21 Feb 2019

Cara Meminimalisir Pengeluaran Pada Bisnis Cetak Kaos

Credit : porinto.com 

Suatu sore saat asyik  mengamati  para krucil bermain di lapangan, maklum rumah kita persis depan lapangan luas. Ada satu hal menarik nih, yang saya tangkap. Yakni pas obrolan ala anak-anak yang berlomba-lomba saling mengidolakan tokohnya yang kekinian.

Duh, bukan bermaksud jelek menguping diam-diam melainkan penasaran saja gimana sih celoteh para anak kecil  yang serius membahas sang idola.

Pasti jaman now ini pada tahu siaapaaa, sih Ria Richis, atau yang lagi heboh di mana-mana diomongin  kalau bukan si Black Pink.

Nah itu dia mindset anak-anak jaman now yang bergeser  paradigmanya untuk menjadi lebih maju. Bandingkan deh jaman kita dulu yaa, teman..kita sering bercita-cita jadi pilot, dokter, bahkan arsitek.

Sama halnya nih si krucils di jamannya kini mengangankan menjadi seorang Youtuber, Entertainer bahkan pengusaha lebih dominan. Hahaha, apakah ini semua dampak dari pengaruh kemajuan tehnologi maju?

Bismillah sebagai orangtua bijak, kita patut  mendukung  terbaik dan mengamininya ya teman. Menjadi seorang leader, inovator atau apalah yang intinya menjadi garda terdepan dalam mengapresiasi kehidupan patut diacungi jempol. 


Simak yuk sisi dari menjadi seorang  pengusaha, pastinya berharap bisa mendapatkan keuntungan lebih baik dan berlipat-lipatnya dibanding menjadi pegawai biasa.

Tentunya menjadi pengusaha yang handal diperlukan mental kuat dan sikap profesional terlebih dalam mengelola keuangan. Pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya ditunda saja dan jangan dipaksakan.

Jadi inget nih, ada seorang kawan  di kota kecil saya yang mantap menjadi pengusaha lokal dan serius menggeluti bidang yang diminati. Sampai  detik ini dia bisa membuktikan perjuanganan di jalur wiraswasta bisa berkembang maju.

Salah satu tipsnya yakni selalu bijaksana serta cermat mengelola kepentingan finansial. Ingat bahwasannya kondisi keuangan sangat menentukan eksis tidaknya usaha yang sedang digeluti sebut saja semisalnya perusahaan cetak kaos ataupun usaha bisnis lainnya yang akan dibuat. Nantinya juga banyak menemukan kendala dalam memulai suatu bisnis, salah satunya adalah masalah pengeluaran.

Karena itu ya teman juga wajib mempelajari kondisi pasar terkini agar bisa diaplikasikan pada bisnis anda tersebut. Bagaimana cara tepat untuk meminimalisir pengeluaran pada bisnis yang dijalankan seperti halnya usaha lokal teman di bidang cetak kaos

Sedikit uraian yang sempat dia paparkan bagaimana memulainya dari awal usaha bisnisnya tadi, diantaranya :

1.Cari Momen yang Tepat Saat Belanja Bahan

Manfaatkan momen  yang tepat  apalagi waktu belanja bahan untuk cetak kaos. Karena harga bisa saja lebih sedang turun. Belilah bahan dalam jumlah banyak sekalian agar anda mendapatkan harga grosir dan diskon. Cara ini bisa digunakan untuk meminimalisir pengeluaran.

Jangan lupa sebelumnya harus bisa mempertimbangkan naik turunnya harga, sesuaikan dengan kondisi. Apalagi ketika menerima pesanan membludak , pasti akan butuh banyak bahan untuk memenuhi pesanan tersebut. Disinilah dibutuhkan skill seorang pengusaha yang cermat  sekaligus bijak dalam memutuskan bagaimana mengantisipasi belanja bahan saat itu juga, tanpa harus merugi banyak jika bisa memanfaatkan momen belanja yang tepat.

2.Memperkejakan SDM Sesuai Kebutuhan

Ketika usaha sedang dibanjir pesanan dan tidak didukung SDM atau tenaga kerja terampil  yang memadai bisa menjadikan masalah serius juga. Tanpa adanya pegawai yang sesuai  kebutuhan usaha bakalan  menghambat kemajuan usaha yang tengah  dijalankan, lho. Karena itu pikirkan cara tepat bagaimana memilih  seorang tenaga kerja yang bisa mendukung jalannya usaha kita.

Jangan asal sembarang memaksakan untuk mencari pekerja untuk dijadikan karyawan, khawatirnya saat misalnya ada pesanan cetak kaos sedang menurun, ada dampaknya karena harus tetap membayar karyawan tersebut. Kondisi berbeda jika kita hanya sewa karyawan harian yang bisa digaji sesuai dengan kebutuhan, pasti pengeluaran akan jauh lebih hemat.

3.Menggunakan Jasa Pengiriman untuk Operasional Usaha

Perusahaan besar saat ini kebanyakan lebih senang menggunakan jasa expedisi pengiriman ketimbang harus membeli armada sendiri untuk menunjang distribusi barang ke konsumen. Cara ini memang dirasa bisa lebih hemat.
Silakan manfaatkan cara lumayan praktis ini kemungkinan lebih bisa membantu bisnis cetak kaos yang dijalani.
Jika memiliki armada sendiri, maka harus lebih siap mengeluarkan biaya untuk gaji supir dan asistennya. Belum lagi pengeluaran untuk biaya perawatan setiap bulan. Kian menjadi beban besar,kan.
Berbeda jika bisa menggunakan jasa expedisi, keuntungannya hanya perlu membayar jasa sewanya saja dan terima beres. Jauh lebih efektif bukan? Untuk urusan belanja bahan, serahkan saja semuanya pada pihak supplier agar bisa mengusahakan pengirimannya ke tempat kita.

4. Hindari Pinjaman Sembarangan
Pada saat kondisi perusahaan memang butuh modal untuk mengembangkan usaha, pinjaman memang bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat bagi sebagian besar pengusaha.
Kode keras nih, bisa dijadikan pengalaman berikutnya. Jika tidak butuh – butuh amat sebaiknya jangan dilakukan. Karena hanya akan menjadi suatu beban lebih. Kemudian jika memang terpaksa harus mencari pinjaman modal, sebaiknya membandingkan dulu suku bunganya. Inilah salah satu cara tepat yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran.

Dengan adanya sedikit pembahasan di atas, seketika bisa menerapkannya pada apapun usaha atau usaha cetak kaos. Jangan putus asa untuk mencoba terus. Karena praktek tidak semudah seperti halnya teori yang penulis bagikan. Semoga sukses menjalani bisnis  baru ya gaes 🤗

Keep Happy Blogging



1 comment:

  1. Setuju banget, harus diperhitungkan masak-masak ya pengeluaran usaha dan jangan campur dengan pengeluaran serta pemasukan keluarga..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)