28 Jan 2023

Lakukan Hal Ini Jika Si Gadis Kecil Berjerawat

Lakukan Hal Ini Jika Si Gadis Kecil Berjerawat
Sinokku syantik yang mulai berjerawat
Dokpri : omahantik.com

Lakukan hal ini jika si gadis kecil berjerawat seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Tiba-tiba saya dikagetkan dengan jeritan melengking sinok dari dalam kamar. Pikirannya sudah panik saja kuatir ada sesuatu yang terjadi.

Aduuuuh, Ma sakiiit bangeeet !  erang Sinok terdengar kesakitan. Saya dapati dirinya seperti memegang dagu sambil meringis sakit. Refleks saya langsung pegang tangannya.

Ada apa nok...? Kamu disengat serangga ,  tanya saya cemas. Dia menggelengkan kepala cepat. Wah, alhamdullilah aman. Sejurus kemudian dia menunjukkan tepat di bawah dagunya. Bulatan kecil yang ditengahnya seperti ada titik nanah. Sebuah jerawat kecil.

Owalah anak gadis Mama udah beranjak gede aja. Gemes rasanya pengin menggoda sinok yang mulai tumbuh jerawat di wajah meski cuma satu biji saja. Hehehe.

Namun melihat wajahnya yang pias menahan nyeri karena setiap kesenggol tuh jerawat rasanya cenut-cenut sakit. Membuat saya sebagai Mamak gak tega, pengin rasanya pencet habis tuh jerawat imut biar hilang dari kulit dagu sinok.

Gimana nih ngilangi jerawatku, Ma? Dih malu banget!!  Suara cempreng sinok seketika membuyarkan lamunan. Iya, dari tadi saya masih mikirin cara untuk mengatasi jerawat yang datang tidak diundang itu. Sabaaar, Nok ini mama juga masih putar otak mencari solusi terbaik.

Masih inget jaman dulu jika anak gadis mukanya mulai muncul jerawat berarti menandakan masa puber. Atau bisa dikatakan lagi ngalami kasmaran atau jatuh cinta monyet.  Bener, gak ? Kalo iya berarti kita seangkatan nih sobs Omtiks.

Tapi masa itu yang saya Inget masih duduk kelas 2 SMP looh. Sekitar umur 14-15 tahunan. Lah ini sinok barusan 11 tahun udah mulai puber aja. Beneran bikin surprise buat mamak deh.

Saatnya guggling bersama nih sekalian memanfaatkan waktu Mom n daughter, kita cari info yang simpel jika anak mendapat jerawat pertama kalinya.

Ternyata usia anak 12 tahun ke atas mulai mengalami namanya perubahan hormon salahs satunya ditandai dengan tumbuhnya jerawat di muka.

Jika si Gadis Kecil Berjerawat1
Jerawat tidak memandang batasan usia
Credit : instagram.com

Apakah jerawat akan muncul pada anak remaja ataupun karena pubertas ???  Itu keliru ya sobat Omtiks.  Faktanya tidak ada batasan usia kulit wajah mendapat permasalahan jerawat. Dan beberapa faktor yang dapat menimbulkan jerawat pada usia dewasa adalah 

  • Stress 
  • Pola makanan atau gaya hidup yang tidak sehat
  • Polisi
Paham kan, sobat jadi gak perlu risau atau panik jika anak gadis yang masih kecil kemungkinan juga bisa mengalami muka berjerawat .

Cara Simpel Mengatasi Jerawat

Berdasar pengalaman masa kecil saya yang tidak neko-neko dalam menghadapi muka jerawat, masih taraf wajar saja lantaran jerawat yang tumbuh cuma 1-2 biji doang.

Asalkan kita rajin membersihkan wajah setiap harinya, dijamin jerawat lekas hilang muka kembali bersih seperti sedia kala. Gak perlu pakai drama pencet jerawat sampai luka berdarah ataupun meninggalkan bekas noda jerawat.

Lakukan hal ini jika si gadis kecil berjerawat seperti  yang pernah saya lakukan semasa remaja dulu, diantaranya :

1. Jangan terlalu sering disentuh atau dipegang. Biasanya luka kecil seperti jerawat yang tumbuh di muka entah di pipi, dahi, sekitar hidung ataupun dagu jika terkena sentuhan / gesekan bisa menjadikan iritasi kulit. 

2. Bersihkan luka jerawat cukup 1 hari sekali. Bisa dibersihkan dengan kain basah yang lembut ataupun kapas. Kalau saya kadang saya kompres bintil jerawat dengan air hangat. Terasa jerawat lebih adem gak cenut-cenut.

3. Sebisa mungkin hindari penggunaan losion ataupun bedak tabur karena bisa meningkatkan risiko iritasi.

4. Jangan sembarangan mengobati jerawat pada anak dengan produk luar tanpa konsultasi rekomendasi dokter.

5. Gunakan sabun cuci khusus untuk anak bayi. Karena residu detergen dapat memperparah jerawat.

Wah meski terlihat simpel namun cukup lumayan susah untuk mendisiplinkan anak seperti sinokku yang kadang lupa kadang ingat akan jerawat kecilnya. Maklum ya namanya masih bocil.

Makanya semua orangtua terutama mamak syantik lakukan hal ini jika si gadis kecil berjerawat agar anak tidak tidak merasa terganggu ataupun minder. Selamat mencoba ya sobat Omtiks !

Keep Happy Blogging




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)