17 Jul 2013

Khasiat Si Sawang Yang Dahsyat


Salam para sobat blogger, 
Rasanya tergugah ingin berbagi suatu hal seperti tips kali ini ada khasiat si sawang yang dahsyat. Boleh percaya atau tidak, inilah pengalaman yang tidak akan dilupakan.
Eiit apaan tuh Sawang, semacam makanan atau obatkah ? Mungkin ada beberapa yang merasa bingung dan bertanya-tanya. Hmmm, langsung saja dijelaskan ya. Disini sawang dalam bahasa Jawa artinya adalah kotoran yang menumpuk di atas plafon rumah atau langit-langit rumah. Biasanya kumpulan dari kotoran baik debu, asap ataupun rumah laba-laba akan tampak menghias di sudut atas rumah, ini mudah ditemukan jika si empunya rumah jarang berbenah. Alias tidak rajin bersih-bersih. Hehehe.
Ternyata si sawang ini mengandung misteri dibalik penampakannya yang begitu jorok berkesan menjijikan. Apalagi saya pertama kali mengetahui ibu mertua saya begitu antusias mencari sawang di pojokan plafon dapur. Haaayoo coba untuk apa ? Ternyata dimanfaatkan menyembuhkan luka.
Awalnya saya tidak begitu saja percaya, masakh sih sawang yang notabene mengandung banyak unsur kuman dan bakteri (menurut pendapat pribadi) bisa dilihat dari bentuk sawang yang berwarna hitam gelap dan tampak menjijikan.
Tetapi, suatu ketika saat saya sedang membantu di rumah ibu mertua yang sedang punya hajatan. Tak dinyana, jempol Paman yang tengah memotong-motong daging ayam tanpa sengaja terkena tajamnya pisau. Sayatan itu membuat luka yang agak dalam. Semua orang menjadi panik dan berteriak ketakutan, melihat wajah Paman yang begitu kesakitan dan lemas. Dengan sigap ibu mertua langsung meraup beberapa sawang yang bergelantungan di langit-langit dapur. Secepat kilat ditangkupkan ke jempol Paman yang terluka. Ajaib sekali, darah yang semula terus mengucur keluar deras, langsung mampat. Sawang pun tidak serta merta dicopot segera, masih dibiarkan menempel beberapa saat. Masih ada hal menarik lain yang membuat saya kembali takjub. Manakala si sawang diambil dari luka tadi, goresan luka jempol Paman tampak menutup rapat.
Rasanya begitu di luar nalar, sawang yang begitu kotor dan jorok bisa jadi alternatif baik dalam membantu menutup luka pendarahan. Rasa penasaran itu belum bisa menjawab keinginantahuan saya tentang zat maupun unsur apa yang dimiliki oleh si sawang sampai sekarang. Tetapi berkali-kali melihat efek dahsyatnya yang diberikan tidak hanya kepada paman, tetapi juga oleh keluarga tercinta. Bahkan anak saya yang pernah terkena sayatan kawat juga tertolong oleh adanya sawang. Begitu pula suami yang juga pernah mencicipi khasiat si sawang ini.  Wallahu a'lam, saya hanya membagi pengalaman nyata khasiat si sawang yang dahsyat ini.

27 komentar:

  1. wah, kalo gitu saya biarin aja deh jorok2an di rumah biar ada sawangnya. hihihiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe Mba Isti bisa ajaa, itu aku tahunya juga dari ibu mertua di Kudus. Kalo aku masih gimanaaaa gitu :)

      Hapus
  2. He he..., bukan karena jorok atau malas, tapi memang kadang-kadang malas. Si sawang ini rajin saya bersihkan kecuali yang nempel di atas genteng. Hi hi..., maklum rumah kami belum berplafon. Mana atapnya tinggi lagi.

    Kadang 'Si Sawang' ini jatuh begitu saja tertiup angin. Maklum, tinggal di Kota Angin, yang debu pun cepat berubah jadi sawang.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip mbaa, aku salut deh dengan sikap disiplinnya. Tapi entah kenapa di rumah mertuaku yang juga belum berplafon juga banyak sawangnya. Item2 pula, apa karena masaknya masih pake kayu :D Btw kota Angin itu mana sih mba **maklum kepo** thks sdh berkenan mampir :)

      Hapus
  3. sawang biasanya alamiah ada, karena rumah lama ga dibersihkan. tapi soal kegunaan sawang untuk yang satu ini aku baru tahu, mak. ya mungkin cuma orang-orang tertentu yang tahu ya. :D makasih sudah berbagi info tentang ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mak Ila, ini aku juga baru tahu kok waktu stay di Kudus. Hihihi

      Hapus
  4. Wah bisa jadi bahan penelitian baru nih, lama2 sawang bisa di jual, klo begitu biarkan sawang banyak di rumah ya hehehe, makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sounds great idea..ya mbaa..tapi mana ada yang mau sih mbaak. Naooon ??? Coba kalo ada segment pasarnya. udaah deh aku bikin stok dagang sawang. Hehehe

      Hapus
  5. Hal sepele bisa jadi obat, bisa jad ide menulis.
    Kemasan tulisannya keren :)
    Top markotop Mbak :)
    Tapi saya waktu kecil ibu saya juga sering menggunakan sawang tiap kali menyembuhkan luka. Hihihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Neng caem... gara2 dari kemarin baca tip obat :D, apa jangan2 jalur pantura menggunakan resep yang sama yaa... Demak-Kds-PAti :D Hahahaha

      Hapus
  6. Xoxoxo...disini pun sawang juga berkhasiat sama tapi kalau Fenny pribadi lebih feel free dengan betadine, wallahu'alam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh yaaa mbaa, ternyata sawang juga dikenal di Semarang.... ccck cck !!! Tapi idem dgnku mbaa, masih h2c, so andalannya ya betadine oke :D

      Hapus
  7. itu foto rumah siapa yang sawang tok mbak?hehe..wah baru tahu ini kalo sawang begitu berjasa...makasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii..adaaa deh, yukk maen ksini ntar aku tunjukin mana2 tempat sawang bergerombol :D Hahahaha

      Hapus
  8. oww itu namanya sawang ya mak?
    aku bilangnya bala2 atau laba2 atau kotoran plafon.
    kalo di rumahku kadang kalo inget ya dibersihin, kadang engga.
    ahahaha
    salam kenal ya mak

    akuratu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyaa Mak Ratu, pokoknya sawang tidak mengnal tempat baik rumah lawas ato yang baru...heehhee siap2 memelihara sawang ato bala2 ya MAk...slm kenal balik deh ^_^

      Hapus
  9. Waah makasih infonya nig, baru tau aku mak :D

    BalasHapus
  10. kalau aku bilangnya sarang lancah :)

    BalasHapus
  11. hihii dapet istilah baru deeh..dari Bekasi itu yaa,mbak :)

    BalasHapus
  12. aku dah pernah ngalamin mba..waktu jariku tergores pisau, nenek2 sebelah rumahku langsung nempelin sawang (aku bilangnya sarang laba ) ajaib lho darahnya berhenti dan lukanya langsung rapat/lengket...mungkin jaman dulu belum ada betadine kali yee..

    BalasHapus
  13. ini resep jadul ternyata sangat ampuh ya Mbak. nenekku juga pernah ngasih tahu begitu,tapi belum pernah dipraktekkan. ternyata banyak kearifan lokal yang snagat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari ya..

    BalasHapus
  14. Wah, nembe wae ngerti aku, ternyata sawang hebat ya, bisa nutup luka.
    Ilmu berharga nih, makasih ya

    BalasHapus
  15. Bukannya sarang monggo(laba-laba tapi besar) ya? Masak sawang juga bisa kata emak ane bukan sawang tpi sarang si monggo

    BalasHapus
  16. makasih ya, sangat membantu tulisannya

    BalasHapus
  17. itu oabt..byk mamfaatnya ..orng zaman dulu itu byk tw

    BalasHapus
  18. Keluarga kami sudah menggunakan sarang laba-laba ini untuk menutup luka sejak dari nenek buyut kami.Sarang yang dimaksud yang ada telur laba-laba di dalamnya. Warnanya putih,lengket seperti kapas yang ada perekatnya. Kami menyebutnya omah gamet. Kami biarkan kalau ada omah gamet ini ada di rumah karena memang sangat berguna ketika kami terluka.

    BalasHapus
  19. Wahh kalo saya pake sawang yang warna putih buat nutupin tangan saya yg robek robeknya cukup kira² sembuhnya berapa lama ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)