perlengkapan P3K dsb.

5. Bawa baju nyaman secukupnya
Hal ini harus diperhatikan betul-betul apalagi jika menempuh tujuan yang jauh.Memakai baju yang nyaman di kulit akan membantu terutama anak-anak menyesuaikan kondisi mudik yang biasanya macet dan gerah (jika mudik di siang hari). Tidak jarang pakaian baru yang kurang nyaman, terasa gatal dan lengket karena keringatan biang kerewelan anak kecil



6. Device entertainmen
Mudik bareng anak-anak relatif susah-susah gampang. Terkadang jenuh dengan suasana monoton mudik bikin kebosanan.Nah dengan membawa device entertainmen diharapkan bisa menghibur mereka selama perjalanan mudik. Contoh simpelnya saja bisa membawa perlengkapan seperti boneka atau bantal kesayangan, buku cerita, mainan, kepingan lagu anak-anak dll.

7. Bawa bekal minum dan snack
Jangan sampai lupa yang satu ini, karena perjalanan mudik tidak terlepas dari aktifitas ngemil dan mencukupan rasa dahaga. Dengan membawa bekal kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah diharapkan bisa menyemarakan suasana mudik.

8.Cek kelengkapan mobile penting
Nih ada juga yang sering diabaikan sebagian orang membawa kelengkapan penting di kala mobile. Terlebih dulu cek keberadaan kartu-kartu penting yang wajib dibawa semisal kartu ATM, kartu masuk otomatis pintu tol, KTP, SIM dan simcard yang handal.
Mengapa saya butuh SIMcard yang handal lantaran pernah mobil mogok di lintasan jalur tol Ungaran-Bawen dan sinyal hape waktu itu tidak tercover sama sekali. Lama sekali mendapat bantuan SatGas lalulintas gegara susah akses telpon.
Untung, alhamdullilah tahun ini berkah Ramdhan saya sekeluarga mengandalkan jaringan koneksi 4G. Sungguh saya salut dengan inovasi telco XL yang merambah ke pelosok daerah, sehingga bisa mendapatan sinyal yang kuat dan stabil.

Info Paket XtraCombo : myXLaxiata


9. Mampir beristirahat
Agar perjalanan mudik berjalan lebih lancar dan aman, ada anjuran baik Satlantas Polri untuk beristirahat sementara waktu di sela-sela perjalanan. Lebih enaknya lagi sudah ada fasilitas yang disediakan pemerintah bagi para pemudik untuk beristirahat.

Oiya temans tips tentang mudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan sudah pernah dibahas ini pada postingan berikut :



Mungkin cuma sekelumit gimana Mudik Aman Bersama Keluarga Tersayang ala omahantik yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.


Keep Happy Blogging

24 comments:

  1. Tipsnya joss kalo diikuti in syaa Allah perjalanan aman terkendali
    Makasih Mbak

    ReplyDelete
  2. Banyak hal yang perlu di.perhatikan sebelum mudik ya mba. Untungnya ada XL bisa telfon juga sama tetangga sekedar bertanya bagaimana situasi rumah yang di tinggalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah andalanku juga mba daripada terkatung-katung gajes karena gk ada sinyal

      Delete
  3. Terimakasih mba untuk tips nya, sy pun akan chek secara rinci apa saja yg hrs dbawa disaat mudik nanti. Aplg sy mudik bawa mtor, jadi harus berhati" .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ekstra hati2 ya mas Eko untuk mudik ke kampung tercinta

      Delete
  4. Mudik darimana ke mana tahun ini mbak?

    ReplyDelete
  5. Wah makasih banget tipsnya ya mbak. Bener banget kalo ngak prepare jauh-jauh hari ada aja yang ketinggalan lah atau lupa hahaha apalagi kalo anaknya banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadu catatan yang takkan terlupakan ttg hal itu deh mbak.

      Delete
  6. Nice tips. Mudik bersama keluarga juga perlu persiapan ya, biar aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  7. Sayang daku gak pernah mudik bun, tapi sip tips nya sangat bermanfat. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yaa bunDir..insyaalah klo mudik tak mampir hihihi

      Delete
  8. Kami juga kalo mo mudik ato jalan jauh pasti cek mobil. Beberapa hari sebelumnya bawa bengkel ganti oli dkk biar joss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antisipasi tang bagus banget ruh mba, demi safety harus lebih detail persiapan dan cek segala perlengkapannya

      Delete
  9. Melakukan persiapan mudik memang penting banget agar perjalanan jadi nyaman dan terhindar dari risiko buruk yang mungkin terjadi atau barang2 yg tertinggal ya, Mbak. Selain itu juga perlu jaga kesehatan tuh selama perjalanan mudik supaya pas hari raya nggak malah tepar.

    Makasi atas tulisan ini yang udah mengingatkan ya, Mbak. Selamat mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih berkenan mampir ke lapak saya mbaa.Saya terinpirasi nih dengan prestasi serta karya-karya buku embak Monika yg luarbiasa.

      Delete
  10. Aku mana bisa ngecek semua persiapan.. Lah mudik aja ga kemana mana.. Mamaku kan ada di rumah *sedih ga pernah mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah gak mudik tapi bisa kopdaran dengan orang2 atau sahabat tercinta lainnya

      Delete
  11. Tips mudiknya lengkap banget, mbak. Makasi ya. Tapi memang kok persiapan mudik itu penting biar perjalanan nyaman dan selamat sampai tujuan. Oh ya, pulsa telpon dan kuota data internet juga perlu dipersiapkan ya. Biar bisa hubungan terus sama teman dan keluarga dan bisa saling kasih kabar

    ReplyDelete
  12. Jgn lupa klw mampir2 trus liat pemandangan bagus boleh d share tuh mba...palagi klw jringan XL jg bagusss....bsa live post hehehe..

    Slmt berlibur mba 🙏

    ReplyDelete
  13. Tipsnya ampuh ni mbak. Insya Allah kalo diterapin aman dan lancar diperjalanan.

    ReplyDelete
  14. aku juga bagian yang ga pernah mudik, mba. Karena semua udah di Jakarta

    Jagain jakarta nih tiap lebaran :D

    Tips bermanfaat dan lengkap

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)