25 Mei 2016

Yuk, Berhemat Mudah Jelang Bulan Ramadan

Yuk, lakukan sejumlah tips berhemat mudah jelang bulan Ramadan sejak awal. Pasti semuanya bisa dilakukan asalkan berani disiplin dan konsisten. Janganlah memandang sepele karena sesuatu yang kecil bisa berdampak hal luar biasa.  Percaya' enggak ?

Lihat, atmosfir bulan Ramadhan sudah terasa dimana-mana. Banyak hal yang dilakukan dalam penyambutan bulan penuh berkah di berbagai sudut perbelanjaan atau pun Mall besar. Saya yang sekedar melihat keluar masuk saja lumayan surprised karena konsep yang dikemas memang ditujukan untuk menarik minat pengunjung, terutama bagi keluarga yang benar-benar ingin memberikan nuansa lebih pada penyambutan bulan Ramadan.

Tidak jauh beda yang saya lihat pada salah satu keluarga (kebetulan bertetanggaan) juga antusias menyambut bulan puasa, Seperti membersihkan segala perabotan rumah tangga. Yang enggak perlu dan terpakai buang saja. *Eiit ini saya mah mau-mau  saja sukarela dan ihklas menerima semua barangnya yang terhitung bagus. Hehehe

Lanjut dengan membenahi sejumlah fisik rumahnya. Cat pagar dan dinding rumahnya diperbaharui lebih luxiorious maksutnya lebih baik, mengkilap dan bercahaya. Bahkan debu-debu yang mmembandel sudah tidah diijinkan lagi bercokol di tiap sudut rumah. [ Berbanding terbalik dengan apa yang ada di bilik rumah saya yang  kaya akan sarang laba-laba] hihi. 

Setelah bersih barulah dipasangkan pernak-pernik ornamen yang berkaitan dengan suasana Ramadan.  Seperti lampion-lampion dengan gambar "Kubah", bahkan ditempeli dengan sederet untaian Quote Islami. Udah deh saya bisanya acung jempol saja.

Memang tidak ada yang salah dari serangkaian kegiatan di atas tadi, apalagi untuk menyambut hari yang dianggap istimewa. Semua orang berhak melakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimilikinya. Ibaratnya seperti ingin berencana membuat pesta hari jadi semua dikembalikan pada situasi kondisi yang ada. Meski dalam hati kecil ini ingin melakukan yang ter "Wah" atau istilah Do The Best. Namun masih ada kesadaran diri 'tahu diri' prinsip yang sudah saya tanamkan dalam keluarga sejak dini. 

Beramai-ramai dalam euforia menyambut bulan Ramadan boleh-boleh saja. Tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan juga. Agar nantinya tidak tergelincir dalam hal keborosan atau mubadzir. Padahal intinya dalam melaksanakan ibadah puasa kan untuk belajar menahan segala hawa nafsu mulai dari pantang makan-minum, pantangan bersikap maupun berucap yang kurang baik, pantangan mata dan hati silap pada materi duniawi. Nah, itulah yang saya catat perlu dan terus diingat mengendap dalam dasar hati.

Jadi pada prinsipnya dalam keluarga saya mulai mengenalkan dari hal yang biasa dan terkesan sederhana. Seperti mengajak anak-anak untuk belajar sesuatu dari kewajiban puasa yang dijalani. Diantaranya tidak perlu merasa iri hati untuk bisa sama dengan yang lain baik dalam memakai baju maupun jajanan. Kan ada tuh anak kecil kadang merengek sama orang tuanya karena ingin jajanan yang sama di makan oleh teman-temannya yang dilihat.

Tips Berhemat Mudah Jelang Ramadan
Berikut ini penjabaran dari tip berhemat mudah jelang bulan ramadan. Saya dan suami juga terus mengupayakan menjadi kebiasaan yang baik tiap tahunnya.

1. Buat Pos Penting Harian dan  Utama
Membuat pos penting berarti kudu selektif dan smart  memilah-milah pos pengeluaran.  Menjelang lebaran nanti pastinya akan menyedot banyak pengeluaran jika dari kita sendiri tidak berhati-hati dalam mengatur antara pos pengeluaran dan pos pemasukan dengan baik. Jadi sebisa mungkin saya dan suami bisa kerjasama baik dalam menghandle hal tersebut

2. Hindari Memborong Barang Seketika
Ada juga nih kebiasaan orang yang suka membeli barang sekaligus dalam jumlah banyak. Istilahnya lebih suka memborong barang-barang yang dibeli seketika. Tidak menjadi soal jika budget yang dimiliki lebih dari cukup. Apa jadinya jika dana mepet, bisa-bisa malah memakai anggaran lain yang nantinya malah bikin uang dalam kantung ludes gak bersisa.

3. Jeli Mengatur Kebutuhan Penting
Kebutuhan akan sembako dan makanan mungkin meningkat tajam. Bagaimana tidak jelang bulan Ramadan akan membuat sebagian besar ibu rumah tangga kerepotan mengatur dan menyajikan menu yang bisa menggugah selera. Sudah menjadi rahasia umum juga, kebanyakan harga bahan sembako de el el juga ikutan naik tajam. Makanya saya mencoba, membeli beberapa sembako (kalo bisa yang ada diskonan gede) hehehe untuk dijadikan stok selama lebaran.

4. Mencicil Persiapan Keperluan Lebaran
Perlukah hal mencicil persiapan keperluan lebaran ? Ya, so pasti. Apalagi  momen lebaran yang datang setahun sekali ini begitu dinantikan jutaan umat muslim khususnya. Sah-sah saja jika ingin merayakan hari kemenangan dengan meriah tanpa mengurangi substansi dari hari Idul fitri itu sendiri.
Yang identik dengan keperluan lebaran tidak jauh-jauh dari kebutuhan pakaian baru, perlengkapan sholat, alas kaki dsb.
Atau seperti saya yang memang dari lama pengin memiliki hijab baru yang syahri dan adem dipakai juga tidak perlu repot dan pusing memikirkannya. Ada acuan referensi terpercaya yang bisa diandalkan.  (all post review refers to  Disclosure )

Credit : Hijab Syahri (Situs Zalora)
Biasanya, saya dan keluarga sudah jauh-jauh hari membelinya. Jadi tidak mendadak jelang lebaran. Bayangkan  kalau membeli mepet waktu hari raya, bisa-bisa kerepotan dan tidak nyaman saja.

5. List cinderamata untuk keluarga tercinta
Tradisi mudik atau pulang kampung mungkin menjadi puncaknya di jelang puasa ramadan nanti. Untuk itu tidak ada salahnya sekedar memberikan bingkisan oleh-oleh sebagai ungkapan hati selain saling "bermaaf-maafan" di kampung halaman. Saya dan keluarga kecil sudah merancang dan mempersiapkan sekiranya apa yang bisa menjadi pengikat silahtrurahmi yang berkesan. Entahlah itu kuliner maupun jajanan khas, kue kering, atau baju. 

Nah, mungkin hanya beberapa tips sederhana diatas yang bisa saya share di postingan omahantik kali ini. Semoga saja ajakan Yuk berhemat mudah jelang bulan Ramadan juga bisa dilakukan siapa saja disana. Oiya, bagaimana dengan Anda wahai pembaca omah antik yang setia, sudahkah memiliki kiat lain untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Share dong, kemari sembari tukar pendapat.

Keep Happy Blogging

87 komentar:

  1. Iya ya mba list cenderamata buat lebaran sebaiknya dipikirkan dan disiapkan sejak awal. Klo mepet lebaran suka ga sempat dan bahkan budgetnya ga nyampe buat itu lagi... hihi

    BalasHapus
  2. Iya ya mba list cenderamata buat lebaran sebaiknya dipikirkan dan disiapkan sejak awal. Klo mepet lebaran suka ga sempat dan bahkan budgetnya ga nyampe buat itu lagi... hihi

    BalasHapus
  3. Bener banget Mba.. Jauh2 hari dah ngumpulim busana dan pernak-pernik Lebaran.. Coba kalu beli baju sekaligus pas menjelang Labaran pasti bikin pusing.. Selain harganya mahal kadang2 model yg ita idam2kan jauh2 hari sdh gak ada di pajangan.. Dah keburu dibeli orang..haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau jeli dan gak mau repot persiapan beli dll utk lebaran ya jauh hari ya bund☺

      Hapus
  4. Wah mbak postingannya nyambung sama freebies ku nih hehe ... Dekor mendekor dan hemat menghemat mah selalu jadi ulasan favorit. Makasih yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeeay frebesnya mas Diri super keren bangetlah๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
  5. aseg aseg, makash sdh mengingatkan ya mbak , bookmark :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ya mbak Anda saling Support satu sama lain☺

      Hapus
  6. Ramadhan sebentar lagi, tapi hawa-hawa lebarannya udah kerasa banget yaaa? Hihi. Dan, yess! Butuh banyak tips nih untuk berhemat agar pengeluaran ga bobol menyongsong Ramadhan dan lebaran nanti. Thanks for the tips, Mba Tanty!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kayak gawang bobol jika lupa daratan pengin beli ini itu๐Ÿ˜

      Hapus
  7. Haaa iyaa, belanja jauh hari emang jauh lebih hemat. Hemat waktu plus hemat energi. Ga umpel3an ama yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mbk Maya yuk praktekin bareng hehe

      Hapus
  8. Aku juga kalau Ramadhan dan mendekati lebaran biasanya suka ganti warna cat rumah ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget lihat aktifitas orang bebersih rumah jadi rapi n indah๐Ÿ˜€

      Hapus
  9. hihiii udah donk persiapan mental mbaaa....
    insyaallah..
    plus udah bayar utang puasa, niar tenang yg belom persiapan beli bajuu eeaa

    huiih tipsnya ok punya mbaa..makasiih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job mb teh nchie ini udah cakep rajin pulak๐Ÿ˜

      Hapus
  10. Nggak terasa udah mau puasa lagi. Tips hematnya no 4 biasanya emang kulakukan jauh sebelum puasa. Selain harganya belum naik.
    Juga menghindari suk-sukan pas belanja menjelang lebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee iya takutnya berdesak2an bisa bikin klenger tepat.hahhaa

      Hapus
  11. Saya jarang belanja blanji...tp sekalinya blanja malah kebablasan borong sana borong sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jarang belanja juga tapi gak nolak kalo dikasih donator atau endorse๐Ÿ˜‚

      Hapus
  12. Duh udah lama gak berkunjung ke rumahnya Mbak. Apa kabar? Kangen euy. Iya betul setuju, terkadang euforia menyebabkan mubazir yang sangat boros dalam hal keuangan. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Lina kangeeen juga euy .big hug n muaach3x.sukses slalu untukmu Mbk๐Ÿ˜š๐Ÿ˜˜

      Hapus
  13. Cucok banget nih buat kita yang sering kehabisan dana. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuuh mbak Bisa nih kayaknya malah kbanjiran dansa๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ

      Hapus
  14. kalau mencicil keperluan memang jadi ringan ya mba...ngga kerasa sudah menjelang Ramadhan lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak indah adalah momen yang selalu dinantikan tiap tahunnya. Imiss u too☺

      Hapus
  15. Wah makasih mba tipsnya.. :)
    Bulan puasa itu biasanya malah jadi boros ya.. Semoga kita diberikan kelancaran untuk menjalani bulan puasa tahun ini ya mba.. Selamat puasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengeluaran malah lebih banyak yg sering dikeluhkan para emak2 rempong y.hahaha

      Hapus
  16. Hallo mbaa Tanty. Aku jarang ngecat gitu kalau menyambut ramadhan. Ongkosnya itu loh. Kalau belanja emangs ebaiknya sebelum lebaran ya. Harga masih bersahabat. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Alida,pas waktunya aja renovasi cat rumah.kagak ada tenaga plus costnya.๐Ÿ˜†

      Hapus
  17. cocok banget nih tips nya buat aku, tahun ini lebaran pertama bareng suami. makasih mbak siap laksanakan pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiik dikunjungi pengantin baru.Pastinya akan hepi karena menjadi momen manis lebaran nih ama suami tercinta*slam buat masbro Rosid y๐Ÿ˜š

      Hapus
  18. aku selalu berhemat saat puasa, karena dananya untuk mudik :) etapi kalau bersih bersih menjelang bulan Ramadhan aku banget, karena memang pingin free beberes kalau bulan puasa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaai Mbk Astin pulkam ke Pati gak mampir kota kudus y

      Hapus
  19. Iya ni mbak. Br dipikirin aja uda pusing. Apalagi d bln rmdhan hrga brg jg ikut naik. -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah rahasia umum mbk jelang puasa dan lebaran harga2 pada meroket.hahaha

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Begitulah dinamika jelang lebaran yang ngangeni semua orang☺

      Hapus
  20. Untuk menghadapi lebaran sih, terutama untuk ngasih2 parcel, atau beli baju anak2, mending sebelum Ramadhan. Soalnya pas Ramadhan dan menjelang lebaran harga2 pada mahal. Tapi udah beberapa tahun ini untuk beli2 baju baru udah ngga terlalu nafsu lagi. Xixi. Yang penting kan bukan baru nya ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget deh dengan dirimu mbak.mengantisipasi sesuatu agar bisa terkontrol baik☺

      Hapus
  21. Mengecat rumah dll itu yg dilakukan kalau di rumah ortuku. Lha klo di sini eike ngontrak, Ciiin haha. Paling klo ada apa2 kontak induk semang.
    Kalau persiapan keluarga kecilku paling beli kue2 sama bahan2 buat bikin es2 buat buka puasa hehe. Btw thx tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiik bikin kue enak n lezat mengakrabkan keluarga ya mbak☺

      Hapus
  22. jeli mengatur kebutuhan itu emang penting bgt ya mba :)

    BalasHapus
  23. Menahan untuk tidak borong barang seketika itu susah hihi
    Apalagi pas puasa pasti banyak diskon sana sini *.*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyalah mbak harus kuat imannya biar ga jebol tuh dompetnya ya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

      Hapus
  24. cepet ya g terasa dah mau ramadhan lagi :")
    Maaf lahir batin ya, segera meluncurrr zalora beli ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhon maaf lahir batin juga y Mbk๐Ÿ™๐Ÿ™

      Hapus
  25. Terima kasih tips nya mbak Tanty, semoga saya bisa mempraktekkan semua ya. Meskipun pesimis, karena biasanya bulan Ramadhan pengeluaran justru berlipat ganda. Iya nih saya harus mulai belajar berhemat bener-bener dan nggak lapar mata lihat ini itu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh lapar mata itu yang harus dihindari ya mbak,kalo enggak ya siap2 aja.kantong jebol๐Ÿ˜€

      Hapus
  26. Di rumah bersih2 sawang mbak. Duh, dah nggak sedap dipandang mata.
    Perkara belanja? Awal bulan nanti mau beli keperluan utk sebulan ke depan biar puasa lebih tenang gak bingung alias bedundukan kalo ada yg habis.
    Belanja baju? Perlu gak ya? Ehm...udah nyicil dari kemarin sih. Beli online pastinya. Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja belanji yuuuk3x mumpung semua belum pada antre berdesakan.alhamdullilah Mbk ika udah nyicil buat si Ghifa y

      Hapus
  27. Wah aku nih tipikal yang boros banget kalo mau Lebaran. Sekarang salah satu kiatnya adalah nggak beli kue-kue kalengan buat orang tua dan mertua tapi diganti kue buatan sendiri, lebih murah dan enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh dengan mbak Ratna kue made home lebih terasa sedap dan ringan di kantong y.amin

      Hapus
  28. Thanks tips. He eh.. Biasanya ramadhan mmng pulan paling komsumtif.. Dari mulai konsumsi sampe lain-lainnya... *jadinya THR jugasekeaar lewat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya semua orang merasa emang bulan jelang hari raya super konsumtif yg harus diwaspadai deh Mbk๐Ÿ˜Š

      Hapus
  29. iya ya mbak, rasanay pengeluaran belanja harian juga jadi nambah , padahal kalau dipikir2 orang puasa kok bisa nambah, nah itu kita sering kalap jadi belanjanya berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalap,lapar mata adalah penyakit umum orang yg berduit byk (habis terima THR)nah itu dia๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  30. Tipsnya bisa dipraktekkan nih, cuma kalo jelang Ramadhan dan banyakdiskon itu...biasanya enggak nahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tips pemancing yang jitu mbak, tergantung jeli2nya kita para konsumen

      Hapus
  31. Wah bermanfaat banget nech biar kantong ga jebol hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat untuk pembaca mbak Nur yg cuaem๐Ÿ˜

      Hapus
  32. hijabnya syantik ih mbak.. jadi pengen lihat-lihat pashmina instannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya syantik kayak mbak Tuas,monggo diborong mumpung byk diskon

      Hapus
  33. poin terakhir itu.. huaaa, klo keluarganya banyak.. pastilah bakalan membengkak itu dana, hiikss. :D

    btw, itu jilbab2nya cantik cantik yah Mbak.. *mulailaparmata =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diantisipasi kok mb tenang ajaah.iya Mbk lagi banyak diskonan pulak

      Hapus
  34. weleehh.. keluargaku gak eprnah beli ornamen2 khas ramadhan mbak, paling mentok itu ngecat dinding aja biar lebih fresh, lainnya ya bersih2, ngepel, hehe.

    beli cemilan juga yang normal2 aja. kalo sekarang aku malah gak rusuh siapain ini itu karena sibuk ngurusi persiapan lahiran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe biasanya anak2 tuh yang rame pasang2 ornamen soal cemilan udah beli yg sudah jadi aja Mbk ayu๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  35. keren banget tipsnya mbak,iya ya gak kerasa udah mau puasa lagi

    BalasHapus
  36. Gemar memborong diskonan itu sering terjadi menjelang puasa atau lebaran.
    Jika tak kuat iman bisa ludes uang kita
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat dengan pakde akh, kembali pada sikap kita sendiri untuk lebih disiplin kontrol diri.Bukankah demikian?

      Hapus
  37. Saya juga sudah menyiapkan daftar hadiah untuk tetangga dan keluarga dari sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih Mbk Ren sudah starting awal nih.Good job y Mbk๐Ÿ˜Š

      Hapus
  38. Sebisa mungkin hemat... Agar ramadhan yang semakin dekat semakin bermartabat. Ih apa sih ni komenya. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah keren punya dong mas Adi punya pemikiran demikian jauh2 hari.

      Hapus
  39. sekaarang kalau mau beli barang harus tunggu diskon gede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bijak-bijaknya orang yang ingin berbelanja deh mbaa.hehehe

      Hapus
  40. hihi, tulisannya keren, mengalir dan enak dibaca, selain tips tips nya memang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas pujian manisnya mas J dan kunjungan perdananya☺

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  41. Ahamdulillah sudah ada tipsnya untuk cara menghemat di bulan ramadhan, terima nih mbak tipsnya bisa dicoba ku saya.

    BalasHapus
  42. Terimakasih sdh berkunjung kemari☺

    BalasHapus
  43. Oke banget tipsnya. Iya berhemat dulu ya, belanjanya kalo ada sale gede, jadi hemat deh.

    BalasHapus
  44. Waaaah tipsnya bermanfaat baget nih, terimakasih kakak...

    BalasHapus
  45. 1 bulan lagi nggak terasa mau ramadhan lagi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)