30 Jul 2023

Antisipasi Mudah Agar Sakit Maag Anak Tidak Kambuh Lagi

 

Antisipasi Mudah Agar Maag Anak Tidak Kambuh
Lebih baik mencegah awal sakit maag 
Credit : pixbay.com

Awas ya orang tua dituntut senantiasa waspada. Terlebih cuaca ekstrim sekarang ini seperti cuaca panas yang tidak bersahabat di siang hari dan berubah suhu dingin di malam hari berlanjut keesokan harinya bisa menimbulkan rentan sakit. 
Banyak diantaranya mengalami influenza atau sakit flu, demam ringan karena masuk angin, diare bahkan sakit kambuh seperti asam lambung (maag). Segeralah antisipasi mudah agar sakit maag anak tidak kambuh lagi.

Seperti saya sudah belajar banyak dari sakit yang terakhir ini dan yang baru Sinok alami pertama kali. Selama ini tidak pernah menyangka kalau putri saya bisa terkena sakit asam lambung atau maag. Karena sebelumnya Sinok justru alami sakit tipes yang berulang kali kambuh jika kondisi tubuhnya kecapekan. Untuk lebih jelas sobat Omtiks bisa kok membaca lagi postingan putri saya yang didiagnosa dokter sakit asam lambung.


Jadi lumayan kuatir andaikata Sinok alami lagi sakit maag yang efeknya lumayan merugikan. Bagaimana tidak merugi karena harus benar ekstra istirahat yang baik. Tidak boleh beraktivitas yang berat, melakukan latihan fisik seperti berlari atau pun bersepeda status, bahkan juga harus jeda latihan renang beberapa hari. 

Sakit asam lambung yang diderita Sinok terjadi 3 Minggu yang lalu sudah menyita waktu latihan lebih dari seminggu Lo. Hasilnya bisa ditebak kan, sobat Omtiks Sinok terpaksa tidak bisa latihan renang intensif selama dua pekan lamanya.

Mungkin seperti pepatah, untung tidak bisa diraih malang tidak bisa ditolak kok beberapa hari yang lalu bertepatan malam Suro / tahun baru Jawa, Sinok kembali mengeluhkan ada rasa nyeri di ulu hatinya. Jantung saya langsung berpacu cepat, masih jelas teringat terakhir kalinya dilaporin Sinok gejala sakit serupa, asam lambung.

Secepat kilat saya tanyai apa saja yang paling dirasakan saat itu juga. Saya gak mau kecolongan lagi kalau sinok sakit gejala yang sama. Pokoknya harus bisa diantisipasi lebih awal agar sakitnya tidak bertambah parah.

Walah ternyata sakit maagnya hampir kambuh, diawali dengan gejala awal perut yang nyeri, rasanya masih kenyang saja. Tidak berselera mengonsumsi apa saja makanan yang tersedia, meski yang dihidangkan makanan kegemarannya. Sudah pasti nih, maag Sinok kambuh. Apalagi terakhir ketahuan dia makan ayam goreng tepung sama saus sambal. Alasannya dia gak tahu saus yang diambil saus sambal bukannya saus tomat yang tidak pedas.

Alhasil saya obati Sinok segera dengan  Omeprazole yakni obat untuk melapisi lambung agar tidak alami luka perih sebelum makan. Obat ini memang masih tersisa karena pemakaiannya cuma 1 kali sehari sebelum makan. Jika sudah terasa sembuh langsung bisa dihentikan pemakaiannya. Alhamdulillah kondisi Sinok berangsur membaik dan tidak merasakan nyeri perut lagi.

Sebagai pengalaman terbaik kini saya kudu waspada dan punya pengalaman antisipasi mudah agar maag anak tidak kambuh. Diantaranya cara mudah mengatasi agar maag anak tidak kambuh :

Jaga pola makan

Jangan asal makanan sembarangan meski kondisi perut sudah pulih membaik. Tidak lantas bisa langsung hajar makan yang super pedas banyak micin dengan tingkat pedas bervariasi. Kadang saya miris kalau lihat tayangan tantangan Mubang, makan besar dengan bumbu pedas. Perut terasa nyeri melilit padahal sekedar membayangkan saja. 
Pokoknya yang harus dijaga jangan memaksa makanan super pedas, terlalu asam, maupun minuman yang berkarbonasi / bersoda yang bisa memicu sakit maag.

Disiplinkan kebiasaan baik

Kebanyakan orang habis makan memilih berleha-leha santai bahkan tidur. Nah ada baiknya habis makan tunggu 1-2 jam agar isi perut turun. Dengan menjaga kebiasaan baik tersebut niscaya bisa menjaga dari sakit maag kambuh.

Istirahat yang cukup 
Jika mengalami gejala maag ringan bisa teratasi dengan memaksimalkan istirahat tidur yang cukup. Paling tidak bisa istirahat tidur selama 7-8 jam bisa jadi solusi terbaik meredakan gejala sakit serta gejala sakit maag ringan lainnya.


Makanan fermentasi 

Ada baiknya juga untuk selektif memilih menu makanan yang baik dan sehat. Bisa membantu sistem pencernaan dalam mengatasi sakit maag. Ada yang menyarankan untuk konsumsi makanan atau minuman fermentasi seperti Yoghurt. Lantaran makanan minuman fermentasi terkandung bakteri baik yang berguna membantu dan melancarkan makanan yang bisa membantu meringankan gejala sakit asam lambung.

Semoga postingan antisipasi mudah agar sakit maag anak tidak kambuh lagi bisa juga jadi pembelajaran positif para pembaca setia lain sobat Omtiks.

Keep Happy Blogging 




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)