19 Feb 2016

Asah Kecerdasan Majemuk Anak Dengan Bermain Morinaga MI

Credit : website Morinaga.com
Siapa sih orangtua  yang tidak bangga jika melihat buah hatinya tumbuh kembang optimal secara sehat, cerdas dan ceria. Mungkin seperti itulah Generasi Platinum sebutan untuk generasi multi talenta yang BISA mewujudkan semua impian indahnya dan tentunya siap mengukir prestasi di mata dunia.*Looh kok kayak jinge iklannya Morinaga di iklan. Hehehe

Gak heran nih si adik Rani Cielo yang genap berusia 4 tahun sangat enerjik dalam aktifitasnya. Tidak mengenal capek meski lonjak-lonjak atau jejingkrakan girang. Yaaa namanya anak yang sehat wal'afiat karena berkat suka dan terus mengonsumsi susu Chilgo Platinum kaya akan beragam vitamin  dan nutrisi Kolin, asam lemak Essensial  AAL (Alfa- Linolenat ) dan AL (Linoleat), Zat besi dan Sinbio +, kombinasi Probiotik Bifidobacterium BB536 & M-16V (bakteri baik) dan dan Prebiotik Laktulosa (makanan baik bakteri) serta Lactoferin untuk membantu tumbuh kembang optimal anak menjadi Generasi Platinum Multitalenta.




Jadi saya dan suami kini mendukung segala aktifitas yang dilakukan CIelo selama ia menyenangi dan menikmati apapun kebebasan berinteraksinya. Tidak ada paksaan tidak ada kompensasi. Seperti halnya mengiming-imingi anak dengan sesuatu asal mau mengikuti kehendak. Pasti tidak !

Karena saya dan suami percaya tiap anak memiliki keunikan tersendiri. Tanpa perlu membanding-bandingkan antara satu dengan satu kelebihan yang ada dengan saudaranya. Tentu Cielo yang atraktif dan memiliki kemampuan verbal yang bagus berbeda dengan sang kakak Riva yang lebih suka baca dan berhitung.


Ceria dalam segala aktifitas
Alhamdullilah sejak memiliki anak pertama keluarga sudah mempercayakan pada produk Morinaga (tahun 2004) demi mendukung bekal fisik yang prima serta kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual. 

Apalagi adanya MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi. Inovasi MoriCare+ Prodiges yang lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition.

Jadi keluarga selalu tetap mengandalkan produk-produk terpercaya dari Morinaga karena dengan MoriCare+ Prodiges  yang terdapat tambahan nutrisi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak (faktor Body Growth).

Yang bikin keluarga setia memilih produk ini karena inovasinya yang selalu ada seperti Morinaga Platinum dan MoriCare+ Prodiges ini merupakan hasil inovasi dari Morinaga Research Center Japan yang tersimpan dalam Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges.

Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MI PlayPlan)

Ternyata dengan hanya menjadi Generasi Platinum saja belum cukup untuk mendukung anak tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta dengan beragam tantangan yang semakin kompleks. Misalnya saya sebagai ibu rumah tangga biasa kurang didukung sarana fasilitas kreatif dalam menstimulasi  atau mengeksplore kecerdasan mereka. Mungkinkan dirasa kurang maksimal atau quality time akhir pekan dirasa kurang memadai untuk lebih menggali potensi kecerdasan yang lain pada sang buah hati tercinta. Hikks, merasa guilty.

Namun kini saya patut bersyukur, dengan apa yang saya peroleh dari MoriCare+ Prodiges lebih dari sekedar beyond nutrition dengan memberikan fasilitas hebat seperti menyajikan Modul Digital "Morinaga Multiple Intelligence Play Plan" (Morinaga MI Play Plan).

Menurut Helly Octaviana, Business Unit Head Nutrition For Kids, Kalbe Nutritional menerangkan bahwa modul MI PLayPlan ini bisa banyak berkontribusi membantu orang tua lebih mengenali potensi kecerdasan pada buah hati. Hingga nantinya dapat memberikan stimulasi yang tepat.
Perlu diketahui modul MI Plan ini mencakup 8 tipe  kecerdasan  :Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Intrapersonal ,Kecerdasan interpersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logika Matematik ,Kecerdasan Kinestetik.
 
Credit : Morinaga.com
Asah Kecerdasan Majemuk Anak Dengan Morinaga MI
Untuk bisa mulai memanfaatkan modul Morinaga MI PlayPlan, pertama harus melakukan registrasi data orangtua ayah atau ibu sebelum bisa masuk ke modul. Login ke dalam Alat Identifikasi Morinaga MI.  Setelah itu nanti akan dijumpai berupa daftar pertanyaan sputar aktifitas anak.
Berikut langkah-langkah mudah untuk menggunakan MI PlayPlan. 
 
 
 
Penjelasan
Langkah pertama : IDENTIFIKASI

Dalam tahapan ini jelass untuk mengenali jenis kecerdasan majemuk yang dominan dan kurang dominan. Hingga nantinya bisa membantu memberi stimulasi yang tepat untuk anak.
Sejumlah Daftar Pertanyaan Untuk Mengekplore Urutan  Multitalenta Anak

Langkah kedua : STIMULASI

Dalam tahapan ini jelas untuk mengenali jenis kecerdasan majemuk yang dominan dan kurang dominan. Hingga nantinya bisa memberikan stimulasi yang tepat. Stimulasi tersebut bisa berupa berbagai Ide Bermain  serta Agenda Bermain.

Salah satu ide dari MI Morinaga

 
Langkah ketiga :  EVALUASI

Fungsinya agar kecerdasan lainnya yang kurang dominan bisa diekplore lebih baik lagi melalui jenis permainan yang ada di Morinaga MI Play Plan.
 
Serunya Bermain Morinaga MI PlayPlan
Yuk segera manfaatkan modul Morinaga MI ini dalam asah kecerdasan Majemuk Anak. Jangan kuatir, cukup mudah kok : langsung ke situsnya di morinagamiplaypan.com

Kecerdasan Musikal Yang Menonjol dari Rani Cielo
Dari hasil yang dicapai  alat identifikasi  Morinaga MI, Cielo menunjukkan bakat dengan urutan sebagai berikut :
  1. Kecerdasan Musikal [ lebih menonjol]
  2. Kecerdasan Linguistik
  3. Kecerdasan Intrapersonal
  4. Kecerdasan Visual Spasial
  5. Kecerdasan interpersonal
  6. Kecerdasan Kinestetik
  7. Kecerdasan Logika Matematik
  8. Kecerdasan Naturalis [kurang menonjol]
Kemudian saya berusaha memilih Ide Bermainnya dan langsung memasukkan pada rencana bermain MI Morinaga Play Plan agar saya bisa membantu mempertajam kecerdasan yang kurang menonjol tadi untuk dikembangkan lebih baik sehingga nantinya Cielo bisa terus menjadi Generasi Platinum Multitalenta. 
Cielo's Schedul Morinaga MI Play Plan
 Sebenarnya beberapa Ide Bermain yang sudah dipilih dapat disimpan maupun dicetak sehingga lebh mudah penggunannya dikarenakan sudah tersedia komplit beberapa bahan maupun alat serta cara bermainnya.Siapa pun bisa dengan mudah bermain dengan mengikuti petunjuk yang sudah ada. 
 
Kreasi Games dari Morinaga MI PLay PLan
Berikut ini beberapa karya yang telah dicoba dalam asah kecerdasan multitalenta  sebagai Generasi Platinum. [ Maaf dari beberapa kami kehilangan data dan foto ]

Kecerdasan Visual Spasial

Bahan :
  • Art foam warna warni
  • wadah/tempat
  • kertas origami warna warni (atau bisa playdough atau plastik malam)
Orangtua bisa mengenalkan baik warna dan bentuk kepada buah hati tercinta. Tentunya dengan mengasah kecerdasan Majemuk Si kecil dengan bermain seru aneka kreatifitas Morinaga MI Play Plan.

Tujuan :
  • meningkatkan kemampuan visual pada anak
  • bisa mengenal bentuk dan warna
Hasil Evaluasi :
Cielo cantik ini memang sangat menyukai kegiatan mengenal warna dan bentuk. Dilihat dari keasyikkannya dalam mengeksplore permainan ini menjadikan ia terus berimajinasi dengan membuat beragam bentuk menyerupai obyek asli seperti telur dadar, kacang warna-warni dll.

Pokoknya sekali lagi rasa dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Aplikasi Morinaga MI Play Plan yang sangat membantu orang tua dalam memfasilitasi tumbuh kembang anak secara konsisten, tepat dan seoptimal mungkin.

5 komentar:

  1. kecerdasan setiap anak beda2 ya, mba. yang penting dikembangkan sesuai bakat aja

    BalasHapus
  2. wahh... perlu dikembangkan lagi itu ya mbak, musikalnya adek Cielo hhheee ^^

    BalasHapus
  3. Haaai Mbak, aku baru lihat anak gadismu, cantiiiiik.

    BalasHapus
  4. Kakak Cielo seneng ya mainan dough. :)

    BalasHapus
  5. edukasi yang di suguhkan Morinaga MI emang makjleb jika di mainkan oleh anak-anak hingga mereka dapat segera cerdas...saya juga maeninnya kok

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)