27 Okt 2014

Mudahnya Bikin Screen Capture Full Page

Awesome Screenshot

Siapa yang tidak pernah memanfaatkan screenshot atau screen capture ? Pastilah hampir semua pecinta aktivitas ngeblog memakai fasilitas satu ini.
Dermikian pula dengan saya yang bangga mengaku sebagai blogger sangat terbantu sekali dengan fungsi screenshot. Cukup dengan menekan tombol Prt Sc Sys Rq dan paste hasil screenshot ke aplikasi Paint.  Bagi saya pilihan PAINT adalah yang paling simpel dikerjakan karena screenshot saya dapat mudah diedit menjadi format JPEG, JPG maupun PNG. Tinggal dipasang di MS Word juga cukup copas. Semua kembali tergantung selera.
Sedangkan screenshot dengan Snipping Tool memang cukup praktis pemakaiannya, namun tidak bisa capture full satu halaman web.

Kini saya merasa tertolong sekali  dengan adanya Awesome Screenshot . Yakni aplikasi lain yang bisa diinstal free di web browser yang ada baik Mozilla Firefox dan Chrome. Lantaran saya sering pakai Mozilla maka saya pasang Awesome Screenshot via Add-ons. Salah satu aplikasi yang support  performa web browser Firefox lebih baik sehingga menjadi userfriendly.
Pokoknya dengan Awesome Screenshot bisa capture satu full halaman web tanpa ada yang terpotong. Asyik, bukan ?

Capture Dengan Prt Sc Sys Rq 
 Capture Memakai Awesome Screenshot
Cara pemasangan begitu simpel
1. Buka menu browser Firefox di sebelah kanan atas, pilih add-ons
2. Klik menu add-ons manager sehingga terbuka jendela baru. Lalu tuliskan Awesome captureshot dalam kotak pencarian. Setelah itu install.

Jika proses install berhasil,maka akan nampak ikon Awesome Screenshotnya di sebelah kanan browser Firefox seperti berikut :
Sekarang perhatikan ikon yang ditandai lingkaran merah. Nah itu berarti instalansi awesome sudah terpasang dengan benar, tinggal memanfaatkan langsung.
Buka halaman web yang akan dicapture, klik ikon Awesome, pilih Capture Full Page. Lalu akan menuju halaman baru sebagai pratinjau hasil screenshot yang telah dipilih tadi.

Mudah, bukan kini mau screen capture halaman web tanpa terpotong sama sekali. Silakan mencoba.

1 komentar:

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)