10 Aug 2017

Cerita Batik dari Bumi Legenda Nusantara

Credit mz Ibnoe masterpiece
Cerita batik dari bumi legenda Nusantara terutama di Kabupaten Pekalongan pada Minggu, 6 Agustus 2017 silam seakan mengingatkan saya betapa tinggi apresiasi teman-teman dari mancanegara.

Berangkat dari rasa penasaran kenapa baju khas batik juga digemari oleh orang luar negeri. Tidak lain dan tidak bukan lantaran ada nilai seni maupun historisnya yang menarik.

Dokpri : omahantik.com
Bukti histori batik jaman dahulu kala
Pertama kali saya masuk menuju gerbang kampung batik Wiradesa bisa melihat beberapa bukti yang menunjukkan keberadaan batik sudah diakui sejak jaman kerajaan masa dulu.

Dokpri : omahantik.com
Histori batik pads jaman Majapahit
Duh emang ya sepatutnya kita semua bangga dan bersyukur atas kekayaan ragam yang sudah diwariskan turun temurun. sehingga sekarang batik menjadi ikon kebanggaan masyarakat Indonesia.

Bak pucuk dicinta ulam pun tiba ketika mendapat peluang mengeksplore batik khusus sutra yang pusatnya berada di Kampung Batik Wiradesa, saya dengan rombongan seakan digiring ke Surganya Dunia Batik, kabupaten Pekalongan.

Dokpri : omahantik
Penyambutan model batik yang jelita dan rupawan
Di tengah terik mentari yang menyengat tidak serta merta menyurutkan semangat untuk menjajaki beragam koleksi batik di Kabupaten Pekalongan yang terkenal mencolok namun tetap elegan.

Beneran nih, saya pertama kali masuk ke padepokan batik pesisir bapak Haji Failasuf di kampung Wiradesa langsung takjub.

Bagaimana tidak kagum bukan kepalang batik yang saat kami kunjungi ini menjadi salah satu Batik Petungkriyono yang fenomenal. Lantaran terinspirasi dengan kawasan hutan tropis Petung yang masih perawan banget. Wow luar biasa,kan!

Credit.foto : mz Ibnoe
Sekilas Batik sutra Petungkriyono yang memesona
Batik Petungkriyono ini sungguh melukiskan keindahan pesona hutan Petungkriyono yang cukup eksoktis. Lihat saja bentang alam yang luarbiasa unik memesona jadi titik-titik spot instgramable.

Penasaran tentang wana alam Petungkriyono, bisa sekilas diintip pada postingan

Yuk Menjelajahi Wana Alam Petung Kriyono Full Eksotis

Karena itu bapak Bupati Kholbihi Asip berkenan meresmikan launching akan corak batik Petungkriyono sebagai ikon istimewa batik Petung hasil gagasan inovatif dari pengusaha batik pesisir yakni Bapak  Haji Failasuf.

Adakah yang penasaran melihat sekelebat kain batik Petung yang berjejer di jemuran? Hehehe pastinya saya memang jaruh cinta melihat warna dan coraknya yang indah tersebut.

Sepertinya sepadan dengan kualitas yang dimiliki, batik Petungkriyono ini berkisar ratusan ribu sampai harga jutaan. Semua juga tergantung akan proses pembuatan dan bahan yang digunakan, bukan?
Perlu dipahami juga jika batik dipandang memiliki nilai seni serta histori yang tinggi.

Menilik Dapur pemrosesan batik
Buat saya yang awam mengintip serangkaian proses membatik sangatlah menyenangkan. Banyak sekali pengalaman menarik yang bisa diceritakan kepada orang-orang yang disayangi.


Bikin Pola dari batik
Sebelum membuat masterpiece batik memang dimulai dengan cara merancang pola batik terlebih dulu seperti gambar berikut ini. Seorang yang piawai membuat pola akan berhati-hati teliti membuat mahakarya kain batik







Melapisi dengan lilin/malam
Agar pola warna pada kain batik bisa lebih terjaga awet, bisa dilakukan pelapisan lilin atau malam. Lebih rapinya bisa menggunakan malam/lilin pada batik cap maupun tulis. Lihat dua wanita terampil yang hati-hati membuat detail warna pada kain batik sebelum dilapisi lilin.



Pemberian warna detail pada kain batik sebelum dilapisi lilin/malam


Pemberian tutup dengan lilin pada proses batik cap

Mencelupkan warna
Setelah rapi dilapisi lilin malam segera dicelupkan ke warna sehingga nantinya menjadi kain batik dengan warna sesuai keinginan.

Mencelupkan warna
Setelah rapi dilapisi lilin malam segera dicelupkan ke warna sehingga nantinya menjadi warna mengesankan.
Proses pencelupan warna kain batik

Mengeringkan kain batik
Proses paling akhir setelah mencelupkan warna adalah penjemuran kain. Yang berfungsi lebih memadatkan warna kain lebih baik.


Proses mengeringkan kain batik yang purna diwarnai
Setelah puas menjelajahi dapur pemrosesan batik Petungkriyono yang sangat masterpiece, tinggal melenggangkan kaki untuk memanjakan mata happy shopping.


Salah satu mode yang memeragakan batik Petungkriyono

Setelah puas mengeksplore tentang proses pembuatan batik, rombongan kami memuaskan diri hunting kain batik. 
Jika ditanya apa kesannya terdalam cerita batik dari bumi legenda nusantara ialah Ingin Kembali Datang menyambangi sentra batik khas kabupaten Pekalongan. Bagaimana dengan ceritamu sobat keren, silahkan share di dalam komen berikut ini ya!

4 comments:

  1. semoga batik pekalongan tetap lestari dan melegenda

    ReplyDelete
  2. batik dan Bali memang produk indonesia terbaik, terkenal sampai mancanegara. Bahkan mereka lebih kenal batik and bali dari pada jakarta.

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen jalan-jalan ke Pekalongan. belanja batik dari Pekalongan langsung :D

    ReplyDelete
  4. Cantik banget batiknya.. :)
    Aku pengen banget liat pembuatan batik secara langsung.. Kalau didaerah saya dibanjarmasin khasnya batik sasirangan.. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)